iklan iwb

Bro dan sis sekalian….isu tentang suara ngorok pada produk Honda Vario 125 PGM FI nampaknya semakin kencang. Bisa dilihat dari forum WeloveHonda yang membuka tread khusus membahas perkara ini. Setelah coba IWB baca….dari sekian pembahasan, ada satu yang menarik perhatian yakni ulasan dari seseorang bernick name Hasibuanirfan tentang keberhasilannya menemukan pangkal permasalahan ngorok yang ternyata bersumber dari bearing, crankshaft dan crankcase…..

Secara gamblang doi menjelaskan langkah-langkah kongkrit untuk menghilangkan suara yang timbul. Berikut cuplikan yang bisa IWB copas dari Welove Honda…..

“Pada tanggal 7-6-2012, kami berhasil lagi menghilangkan suara ngorok yang berasal dari engine vario techno 125 PGM-FI. Rencananya besok (tanggal 8-6-2012) kami akan buatkan laporan Kualitas Honda (LKH)-nya ke AHM. Hari ini (tanggal 7-6-2012) merupakan unit yang ke lima yang bisa kami hilangkan suara ngorok nya. Masih ada tiga unit lagi yang harus di selesaikan. Data ukur sudah kami dapat, permasalahannya pun jadi jelas berada di mana. Salam satu hati….”

– Astra Motor Plaju/Ahass 11548 Modern Plaju-

Setelah itu, secara terperinci sang sumber melanjutkan sharing pengalamannya kepada para pengunjung forum……

iklan iwb

“Masalah suara ngorok di Vario 125 PGM-FI berada pada bearing, crankshaft dan crankcase. Prosedur mengatasinya yaitu dengan bongkar bagian drive pully, kemudian dorong as crankshaft ke arah radiator dengan menggunakan case puller kurang lebih 1mm. Kemudian drive pully dirakit kembali, ditambahkan bahwa dengan cara ini, dapat menghilangkan ngorok pada Vario yang baru berjalan dibawah 100km. Sementara yang sudah menempuh jarak lebih dari 500km…..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan karena clearance crankshaftnya dengan crankcase sudah terlalu besar. Dengan ini harus dengan klaim C2 dengan mengganti crankcase sebelah kanan.”…

-WeloveHonda/forum-

Tujuan sang sumber jelas sangat mulia yakni ingin menginformasikan temuannya agar bisa berguna bagi yang lain. Maklum mzbro….menganalisa lebih berat ketimbang memperbaiki. Dan…mereka sudah melakukannya dengan sempurna. Namun konfirmasi bahwa biang ngorok berasal dari 3 komponen yang saling berhubungan (bearing, crankshaft dan crankcase) tak ayal menimbulkan pertanyaan….apakah benar ada yang kurang sempurna pada produk Vario 125 PGM-FI??. Dan kenapa Honda berdiam diri??…..

Bisa dipastikan ngorok tidak akan mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Tapi…tingginya keluhan dan desakan terhadap suara yang bagi beberapa konsumen lumayan mengganggu, seyogyanya ditanggapi secara serius oleh Honda. Yah…..untuk mencegah simpang siurnya informasi yang malah akan merugikan image sayap mengepak itu sendiri. Last…..bagi penunggang Vario 125 PGM-FI, bener nggak sih ada suara ngorok yang timbul pada motor sampeyan. Dan kalau iya….apakah demikian mengganggu??. Monggo berikan jawaban dan sharing pengalamannya. Maturnuwunnn…..(iwb)

Sumber : Welove Honda

822 COMMENTS

  1. wk wk wk….thole bangga euy!! kalo gitu ane mah pilih soul GT ah….ga jadi vario 125nya……moga saja bodynya lebih tebel dari mio j. walau dgn mesin yg sama. kan harganya beda……

  2. wah langsung claim kie…….
    ridertua.wordpress.com/2012/06/14/yang-ngaku-biker-sejati-wajib-baca-ini-truly-biker-blogger-brother/

  3. Ini mtr salah segmen…ai ragu apa para pembelinya bakal nyaman dgn problem2 begini ke depannya. Starter ???? terlalu ‘rumit’, siap g?? repot kalo ada masalah. Ini sekarang ngorok, dan utk menghilangkan aja udah kedengaran rumit..
    Lain cerita kalo ini di kelas premium..
    Ini kan cuma kelas pasaran, ???? rata2 konsumen g?? pintar…???? pintar ada tp dikit. Cnth: ai..ini.

