iklan iwb

Jepang…sebuah negara yang disegani sejak era pecah perang dunia kedua. Seluruh daratan Eropa dan Benua Amerika terhenyak tak percaya ketika pesawat tempur Nipon berhasil menekuk armada udara Inggris dan Amerika. Dibekali mesin Mitsubishi…..manuver serta speed kala itu tergolong lebih superior dibanding lawan. Ketangguhan negara matahari terbit memaksa Amerika, Inggris dan Perancis bergabung . Hingga tragedi terjadi. Bom Atom dijatuhkan diHiroshima dan Nagasaki…meluluh lantakan semua yang ada. Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat…..

Sejak terpuruknya ekonomi akibat perang….Jepang bertekad bangkit. Belajar tanpa kenal lelah dan terus mempertajam pengetahuan disegala sektor. Lambat laun keterpurukan berubah menjadi kesuksesan. Dari segi teknologi khususnya roda dua….merekalah rajanya. Disaat pabrikan Eropa lebih suka bermain kelas moge…secara jeli mereka meracik kuda besi kubikasi mungil. Pasar Eropa dan Amerika yang sebelumnya melakukan resistensi…akhirnya menyambut hangat produk-produk Jepang. Irit, handal, mobilitas tinggi, ekonomis, harga kompetitif serta kualitas bersaing menjadikan motor-motor Jepang cepat merebut hati biker seluruh dunia. Hingga jaman berganti…..

Munculah pabrikan India yang mampu menawarkan motor dengan kualitas dan harga bersaing. Mereka seperti tahu bahwa kubikasi mungil tidak hanya dituntut irit dan ekonomis namun juga kencang. Tolak ukur demand dan tren sudah bergeser. Ketika biker jaman dulu motor hanya digunakan untuk mobilitas sekedarnya……kini telah menjadi semacam cap atau prestige yang bisa mengangkat proud atau rasa bangga pemilik. Konsumen juga semakin pintar…tidak mudah dibohongi dengan tampilan facelift ala kadarnya. Karena itulah…Bajaj, sebuah pabrikan yang dianggap remeh oleh mayoritas pemerhati otomotif dunia mampu meracik kuda besi mumpuni dengan harga terjangkau. Tak ayal beribu pertanyaan muncul, ada apa dengan Jepang?? kenapa mereka yang sudah malang melintang sebagai produsen handal sejak jaman dulu, menjadi terkesan under dog pasca munculnya Bajaj Pulsar 200NS??…..

iklan iwb

Menilik performa…bisa IWB katakan brojolnya Pulsar 200NS memang merupakan sebuah tamparan buat produk Jepang. Tidak percaya? silahkan intip tabel komparasi motorsport yang IWB comot dari Blog bro Ridertua (klik disini) berikut. Nyaris…seluruh motorsport (satu segmen) yang bertebaran ditanah air, bukanlah lawan Pulsar generasi anyar. Begitupun desain……harus jujur kita katakan, P200NS sangat bisa bersaing dengan produk-produk matahari terbit. Stylish….modern look…..wah dan enak dipandang mata. Dari segi banderolpun Bajaj mampu mempermalukan Jepang. Yup….budaya yang terus dipelihara oleh Bajaj yakni value for money tetap dipegang. Btw…apakah ini artinya P200NS bisa mengancam eksistensi motorsport lokal??….

