iklan iwb

Mboh ngimpi opo mzbro…..semalam ketika pulang kerja IWB bertemu dengan biker rada panasan. Disalip tidak mau….dibarengi dengan manuver zig-zag membuat siapapun tidak nyaman melihatnya. Bertemu mulai dari lenteng Agung….sama-sama menuju keDepok. Test kemampuan siApache melawan motor lain akhirnya terjadi….

Selama seminggu ini IWB selalu nunggang Apache 160. Selain untuk melihat kemampuan engine dalam simulasi pemakaian sehari-hari, entah kenapa IWB merasakan? lebih cepat sampai kantor ketimbang naik Blue Angel. Bisa jadi akibat karakter mesin yang gampang dibetot dan rem pakem membuat nyali lebih berani untuk melaju agak kencang. Yah…itung-itung biar sikebo istirahat dari kepenatan lalu lintas Jakarta….

Keluar kantor jam 11.30 malam…ngacir pulang keDepok. Jalanan ibukota IWB telusuri sampai daerah pasar minggu. Disanalah IWB bertemu dengan penunggang Vixie hitam. Bokong motor sudah dimodif layaknya Motogp…lancip ditambah LED stop lamp diburitan. Keren juga euy. Sayang siempu tidak merubah kaki-kaki (masih standart) sehingga terlihat cungkring mengurangi hasil modifan. Pasca lampu merah…motor digeber meninggalkan IWB….

iklan iwb

Setelah stasiun Lenteng Agung IWB bertemu kembali dengan? siVixie. Karena kecepatan siApache melaju lebih kencang (sekitar 80km/jam)…IWB mendahului doi.Tidak butuh lama…siVixie kembali menyalip dengan speed diatas Apache. IWB hanya menguntit dari belakang sebelum akhirnya memutuskan untuk mendahului kembali. Dan lucunya…tidak butuh lama juga, siVixie nyalip lagi. Disinilah drama terjadi (sampai pasar Lenteng Agung)…

Penunggang Vixie sepertinya penasaran dengan motor yang IWB pakai. Doi nyalip sambil memberi kode tangan seraya zig-zag. Speed dikisaran 85km/jam (speedo Apache)…selepas pasar, penunggang Vixie memberi isyarat lambaian tangan menyuruh kedepan. Anehnya posisi badan doi menunduk ancang-ancang ingin menggeber motor. Weewww…test performa nih ceritanya :mrgreen: . Kebetulan euy sekalian menggali kemampuan mesin secara head to head….

Benar saja….tiba dijalur satu arah selepas lenteng (anak Depok pasti tahu rute yang IWB maksud) didepan mata, penunggang Vixie downshift disertai aksi nunduk ditanki. Tidak berpikir panjang IWB juga melakukan hal yang sama. Kecepatan berkisar 80km/jam….mengurangi gigi dari 5 ke 4 (Jarak sekitar 6 meter dibelakang doi) speed dengan cepat terkatrol tembus 105km/jam. Mesin siApache menjerit hingga RPM 9.000…..jarak tidak bergeser. IWB merasakan gigi empat kuda besi racikan TVS ini imbang melawan Vixion (sebagai informasi joki Vixie postur lebih kecil ketimbang IWB)….

Masuk kecepatan 109km/jam (sesekali ngelirik speedo)…upshift gear lima.? Disinilah keajaiban terjadi….sebab pelan namun pasti siAPache mendekat. Pada kecepatan sekitar 115km/jam….IWB melihat posisi joki Vixie sudah disamping kanan IWB. Sedang cowok bercelana jeans biru tersebut ngelirik keIWB lumayan kaget sambil terus berusaha nempel ditanki meminimize hempasan angin dari depan. Dan….pada kecepatan 118km/jam posisi? Apache sudah berada didepan Vixie secara meyakinkan sebelum kita dihadang oleh jalanan yang menyempit. Singkat cerita…IWb akhirnya meninggalkan doi memasuki jalan Margonda Depok. Sedang siVixy?? kemungkinan belok keKelapa dua….