    Kalo beli spacy, ai kira lbh layak drpd vario tak guna ini…coba aja u pikirkan, pasti lbh value spacy dbndg vario tak guna ini.

    Bye bye sampah
    Salam one heart

  4. keren ngorok kayaknya kang….ingat jaman dulu kang…saringan karburator gue copot biar bisa ngempos…suaranya itu kang..ses ses.ses….

  5. Walah 2…untung aku durung dadi tuku…mas Iwan mohon update terus artikel ini…semoga AHM bisa buka telinga terus diperbaiki produknya…dan mas Iwan bisa menginformasikan hasil perbaikannya..aku arep tuku iki?

  6. kalau kemarin soal rangka gak di recall wajar lah karena sulit ngurus nomor rangka, kalau kasus wario ini gak ada recall tega bener hando pada konsumen loyalnya

  7. buat para fb
    hentikan saling ejek untuk sementara
    sial benr sih kalian,,

    ini lagi ada konsumen yang jadi korban cacat produksi masih sempetnyasaling ejek, bener2 anak kecil,,

    sekarang mending satukan kekuatan gimana caranya mendesak AHM bertanggung jawab kepada konsumennya,,

  8. Kalo u punya vario tak guna ini, make sure u sungguh2 pake pertamax yah. Drpd tambah problem pula. Ai aja pake pertamax di xeon ???? odometernya rendah body tebal cat tebal mengkilat dan…kencang. Oh iya, halus jg starter + g?? pake ngorok. Hanya ai benci autochoke nya..aja.

    Salam one heart

  9. waaahhh,,, hebaaattt,,, pdhal dia kan mekanik biasa,,,

    chozinahmad.wordpress.com/2012/06/14/asyeekk-jupiter-z-tahun-2009-di-tawar-10jt-lepas-g-yah/

  10. menurut gue, bunyi ngoroknya yg gue denger itu mirip bunyi “NGOOOK” nya RX King saat grip gas di tarik dengan cepat. Tp ini agak putus2. Itupun kalo di saat narik gas di runut/pelan bunyinya hilang.
    Kalo memang bunyi mekanis mestinya kan tetep ada, g bergantung bagaimana cara nariknya.

    Di salah satu tabloid nasional ada yg research dg mengganti kipas radiator pake vario 110 & bunyinya hilang sama sekali.

    Di tabloid satunya di box filter di kasi busa filter & bunyi berkurang significan.

    Mungkin juga ada orang lain yg menemukan cara yg lain untuk menghilangkan bunyi ngorok….

    Kalo memang sumber suara ngorok dari bearing crankshaft & crangcase masa iya bisa hilang sama sekali dengan cara2 diatas….?

    Salam semakin ketinggalan……

  11. Konsumen cuma pasrah..menelan bulat2 dari produser yang punya brand name besar…wkwkwkwk

  12. ^
    brarti harus ditambahkan, selain bermasalah pd bearing, kruk as & cangkang mesin, ternyata desain kipas radiator & konstruksi box filter juga bikin ngorok, mantab bgt komplit value bgt kan? yes :mrgreen:

  13. ayo yang punya wario sebelum 100 Km segera ke ahass perbaiki setting bearing, crankshaft dan crankcase, karena kalau sudah 500 Km tidak bisa diperbaiki harus diganti..

  14. yang bwt bingung mesinnya kan turunan dari pcx 125..kok pcx halus ya mesinnya gk ada penyakit “ngoroknya” knp bisa muncul di vario 125i. tapi memang harga gk bohong klo vario 125i dibanding PCX..hehehe

  15. pada sales honda tolong jangan membodohi konsumen pake bilang ngorok itu indah.. segera anjurkan pemilik wario segera membawa wario-nya ke ahass untuk perbaikan settingan bearing, crankshaft dan crankcase sebelum terlambat

  16. Buat pembeli vario tak guna ???? kecewa..ai simpati yah. Tapi itu tetap ada ‘resiko’ pada anda, hakim pun bilang demikian.
    Hal ???? sama buat konsumen ???? cuma taunya hendi, lalu mau pindah merk lain jg berlaku hal ???? sama, yaitu ‘resiko’ ada pada anda sendiri.
    Maka jadi la cerdas dan siap ‘kalah’ doong.

