iklan iwb

Brother sekalian…lama tidak mendapatkan mainan baru untuk menjajal akurasi speedometer pabrikan dibanding GPS, kemarin IWB akhirnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengetesan terhadap sang fenomenal…Suzuki Satria FU 150. Seperti apa hasilnya?? monggo langsung diintip….

Speedometer menunjuk 60km/jam...GPS 54km/jam

Seperti biasa IWB gunakan aplikasi Runtastic yang diintegrasikan keperangkat BB. Kenapa tetap memilih aplikasi ini ?? supaya kita bisa membandingkan dengan kuda besi sebelumnya dimana pengetesan juga menggunakan perangkat serta aplikasi sama. Oke, singkat cerita aplikasi ON…recording running, menunggu sesaat…indikator hijau menandakan telah terkoneksi dengan GPS, engine start…gas dipuntir…..

Tahap pertama, angka digital speedo meter IWB usahakan stabil nangkring diangka 60km/jam…smooth serta lancar tanpa hambatan. Setelah dirasa cukup…segera menepi dipinggir jalan, ngintip hasil recording….tertera angka 54km/jam. Sesi kedua, siSuzi yang baru berumur beberapa bulan kepunyaan kakak ipar tersebut IWB geber hingga 100km/jam. Trek jalanan yang sepi khas kota kecil membuat proses testing tidak ada kendala berarti. Lari 100km/jam selama nyaris 1 km….stop, merogoh saku untuk intip BB dan hasilnya….87,2km/jam. Weee….makin besar penyimpangan sidigital….

iklan iwb
Speedometer menunjuk 100km/jam...GPS 87,2km/jam

Sesi terakhir untuk memantapkan hati…siDOHC IWB geber hingga 110km/jam…dijalan besar. Ketika meraih angka tersebut….speed agak susah dipanteng sebab mesin masih terasa liar khas DOHC engine. Jadi angka fluktuatif pada kisaran 109-111 km/jam……smooth beberapa lama berhenti pada angka 110km/jam. Setelah hati yakin…menepi ditempat aman untuk ngintip recording GPS. Dan disana tertulis speed 97,1 km/jam…..

Yup…itulah hasil test yang IWB lakukan. Semoga bisa menjawab rasa penasaran mzbro semua. Tapi patut diingat kalibrasi speedo pabrikan dibuat agar pengendara selalu awas serta tidak nggeber motor melebihi batas kemampuan reflek dan handling sikuda besi. Makanya sudah lazim akurasi speedometer berbeda dibanding GPS. Btw berapa persen penyimpangan Satria 150 FU terhadap GPS?? monggo hitung sendiri berdasarkan angka yang IWB sodorkan diatas……(iwb)

Speedometer menunjuk 110km/jam...GPS 97,1km/jam

106 COMMENTS

Comments are closed.