iklan iwb

Banyak sekali informasi dan kejadian tentang pembuktian lemahnya keawetan tanki simacan terutama seri Revo. Namun sejauh ini….kita sebagai konsumen seolah-olah diposisikan sebagai biang masalah hal itu terjadi. Maklum mzbro…rendahnya kualitas bensin juga bisa menjadi suspect utama selain kualitas material. Namun bagaimana kalau sudah secara rutin pengisian diSPBU resmi umur tanki tetap pendek??….

Dalam sebuah pabrikan terdapat puluhan vendor yang menyuplai part dari yang terkecil hingga terbesar. Contohnya blok silinder mesin, suspensi, ban, pelk, kaliper, piringan cakram, knalpot, foot step, seal, bohlam, cover lamp, casing dan banyak lagi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Pada saat pemesanan….tentu semua berdasarkan order atau permintaan pabrikan mulai dari ketebalan hingga persentase bahan racikan. Semuanya diolah untuk mendapatkan keseimbangan durability dan cost. Artinya tetap memperhatikan kualitas serta keawetan sesuai quality control, akan tetapi pabrikan juga kudu bijak dalam mengatur finansial jangan sampai jor-joran sebab kalau sudah menyangkut ribuan unit kendaraan, beda 20-30ribu saja bisa sangat berpengaruh terhadap profit. Terus….apakah artinya kualitas tanki yang cepat bocor berarti tidak lulus uji??…

Tidak juga bisa begitu!. Sebab sulit untuk mendapatkan tolak ukur baku dalam menentukan keawetan tanki. Apakah 1 tahun sudah bisa kita sebut awet??…atau 2, 3 , 5 hingga sepuluh tahun??. Tidak ada benchmark pasti. Paling kita hanya bisa membandingkan dengan produk pabrikan sebelah. Dan….apesnya, dalam data yang IWB kantongi sejauh ini kasus bocornya tanki lebih sering terjadi pada produk motorsport sayap mengepak.? Gejala nyaris sama yakni dari area bawah tempat kran bensin…timbul gelembung dan kalau kita korek….bensin langsung ngocor keluar. Uniknya…..penyakit tersebut dominan menjangkiti Honda Tiger atau Megapro keluaran 2007 keatas. Terbukti…Megy lawas IWB lansiran 2002 dulu mampu bertahan hingga 8 tahun sebelum akhirnya menyerah.? Fakta berbanding terbalik dengan generasi baru. Seperti yang dituturkan bro Rhino via email…….

iklan iwb

Mas iwan, saya punya foto honda tiger tahun 2009. Tangkinya bocor padahal motor umurnya belum lama. Sepeda motor punya saya sendiri. Bukan maksud mau BC cuma sekadar kasih informasi bagaimana mutu tangki honda tiger.

Yup sepenggal kalimat singkat namun sangat dalam artinya karena mengandung keluhan tapi juga permintaan supaya hal ini diperhatikan oleh AHM. Mzbro Rhino hanyalah salah satu dari sekian banyak yang mengeluh kepada IWB. Bedanya…..doi memberikan sebuah bukti foto, sedang biker lain hanya informasi tanpa materi pendukung. Seyogyanya hal ini menjadi masukan buat Honda untuk lebih memperhatikan masalah tersebut. Kalau perlu jewer vendor peracik tanki kuda besi mereka jika? material tidak sesuai kualitas yang disyaratkan. Jangan sampai gara-gara nila setitik rusak susu sebelangga. Mesin juozzz, fitur gandozzz tapi tanki keropozzz….kecewa pastinya.Ya nggak bro….

Untung sejauh ini IWB belum menjumpai keluhan yang sama pada gen Dazzler aka New Megapro. Bisa jadi Honda sudah memperbaiki kualitas tanki motorsport mereka. Semoga saja. Last...buat mzbro semua, monggo perhatikan konsumsi bahan bakar jangan sembarangan mampir dipinggir jalan. Kemudian usahakan setiap pengisian lebih baik full tanki untuk mencegah terjadi pengembunan atau kondensasi yang bisa menimbulkan partikel air pada area yang tidak tertutup bensin. Buat pabrikan….keluhan konsumen adalah suatu input berguna untuk menjadi lebih baik lagi. Walau pepatah pernah bilang…tidak ada yang sempurna didunia ini, tapi why-not kalau kita bisa memposisikan diri menjadi sesuatu yang? mendekati sempurna…….(iwb)

Megy lansiran 2002. Tanki bensin bisa bertahan hingga 8 tahun....