Dari pengalaman diatas IWB bisa simpulkan bahwa gear 5 Apache menang melawan Vixion. Reaksi engine dalam merespon final gear Cukup mantap. Sementara untuk gigi bawah….Apache masih belum mampu mengungguli kehebatan? siinjeksi (sayang IWb tidak ngetes gigi 1,2,3).? Yah…memang cerita diatas tidak bisa dipukul rata. Artinya bisa saja Vixie lawan IWB sedang tidak fit atau setingan tidak tepat. Last…kepuasan tersendiri bisa membandingkan performa secara head to head tanpa menggunakan feeling atau GPS. Dan…sekali lagi Apache membuat IWB geleng-geleng kepala. Good job deh buat India. Ada pertanyaan atau komentar mzbro??…..(iwb)

419 COMMENTS

  1. 49. DC – Desember 29, 2011

    PUASSSS banget baca ini artikel, biar yg pada petakilan pake vixon segera tobat :p
    mosoook ane pake scorpio aja masih digeber-geber? ckckckck
    ================================================
    itu mending masbro,,,,,

    wong bus AKAP aja di sruntulin,,,, tuh,, pengalamannya om samsudin,,, :mrgreen:

  2. buset dah..msk gw dibilang supir akap…ane bikers juga om mercon ( duarrrrr ) .

    @42 bram : lah..mas iwanbanaran sendiri kan motornya standard ting ting tuh…tuh bisa ngalahin vixion.

    wahh kl ngliat commentnya keliatannya jd panjang ya….ini jadi nya FBH + FBV versus FBY.

  3. dikunyah pada
    Desember 29,
    2011 pukul 2:59 PM
    berkata:
    mungkin mas iwan salah
    motor?itu bukan vixxy,,itu
    tiger?picek,,,
    hahahahha
    ========================
    ya kali Mas Iwan gak bisa bedain yang mana tiger yg mana Vixion. Bego bgt nih comment.

  4. Coba kalo IWB di pimjemin vixion 1 minggu pasti artikelnya akan lain,,hehehe,emang susah jaman gini nyari bloger independen..

  5. randy pada
    Desember 29,
    2011 pukul 3:05 PM
    berkata:
    Coba kalo IWB di pimjemin
    vixion 1 minggu pasti artikelnya
    akan lain,,hehehe,emang susah
    jaman gini nyari bloger
    independen.
    ======================
    ========================

    udah pernah bos ! Iwb cuma bilang tenaga rata. Kenapa gak seneng ? Terima fakta aja mas. Legowo.

  6. untuk membuktikannya hayu besok kita tes lagi sama motor ane,,bener ga nich article, ane minta alamat nya aje, dimana kita star balapnya

  7. set dahh, vixi mah bukan motor superior x boss?? kok banyak yg komen ga percaya ya?ckck

    kenapa? motor kebanggan para alay sekalian malu kalah sm motor india? ane rasa s TVS yang seharusnya malu karna di bandingin sama motor subsidi gitu. ckck
    dasar ababil.

    anyway, keep posting mas IWB! thanks buad artikel2 nya!

  8. Dendy pada Desember 29, 2011 pukul 2:51 PM berkata:

    Gue bilang apa ? Vixion itu gak kenceng2 bgt larinya. Sama Nmp jga tewas. Bhkan Cs1 juga tewas secara cs1 bisa 125-130 km/h dan pada tahu kan ke akuratan Gps cs1 ?

    udah nyoba sendiri, liat sendiri, baca artikel atau cuma katanya? :mrgreen: ^^V

  9. Waduh Mas iwb. Ada yang nantang tuh. Hati2 kelihatanya std. Tapi udah porting polish plus ganti piggyback. Harap maklum.

  10. Pengendara Vixion memang ALAY ALAY.
    Gaya’nya sok” banget, kayak udah paling kenceng aja tuh.
    Apalagi yang bilang saingan’nya cuma Ninja Series. Baaaah bohong banget tu omongannya.
    Sama Scorpio aja belum tentu menang apalagi sama Ninja Series.
    Amit-amit dah.