Kalau menurut IWB, mengancam sih tidak. Mungkin bahasa yang tepat adalah….menggerogoti. Untuk pada level mengancam…masih jauh sebab banyak PR yang kudu dibenahi oleh pabrikan India khususnya cakupan 3S, kecakapan mekanik plus standart pelayanan yang kurang maksimal pada masing-masing dealer. Sisi ini sangat besar pengaruhnya. Anyway….IWB sebenarnya yakin mereka juga bisa meracik kuda besi se-powerful Pulsar….200cc output 23.5HP.? Tapi konsekuensinya??…biasa banderol akan terdongkrak. Jika dipaksa murah….lazimnya akan terjadi efisensi atau pemangkasan cost yang ujung-ujungnya berdampak penurunan kualitas. Itulah fakta yang sering terjadi. Last….sebuah tantangan bagi pabrikan Jepang untuk brojolin kuda besi segarang P200NS dengan harga terjangkau. Yah…memang tidak gampang sebab menyangkut profit plus tetek bengek birokrasi yang kita sendiri tidak tahu. Apakah mereka mampu menawarkan kuda besi semurah, sekeren dan sekencang pabrikan India?? monggo berikan analisa mzbro semua….(iwb)

Noted :Click to enlarge the Image

142 COMMENTS

  1. mohon koreksi bila saya salah…
    ATPM JEPANG disini hny sekedar sole agent doang… yang bikin mahal sepertinya mereka hrs bayar royalti brand, dan nilai itu hrs dimasukin ke harga eceran motor tsb.
    Lepas dari anggapan oleh “mereka” bahwa konsumen disini banyak yang masih gagap mesin, dan buta design ….

    so jangan heran kalo munculnya bajaj…(belum lagi TVS nantinya)…lepas dari kekurangan mereka soal 3s-nya… secara teknikal motor mereka sejajar dgn produk atpm JPN yang beredar…..

    dan thanks to blogger…dan media internet…. konsumen menjadi “AGAK” melek

    just sharing… koreksi yach kalo kurang…

  2. @meme…
    berarti anda membuat malu its…
    jadi benar pernyataan saya bahwa rata2 pembeli honda memang buta akan spesifikasi dari sebuah motor yg ia beli..

    contohnya anda…

  3. banyak temen bilang…buat apa duit 20jt di beliin yang belum pasti…kalo buat saya pribadi…asal 3S memadai…demi perubahan kenapa gak…?ngandelin jepang fitur dikit harga selangit…di tunggu kedatanganmu real streat fighter 200NS…jadilah konsumen yang cerdas…

  4. bisa menjadi tamparan keras klo dibandrol 20-21 jutaan, pulsar 220 walaupun cuma 18 juataan ga seberapa laku dikarenakan desainnya yg masih berbau acha2 nehi2 ga seberapa disuka, klo p2oo NS? maknyos!

    jepun tuh memang suka menjajah…masa vario 125 rencana mo dijual di harga 17 jtan??? nambah dikit udah dapat jagoan DOHC tuh, udah dapat motor batangan tuh…

    harga jgn mahal2 dulu lah, penetrasi pasar dulu…naikin market share dulu….inget euforia cbr 15o dulu??? begitu dirilis….langsung redup redam….keren sih keren…harganya? ya sudahlah……hihihi…

  5. yang membuat motor jepun mahal karena mereka yakin dengan pelayanan 3S mereka… berbeda dengan bajaj.. 3S meraka masih amburadul… dipulau jawa aja masih amburadul apalagi luar jawa.. harga 3S ini ga bisa dinilai dengan selisih harga produk india dan jepang… selain itu brand image produk jepang lebih bagus dari pada brand image produk india. CMIIW

    tumben nih komentar2xnya agak berkwalitas.. Like Dis…

  6. ini malah kompresi di debatin…
    ilmu pasti di debatin malah kelihatan kolotnya bagi yang salah…
    ngakak nyimaknya salah satu pihak yang bener2 keiiatan kolot

    gak penting ah…
    yang penting kapan pulsar 200ns masuk ke INDONESIA!!!!

  7. klo pabrikan jepang tidak segera buat perubahan lama klamaan mereka akan tergeser seperti kondisi yang terjadi di India dimana produk jepang dibuat tak berkutik olaeh produk lokal india.

  8. @arul,
    kompresi yaitu pemberian tekanan yg tinggi, pengempaan; pemampatan..
    Dengan satuan pi.. Atau juga pressure…
    Jadi pressure juga artinya tekanan….

