Apakah Honda bisa dikatakan monopoli pasar??. Wah, menarik nih……

172
27

Honda new Supra GTR150 (25)

Bro dan sis sekalian….IWB sampai manggut-manggut baca ulasan dari pakar hukum kang Leo. Punggawa dari warung Leopold7 ini mencoba untuk memberikan pencerahan atas posisi market ditanah air yang dikuasai Honda. Tren makin tak terkejar dan melebihi angka 50 % ternyata membuat beberapa “pihak” percaya bahwa pabrikan AHM sudah menyalahi aturan karena dianggap melakukan monopoli pasar. Pertanyaannya….apakah demikian??…..
MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

Kata monopoli sendiri dari sisi hukum ternyata tidak bisa diartikan simpel. Menurut kang Leo…..jika berpatokan dari UU No.5/1999 juncto Keputusan KPPU No.11/2011…Monopoli dijelaskan dan dibagi menjadi dua yaitu posisi monopoli dan praktek monopoli. Keduanya jelas memiliki arti yang sangat jauh berbeda. Menurut undang-undang….Posisi Monopoli adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai lebih dari 50% (lima puluh persen) pangsa pasar. Posisi Monopoli sendiri bukanlah tindakan melawan hukum. Jadi posisi disini adalah sesuatu kondisi yang berjalan secara wajar dan membuat mereka menjadi leader dalam sebuah bisnis….

Yang kedua adalah praktek Monopoli. Nah….kalau sampeyan meraba dari kalimatnya wae wis terasa kurang nyaman. Dan benar….secara hukum tidak diperkenankan. Sebab bisa diartikan bahwa Praktek monopoli adalah penyalahgunaan (abuse) Posisi Monopoli dengan cara melakukan praktek (i) Pencegahan, Pembatasan, dan Penurunan Persaingan, dan (ii) Eksploitasi. Praktek Monopoli adalah tindakan melawan hukum. Jadi memang sengaja dan bisa diartikan praktek Monopoli ini cenderung memaksa. Hal ini tentu jauh berbeda dengan posisi Monopoli….

So….apakah artinya dengan menguasai pasar roda dua tanah air hingga lebih dari 50 % Honda melakukan monopoli??. Jawabannya…betul, tapi dalam posisi monopoli. Posisi lho kangbro…bukan praktek. Jadi secara hukum tidak menyalahi. Selama belum ada penyidikan, pembuktian dan keputusan KPPU yang dikuatkan dengan penetapan Pengadilan Negeri maka Honda tidak dapat dikatakan melakukan praktek Monopoli. Apalagi tidak ada unsur paksaan disana. Mau sampeyan mau beli atau tidak produk Honda….kan ora ono sing bengok-bengok. Kecuali AHM bilang…”awas ora beli Honda, tak sampluk sandal swallow sampeyan..”. Nahh…kuwi baru menyalahi hukum :mrgreen: …..

Last….bro Leo juga menggaris bawahi, sebagai orang hukum doi justru mewanti teman-teman untuk berhati-hati yang aktif di media sosial dan menuduh A sebagai subyek hukum melakukan perbuatan ilegal sebab secara hukum bisa dikenakan pencemaran nama baik berlapis dari UU ITE dan KUHP. Sebuah saran bijak ditengah maraknya berbagai provokasi, fitnah, penggiringan opini serta berbagai tindakan yang cenderung merusak nama baik invidu ataupun perusahaan. So….akan lebih baik kita mengerem dalam menuangkan sebuah tulisan yang merugikan dan tanpa dasar karena penyesalan selalu datang belakang. Mantap ki kang Leo…jadi sedikit melek hukum neh :mrgreen: …….(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

172 COMMENTS

    • Kalo Yamaha yg menguasai 70%, itu bukan Monopoli
      (Zuragan Mazapahit mode : on)

      Time will tell lagh, ciaoo

    • Honda memonopoli wajar pul.
      Ini hasil kerja keras sales JANDA OneHEART yg tiap hari dangdutan sebar brosur! Yg penting amvlov tebal.

      Pabrik suling Yameki bentar lagi juga tutup usia nyusul Sizuki Lan Kawasakit.

      ngeriiiiii

      MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

      😆

    • Lucu ya…

      Ada yg nyalahin dagangan org laris manis….

      Harusnya yg disalahin kan diri sendiri, knp dagangannya ga laku…

    • Mungkin dlm pikiran FBY, Honda harus kayak dulu lagi

      Honda ga boleh inovasi biar pabrikan lain bisa ngejar…

      Lutuuuu…..

    • Klo menurut ane kang, yg terjadi sekarang ini bukan monopoli, tapi DOMINASI.

      Klo monopoli itu suatu yg dikondisikan mendominasi dgn aturan2 yg lebih berpihak pd 1 pihak dan hanya menguntungkan pihak yg lain.., atau bahkan ada larangan agar pihak2 lain menjual produk spt pihak pertama…
      Gampangnya.., ada larangan dari pemerintah utk membeli produk selain produk Honda.
      Klo spt ini asli monopoli.., dan ini sangat2 tidak bagus.

      Sedangkan yg terjadi dgn AHM sekarang ini karena kerja keras mereka…, karena persaingan yg sehat karena produk2 Honda gampang diterima pasar bukan karena aturan larangan dari pemerintah utk membeli produk selain Honda….

