Recall ??. Mari kita sikapi secara bijak…..

197
9

RECALL-monitor-air-bag

Bro dan sis sekalian…..adanya recall yang dilakukan Yamaha terhadap kedua produknya yakni R25 dan MT25 seakan menjadi ajang mumpung buat para fansboy kompetitor menjatuhkan dan membully habis. Baik via warung, media sosial dan jalur lain. Sebuah tindakan yang sebenarnya tidak perlu karena hal itu malah akan membuat paradigma negatif terhadap yang namanya “recall”. Praktis budaya ini akan menjadi hal tabu dan membuat siapapun tidak dewasa. Efeknya….pabrikanpun kedepan malah mendiamkan sesuatu yang memang harus dilakukan recall….!

Mindset kita terhadap recall harus dirubah mulai sekarang. Sebab jika kondisi tersebut terus terpelihara….yang rugi malah kita sendiri sebagai konsumen. Kenapa??. Karena jika next terjadi cacat atau kekurangan pada produk yang di gelontorkan dipasar….takutnya pabrikan malah kompakan diam seribu bahasa. Cuek dan memilih jalan aman enggan melakukan hal yang seharusnya perlu dilakukan. Mleduk-mleduk aja wis. Atau prothol yo ben….toh dinegeri ini perlindungan terhadap konsumen sangat minim. Nah….opo malah ora mumet sampeyan….

Masih ingat air bag Takata yang harus direcall sebab berpotensi menimbulkan kecelakaan karena balon udara bisa mengembang sendiri?. Takata sebagai vendor yang digunakan mayoritas produsen roda empat harus menarik sekitar 34 juta mobil didunia dan ini membutuhkan biaya yang super mahal. Dari catatan IWB…dilaporkan ada 139 kejadian lintas merk sejak tahun 2004. Dan setidaknya 30 terluka yang membuat penyelidikan kearah serius. Koq bisa??. Padahal Takata bukanlah pabrikan kemarin sore mzbro….

Dari data yang dikeluarkan, ditemukan kecurigaan awal dalam hal penyimpanan material yang tidak benar. Takata mengeluarkan hasil investigasi sementara atas adanya kesalahan penanganan material sebelum dipasang yang membuat kantong udara bisa terbuka saat mendapatkan tekanan dari dalam. Lembabnya cuaca serta kemungkinan adanya permen karet yang jatuh dimaterial dan karat juga menambah runyam air bag Takata. Akibat “mishandled’ tersebut….maka 60-80 kantong udara dari satu juga berpotensi defect. Itulah kenapa recall dilakukan demi safety…..

“Stephanie Herdman salah satu korban selamat Airbag Takata. Recall-pun dilakukan…(Reuters)”

Bisa sampeyan bayangkan kalau recall tidak dilakukan…..pasti kita sebagai konsumen akan was-was. Jangan-jangan 60-80 tersebut nyantol dimobil kita….lak yo iso stres pakde. Oleh karena itu….jangan anti pati terhadap recall. Ini juga berlaku pada seluruh brand tidak hanya Yamaha tentunya. Baik Honda, Kawasaki, Suzuki, Viar, TVS, Megelli dan masih banyak lagi lainnya. Percayalah…tidak ada produk yang sempurna didunia ini. Kesempurnaan hanya milik sang khalik dan itu pasti. Oleh karena itu jika sebuah pabrikan melakukan recall, mari kita sambut dengan positif sebab berarti mereka berani bertanggung jawab. Keperdulian yang harusnya kita berikan acungan jempol bukan sebaliknya bully atau caci maki….

Last…seandainya pabrikan pusat tidak mengumumkan secara terbuka, IWB juga tidak yakin YIMM berani melakukan recall. Cukup dimaklumi sebab mindset dinegeri ini sudah salah kaprah. Ketakutan hancurnya image tidak hanya dialami Yamaha, namun pabrikan lain. Oleh karena itu mereka biasanya lebih suka bergerak dibawah tanah. Di masa lalu Yamaha juga sempat mengalami masalah pada Vixion 1st gen yang mengalami kendala fuel pump jika motor dijemur dipanas matahari. Recall sendiri juga pernah dilakukan Honda pada anchor pin Vario generasi pertama. Semuanya selalu menuju perbaikan….dan itu bagus untuk kita. So….mari kita sikapi secara bijak atas “recall” yang dilakukan oleh YIMM. Tujuannya satu, agar kedepan jika ditemukan produk cacat, produsenpun tidak ketakutan dan berani melakukan langkah yang seharusnya dilakukan. Untuk siapa?. Untuk kita semua pastinya, bukan yang lain kangbro……..(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

197 COMMENTS

    • yamaha
      jualan motor minusan = buosokan
      konsumen disuruh bijak

      ngepbeyek,,, manggut manggut sambil naroh ot*k di dengkul.

    • Mau diapain aja ya begitu

      Udah jadi rahasia umum klo yamaha itu kualitas rendahan

      Cuma jual cat doank

      Makanya org pada kapok beli yamaha

      Kecuali org yg fanatik buta aja

      Dikasih barang bosok malah ditutupin malah disembah2

    • Recall sih ok aja,tapi kalau menyangkut bongkar mesin ngeri..harga jual jatuh bro..motor dah g perawan lagi bro??????