    Jadi kata ‘tekanan kompresi’ itu ‘cuma’ sekedar kiasan yg artinya diulang/mengulang…

    Kompresi pun bisa juga disebut ‘sebuah benda cair/gas yang di TEKAN dalam TEKANAN tinggi’.

    JADI KATA TEKANAN KOMPRESI terdengar konyol…

    ‘kompresor’..
    Ada kata or yg berarti pembuat/alat pembuat, dan kompres berasal dari kompresi (inggris-compresion) yg berarti tekanan tinggi…
    Jadi kompresor adalah alat pembuat tekanan tinggi.. Entah gas ataupun cair…

    Jadi kalau kita ucapkan kata TEKANAN KOMPRESI BERARTI TEKANAN TEKANAN TINGGI??..

    Kalau bicara rasio/perbandingan kompresi jelas pas…
    Perbandingan tekanan tinggi,
    yaitu perbandingan antara kapasitas silinder dengan ruang bakar.. Makin sempit ruang bakar, makin besar pula rasio yg didapat…


    Be smart bro…

    Brand minded mending kelaut aje deh…

  9. Proses mesin bensin dapat didekati dengan siklus Otto.

    kata sulit:
    TMA=Titik mati atas
    TMB=Titik mati bawah

    step 1.
    gas ditekan masuk ke dalam silinder,

    ->Volume gas yang masuk ke volume silinder tergantung dari timing injeksi dan atau lama buka tutup valve. Sehingga silinder 100cc bisa Cuma di isi gas 80 cc (0,8 atm), 100cc(1 atm), ataupun 200cc (2 atm).

    step 2
    Gas ditekan secara adiabatik dari V1 (TMB) menjadi V2 (TMA) dan temperaturnya naik Dari TA ke TB.

    ->Rasio kompresi = Volume RUANG TMB / volume RUANG TMA
    ->Tekanan kompresi = tekanan gas saat terjadi kompresi (TMA)

    rumus tekanan kompresi = tekanan gas saat TMB * rasio kompresi.

    contoh:
    2 sepeda motor dengan isi silinder sama. perbandingan kompresi sama. bisa mempunyai tekanan kompresi berbeda. jelaskan!

  10. jawab:

    diket :

    -isi silinder = 100cc
    -debit injeksi = 100cc/detik.
    -rasio kompresi = 1:10.

    motor1
    -timing injeksi = 1 detik.
    -volume gas saat TMB = 100cc * 1detik =100cc
    ->tekanan gas saat TMB = 100/100= 1 atmosphere (hukum boyle)
    ->kemudian volume ruang di kompres menjadi 10x lebih kecil jadi tekanan gas di dalamnya akan menjadi 10x lebih besar(10 atm).

    motor 2
    -timing injeksi = 0.8 detik.
    -volume gas saat TMB = 100CC * 0,8detik =80cc.
    -tekanan gas saat TMB = 80/100= 0.8 atmosphere (hukum boyle)
    -kemudian volume silinder di kompres menjadi 10x lebih kecil jadi tekanan gas di dalamya akan menjadi 10x lebih besar (8 atm)

    -bagi non injeksi timing di atur buka tutup klep.

    #dari 2 motor diatas bisa di simpulkan 2 motor dengan isi silinder sama dan perbandingan kompresi sama bisa memiliki tekanan kompresi berbeda.

    #hukum termodinamika:
    PV=nRT

    berdasarkan rumus diatas P(tekanan) berbading lurus dengan T(suhu).jadi semakin tinggi tekanan kompresi semakin tinggi suhu. bukan rasio kompresi.

    step 3
    Terjadi proses pembakaran gas (dari percikan api busi), kalor diserap oleh gas Qh. Pada proses ini volume dijaga konstan sehingga tekanan dan temperaturnya naik menjadi pC dan TC..

    step 4
    Gas berekspansi secara adiabatik, melakukan kerja WCD.

    step 5
    Kalor Qc dilepas dan tekanan gas turun pada volume konstan.