    • Samuelson dan Nordhaus (2001: 186) dalam buku “Economics” menuliskan pengertian kartel, “Cartel is an organization of independent firms, producing similar products, that work together to raise prices and restrict outputs”. Artinya, kartel adalah sebuah organisasi yang terbentuk dari sekumpulan perusahaan-perusahaan independen yang memproduksi produk-produk sejenis, serta bekerja sama untuk menaikkan harga dan membatasi output (produksi). Poin penting pada definisi tersebut terletak pada tujuannya, yaitu menaikkan harga dan membatasi output.

    • Artikel jilat ludah.
      kmrn elu bikin artikel “Blogger bukan Politikus” e skrg dia malah bikin artikel sok ngerti hukum! wkkkk

      ngeriiiii

    • ini nih org yg baca judul aja tanpa membaca artikel. om iwb di sini hanya share ttg perbedaan monopoli dan praktek monopoli.. sumbernya pun dr om leo

    • Hati-hati lu… pencemaran nama baik. Kena UU ITE nyahok lu… ngemis & nangis2 minta ngga ditangkap.

    • Widih sekarang kalau ada yang nyindir blogger komplotannya, kata “fbh” nanti bisa dilaporin polisi karena sudah pencemaran nama baik bisa kena UU IT.
      kalau “fbh” boleh fitnah dan jelekin blogger lain di luar komplotannya gitu ya??? #fbhgoblogmunafik

    • Josss JANDA OneHEART harus main monopoli sama blogger ternakannya.

      Yameki cukup main ular tangga sama kanjeng uban.

      ngeriiii

      MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

      😆

    • akakakakakakk
      ngoahahahaa haa
      ngah ngah ngahhh
      setelah
      isu klotok klotok gagal, sekarang dihembuskan isu monopoli

      yang ada monocoli kanjeng uban boys.

    • Blogger bukan politikus pul.

      ngapain lu bahas beginian? bukannya lu kmrn bikin artikel blogger bukan poli-tikus.

      wkekekkkk

      ngeriiiii

    • Hati-hati lu… pencemaran nama baik. Kena UU ITE nyahok lu… ngemis & nangis2 minta ngga ditangkap.

    • Widih sekarang kalau ada yang nyindir blogger komplotannya, kata “fbh” nanti bisa dilaporin polisi karena sudah pencemaran nama baik bisa kena UU IT.
      kalau “fbh” boleh fitnah dan jelekin blogger lain di luar komplotannya gitu ya??? #fbhgoblogmunafik.

    • Kang ipul jgan bikin artikel honda..banyak yg sakit hati…ngeriii..mau lebaran..jlebbb..buat yg sewot ato sakit hati sama artikel kang iwan silahkan menuju rumahh juragan triatmono di jamin hati adem abis.. ek ek ek ee

    • Josss pul

      Lanjutkan “pencerdasan” otomotifnya buat kaum dungu.

      fBY menggonggong si ipul mlayu wkwkkk

      ngeriiii

      MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

    • Dari jaman dulu Honda Indonesia fokus 4tak ini yang tertanam mindset gombalan iritnya.

      Sialnya malah ada yang bilang: “RX King dan Ninja 150 itu boros, enakan pakai Supra lebih irit!” (ngebandinginnya ngga apple to apple)

      Coba lihat market mobil di Indonesia, walaupun Toyota dan Daihatsu mendominasi tapi porsinya berimbang dengan lainnya, ngga ada cerita itu Grup mobil Astra grup bisa memonopoli pasar diatas 50%. (maaf kalau bisa dibilang konsumen motor di sini tingkat kepintarannya jauh di bawah konsumen mobil)

    • ekeek…
      gerombolan blogger simpanan sayap pada kojel2 memahami tulisan om leo ….

      takut perut kosong …

      ekekekek

      ????

    • ekekekek…
      jadi inget artikel “blogger bukan politikuzz …
      eehhh ternyata nyenggol om leo to….

      ngeriii…

      ???

  1. hhha…, aneh” ae,
    semua tergantung dari para pegawai pemasaran & opsi produk yg lebih variatif, ad yg elegan & sporty, walau yg sporty agak kebapak”an, g kyk yamaha, suzuki, & kawasaki yg jalurnya cm sporty ngejar anak muda, jd y wajar kalo termonopoli

    • Siapa dulu dong bibit bobot kanjeng ndoro juragan..darah biru..baca lgi..: darah biru, predikat kelulusan sangat memuaskan, rajin menafkahi anak yatim, dekat dengan habaib ..rajin mengaji..semua sudah diulas oleh ybs..so kesimpulannya? Kanjeng juragan nyaris sempurna sebagai anak manusia…patut ditiru..kecuali sifat riya nya..ciaoo

  2. Dulu pemegang MS minim inovasi (namanya apa ?)
    Sekarang pemegang MS inovasi jalan harga sesuka hati (namanya apa ?)

    banyak yg bilang SOHC ymh mesin maja pahit ?
    lah dulu mesin itu lebih maju 5 tinggkat dari SOHC honda
    dan hanya tertinggal 2 tingkat dari mesin DOHC terbaru honda sekrang. (wajar inovasi berjalan lambat)

    lah kalo harga ? mahal kualitas sama mungkin dibawah saingan cuma jual nama honda ? itu baru namanya real penjajah

  3. yang suka penggiringan opini,pencemaran nama baik,provokasi,fitnah itu siapa sih kang?

    ada yg bisa bantu jawab? biar tak kroscek

  4. Gimana tdk monopoli.. Semua produk tetangga difotocopy bru dikasi lipstik dikit dn sales dipaksa jual sebulan 100 unit perorang.. Lahirlah dp 0℅. Akibat sales takut dipecat klo tdk sampai target..!!!
    Wkekwkekekk.