137 COMMENTS

  1. @ 4. agunk_ae
    – kayaknya klw cuma kualitas BBM rendah sy kurang setuju mas. yang jadi perhatian saya justru air. mungkin motornya sering kena hujan ato diparkir ampe kehujanan ato pada waktu motor nyuci eh dicuci, jadi air bisa nyusup lewat tutup tangki dan berdiam di dasar tangki

  2. betul..
    JANGAN SALAHKAN KUALITAS BBM YG BURUK karena memang dasarnya aja kualitas tangki tiger/megapro jelek,
    orang dealer ama SUMA juga mengakui kalo jelek.
    bandingin ama motor yamaha L2SUPER taun 80an punya tetangga, gapernah dirawat tapi tangki awet, atau biar fair bandingin aja ama tangki thunder atau scorpio yg harga motornya lebih murah….mana ada cerita bocor, kalo ada paling cuma beberapa.
    kebangetan tuh HONDA cari untungnya, motor 25 juta lebih kok dikasih tangki kaleng kerupuk, udah gitu kalo komplain yg disalahin kualitas BBMnya, hadehh…
    untuk NMP mungkin karena masih baru jadi aman, gatau deh kalo 5 taun kedepan.

  3. wadul kok ke blogger..
    emang belinya dari blogger yak?

    ato bloggernya jualan motor ,punya diler?’

    ato bloggernya kerja di pabrikan bagian tangki?

  4. Ane gak kaget kalo masalah tanki nya honda.
    Honda kan titik lemah nya di gear dan di tanki.
    Gear cepet bunyi apa lagi tigor, tanki gampang bocor (terutama motor batangannya).

  5. Permasalahan sebenarnya bukan pd tangki ato kwalitas BBM tp pd tutup tangki itu sendiri yg kurang mumpuni dalam menghalau air saat hujan ataupun mencuci motor sehingga dapat dgn mudah masuk ke tangki yg lama kelamaan dpt mengakibatkan karat dalam tangki sehingga bocor tu tangki….
    Ne pengalaman saya sendiri pemakai megi lawas th2006, suatu ketika motor tiba2 ngadat g mau jalan terus mogok (bingung ne mau ngapain coz g seberapa ngerti motor) dituntun da tu motor ampe’ bengkel terdekat setelah dibenerin ternyata karbu kemasukan air katanya setelah tu motor da isa hidup lagi. Setelah be2rapa hari keadaan normal kemudian tiba2 kejadian serupa terulang lg motor ngadat g mau dihidupin mesinnya (waduuh masak mau nuntun lg kebengkel) setelah di bengkel penyakit te2p sama karbu kemasukan air lg tp kali ini simontir bilang “mas ditangki banyak air klo bisa dikuras tu airnya dari tangki dan tu2p tangkinya di sumpel pke karet aj biar air g masuk lg”.
    Sampai dirumah langsung kuras tu tangki, trnyata bensin bercampur air yg berwarna oranye (mungkin karat tu kena air) untung g samapi keropos tu tangki setelah isi tangki abis saya jemur tu tangki biar sisa2 air yg masih nempel ilang/kering (jurus pengawuran ne) lalu tu2p tangki saya kasih tambahan dari karet ban dalam, alhamdulillah sampai sekarang g pernah ngadat lg n pas kuras tangki da g da airnya………..

    only personal experience with Honda motorcycles, but do not know with other bikes……….

  6. baja dan besi dari pabrik indo dah habis tuk diekspor…jadi indo cuma kebagian yg daur ulang kali ya…(besi tua)
    gimana mau produk global paling2 cuma ekspor ke ASEAN

  7. judul diatas memang benar adanya bahwa kualitas material hon-tig pada saat itu memang ga qualified, saya pun merasakan sendiri prnah pake tigi-revo thn 2007 akhirnya pensiun thn 2009 akhir. mungkin 2011 ini produksinya udah diperbaiki. Tapi jujur aje, gara2 ini gw kapok ama honda. Pengen nebus new cbr 150 jadi was-was.. apalagi abis ngeliat di m-plus, ada berita kalau kualitas honda cbr 250 baut-bautnya cepet karatan.. waduuuh..

