iklan iwb

Bro dan sis sekalian….kaget rasanya ketika melihat tayangan berita disalah satu TV swasta. Dilayar terlihat petugas sedang sibuk merazia mal dan toko besar penjual helm tanpa SNI. Namun bukan itu yang membuat IWB shock. Yakni adanya indikasi helm-helm berembos SNI…..kualitas ternyata jauh dari yang disyaratkan. Terbukti beberapa helm pecah dengan mudah ketika dibanting oleh petugas. Suatu hal yang tidak boleh terjadi karena menyangkut keamanan kepala pemakai didalamnya!!….

Negara ini memang bobrok….tidak ada yang menampik. Lawong segalanya bisa diatur bahkan untuk meloloskan quality control sekalipun. Selain itu, lemahnya supervisi dari pihak berwenang seakan memuluskan cheating yang terjadi. Dalam berita berdurasi 2 menit tersebut dapat digali informasi alasan produsen mengurangi kualitas shell adalah menekan cost produksi karena mereka menganggap biaya yang sudah dikeluarkan untuk proses embosing lumayan mahal. Sayang produsen nakal tersebut tidak disebutkan dalam berita. Jadi alih-alih mendapatkan produk mumpuni untuk proteksi malah celaka yang didapat!!….

Jelas…dengan fakta yang terjadi, secara pribadi kini tidak terlalu percaya dengan embel-embel SNI. Peraturannya sih bagus untuk melindungi konsumen. Namun oknumnyalah yang menjadi biang kerok. Lah…..nyuwun sewu brosis, drama diatas yang terekspos. Dan IWB yakin masih banyak produk SNI KW bertebaran diluar sana yang tidak terendus petugas. Suatu kekuatiran lumrah pasca mengetahui realita yang disuguhkan. Kalau seperti ini, mendingan tetap berpegangan pada DOT dan SNELL sebagai patokan keamanan dengan memilih brand-brand internasional ataupun lokal ternama yang sudah terbukti durabilitas dan kekuatannya. Apakah salah??….

iklan iwb

Tidak juga…..demi nyawa kita. Sampai kapan?? tentu saja hingga negara ini menjamin bahwa produk-produk tersebut betul-betul aman dengan verifikasi yang ketat. Kalau tidak?? emoh ora sudi gawe!!. Mosok helm koq kayak krupuk, rentan pecah. Piye iki??. Yah….semoga saja kondisi ini segera direspon secara serius oleh pihak yang berwajib agar diambil tindakan keras, kalau perlu pembekuan bisnis. Sebab safety is number one….no compromise!!!. (iwb)

89 COMMENTS

  1. Helm ane udh berkali kali jatuh, masih ok. Baru beli beberapa bulan catnya luntur…… SNI abal abal apa ya bang?????

  2. wah kudu pinter milih mana helm yang benar2 berkualitas,tidak hanya mengejar tampilan keren tapi juga safety.

  3. @ 3. tembaloy
    Pasti bro
    @ 13. ax125
    Beh…koq nggak mudeng diganti nggaknya ya bro
    @ 15. Confide
    Kalau saya nggak punya Matic. Paling saya rekomendasi oli pabrikan aja…
    @ 16. H. Prof. Dr. Ir. KIWIL DLL
    Bisa jadi itu proses secara keseluruhan maksudnya..
    @ 18. sinbe
    Iwak peyek dong kriuk2 :mrgreen:
    @ 20. peyek
    wkwkwkwk…
    @ 21. REDEMPTION
    Wih..keren tuh idenya. Tapi kudu ikhlas kalau helmnya scratch tuh bro
    @ 26. Imouto
    Setuju banget. Tapi tahu sendiri dinegara ini lebih pro keprodusen ketimbang konsumen….
    @ 31. haris
    Oalahhh mzz, sampe keriting iki drijiku xixixixi….
    * Dinikmati aja bro
    @ 48. Kupret
    Hhhmm…unek2 yang mewakili isi hati kita bro

  4. bahaya bgt ki…

    alfido.wordpress.com/2012/03/26/apakah-honda-akan-mengeluarkan-amunisi-baru-untuk-menghadapi-yamaha-soul-gt/

  5. indon gitu loo negaranya bagus tapi penegaknya hukumya banyak yang bajingan makanya orang jiplak seenaknya pokonya kalau sudah ngomongin indon bikin emosi yang heran napa tuhan nggak kasih cabut tu nyawa pejabat yang bikin seua orang susah soryyyyy guwa lagi emosiiii makasih mas iwan

  6. walah,jadi inget dengan helm TRX3 dari Honda tuh.bentuk emboss SNInya aja meragukan.perasaan bentuk emboss SNI yg resmi seperti gambar nomer 1.lha emboss TRX3 ukurannya setengah dari emboss SNI asli.apakah itu bener2 helm SNI asli?kan helm dengan emboss SNI seperti gambar nomer 1 saja kadang masih bisa dipalsu.apalagi yang emboss SNI nya tidak sesuai standar.