    Nah, kalo ai kebetulan dapat menang terus sampe sekarang, aman dr jebakan betmen salesmen tak guna.

    Salam one heart

  17. santai aja lagi , kenapa antek2 yahomo pada sewot 😀
    nyatanya honda tidak menutup2i , dengan jelas terbuka di declare di websitenya ….. emangnya si yamaho ngumpet2 saat oli mesin rembes di vega zr nya , jelas bedalah sama honda attitudenya 😀 ….. aneh yang heboh malah antek2 yamaho daripada yang punya vario125 , kalian antek2 yahomo berharap berdoa dengan kejadian ini, penjualan vario125 ambles yah 😀 , ngak akan terjadi mimpi kalian tong 😀

  18. 121. juraganneon – Juni 14, 2012
    ———————————————————————————
    dah pasti dibawa ke bengkell om, wong baut yg kecil aja diurusin, apalagi ini yg gede, gannggu orang lagi.

    ketauan mana yg smart dan tidak , dlihat dari penangganan.

    tapi aneh tuh si beat, si bletak jadi paling laris?????

    apa karena mirif moge kalu lagi di strater ( suara bletaknya yach)???

  19. @Masterxeon

    SOTOY LU!
    Gue ni pemilik Vario 125.

    mana declare dari AHM? mana tunjukkan!
    yang ngeposting penyebab dan solusinya itu mekanik motor biasa, bukan mekanik AHASS

    elu jangan nambah emosi gua ya. maho semua lu fb,,

  20. kenapa fbh selalu nyakutinnya ke jualan.. aneh saya.. bukannya menganjurkan konsumen loyalnya untuk segera membawa produk bermasalahnya ke bengkel resmi terdekat untuk dipebaiki sebelum terlambat

  21. mana yg mengatakan vega zr rembes oli? kalo di googling, itu semua hanya omongan bece yg keluar dr mulut fanboi hongkong di seantero blog, waqaqaqa :mrgreen:

  22. @joni
    ayoo sini bawa vario125 elu yang ngorok supaya bisa di perbaiki, daerah terdekat rumah ente di mana , nanti ketemu di ahass terdekat

  23. gue di solo baru,,
    gue beli bulan april di dealer Timbul Maridy Jaya Kaliwingko,,

    btw, begini ya cara pelayanan customercare Ahm?
    lumayan bikin kapok dah,,,

  24. 130. juraganneon – Juni 14, 2012

    kenapa fbh selalu nyakutinnya ke jualan.. aneh saya.. bukannya menganjurkan konsumen loyalnya untuk segera membawa produk bermasalahnya ke bengkel resmi terdekat untuk dipebaiki sebelum terlambat
    ———————————————————————————–

    mana bisa xeon kek vario 125???
    ngorok aja laku… so ngapain di perbaiki???
    liat aja MS nya…

    nuff said!

  25. Sepertinya masuk akal juga kalau ‘ngoroknya beasal dari Bearing, CrankShaft dan CrankCase…sebab kalau dari Filternya suara akan terdengar lebih seperti ber suit / ber desing layaknya hisapan udara pada mobil turbo saat angkat gas…

  26. 135. Masterxeon – Juni 14, 2012

    @joni
    ayoo sini bawa vario125 elu yang ngorok supaya bisa di perbaiki, daerah terdekat rumah ente di mana , nanti ketemu di ahass terdekat
    ——————————————————————————-
    ternyata sales beneran…

    :mrgreen:

  27. @joni
    kebetulan gua tinggal di jl solo raya , ya udah kapan mau di bawa ke dealernya Timbul Maridy Jaya Kaliwingko.

  28. saya kasian ama jaos
    selama ini nada komennya sepertinya berpendidikan tinggi
    tapi kok akhir2 ini rada ngaco..misalnya dngn kata2 sampahlah motor ini gak bergunalah lemotlah {honda}
    apa si jaos ini benar2 kerja di ymh atau hanya sekedar konsumen biasa yang selama ini di gembar gemborkan ❓
    kalo kerja di YMH sih wajar2 aja GALAU..lah cuma vixion yang bisa di andalkan

Comments are closed.