  8. dikunyah pada Desember 10, 2011 pukul
    11:38 AM berkata:
    jangan salahin kwalitas bbm?memang tankinya si macan
    picek cacat produksi kok,,,udah lampu kurang satu,,,tanki
    karatan,,,rantai gemercak kayak kereta api,,,ck,,ck,,ck,,,
    no bc,ini fakta,,
    hahayyy,,,,

    ————————————————————————-

    comment of the day…
    tiger picek bukannya lampunya dua? kalo kurang satu, harusnya tiga ya??

  9. kalau motor honda yg kena masalah dan sudah ada buktinya pasti yg d salahkan yg beli dan lucunya para fbh dungu, dodol, bego dan tolol g trima dan ngebela mereknya mati2an dengan segala cara dan mengalihkan topik.

  10. nih yang sudah bocor beneran, dan bikin kebakaran…

    asmarantaka.wordpress.com/2011/12/07/eh-didalam-negeri-ada-juga-lo-yamaha-jupiter-mx-kebakaran/

  11. @cah ndeso : kenapa tidak terjadi pada bebek?

    Jawabannya gampang.. Karena tangki bebek tersembunyi dibawah jok jd tidak terkena air langsung baik itu air hujan ataupun saat mencuci sehingga air tidak rembes masuk melalui tutup tangki, beda dengan tangki tiger atopun megapro dimana air masuk merembes melalui tutup tangki dan dalam waktu lama menjadikan korosi (karat).. Imho

  12. ahm itu pusing, mau nyuntik mati gl200 ganti dg allnew tiger tetapi gl200( yg sudah jadul, gembrot, lemot tapi gagah) itu masih banyak yang beli…

  13. 62. Rhino – Desember 10, 2011

    Fbh mati kutu susah koment, fakta terlalu byk yg ngeluh, susah mo dikecapin kebohongan ala sales.

    ————————————————————————————
    jadi yg kirim email itu seorang FBY ?? pantas lah…

  14. kwalitas tangki motor sport honda memang lebih tipis dari motor sport yamaha&suzuki.intinya semua tangki motor sport harus dirawat.semua penyebab tangki bocor adalah AIR.jika mau cuci,tutup tangki di alasi dengan lap kanebo,jangan sekali2 menyemprot tutup tangki dengan air cukup di lap aja.jika hujan celah tutup tangki di tutup dengan stiker(walau norak yg penting tangki aman) agar air tidak masuk.trik ini udah ane lakukan dari dulu.jaman gl pro 91,rx king 93,rgr 97,vixi 08.dengan trik ini ane blm pernah ngrasain tangki bocor tuh sumpahh…merawat motor sport memang ekstra telaten.semoga trik sederhana ini berguna bagi para pecinta motor sport….

  15. hmm…jadi intinya…kita hrs beli MOTOR yg di beli/dipunyai oleh yg punya waruung……karna motor tsb sdh lulus uji menurut beliau beliau,,,, sprt mio…byson… klo gt aku setuju…tidak ada kekurangan sedikitpun..dan sngt baik menurutnya….ok lanjuut pencerdasan otomotifnya….sy sbgai pemakai/user yg suka otomotif akan slalu mencermatinya…..

  16. @71. FBH akut 😀
    sma saja seperti komstir oblak vixi mas. percaya atau tidak itu nyata banyak yang komplain. meskipun tidak semuanya.
    sama saja, tangki motor sport honda lokal, percaya atau tidak banyak yang bocor, meskipun tidak semuanya.

    kenapa tidak di recall? karena produk lokal, beda ama yang produk global langsung ditanggapi. IMHO.

  17. Biar tangki bocor,rantai brisik tapi gw tetep enjoy mas,motor2 gw lagian gw jg udah tau emang problemnya disitu,tapi itu semua gak menyurutkan buat beli sport honda………………………………………..
    Kalo emang kwalitas jelek tapi mengapa populasinya makin banyak….?
    Gw mendingan pakai motor yg tangkinya gampang bocor dan rantainya brisik daripada pakai motor buatan pabrikan yg suka 4L4Y…………………
    Selain honda no way…………………………..