    • Ngomong apaan sih. Nikmatin aj motor masing-masing apa susahnya…
      Sukanya pada mewek…labil alay lu pada.

  5. Yaa jujur aja, bicara produk walaupun AHM banyak kasus seperti klotok,bodi geter,dll gak tau knp soal skutik produk bikinan AHM memang memuaskan. Produk Yamaha jga bagus,cman gak tau knp ada beberapa hal yg gak bisa skutik Yamaha penuhi. Sayang Suzuki sama Kawasaki gak maen di segmen ini,soalnya yg bikin AHM leader di R2 kan skutik. Jdi,sudah saatnya pabrik lain bikin skutik yg mampu bersaing sama mbit dkk. hehee,opini pribadi aja

  6. Klo menurut ane kang, yg terjadi sekarang ini bukan monopoli, tapi DOMINASI.

    Klo monopoli itu suatu yg dikondisikan mendominasi dgn aturan2 yg lebih berpihak pd 1 pihak dan hanya menguntungkan pihak yg lain.., atau bahkan ada larangan agar pihak2 lain menjual produk spt pihak pertama…
    Gampangnya.., ada larangan dari pemerintah utk membeli produk selain produk Honda.
    Klo spt ini asli monopoli.., dan ini sangat2 tidak bagus.

    Sedangkan yg terjadi dgn AHM sekarang ini karena kerja keras mereka…, karena persaingan yg sehat karena produk2 Honda gampang diterima pasar bukan karena aturan larangan dari pemerintah utk membeli produk selain Honda…

    • Chakep….. Intinya honda tidak melakukan praktek monopoli…yang memonopoli itu cuma mindset masyarakat yang mengacu pada penafsiran suatu produk. Pabrikan tdk pernah memaksa.. Klu suka dibeli, klu tdk suka ya silahkan jgn dibeli.

      Yang paling menentukan dari kesemuanya itu adalah strategi pasar dan hasil akhirnya dikembalikan kpd penerimaan pasar atau konsumen. Selama itu tidak melanggar aturan hukum maka WAJAR dan SAH2 saja.

    • Nah hal yg ini lah knapa di anggap wajar, brarti mindset masyarakat yg perlu di rubah, semisal ada suatu produk dr H dan Y dengan value produk yg sama, tapi dibjual oleh H dgn harga lbh tinggi dr Y, di sini masyarakatnya masih mandang Brandnya, bukan value produk. Gak salah kalau ada yg mendominasi pasar, jangan saja nanti malah ada produk alakadarnya di jual harga tinggi, dan laris. Kan lucu. Jadi di sini masyarakat musti pinter juga.

    • Chakep….. Intinya honda tidak melakukan praktek monopoli…yang memonopoli itu cuma mindset masyarakat yang mengacu pada penafsiran suatu produk. Pabrikan tdk pernah memaksa.. Klu suka dibeli, klu tdk suka ya silahkan jgn dibeli.

      Yang paling menentukan dari kesemuanya itu adalah strategi pasar dan hasil akhirnya dikembalikan kpd penerimaan pasar atau konsumen. Selama itu tidak melanggar aturan hukum maka WAJAR dan SAH2 saja.

    • Chakep….. Intinya honda tidak melakukan praktek monopoli…yang memonopoli itu cuma mindset masyarakat yang mengacu pada penafsiran suatu produk. Pabrikan tdk pernah memaksa.. Klu suka dibeli, klu tdk suka ya silahkan jgn dibeli.

      Yang paling menentukan dari kesemuanya itu adalah strategi pasar dan hasil akhirnya dikembalikan kpd penerimaan pasar atau konsumen. Selama itu tidak melanggar aturan hukum maka WAJAR dan SAH2 saja.

  7. Honda memonopoli wajar pul.
    Ini hasil kerja keras sales JANDA OneHEART yg tiap hari dangdutan sebar brosur! Yg penting amvlov tebal!

    Pabrik suling Yameki bentar lagi juga tutup usia nyusul Sizuki Lan Kawasakit.

    ngeriiii

    MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

    😆

  8. njir sohc ymhi 5 tingkat, jgn terlalu diperlihatkan lah kalo ente fansboy buta.

    itu jual nama kalo mesinnya bobrok ya gakda yg beli kan ya? bener gak.

    gak usah ngomongin harga,rincian biaya produksi aja ente gak bakal tau.

    beli ae produk yg mnurut ente bagus.fix toh

  9. Blogger bukan politikus pul.

    ngapain lu bahas beginian? bukannya lu kmrn bikin artikel blogger bukan poli-tikus.

    wkekekkkk

    ngeriiii

    zlubbb

  10. monopoli itu gak baik . kalo bisa pabrikan lain mengimbangi , tapi ya susah. minset sudah mendarah daging. selain merk honda pasti jelek kata bapakku. bapakmu bagaimana ?

    • Atas ane ada divisi team a.s.u Bawahannya ngabidin…

      Ngerii????

  11. ekekek..
    perang blogger vs blogger dimulai …
    blogger A menjelaskan secara hukum
    blogger B mewek takut perut kosong …

    weeehh ngeriii…

    ????

