iklan iwb

Bro dan sis sekalian…..rasa kaget mendera IWB atas hasil test komsumsi bahan bakar Suzuki Nex yang dilakukan oleh TMCblog. Secara komprehensif mz Taufik menjabarkan bagaimana mekanisme pengukuran hingga mendapatkan torehan mencengangkan. Dengan judul “dibawa Eco Riding Bogor-Jakarta, Suzuki Nex tembus 80km/liter”….artikel ?menjadikan Nex sebagai skutik teririt ditanah air. Ediannnn!!!….

Klaim pabrikan?? ora usah gumun jika cenderung diatas kenyataan lapangan. Tapi bagaimana jika raihan merupakan hasil test secara langsung oleh independent Blogger seperti TMCblog. Tentu saja suatu fakta yang membikin siapa saja mlongo. Dan….hebatnya hasil klaim pabrikan nyaris setara dengan hasil simulasi berkendara sehari-hari. Jika Suzuki meraih 79,6 liter (masuk MURI), maka mz Taufik tembus 80km alias merontokkan record MURI. Entah apa yang dilakukan Suzuki sehingga Nex bisa seirit itu. Sebab….jujur bisa dikatakan teknologi Nex masih dibelakang kompetitor yang sudah mengadopsi injeksi. Namun dengan karbu yang disandang ternyata tidak menjadikannya inferior dibanding produk lain khususnya komsumsi bahan bakar…..

Nex sendiri adalah skutik anyar Suzuki yang dibekali mesin 113cc,?daya maksimum 9,4 ps / 8.800 rpm dan torsi mencapai 8,7 Nm/6.500 rpm. Untuk meningkatkan efisiensi BBM Nex, Throttle Position Sensor (TPS) juga digunakan untuk mengatur pengapian sesuai posisi gas. Bobot?nex?yang hanya 87 kg plus?bantuan konstruksi dari computer Aided Engineering (CAE) mampu mengurangi hambatan mekanis dan gesekan secara keseluruhan membuat Nex diklaim merupakan skutik irit dan bertenaga. Hebatnya…segala klaim terbukti bukan omong kosong….

iklan iwb

Last….dalam test versi independent Blogger, Suzuki Nex mengisi posisi pertama soal keiritan. Yang kedua diisi oleh Yamaha Mio-J….dimana pengetesan dilakukan oleh Mz Triatmono yang tembus diatas 60km/liter. Sayang….IWB belum menemui Blogger lain untuk mengetes komsumsi bahan bakar skutik Honda. Jadi predikat teririt memang masih belum afdol jika tidak ada komparasi aktual skutik hasil racikan pabrikan terbesar ditanah air tersebut. Atau…mungkin ada mzbro sekalian yang bisa membantu? mengingat IWB tidak mempunyai unit test guna mengetahui secara terukur dapat berapa kilometer sih 1 liter bensin premium untuk matic pabrikan sayap mengepak (kudu jujur nggak boleh ngarang lho yah)?? monggo sharing infonya. Maturnuwun….(iwb)

87 COMMENTS

  1. Sangat menggoda.. Sayangnya sy udah kapok semenjak pake shogun 125..
    semoga yamaha atau honda segera bisa bikin yg seirit suzy nex..

  2. sudah beli buat istri mas iwb dan memang irit sesuai dgn iklannya.akselerasi n top speednya boleh diadu sm matic lain yg sekelas.mio pernah punya n beat msh ada.jd sdh tes semuanya.

  3. pabrikan yg jujur seperti ini demen ane. Ga seperti pabrikan sblah klaim 70an nyatanya dbwah 50 km/l. Kl nex injeksi bisa ga ya tembus 90 km/l

  4. Wuuiiiih….beneran tuh 80km/lt? Berarti klaim Mio-J paling irit ga bner donk?Tapi kurang adil kalo skutik Honda blm ditest jg.

  5. saya dah punya nex , emang irit tenan gan…
    gak nyesel beli nex…..,
    😀
    HANDlingnya mantaf, ringan.., dan aneh nya oli mesin nya cuma 650 ml, di banding matic lain rata2 800ml….

  6. ngko sik taaa …. bogor – jakarta kan jalannya cenderung turun, ini jg faktor pendukung angka 80 tsb

    btw …. meski begitu nex tetep irit!

  7. di tes ama mas tri dan mas taufik nex 1/80, mio j 1/60, beat ama mio sekitar 40an, udh ketauan deh iklan yg boong xixixi.

  8. mnyesal tiada guna…setelah 4 tahun sma Mio..
    btapa perih,,,,
    tpi sdah trobati dgn NEX.
    Mio……………..bner2 bikin mumedtttddzzz

  9. tmcblog.com/2012/02/23/initial-review-test-harian-skutik-suzuki-nex-handling-top-speed-kekakuratan-spedometer-dan-odometer/

    “Bro sekalian, Hari Selasa yang lalu satu Unit Skutik Suzuki Nex Property SIS selaku ATPM suzuki Indonesia Mampir di Garasi TMCBlog.com. Tujuan SIS meminjamkan ke Blogger adalah agar Blogger lebih bisa menggali lebih dalam segala aspek dari suzuki Nex ini sebagai salah satu bahan pencerahan kepada seluruh pengunjung Blogosphere.”

    Perlu diketahui motor tersebut merupakan pinjaman dr pabrikan langsung bisa jadi kan dalemannya udah dibikin irit jadi beda sama yg di dealer2. Monggo pencerahannya

  10. motor yang di tes mas taufik dari pabrik indikasi sudah di setting irit sama pabrik. beda dengan motor yang di tes mas tri jadi lebih obyektif karena bukan dari pabrik tapi nyari sendiri entah pinjem teman, tetangga ato saudara

  11. masih trauma pake merk suzuki, apa iya bener iritnya? iritnya itu apa pake SK? alias syarat dan ketentuan? tp kok penjualannya tragis banget yah? belum lagi hargajual bekasnya ancur banget deh klo merk suzuki…. mendingan ane setia aja deh “Satu hati” is the best.

  12. IRIT APANYA, AKU PAKAI DENGAN KECEPATAN 40-60 KM/JAM DALAM KOTA JOGJAKARTA TERNYATA SETELAH AKU PANTAU SELAMA 4 BULAN JATUHNYA 37 KM/LITER. JAUH DARI KLAIM MURI. .AKU DAH SAMPAIKAN KELUHANNYA KEPADA DEAER/TEKNISI DAN KATANYA DAH DI TUNE TAPIKAGAK ADA PERUBAHAN. MOBILNYA AJA SEDANG BERKASUS DI MA,GARA-GARA SUZUKI MARCH MENG-KLAIM 22KM/LT, NYATANYA CUMA 16 KM/LT DOANK. RENCANA MALAH SUZUKI NEX-Q AKAN AKU TEMPELSTIKER DENGAN TULISAN “MATIC PALING BOROOOOOOOS” BIAR JADI IKLAN JALAN.

  13. Menjatuhkan merk lain tangkap nih org…. aku kepingin nex tpi orgtua kok/kata orng2 blng ,spearepart langka ,mudah rusak , dan yang parah klo sudah rusak katanya sulit di perbaiki. Tapi gw sebagai anak y harus patuh… tahun depan atau depanya lagi mudah2 hisa gondol Saputra SUZUKI , soalnya aku SUZUKI LOVER’S

  14. ALHAMDULILLAH. Memang Nex irit, walaupun tetap harus menghindari jalan macet jika ingin betul2 irit.

Comments are closed.