    6.Pada akhir proses, gas sisa dibuang pada tekanan atmosfir dan volume gas turun dari V1 menjadi V2.

    mohon maaf sebelumnya, saya merasa perlu menulis seperti ini karena saya rasa banyak perdebatan yang cuma di dasarkan pada ego masing2 dan bukan berdasarkan keilmuanya.

  11. g dukung meme.
    ad yg nama ny ‘compress pressure’ & ‘compress ratio’.
    klo u trjemahin ny acak kadut gitu ya keliatan bloon ny.
    udara pny tkanan & di dlm mesin di mampatkan lg(nama compress=pemampatan), di mesin ad yg nama ny tma & tmb jdi prbandingan kompresi di 2 titik trsbt yg dinamakn ratio kompresi/comp ratio.
    bybre cmn modal pngetahuan ecek2 aj, blm prnh liat tabel spesifikasi lngkap kn? cmn tw tabel yg dicekokin dr atpm. mn prnh atpm cantumin ‘pressure compresion’ krn atpm indo ga mw ktauan klo spek di indo ud di downgrade agar memenuhi kbutuhan bbm dsini. orang kok bisa di bego2in ama u tuh krna org ga mw bedebat ma org yg pngetahuan ny cetek tpi ngmng ny kek ud paling tw. ga ush sok pinter makany mas, ktauan bloon ny kn dong2 d. @mas meme ane dukung soale g ud prnh liat spek asli mesin, g jg ngmng pnjang lebar gini biar ga trjadi pmbodohan publik. cmiiw pisss.
    ??p200ns??

  12. @bybre
    klo anda merendahkan orang lain, maka engkau akan direndahkan < ilmu pasti, ilmu dasar.
    tong kosong nyaring bunyinye, si bybre kosong kaga ada otaknyeeee wkwkwkwk

  13. klo g sih lbh ngarep ny bkn dr hrg yg bikin dy eksklusif tpi dr segi kompresi ny biar hrs pake pertamax+.
    ??p200ns??

  14. hmm bener2 motor yg patut ditunggu.
    ga sabar nunggu.
    sambil mantau sambil liat prkmbangan si bybre, bisa omong gede apalagi dia? bacot sendiri ga jelas tapi sok ngomentarin orang lain. cacat

  15. Asal jgn d than2 aja buat d br0j0lin d sni.. Nanti 0rg kbru ksel n kdluin merk jepun.. Akhr’a pndah k laen hati..:D

  16. tetep aj om org yg tau motor bakal pilih produk jepang n italy…
    sdah lbh berpengalaman dlm hal motor dr jaman dulu…
    sudah trbukti di ajang balap nasional or internasional…
    dgn inovasi yg lbh dulu mncul…

    pulsar yg diatas ane rasa nyontek Honda CB1000R
    cz ntu moge…blm da versi kubikasi lbh kecil
    c bajaj inisiatif dh ngluarin cc yg sgtu…

    bajaj prtma keluar j batok palana agk nyontek ninja R
    klo ngalahin image motor jepang or eropa ane rasa produk india g bakal bisa

  17. ^^^ ahahaha
    ga bisa liat model bgs lgsg celoteh mirip ini mirip itu, kek gitu mah ga bisa dijadikan patokan pnjualan krn mirip itu relatif & selera org beda2.
    model p200ns ini blh dibilang mngjutkn krn datang ny dr pabrikan bajaj yg klo di pikiran org2 kek lu tuh msh pabrikan negara brkembang.
    klo mnurut g pemikiran lo bisa saja dlm knyataan ny nanti meleset, krn org msh butuh motor dgn tampilan ok & mesin yahud tpi terjangkau.
    saat ny mlupakan masa lalu(klo pabrikan laen tetep ga mo berinovasi) & sambut era baru dmn bajaj sdh melakukan hal yg patut diacungi jempol.
    ??p200ns??