  12. 8. afel – June 22, 2016
    Dulu pemegang MS minim inovasi (namanya apa ?)
    Sekarang pemegang MS inovasi jalan harga sesuka hati (namanya apa ?)
    banyak yg bilang SOHC ymh msin maja pahit ?
    lah dulu mesin itu lebih maju 5 tinggkat dari SOHC honda
    hanya tertinggal 2 tingkat dr msin DOHC trbaru honda skrng. (wajar inovasi berjalan lambat)

    atas dasar apa dan skala dari mana anda mnyatakan
    sohc sayap yg lama tertinggal 5 tingkat dari sohc lc4v
    dan atas dasar apa sohc lc4v disebut trtinggal hanya 2 langkah dari dohc?
    apakah hanya dari jumlah noken as (aka camshaft)?

    wah sungguh statement yg dangkal,
    sudah dangkal ga empiris pula
    sampah

  13. ekekekek…
    blogger kalo udah bau sayap ..

    bawaannya ngotak ngatik tulisan orang …
    takut bagindanya tercoreng

    yg sabar pull….

    ????

  14. si Leo kebanyakan liat keatas,,ga ngaca kalo jutaan rakyat indo cuman sanggup beli skutik,sport 150,paling tinggi 250cc,,,lagian kenapa banyak org beli merk H ampe 70%,,???berarti saingannya ga becus dooonkkk bukan masalah merk anu memonopoly pasar,,,blogger semprul dasar ga ngaca daya beli org indo kaya apa,,liat beat 10juta tuh,,ada gitu mogenya si leo laku 10juta unit diindo???

  15. ekekekek…
    inget tulisanmu pull…
    “blogger bukan politikus”

    eh ente malah ngotak ngatik ilmu hukum …
    yo brodol jenggotmu pull…

    ini kalo akibat kalo udah di cekokin voucer..

    ????

    • ekekek…
      berani nyerang juga harus siap diserang…

      semoga ente paham ..

      ??

    • Ipul: serba salah aku dimata fBYamaho ini itu salah, maunya apa seeh?

      fBHombreng: sabar cyinn, jangan ditanggapi itu fBYamaho.

      Ipul: Tapi kan aku jadi baper!

      fBYamaho: wkwkwkkk muewwekk!

  16. kalo praktek monopoli jd ingat zaman kompeni yeh,itu praktek monopoli jelas,zaman dulu?nah yg jadi pertanyaan apakah dengan mis dp 0% salah satu praktik monopoli,karena banyak sales di waroeng ini yg ngomong salah satu pabrikan melegalkan itu,saya kutip mis mbit dp 0 %,walaupun saya blm pernah ktemu itu,ok lah ga nol % banget,apakah mis penentuan dp di bawah aturan pemerintah yg 30 %,pada prakteknya hanya 10-20%,salah satu modus praktek monopoli juga,lah semua pabrikan dong kena praktek monopoli.point nya adalah jangan marahin istri orang yang cantik karena istri lu jelek,make over tuh bini,,,,

  17. Mirip kasus operator telkomsel vs indosat oredoo dan diotomotif honda vs yamaha ( monopoli market share lebih dari 50% ?? Hanya pasar yg menjawab.

  18. Monopoli si enggak, tp dikondisi kan, dengan peraturan perundang-undangan yg mendukung. Sehingga muda menguasai pasar,
    Saya ambil contoh, UU yg mengatur besaran cc terhadap nilai objek pajak kendaraan, ini jelas menghalangi pemain baru untuk masuk dmn mereka tidak memiliki byk Line up motor cc kecil, sehingga pasar hanya dikuasai pemain dari jepang yg yg memang konsen bermain di cc kecil, padahal kalo itu dicabut maka kita akan byk pilihan merk motor. Dan tidak berkutik di motor2 cc kecil saja. Ini jg mempengaruhi prestasi pembalap kita. Dmn jam terbang untuk balapan di moto ber cc besar sangat lah kurang. Krn memang fasilitas kurang dan biaya yg mahal. Berkaitan dgn honda, krn pasar sdh terbentuk sesuai peraturan UU, maka sebagai pemain lama jelas sangat menguasai karakter pasar motor 4 tak, sedangkan pesaingnya baru, kendaraan cc kecil indentik butuh irit, murah, awet bukan kencang. Sedangkan pesaingnya dari dulu di indentik kan dgn motor cepat dan boros, walau tidak apel to apel krn beda jenis mesin ketika masa itu, tp gmn lg krn peraturan perundang-undangan yg mengatur masalah emisi. Semua terjun ke era 4 tak, dan honda sdh mjd pemain lama yg tentu sulit dikalahkan krn bekal mereka kuat. Dan mereka menguasai karakter pasar motor 4 tak..
    So honda menguasai pasar karena
    1. Peraturan perundang-undangan yg menerapkan pajak yg besar pada kendaraan ber cc besar jg impor terutama dari Eropa yg dikenai bea masuk besar
    2. UU yg membatasi emisi kendaraan yg membua Honda lebih pengalaman
    3. Sitgma lama bahwa Honda itu irit dan awet. Padahal dikomper dgn mesin 2 tak yg jelas sangat beda dgn 4 tak..

  19. Artikel jilat ludah.
    kmrn elu bikin artikel “Blogger bukan Politikus” e skrg dia malah bikin artikel sok ngerti hukum! wkkkk

    ngeriiii

  20. Josss pul

    Lanjutkan “pencerdasan” otomotifnya buat kaum dungu.

    ngeriiii

    MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

  21. jongozzzz2 e juragan monyong nyidam rondo
    kok do ayan.. berjamaah..
    wedi keliren po pye ngozzz jongozzz…

    ha ha ha…

    ngerii…

  22. Ipul: serba salah aku dimata fBYamaho ini itu salah, maunya apa seeh?

    fBHombreng: sabar cyinn, jangan ditanggapi iti fBYamaho.