  11. Saya tidak setuju dengan metode ngetest kayak gini. Ngajarin orang utk ngebut di jam sepi. Gak safety. hati-hati mas. inget lho di jalur ps minggu – lenteng agung pernah ada kecelakaan motor Thunder yang kemudian dipajang sebagai monumen.

  12. @ BRAM – Desember 29, 2011

    Hanya orang awam yg bilang si apache RTR Bisa ngalahin vixion, ga mungkin motor kelas teri begitu bisa ngalahin sang raja sport, paling juga tuh motor udah di bore up dalemannya biar kelihatan cepet, aslinya yang ada paling mirip2 mocin larinya?..untuk saat ini hanya ninja 150 yg bisa nandingin kecepatan vixion,selain motor itu ga ada yg bisa ngejar vixion?udah gua coba selama 3 tahun men???.

    ==========

    salah satu rider vixi alay…

  13. @ randy – Desember 29, 2011

    untuk membuktikannya hayu besok kita tes lagi sama motor ane,,bener ga nich article, ane minta alamat nya aje, dimana kita star balapnya

    ===============

    ini alay vixi lagi, banyak juga ternyata

  14. vixi lawan cs1 ato fu dululah..kalo menang, baru lawan ninja

    lawan cs1 ma fu aja kalah, motor sport apaan..

  15. @63..

    besok besok kalo pergi kerja ato kuliah…kl ketemu Scorpio,Tiger,Pulsa 220,Ninja250,ninja150krr,CBR250,CBR150,satria FU di jalan …geber geber deh snalpot nya bro …tantangin balap mereka semua..kali aja ada yg panasan juga.biar keliatan yg kalah siape ..vixie kan.

    peace ah

  16. @70 ran..

    kayaknya jalurnya yang ke depok deh ( depan stasiun Univ pancasila )..bukan ke Tanjung barat.

  17. ce’es wan 125 cc lawan piksion 150 cc = pixion kalah ,,, (selisih 25 cc )
    ce’es wan 125 cc lawan tegor 200 cc = tegor nyungsep ,,, (selisih 75 cc )

    eh,,, nggak ding,,,, tegor sama ce’es wan kan satu pabrik,, jadi nggak boleh saling berlawanan,,,, :mrgreen:

  18. Brother2 semua…sabar sabarr..

    Ini hanya test toh..gpp legowo saja, apakah sepenting itu top speed? Mungkin mas IWB bagus bgt bawa motornya sehingga hasilnya bs menang..jika seandainya apache yg kalahpun saya tdk papa..(saya pengguna apache)..faktornya kan byk.

    Mari tetap kita jaga semangat brotherhood dan safety riding..

    buat saya yg penting adalah ketahanan mesin…dan hrs responsif. Utk top speed, motor2 cc 150 – 200cc paling kisaran segitu2 saja bukan brothers? (kondisi standar yah)..berbeda2 tp pasti tidak terlalu jauh bedanya…selisih -/+ 10km/jam. Tinggal cepat mana dapat top speednya.

    Di jakarta day to day? Saya tidak pernah bs lebih dr 85km/jam

    Salam biker!

  19. Vixi injeksi 4klep 150cc overstroke jelas power atas kalah…n kecil…cuma menang tarikan bawah gara2 injeksi n torsi gede..power yaaah gitu deh

    Apache overbore mantab buat narik mpe limit speed atas…

    ama cs1 napas atas vixi sedikit kedodoran dan top speed jg sedikit tertinggal..cs1 gigi 5 10500 rpm tembus 128kpj dan napas masi tersisa mpe 11300rpm

    Vixi (katanya) 10000rpm nembus 135-140kpj??
    Tapi di test ama cs1 di speed 118-119kpj dah putus…
    Dan lagi2 ama bang iwan di test ama apache juga tewas di 118kpj speedo apache

    Yang namanya vixion-mx based enjin ya cuma ngasi efek nikmatnya kemenangan sementara di tarikan awal n gigi 1-2-3 aja…
    Tapi siap2 menangisi kekalahan di power atas dan top speed