  18. Input yang bagus nih buat hnd moga di dengar ama AHM. Just share MPL ane dari februari 2003 sampai saat ini masih belum bocor padahal kanan depan sudah dekok +/- 3 mm dari 3 th yang lalu.
    Mas IWB sampaiin aja sama AHM biar ada keterangan resmi dan upaya perbaikan.

  19. salam biker, mas iwb, pengalaman tangki bocor saya, ayah saya, paman saya, teman saya, teman istri saya pernah ngalami,bayangin tuh berapa orang, semua pengguna honda, saya waktu itu tigi 94, ayah saya megi thn 03, kemudian beliau ganti megi thn 07 sampe ganti tangki, paman saya megi thn 09 ganti tangki juga, megi thn 05 ganti tangki pula, teman istri saya tigi thn 08/09 ganti tangki juga, so begitulah track record si tigi n megi yg kualitas tangkinya perlu diperbaiki, hal ini juga diakui oleh pihak honda, kebetulan salah satu paman saya bekerja di main dealernya utk kwsan jabotabek. ternyata bukan hanya tangkinya namun pernah satu kali beberapa honda tigi revo dibeli oleh TNI, eh ternyata pas dicoba mereka unit2nya masuk gigi satu lancar pas masuk kedua lancar, setelah itu masalah terjadi dari gigi dua gak bisa dinaikkan ketiga dan gak bisa turun lagi, kemudian akhirnya unit2 tsb direcall oleh honda, paman saya juga mengakui kelemahan2 yg ada…tapi dia juga bingung….^^, begitulah kisah ttg motor2 spot honda hehehe…..sekedar berbagi…!

  20. Kalo gw sih udah biasa tangki bocor. Biarin aja deh, itung2 nyuci mesin gratis pake bensin ngucur. Kalo masih ngucur doang mah gapapa, gw masih maklumi. Tapi kalo kesundut api ampe motor terbakar, baru deh gw tuntut tuh AHM

  21. Aduh maaf ya semua, ini memang salah insinyurnya honda yg ngerancang motor dengan production cost rendah (maksudnya supaya dapet untung gede). Hasilnya malah gini nih, bensin suka ngucur. Aduh gw sebagai pegawai AHM malu banget sama konsumen semua. Ntar gw marahin deh atasan gw. Emang pada beg0 supervisor gw, pengennya untung doang. Tiger butut gw juga kena bocor tuh tapi gw cuekin aja. Intinya kita mesti sabar aja, semoga tidak terjadi kecelakaan.
    Udah tau kan kualitas motor honda. Jadi kalau para konsumen disini menyesal, saya sarankan pilih merk lain saja.

  22. masih mending tangki kondomnya BYSON…..

    masih ada yang mau mengejek BYSON pake tangki kondom???? wkwkwkwkkw

    itulah plusnya KONDOM BYSON

  23. kata fbh yang pentingkan laku dan banyak populasinya..
    -fakta dibilang bc
    -nengkritik honda disangka fby
    -wkwkwk..

    mau bc apa ngga tapi fakta banyak ooii, alah yang pentingkan laku itu mah kerjaan fby aja yang kirim email ke blogger.

    yang pentingkan laku, honda kan paling laku, honda kan segalanya bagi ku.

    wkwkwk..

    sekali lagi, yang pentingkan laku!

    prettt!

    (Fanatik buta sampe kapanpun mati2an ngebela sayap klepek, coba kalo fansboy merek lain, mana ada yg ngebela sampe mati2an mereknya)

  24. Yang pentingkan laku, populasinya banyak, mau cacat kek apa kek sudah terbukti qok honda paling laku dan paling ter dan ter..
    yamaha, suzuki, kawak, bajaj, dsb minggir aja lu, bentar lg jg pada bangkrut lu..
    Honda segalamya bagiku..

    Wkwkwk..

    Bece bece aah..
    Honda gitcu loh!

  25. Woi fbh serang gw nih, gw kan dari tadi nge bc merek pujaan kalian. Gue asli fby loh!

    Wkwkwk..

    Udahlah, yg pentingkan laku!

    Wkwkwk..