  18. haha pada sok pinter ngomongin kompresi2an…padahal nyuci motornya sendiri aja malesss.. Ilmu sebatas teori aja.. tapi kalo mesin motor ada yang bermasalah tetep aja kebingungan kaaaaannn???

  19. @stonecold
    siapa yg sok pinter? baca omongan u sndri
    quote”@meme : klo soal tenaga ngedrop di cbr seeeh
    jelas bgt kaleee bukan krn tekanan yg loe mksud
    ituuuuu. tp memang krn karakter mesin DOHC
    single silinder over bore coooy.. Lagian soal
    tekanan itu jelas ngaruh dari rasio kompresi itu
    sendiri kaleee.. dan banyak lagi faktor soal
    tekanan kompresi” <<kesimpulan g, u jg ga tw ap2 soal kompresi tpi brani ngomentarin mas meme.

    quote"klo soal tenaga ngedrop di cbr seeeh
    jelas bgt kaleee bukan krn tekanan yg loe mksud
    ituuuuu. tp memang krn karakter mesin DOHC
    single silinder over bore coooy.." <<blh ga, u pahamin ap yg mas meme tulis trus u baca tulisan u skali lg. ap hubungan ny karakter mesin yg DOHC singlesilinder overbore dgn power drop? mesin sama dgn yg di thailand trs u nyalahin DOHC BLA BLA BLA jadi drop? wah2 kok org sebodoh ini mengecap org sok tw? yg lbh sok tw trs kliatan salah ny sapa?
    sblm judge org laen mndink ngaca dlu bozzz, omdo doank, wong otak ga dipake kok maksa komen yg meledek org laen. dengkul mu dmn? e sala… otakmu dmn? gpp lu nyanyi 'otakku palsu', g dukung kok u nyari otak lu dlu dmn, nemenin ayu ting2 sono.
    ??p200ns??

  20. Mtr Jepang mahal mungkin karena material mesinnya bagus…..klw bajaj tanya aja orang bengkel gmana durabilitinya..??hehe

  21. Makin mantap saja nih product.
    Pertahankan sampai product jepang terkikis habis …

  22. pensaran bgt ni…. tahun depan awal ato masilama ya? ngemeng ngemeng knalpotnya sebelah mana si? hehehe

  23. Jngn dulu berharap terlalu banyak, nanti kecewa. Bandingkan performax kalo uda nongol di sini. Siapin duit bwat kelinci percobaan. Akhir kta, persaingan bisnis menguntungkan konsumen. Panas2in aja biar rame.

  24. kalo ane, nyang udeh pernah ngebuktiin gimana performa pulsar meski cuma 135, ane yakin dah, produk2 nippon kalah semua.

    soal 200NS, ane juga berani jamin, di motor laris manis. setidaknya ada beberapa keunggulan. pertama, soal teknologinya udah lebh bagus dibanding produk terbaru pabrikan jepang. kedua, kompresinya juga jauh lebih unggul. ketiga, bodinya lebih keren.

    kalo agan2 mau buktiin, daripada kelamaan nunggu 200 NS, mending coba bandingin aja 135 LS sama V-ixion. ane jamin, pulsar yang lebih unggul di jalan.

  25. Pulsar NS200 adalah model perdana hasil kolaborasi pemasaran dua perusahaan Kawasaki dan Bajaj, masa kawasaki nampar negaranya sendiri… yg ada cari keuntungan :D, strategi jg sih kayanya

  26. Agan2, ga perlu mikirin service pulsar 200 ns, jd pulsar 200ns ini di service nya di kawasaki, krn memang ada toolkit sercive yg hanya tersedia di kawasaki, malahan tidak bisa di service di bajaj. terimakasih

Comments are closed.