    Ipul: Tapi kan aku jadi baper!

    fBYamaho: wkwkwkkk muewwekk!

    • ???

      Cup cup nak… wes ojo mewek ojo susah2 lk keliren mbokmu ti doll ijolne nasi bungkuzzz…
      Rasah susah2…
      ???
      Sak ne men nasib mu ???
      ????

  23. Bukan itu intinya brow…maksud monopoli Honda yang menguasai 50% pangsa motor di Indonesia adalah Honda memiliki peluang besar untuk memainkan harga motor-motornya. Gosipnya nih skutik Honda ongkos produksi cuma setengah dari harga jual. Sekarang skutik Honda dijual di harga berapa.

  24. Monopoly. A priviledge or peculiar advantage vested in one or more persons or companies, consisting in the exclusive rights (or power) to carry on a particular business or trade, manufacture or particular article, or control the sale of the whole supply of a particular commodity. A form of market structure in which one or only a few firms dominate the total sales of a product or services. Natural monopoly is one result where one firm of efficient size can produced all or more than market can take as remunerative prices.

  25. Pengertian monopoli tersebut dapat diartikan sebagai suatu keistimewaan (hak istimewa) atau keuntungan tertentu yang didapat oleh satu atau lebih orang atau perusahaan, karena adanya hak ekslusif (atau kekuasaan) untuk menjalankan suatu bidang usaha tertentu atau perdagangan, menghasilkan barang atau jasa tertentu, atau mengendalikan penjualan keseluruhan produksi atau komoditas barang atau jasa tertentu. Bentuk dari stuktur pasar yang mana satu atau hanya beberapa perusahaan yang mendominasi keseluruhan penjualan atas suatu barang atau jasa. Berbeda dari definisi yang diberikan dalam Undang-Undang yang secara langsung menunjuk pada penguasaan pasar, dalam Black’s Law Dictionary, Penekanan lebih diberikan pada adanya suatu hak istimewa (priviledge) yang menghapuskan persaingan bebas, yang tentu pada akhirnya juga akan menciptakan penguasaan pasar.

  26. maklumlah. lihat juga berapa jongos yg harus dikasih makan? pabrikan gede kalo ms-nya 30% ya phk masal coy.
    bukan monopoli yg masalah. usaha kibulisasi itu yg perlu diselidiki. udah jelas kok ada usaha kibulisasi nasional contohnya topspeed ngibul dalam iklan tv. belum lagi kibulisasi lainnya.

  27. wkwkwkwk…

    segala cara buat jatohin honda…

    tanya rakyat gmn hukum di indonesia nyatanya….???

    sudahlah…

    kalo honda berjaya itu karena usahanya… yang lain ayo bikin produk yang bener yang bukan sekedar jual basa basi busuk…

  28. waktu tiger megapro supra.. di hina hina suruh inovasi, setelah inovasi berjalan laris kayak kacang goreng malah di bilang monopoli..laahh karepe piye

  29. Monopoli Vs Invasion Produk

    dalam.Ilmu ekonomi Di sebutkan
    Monopoli Dapat mempengaruhi pasar Karna kecenderungan
    nanti semua motor.di parkiran Beat semua

    Invasi Produk Karna produk lawan di Kopi paste Hingga Yang asli musnah dari pasar

    Monopoli terjadi karena sumber daya yang Terlalu besar dalam.basis produksi yang tidak.bisa di ikuti pesaing nya
    sehingga menguasai secara expert market share

    Semoga pabrikan lain Mampu membalikan ke adaan dengan Sumber daya yang terus berkembang

  30. AHM Memonopoli pasar
    Dengan memberikan Perlawanan pada Produk YIMM

    YIMM Invasi Produk
    Dengan Menebar Ancaman lewat produk baru Atau Mengolah ceruk pasar yang belum Tergali

  31. Ane kasih contoh kuatnya suatu pabrikan

    Mobil listrik aja gagal uji emisi, padahal itu yang mencanangkan menteri lho, monggo di telaah sendiri

    Mau bongkar, ya monggo aja kalau berani, kalau ente pada sudah dewa sih gak papa, kalau masih modal dengkul belum sekelas bill gates sih mending gak usah pasang otot leher deh, ketimbang salah ngomong terus tergulung ombak hukum, modol modol isi kantongmu le le ekekeke

    Kali ini ane gak setuju mas dengang isi artikelnya sampean, dan ane lebih srek dengan ini artikel mas leo, kita gak bisa melihat secara sempit tetapi secara luas, dan semua aspek itu bisa terjadi, tinggal bagaimana bisa di buktikan tidak, kalau masalah pembuktian tinggal lihat kalimat ane di atas ekekeke, tapi ane menghormati opini setiap orang dalam kasus di atas, wong beda pendapat itu wajar, wong anak e wong akeh mesti bedo pemikiran setiap individu

    amsyong merinding ane jadinya, wajar kalau ane merinding, belum sekelas bill gates, wong makan aja masih numpang mr. darmo

    • Mas update berita mobil listrik mentri aneh itu gagal uji kelayakan bukan emisi media aja yg tolol maklum jawa pos kan dia yg punya

  32. HONDA itu SEsuai Kebutuhann..
    YAMAHA itu SEsuai gaya gayaan…mangan ora mangan ..gaya disit ..kencot ora kencot ber gaya disit ..ora due duit ber gaya disit ..ya ajurrrr mumurrrr…..emange urip mangan GAYA.