  26. Wkwkwk..

    @fbh, kalian baca tuh komentar2 gw, kalo pada sewot cuci muka, cuci kaki tangan terus tidur yg nyenyak yaa! Semoga mimpi indah bersama hoonndaa!

    YANG PENTINGKAN LAKU!

    Wkwkwk…

    Fbh jgn lupa gosok gigi, biar koment ga bau sampah..
    Imget gw ya, gw ini FBY TULEN LOH YG DEMEN NGE BC MEREK HOONNDAA!

    Wkwkwk..

  27. Wkwkwk..

    @fbh, kalian baca tuh komentar2 gw, kalo pada sewot cuci muka, cuci kaki tangan terus tidur yg nyenyak yaa! Semoga mimpi indah bersama hoonndaa!

    YANG PENTINGKAN LAKU!

    Wkwkwk…

    Fbh jgn lupa gosok gigi, biar koment ga bau sampah..
    Imget gw ya, gw ini FBY TULEN LOH YG DEMEN NGE BC MEREK HOONNDAA!

    Wkwkwk…

  28. tiger250 pada Desember 10, 2011 pukul 8:24 PM berkata:

    Biar tangki bocor,rantai brisik tapi gw tetep enjoy mas,motor2 gw lagian gw jg udah tau emang problemnya disitu,tapi itu semua gak menyurutkan buat beli sport honda???????????????..
    Kalo emang kwalitas jelek tapi mengapa populasinya makin banyak?.?
    Gw mendingan pakai motor yg tangkinya gampang bocor dan rantainya brisik daripada pakai motor buatan pabrikan yg suka 4L4Y???????
    Selain honda no way??????????..

    motor2 gw lagian gw jg udah tau emang problemnya disitu,tapi itu semua gak menyurutkan buat beli
    kalau seumpama pengguna merk lain yang di BC sampeyan, jawabnya seperti yang saya bold gimana mas?
    sering loh saya melihat nickname tiger250 ngeBC merk lain di blog-blog tetangga.
    merk alay yang mana mas? user matik ababil rata-rata memang begitu kok. ngga perduli merk. berarti sampeyan ngga suka honda juga dong mestinya?

  29. @Over Price
    bwakakakakakakakakakakaka headshot langsung ya mas bro ke si tiger250…sok-sok bijak aja dia, pdhl komentar ny sering banget nge BC produk lain…xixixixixi
    *salam HEADSHOT!

  30. @ anti salesman bc.
    Kan fby juga banyak populasinya. Yang penting juga laku kan ?
    Ya macam komstir oblak, segitiga remuk, speedo berembun, mesin mati mendadak. fuel pump macet. Yg penting kan bagi YAMAHO yg penting vixion dan byson laku ya ? Hmm…

  31. Seharusnya kan di material yang dipakai buat tangki itu ada lapisan anti karatnya, khususnya yang ada di bagian dalem tangki. Hanya saja masalahnya tinggal spek komposisi lapisan anti karat dan ketebalan material itu sendiri. Kalau komposisi unsur anti karat atau tebalnya dikurangin mungkin di satu sisi secara profit lebih menguntungkan karena jelas lebih murah, tapi tentu daya tahan terhadap karat bisa menurun. Nggak cukup 200 jam tes Salt Spray (material disemprot pake air garem terus menerus) untuk menentukan ketahanan terhadap karat, mungkin bisa lebih secara keluhan tangki bocor rata-rata dialami biker setelah berbulan-bulan.
    Kalau masalah pengecekan kualitas, ane yakin pasti dicek, mungkin pake alat pendeteksi bocor, ibaratnya kayak tukang tambel ban yang nyelupin ban di air buat ngecek lokasi ban yang ada bocornya.
    Kalo liat foto-foto lokasi bocor yang di atas mungkin juga bisa dipengaruhi sama proses weldingnya. Bisa juga saat ngelas area tube itu faktor panas pengelasan bisa mempengaruhi lapisan anti karatnya atau komposisi materialnya, sehingga saat pengecekan alat kebocoran nggak ketangkep karena masih awal, tapi efeknya jangka panjang.
    Kalau memang belum ada perbaikan, mungkin tinggal preventifnya aja sama yang kayak bro 70. Black Devil sampaikan.

    He..he.. maap kalo sotoy ^_^, cuma mo analisa aja.

Comments are closed.