    • Yamaha Japan & YIMM berani recall.
      dulu merek sebelah bilangnya update.
      Pernah produk motor Honda secara global juga direcall “berjamaah” & dimedia luar diumumkan gamblang, kalo dimedia sini ditutupi beritanya, sekalinya recall bilang update.
      Contoh mslh tangki mudah bocor sampai sekarang itu motor sudah discontinue ngga direcall recall.

    • Dulu honhon pernah recall vario 110, sama fby dibully motor bosok..sekitar thn 2011 trus dibully akhirny bahasa recall dperhalus mjd update. Kalo anda bca blog ini dr thn 2010 pasti tau, yg ngejelekin recall tu fby mcam nobita, mice dkk..
      Sekarg gantian dong dibully yamama-ny

  1. “Last…seandainya pabrikan pusat tidak mengumumkan secara terbuka, IWB juga tidak yakin YIMM berani melakukan recall”

    yes ini kejadian cb150r dulu bukan yg all new, swingarm cacat, sama mesin dalam setahun 3x ancur dan harus turun mesin, temen ane disuruh diem jangan kasi tau yg lain… :v , keliatan ga mau rugi banyak ni honda, jadi ga mau recall, akhirnya setelah setahun diganti yg baru motornya… :v

    Pertama ga ya :v

  2. Yg jelas Kota semua blm pd dewasa

    Kasus recall sering jadi bahan Bc
    Ingat kasus Vario dulu ya bro?

    AHM yg bertanggung jawab Recall atas ketidakmasimalan kinerja salah satu part malah jadi bahan Black Campain pabrikan sebelah yg mengatakan Vario produk gagal, dsb.

    Spanduk2, baliho superbesar dipajang di jalan2 dari sabang sampai merauke klo Vario itu produk gagal.

    Belajar dari pengalaman itu, AHM lbh hati2 utk memilih kata recall.

    Padahal jelas, itu sebuah tanggungjawab pabrik atas produknya…

    Makanya pabrikan sebelah ga pernah berani mengatakan recall sewaktu vixion komstir oblak, monoshok ambles, oli rembes, ngebul, dsb, takut dibalas kali ya…, takut senjata makan tuan…

    Hehehe…..

    • yg jelas ane kgk bully recall R25 lho..tp kalo pompa oli R25 terbuat dari plastik itu benar adanya

    • emang kbanyakan sepeda motor pakainya gear pompa oli dari plastik kok om,blm tahu ya?cuman kasus r25 ini karena desain gear itu sendiri kurang sempurna.
      ???

  3. demi perlindungan thdp konsumen mestiny kt bersyukur dgn adanya recall untuk pencegahan yg lbih buruk..dari pda di diemin bisa2 ad kecelakaan massal bagi pengguna ny

  4. Jangan.kaya AHM yang diam saja padahal CBR 250 Juga masuk daftar 37 motor yg di recal alasan nya simple Hora laris

    ekekekekek

  5. Tangki bocor harus di recal
    tensioner Lifter rusak
    Kamkop kebar
    Klotok klotok
    lampu keryip keryip silau dan membahayakan pengendara lain

    Harus nya Bisa di recal juga ko
    saya rasa Kalau Naik banding ke pengadilan konsumen tetap menang Kalau di luar negri
    kalau di negri kita ya 😀

    • Sincan:
      -Mesin pasti ngebul digeber 8000 rpm.
      -Monoshock ambles
      -Komstir oblak
      -Shock depan rawan patah, dll napa kgk di recall sm yamaho ?

      Miong :
      -cvt berdecit macam penangkaran curut
      -pelek geal-geol
      -knalpot nembak, dll napa kgk di recall sm yamaho ?

      Ngah ngah ngah

  6. Yah kalau saya sebagai User biasa sudah tau apa itu ” RECALL ” yang terjadi pada satu product, makanya saya bilang YAMAHA JOSSSS mau bertanggung jawab…

    Masalah Bully atau pemberitaannya negative anggap saja Angin kentut berlalu, kalau User biasa pasti tau. Kecuali Sales dealer kompetitor beserta antek-antek media yang sekarang telah di kuasainya yang rata-rata 5% Sok Tau & 95% Tidak tau apa-apa.

    Janganlah membodohi diri sendiri apalagi melakukan pembodohan terhadap orang lain ?

    #Selamat menunaikan shallat jumat

  7. kui tenan to. sesempurnanya buatan manusianya tetap ada tidak sempurnanya . nek wis dijelaske ngene ki .moso sing bc tetep wae bully.. lha yo pekok.

  8. ttp ae yamahoooo emang ampazzzz buosokkkk produk cacattt permanen… faktane ngunu lek..

    ngoahahahaha…

    ekekekek….

    • Rupamu kyo ampas les sales mbendino kakean cuocot tok. Ora kwe tok kabeh sales seng kakean coucot perlu d suogok cuangkeme go gagang pacol ben modiar.