  33. Honda sesuai kebutuhan …
    Yamaha sesuai gaya gaya an
    Ora mangan gaya sitt , ora due duit gaya sitt ,
    Nganggur gaya disit yaa ajurrr mumurr mangan Gaya

  34. Kasian banyak yg iri sama pabrikan sayap…ga blogger ga pabrikan..trus angkot banyakan suzuki carry ente masi mao bilang itu monopoly???toyota limo monopoly taksi???

  35. babe kita ouwlang dulu bisa li honda waaa..,
    ga da masalah ma honda sampe sekalang waaa…
    itu masalah kenapa kita ouwlang pake mochin waaa….
    pusing kita ouwlang waaa

  36. dari segi aturan pemerintah sudah jelas divinisi perusahaan monopoli, yaitu menguasai 50% lebih pasar. Ingat di dunia konstruksi saja dalam setahun perusahaan konstruksi dibatasi untuk memenangkan tender, walaupun perusahaan itu bonafit dan besar. so AHM juga sepertinya melanggar DP minimal 25% dari harga unit motor………………

  37. Naga Bangor on June 22, 2016 at 8:26 pm
    Klo menurut ane kang, yg terjadi sekarang ini bukan monopoli, tapi DOMINASI.

    Klo monopoli itu suatu yg dikondisikan mendominasi dgn aturan2 yg lebih berpihak pd 1 pihak dan hanya menguntungkan pihak yg lain.., atau bahkan ada larangan agar pihak2 lain menjual produk spt pihak pertama…
    Gampangnya.., ada larangan dari pemerintah utk membeli produk selain produk Honda.
    Klo spt ini asli monopoli.., dan ini sangat2 tidak bagus.

    Sedangkan yg terjadi dgn AHM sekarang ini karena kerja keras mereka…, karena persaingan yg sehat karena produk2 Honda gampang diterima pasar bukan karena aturan larangan dari pemerintah utk membeli produk selain Honda…

    =================

    Chakep….. Intinya honda tidak melakukan praktek monopoli…yang memonopoli itu cuma mindset masyarakat yang mengacu pada penafsiran suatu produk. Pabrikan tdk pernah memaksa.. Klu suka dibeli, klu tdk suka ya silahkan jgn dibeli.

    Yang paling menentukan dari kesemuanya itu adalah strategi pasar dan hasil akhirnya dikembalikan kpd penerimaan pasar atau konsumen. Selama tidak melanggar aturan maka WAJAR & SAH2 SAJA.

  38. Chakep….. Intinya honda tidak melakukan praktek monopoli…yang memonopoli itu cuma mindset masyarakat yang mengacu pada penafsiran suatu produk. Pabrikan tdk pernah memaksa.. Klu suka dibeli, klu tdk suka ya silahkan jgn dibeli.

    Yang paling menentukan dari kesemuanya itu adalah strategi pasar dan hasil akhirnya dikembalikan kpd penerimaan pasar atau konsumen. Selama itu tidak melanggar aturan hukum maka WAJAR dan SAH2 saja.

  39. Kalo menrt saya mau memonopoly kek mau apa kek yg paling penting ya kualitas dr mtor nya itu sendiri,honda jg g bkal bsa memonopoly kalo jualan mreka g laku,tp emang iya sih djalanan udah sesak sama Mbit .

  40. Kemaren liat link di Facebook dari blog Indobikermags judulnya kira2 “TMC Blog dan IWB dituding terima 8juta sebulan untuk sebarkan foto fitnah…” itu isinya tentang apa yah?? Soalnya pas saya buka udah di hapus artikelnya…

  41. memang segala sesuatu kalo diserahkan pada ahlinya akan sukses….
    lha ini tukang bc suruh jadi sales….
    bokannya jualan malah ngrumpi mulu…..
    lha itu pabrik sule suruh bikin motor..

  42. Pokoke kalo grup astra pegang, pasti hebring lah. Mo toyota ato mo motor honda bisa sukses. Astra jaringan kuat, kalo mo nyicil ada astra finance, asuransi ada garda oto. Jadi harga jual bisa disubsidi oleh bagian lainnya. Buktinya mobil honda n motor yamaha(induknya toyota) g sesukses yg dipegang astra

  43. bukan praktek MONOPOLI tapi PRAKTEK NGOPI itu yang dilakukan AHM….gak mau kecewa lagi gara-gara CS 1 gak laku ya ikutin aja pasar. Pasar seneng vixi dibikin kopiannya, pasar seneng mio dibikin kopiannya, pasar seneng nmax dibikin kopiannya, pasar seneng mx dibikin kopiannya.

  44. tunggu saza yah ,,kita lagi monitor begitu ada kepleset ada tuduhan penyebutan nama melakukan monopoli …kita proses secara hukum …ingat jangan cari borok kalo ngak tau apa2 kalo ente orang kuat silahkan saza … time will tell lagh ciaoooo

  45. Kang iwb yg coment gak santun di blokir aja gondok jg lama2 ngliatnya ..

    Buat fby dan fbh kelak nanti ucapan dan tulisan d pertanggung jawabkan ..