    No offence gw coba dari motor yg teknologi hampir setara fu vs vixi vs old cbr gw kasi konklusi vixi bukan tandingan buat kebut2an dengan keduanya

    Begitu jg mx vs cs1…kebanyakan org awam pada bilang mx lebih kenceng denga cc gede klep 4 dan unggul gigi 1-2
    Namun diajak mpe ngacir terus ya gigi 3 dah kebalik keadaannya

    Yamaha pintar dengan memakai torsi gede oberstroke agar kesannya tarikan padat n unggul jauh di awal sehingga dikira org awam bakal makin jauh kemenangannya di top speed
    Tp sebenernya setelah di ajak 80-90-110-120kpj ya malah makin lambat dan ketinggalan

    Dan ini yg dialami para alay vixi n mx 😀

    Org yg biasa maen motor bakal bilang biasa aja tuh vixi/mx
    Spt yg gw rasain..gk spesial..gk kencang..

    “jgn bawa hondut gl series ya…krn ni gl kalah teknologi n positionin sbg cruiser..diadu ama yg hampir setara positioning enjin based nya..sama2 LC dan hi compresiion serta beberapa advanced air cooled india..gw bisa bilang enjin mx vixi sangat biasaaaa..gk spesial…

    MX 135cc power cuma 12.5dk padahal dah 4klep kompresi 10.9
    P135 cc power bisa 13.5dk dengan kompresi cukup 9an air cooled dan 4klep
    CS1 cuma 125cc 2klep dengan kompresi 10.7 aja bisa lebih tinggi powernya yaitu 12.8dk dibanding mx…andai cc nya sama dah tambah jauh aja tuh

    Vixi? Canggih gitu mirip2 mx plus injeksi cuma 14,8dk..bandingkan air cooled 2klep apache beda 10cc aja bisa 15an dk…

    Gitu sih komen ane

  20. Bro iwb…keep on safety riding bro…pastikan aman dan gear body lengkap. Di kondisi jakarta spt ini saya paling banter di 85km/jam…bahaya sekali kondisi jalanan. Saya pernah tabrakan dengan mio, padahal kecepatan hanya 30 km/jam…si ibu2 ber-mio itu tiba2 muncul potong jalan dgn kencangnya.

    Salam

  21. @ Jet A1 – Desember 29, 2011

    Vixi injeksi 4klep 150cc overstroke jelas power atas kalah?n kecil?cuma menang tarikan bawah gara2 injeksi n torsi gede..power yaaah gitu deh

    Apache overbore mantab buat narik mpe limit speed atas?

    ama cs1 napas atas vixi sedikit kedodoran dan top speed jg sedikit tertinggal..cs1 gigi 5 10500 rpm tembus 128kpj dan napas masi tersisa mpe 11300rpm

    Vixi (katanya) 10000rpm nembus 135-140kpj??
    Tapi di test ama cs1 di speed 118-119kpj dah putus?
    Dan lagi2 ama bang iwan di test ama apache juga tewas di 118kpj speedo apache

    Yang namanya vixion-mx based enjin ya cuma ngasi efek nikmatnya kemenangan sementara di tarikan awal n gigi 1-2-3 aja?
    Tapi siap2 menangisi kekalahan di power atas dan top speed

    No offence gw coba dari motor yg teknologi hampir setara fu vs vixi vs old cbr gw kasi konklusi vixi bukan tandingan buat kebut2an dengan keduanya

    Begitu jg mx vs cs1?kebanyakan org awam pada bilang mx lebih kenceng denga cc gede klep 4 dan unggul gigi 1-2
    Namun diajak mpe ngacir terus ya gigi 3 dah kebalik keadaannya

    Yamaha pintar dengan memakai torsi gede oberstroke agar kesannya tarikan padat n unggul jauh di awal sehingga dikira org awam bakal makin jauh kemenangannya di top speed
    Tp sebenernya setelah di ajak 80-90-110-120kpj ya malah makin lambat dan ketinggalan

    Dan ini yg dialami para alay vixi n mx 😀

    Org yg biasa maen motor bakal bilang biasa aja tuh vixi/mx
    Spt yg gw rasain..gk spesial..gk kencang..