  7. Catat : bukan proses embos yg mahal! !!!
    pajaknya itu yg bikin mahal..
    Contoh makanan buat sertifikasi halal,dll.. Manknya ga perlu bayar mahal untuk itu tulisan?

  8. So, masih mending helm belum SNI tapi merk AGV original, daripada SNI abal-abal, bukan begitu?

  9. sebenarnya mudah aja melihat helm SNI yang abal2,pokoknya selain merk2 terkenal seperti BMC,INK,KYT,MDS,KBC,dll dan juga melihat harga,kalo gak salah paling murah helm SNI tuh 120-140 dari merk BMC,dan itu udah paling murah,kalo dbawah itu??

    patut dipertanyakan.dan liat juga tanggal produksi,kalo 2-3 tahun yang lalu diproduksi,mending gak usah dibeli meskipun ada iming2 murah,karena helm SNI rata2 kadaluarsanya 2-3 tahun.

  10. Ngeri ❗
    Dibanting langsung pecah.
    Untung helm yg saya pake masih Awet walau sudah puluhan kali Jatuh 😀

    rexraider.wordpress.com/2012/03/25/kymco-masih-ada-gathering-kymco-indonesia-2012/

  11. yg brmasalah itu sistem masbro, selama banyak pihak yg d untungkan (dpt sogokan, dll) maka hal2 tsb d atas akan jamak d jumpai

  12. Edo ZX pada Maret 26, 2012 pukul 7:14 PM berkata:
    walah,jadi inget dengan helm TRX3 dari Honda tuh.bentuk emboss SNInya aja meragukan.perasaan bentuk emboss SNI yg resmi seperti gambar nomer 1.lha emboss TRX3 ukurannya setengah dari emboss SNI asli.apakah itu bener2 helm SNI asli?kan helm dengan emboss SNI seperti gambar nomer 1 saja kadang masih bisa dipalsu.apalagi yang emboss SNI nya tidak sesuai standar.
    ———–
    Nih helm tipis, makanya gw gak make. Yg bagus jaman federal model saint seiya.

    Btw emang di web sni gak ada listnya yah? Helm yg sdh sertifikasi apa aja? Kalo gak ada percuma aja tu badan bikin sertifikasi!

  13. gampang carax bedain helm SNI asli apa palsu….taruh z didpn rumah seharian..kl ilang berarti asli…^_^

  14. wah sistem SNI perlu dilaporkan ke Pak Dahlan Iskan nih, biar helm abal2 dipecahin semua …..

    qiqiqiqiqi … XD

  15. tapi banyak palsunya nih sekarang SNI nya…jadi konsumen harus bener-bener jeli memilihnya

  16. bikin helm sendiri aja bro gampang kok, waktu mahasiswa dulu pernah bikin helm anti pecah untuk pameran, dijatuhin dari lantai 4 pun kagak pecah, dibanting dilantai keramik malah lantainya yang ancur,

    bikinnya gampang yang diperlukan
    cetakan dari gabus bisa browsing2 cara2 bikin cetakan helm di mbah google.
    lembaran fiberglass (di toko bangunan banyak)
    resin ama hardener (toko bahan kimia banyak).
    kuas cat (apalagi ini dimana2 ada).

    buatnya kayak nambal genteng ma fiberglass

    1. resin dicampur hardener (semakin banyak hardenernya cepat keras resinnya ati2)
    2. pada permukaan cetakan diolesin resin tadi pake kuas
    3. trus tempelin lembaran fiberglass
    4. olesin lagi pake resin
    5 proses ini 1 lapisan
    6. kalo mau tambah kuat bikin berapa lapis tapi pastinya berat, biasanya 2 lapisan cukup.
    7. finishing di dempul ma di air brush kasi kaca ma tali helm ma gabusnya. ribet2 bawa ke bengkel helm 30 ribuan

    untuk pembuatan jumlah banyak cetakan bisa di modifikasi

  17. namanya juga indonesia mas bro…. semua palsu, termasuk praturtan2 yang di terapkan paraturan2 palsu…..

  18. Sungguh mengerikan memang Indonesia.. yang sudah jelas ada Standartnya aja masi ga terjamin! konsumen semakin akan bingung pastinya 🙁

  19. Untuk Kupret : Yang nikmati gaji dari negara tidak hanya pejabat pemerintahan Mas Bro, wakil rakyatmu yang ada DPR, DPRD dan DPD juga menikmati dengan nominal yang wah, belum ditambah fasilitas yang lain. Jika para wakil rakyat benar-benar memihak rakyat untuk membela BBM agar tidak naik, ya seharusnya dia sendiri yang memberikan tauladan dengan menolak kenaikan gaji yang diterimanya dan dengan kerelaan hati membuat standar gaji yang merakyat juga. Memakai alat transportasi juga yang merakyat, bukan malah jor-joran mobil mewah. Kalau dirasakan betul semuanya sama-sama bedebah di negeri jadah. Endak rakyat, endak penguasa sama saja, kalau kena masalah wani piro, kalau sudah begini yang menderita juga rakyat yang ekonominya di kasta yang terendah.

Comments are closed.