  46. 76. semprul – June 23, 2016

    bukan praktek MONOPOLI tapi PRAKTEK NGOPI itu yang dilakukan AHM….gak mau kecewa lagi gara-gara CS 1 gak laku ya ikutin aja pasar. Pasar seneng vixi dibikin kopiannya, pasar seneng mio dibikin kopiannya, pasar seneng nmax dibikin kopiannya, pasar seneng mx dibikin kopiannya.
    ———————————————————
    dahulu ada MOCIN yg suka kopi motor HONDA loh brow…..tp gak laku jg tuh malah bangkrut..

    nah situ sebagai FBY takut kopiannya lebih laku ya ?

    • Samuelson dan Nordhaus (2001: 186) dalam buku “Economics” menuliskan pengertian kartel, “Cartel is an organization of independent firms, producing similar products, that work together to raise prices and restrict outputs”. Artinya, kartel adalah sebuah organisasi yang terbentuk dari sekumpulan perusahaan-perusahaan independen yang memproduksi produk-produk sejenis, serta bekerja sama untuk menaikkan harga dan membatasi output (produksi). Poin penting pada definisi tersebut terletak pada tujuannya, yaitu menaikkan harga dan membatasi output.

    • hubungan histories Price War yang pernah terjadi di Jepang, dengan persaingan Honda vs Yamaha di Indonesia?

      Seperti yang kita ketahui bersama, selama 2008 Honda banyak me-lauch produk barunya untuk memperkuat image baru Honda AHM new generation, dimana banyak perubahan radikal di dalam tubuh management Honda motor Indonesia. Berbagai revolusi Inovasi dilakukan, termasuk dalam mengeluarkan beragam produk baru yang inovatif dan keluar dari pakem Honda Konservatif yang lampau. Selama 2008 Honda Indonesia di tangan management AHM, telah mati-matian mempertahankan share dari kubu Yamaha dengan berbagai cara. Mulai dengan banyaknya peluncuran produk baru, building new image, strategy aktivitas promosi yang copy paste Yamaha dengan power yang lebih besar tentunya, hingga diskon dan melakukan re-pricing strategy pada beberapa type produknya. “RE-PRICING” mhmmm jadi mulai sedikit terasa DE-JAVU dengan kondisi price war di Jepang ya?….gak pa-pa kok…Honda khan menang di POWER….bayangkan telah berkuasa lebih dari 30 tahun di Indonesia. Cash-Flownya kuat…Kalo di adu jual beli pukulan ala pertandingan full body contact, pasti menang ! lawan keok duluan kalo urusan power yang di adu.

  47. FBY dan FBH…, nek gak enek siji koyok sayur tanpa garam…, he222,
    dengan market share sekarang AHM 70%, memang posisi AHM dalam posisi monopoli…, tetapi tidak ada indikasi praktek monopoli menurut saya (sesuai tulisan diatas) secara polahe sales Honda juga luar biasa.., rayuan mautnya mantabbbbbb dan tidak ada paksaan untuk membeli produk AHM.
    misal motor keluarga saya sejak dulu motornya Honda, dimulai honda c70, C 100 (honda grand 1994), Megapro Primus 2009, Blade 2010, dan terakhir Spacy 2012. kenapa honda alasannya : 1. ketika yang lain era 2 tak kami mencari 4 tak (jaman C70 dan c 100) , menurut keluarga kami ergonomi dan riding posision yang menurut kami pas dengan postur tubuh keluarga kami memang produk honda (khusus megapro sampai spacy) kami sudah survey ke dealer (yamaha dan honda) ketika akan membeli dan mencoba naik ke atas motor tersebut…, dan kebetulan saja dealer biasa kami beli itu gampang negonya…, barang kalau dibeli cash selalu ready, pembayaran dengan tempo bisa (tidak lewat leasing) akhirnya kami ke honda deh… he222,
    dan kalau melihat era nya…, dari awal AHM konsen di 4 tak jadi saat itu tidak ada pilihan lain yang malas ke oli samping ya pasti beli honda, sampai dengan era crypton dan shogun baru ada pilihan…,
    mirip dengan petani lombok, yang sukses itu lombok murah atau mahal nanamnya ya lombok…(istiqomah) , mau dibilang produknya lelet gak banter ya tetep 4 tak, jadi posisi monopoli sekarang itu adalah buah istiqomah bertahun2 menurut saya…,

    • Dari jaman dulu Honda Indonesia fokus 4tak ini yang tertanam mindset gombalan iritnya.

      Sialnya malah ada yang bilang: “RX King dan Ninja 150 itu boros, enakan pakai Supra lebih irit!” (ngebandinginnya ngga apple to apple).

      Coba lihat market mobil di Indonesia, walaupun Toyota dan Daihatsu mendominasi tapi porsinya berimbang dengan lainnya, ngga ada cerita itu Grup mobil Astra grup bisa memonopoli pasar diatas 50% (maaf kalau bisa dibilang konsumen motor di sini tingkat kepintarannya jauh di bawah konsumen mobil)

  48. Api on June 23, 2016 at 8:55 am

    Nah hal yg ini lah knapa di anggap wajar, brarti mindset masyarakat yg perlu di rubah, semisal ada suatu produk dr H dan Y dengan value produk yg sama, tapi dibjual oleh H dgn harga lbh tinggi dr Y, di sini masyarakatnya masih mandang Brandnya, bukan value produk. Gak salah kalau ada yg mendominasi pasar, jangan saja nanti malah ada produk alakadarnya di jual harga tinggi, dan laris. Kan lucu. Jadi di sini masyarakat musti pinter juga.

    ####################

    Disini kebanyakan sales motor pendidikan alakadarnya, mana mudeng gan!