    ?jgn bawa hondut gl series ya?krn ni gl kalah teknologi n positionin sbg cruiser..diadu ama yg hampir setara positioning enjin based nya..sama2 LC dan hi compresiion serta beberapa advanced air cooled india..gw bisa bilang enjin mx vixi sangat biasaaaa..gk spesial?

    MX 135cc power cuma 12.5dk padahal dah 4klep kompresi 10.9
    P135 cc power bisa 13.5dk dengan kompresi cukup 9an air cooled dan 4klep
    CS1 cuma 125cc 2klep dengan kompresi 10.7 aja bisa lebih tinggi powernya yaitu 12.8dk dibanding mx?andai cc nya sama dah tambah jauh aja tuh

    Vixi? Canggih gitu mirip2 mx plus injeksi cuma 14,8dk..bandingkan air cooled 2klep apache beda 10cc aja bisa 15an dk?

    Gitu sih komen ane

    ===============

    alay vixi, mx n fby tolol mingkem dah

  22. 85. barasyukma – Desember 29, 2011

    Bro iwb?keep on safety riding bro?pastikan aman dan gear body lengkap. Di kondisi jakarta spt ini saya paling banter di 85km/jam?bahaya sekali kondisi jalanan. Saya pernah tabrakan dengan mio, padahal kecepatan hanya 30 km/jam?si ibu2 ber-mio itu tiba2 muncul potong jalan dgn kencangnya.

    Salam
    =============================
    hayo,,, ngaku,,,, itu ibunya siapa,,,, 🙂
    yang pasti bukan ibu ane,,, soalnya ibu ane nggak bisa naik mongtor,,, 😀

  23. barasyukma – Desember 29, 2011

    Bro iwb?keep on safety riding bro?pastikan aman dan gear body lengkap. Di kondisi jakarta spt ini saya paling banter di 85km/jam?bahaya sekali kondisi jalanan. Saya pernah tabrakan dengan mio, padahal kecepatan hanya 30 km/jam?si ibu2 ber-mio itu tiba2 muncul potong jalan dgn kencangnya.

    Salam

    ==============

    ibu2 pake mio juga sama2 alaynya??

    weleh weleh

  24. kobongan tenan iki…wkwkwk…
    vixie raider pada ga trima nih jadinya.. :mrgreen:
    sudah2, klo dapet gelar motor terkencang trus mau apa si?bangga?
    emang cewek2 pada peduli ya motornya terkencang?boro2 tau itu motor apa.. :p

  25. Ini kayanya artikel ungkapan sakit hati rider byson.terhadap si vixi. penyebabnya mungkin karena nyesel beli byson setelah di jalanan ga pernah menang lawan vixi,,padahal kalo menurut ane, sesama pengguna produk yamaha harusnya saling mendukung, bukan saling menjatuhkan, kalo motor anda ga cocok ya tukerin ke yg cocok,,gitu aja ko repot

  26. 1 pertanyaan saja…!
    Emang pengendara maHONDUT gak ada yg alay,pecicilan n petakilan???jng sok suci deh…!

  27. semua tergantung rider nya om, bisa nggak bawa motornya biar kate motor paling kenceng tapi rider nya koplak yo ketinggalan om, lagian motor cc nya cuma di bawah 250cc saja pakai kebut2an dipikir keren,jagoan ta ? malah koyo wong stress alias wong gendeng wong edan, kalo dianggap keren di track resmi alias di sentul.

  28. mildut – Desember 29, 2011

    1 pertanyaan saja?!
    Emang pengendara maHONDUT gak ada yg alay,pecicilan n petakilan???jng sok suci deh?!

    ============

    salah satu alay yamaho yang tersinggung

  29. 97. ituy – Desember 29, 2011

    mildut ? Desember 29, 2011

    1 pertanyaan saja?!
    Emang pengendara maHONDUT gak ada yg alay,pecicilan n petakilan???jng sok suci deh?!

    ============

    salah satu alay yamaho yang tersinggung

    =============================
    salah satu alay hondut yang tersinggung
    :mrgreen:

Comments are closed.