  49. Dari jaman dulu Honda Indonesia fokus 4tak ini yang tertanam mindset gombalan iritnya.

    Sialnya malah ada yang bilang: “RX King dan Ninja 150 itu boros, enakan pakai Supra lebih irit!” (ngebandinginnya ngga apple to apple).

    Coba lihat market mobil di Indonesia, walaupun Toyota dan Daihatsu mendominasi tapi porsinya berimbang dengan lainnya, ngga ada cerita itu Grup mobil Astra grup bisa memonopoli pasar diatas 50%. (maaf kalau bisa dibilang konsumen motor di sini tingkat kepintarannya jauh di bawah konsumen mobil).

  50. Kasusnya mirip dg indofood yg merajai mi instant dengan indomie, sarimi dan supermi.

    Rasanya memang enak sih. Mi merk lain juga paling buat selingan. coba-coba aja.
    Tetap nanti balik lagi ke indomie.

    Soal motor, sapa suruh bikin produk ajaib seperti xabre dan aerox.
    R15 yg kebesaran matanya.
    Soul yg buntutnya oversize.
    Belum lagi r25 yang tanpa link.

    Belum salesnya bego-bego. Kemampuan komunikasinya rendah.
    Kalo honda sales begonya mungkin sepertiga bagian.itupun biasanya anak baru.
    Yamaha kebalikannya. Yg bego mungkin 2 pertiga bagian. Bahkan lebih.

    Jadi udah produknya tidak bagus ditambah kemampuan marketing ala kadarnya.
    Nyungsep terus lah

  51. UU ITE dibawa-bawa ke sini. Halah kucing…
    Leo siapa ini? Identitas lengkap dong. Nomor PERADI?
    Jangan mau dibatasi berpendapat di publik, emang ini negara komunis?

  52. begitulah produk honda,,semakin di BC jualannya semakin laris,,berbeda jauh dengan yamaha semakin di BC jualannya semakin mengkeret alias ora laku,,,ekekekek

  53. Strategi Honda jauh lebih bagus dari para kompetitornya yg lain.
    Harusnya yg lain ngikutin stategi honda bukanya banyak BC produknya Honda.
    Honda di banyak di BC malah tambah laris.

  54. Artikel titipan dari YIMM biar menarik simpati untuk beli motor yaMaho.. ini adalah salah satu strategi marketing y udah kepepet aka mentok gk bisa Mop On…

    Harusnya yaMaho berkaca diri kl produknya Banyak y Rhompal bin Ambrol bukane merecall malah koar koar monopoli.. wkwkwkwkwkw

    Salam Gheal gheol Komstir Oblak mesin Ngeden Buoros poll…

  55. apakah yaMaho bisa di katakan Produknya menguasai Monopoli Recall..??? bisaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…

    meong gheal gheol udah antri
    Skorpiong Zonk sock Ambles juga udah antri
    PigSon (Anak Babi) udah Antri Komstir Oblak. Mesin Ngebul, deltaseng Kropos
    Mat Sabre Antri tangkinya ketuker LPG 3Kg
    Kapan di Recalllllllllllllllllllllllll….????

  56. Klo menurut saya sih :

    Orang sakit ati pasti blgnya honda monopoli,

    Orang waras pasti blgnya honda dominasi,

    Clear itu

  57. Honda dibilang monopoli.

    produk jelek dijual mahal. overprice. lah dijual mahal aja masih banyak yang beli, gimana kalo dijual murah. bisa 90% menguasai pasar itu produk Honda.

    Yamaha produk-produknya bagus. dijual lebih murah dari produk honda yang katanya jelek aja belom bisa sampe setengahnya.

    gimana kalo produk honda dijual dibawah harga produk yamaha yang katanya lebih bagus dari honda? alamat MS honda bisa 90%.

    cioao… nalarnya dipake ahh.. jangan jadi sales gelap mata. yang bisanya nyinyir, iri, dengki kalao dagangan orang lebih laku.

  58. Honda dari dulu di tanah air jual motor 4 tak, biarpun lawannya gencar promosi motor 2 tak.
    Giliran motor 2 tak tidak di produksi lagi,, ya wajarlah HONDA menguasai pasar motor roda 2 di tanah air

  59. Honda dari dulu di tanah air jual motor 4 tak, biarpun lawannya gencar promosi motor 2 tak.
    Giliran motor 2 tak tidak di produksi lagi,, ya wajarlah HONDA menguasai pasar motor roda 2 di tanah air

  60. Honda di indonesia ibarat VR46 , krn main paling lama, penggemar paling banyak, harga lebih mahal tetap dibeli. pokoke menang tuwek 🙂

  61. Mampu menguasai market share hingga 70% berarti mampu memenuhi permintaan pasar…yang bikin heran pabrikan lain ngapain selama ini??

  62. Hahaha mbah darmo… ente mau jujur nggk ente makek motor apa…. sok banget disini elu kayak paling senior… MOBIL TOYOTA 1 JUTA UMAT, MOTOR HONDA 10 JUTA UMAT… selesai urusan

  63. Honda kalau mau dikatakan praktik monopoli ya gak akan bisa, dalam syarat sebuah pasar monopoli jelas penjual atau produsen yang memasarkan hanya 1 saja tidak ada perusahaan yang lain. Honda memasarkan produknya hingga trennya melebihi 50% dan bisa dibilang posisi monopoli, tapi ya selama masih ada merek lain yang menjual produk yang sama ya gak usah heboh gitu, padahal kita juga setiap hari menghadapi pasar monopoli contohnya PLN sama Kereta Api

Leave a Reply