  9. Faktanya memang r25/mt25 produk cacat, mau gimana lagi, bukannya 1 item lagi cacatnya 3 item sekaligus. Jadi yimm mau ga mau harus tanggung jawab mengganti part yg cacat tersebut.

    • 700 unit perbulan di indo lumayan.sama yg d eksport jd sekitar 3 rbuan perbulan.lebih laku dari yang repsol 1 silinder.ngg tahu yg 2 silindr nanti.
      ???

  10. Setuju kang demi keamanan konsumen jgn aneh atau tabu dengan recall……perlindungan konsumen tetep no 1 ….. Pabrikan mana pun yg memang produknya di temukan kesalahan produksi harus bertanggung jawab

  11. Sales goblog gk tau diluar negeri sering recall biasa saja tuh…begini kalau sales kampungan bc doang bisanya…dasar kampungan !!!

  12. kasian yg beli Old CiBi.. penyakitnya diderita ramai2, tp yg punya diem seribu bahasa. kenapa yg d recall 3 produk? karena itu common part boss.. belajar dulu sebelum BC. kalo mesin NCB bermasalah, yakin Sonice, Supra Geter, NCBR juga bakal kena, kenapa?? common part boss..

    last, biarin yg BC terlilit dalam kebodohan dan kesengsaraan, nanti kalo sembahannya berani Recall langsung jilat ludah campai tayi ayam..
    hahahahhaa

  13. no komen aghhh

    harusnya bs bljr dr pengalaman dr kasus sblmnya, jgn cm kejar kuantitas tp quality terabaikan, udah tangki kondom yg katanya biar center skrg malah recall hufttt!!
    Pdhl cc kecil kok bs recall, bgmn cara maenya?
    H2 prnh recall wajar motor terkencang sejagad safety hrs jd prioritas dong.

    • ini menyangkut kualitas kisanak
      klo itu msh dipertahankan bukan tdk mgkn nanti velg pun dibuat kondom, swingarm kondom, shock kondon… jadi motor kondom dong ekekkkkk

    • Itu RCV sama M1 kok gak dibully sekalian coz pake kondom. Aneh memang!!! situ bilang ninfi desainnya cakep. Coba deh bandingin garis disain R25 sama H2.

    • lha ini bukannya lagi bahas yimm mau recall d indo, baca yang teliti dan pahami dulu,baru koment.
      ???

  14. Recall hal yang baik dari pabrikan pada review produknya. Suzuki Smash 2005 juga recall pada suspensi belakangnya. Tentu belum info via web pada zaman itu. Cuma infokan ke dealer. No rangka sekian jika ada motor tersebut servis ke Beress maka wajib diperbaiki.

  15. masalah-nya mereka tu kagak tau , pabrikan mana yang jago recall baik buat mobil apa motor.Disuruh Googling sana biar pinteran dikit ,pabrikan mana yang recall champion.
    Inga’….inga’…baik motor maupun mobil sering di recall.
    yang minta link silakan gugling ‘nama merk yang menurut blogger2x susah dicari cela-nya ‘ motorcycle recall dan taraaaaa..!!!

    • Bahkan sering pemberitaannya di tutupi, atau bahkan sama sekali tidak di blow up.

      Mungkin agar mereka tetap cerdas, dan selamanya menjadi masyarakat yang memiliki pola pikir negara berkembang.

      ???

  16. Sebenarnya udah biasa perang di media antara Fby vs Fbh kadang Fbs dan Fbk, obyeknya produk yg mereka bela.
    Biarkan saja mereka begitu, pabrikan ngak usah baperan.

    Produsen dituntut punya standar kualitas.
    Kalo memang cacat atau tdk memenuhi standar kualitas, ya recall sebagai bentuk tanggung jawab mereka. Dengan atau tanpa aksi menjelekkan atau bully di sosmed dll.

    Jika lepas tangan, siap² menerima sanksi sosial, tingkat kepercayaan konsumen menurun, mengeluarkan biaya yang lbh besar krn dan bila sampai menghilangkan nyawa mereka bisa dituntut ke pengadilan krn lalai.

  17. lebih bagus lagi kalo gak sampe di recall….
    artinya sebelum jatuh ke tangan konsumen hrus bener2 cek kualitas barang.
    bayangkan kalo motor cuma 1,perlu buat kerja buat kesana kemari dan hrus di recall…repotnya ampun dah.
    ahm jg sering nih sbenernya kejadian parts cacat…contohnya dlu karet vakum di karbu NMP generasi awal pada cacat rawan brebet dan bikin motor tiba2 mati di jalan,tapi pabrikannya malah gak umumin recall…cuma yg msh ada masa garansi doank yg bisa ganti karet vakum dengan gratis…yg masa garansi udh abis ya hrus beli sendiri
    hahahaha

  18. Ekekekekrkk..
    Efbeyek emang suka ngambang….
    Diflush aja….biar ilang baunya…
    Wkwkwkkkk…..
    Nguuuukkkk……

  19. udah disajikan pengarahan kaya gini aja masih berani comment bully, otak lo pada taro mana sih? heran sama indonesia… lo kalo ga pny gausah bawel.

  20. Nasib Group Miong Bhueghel bin bhantet pelk Gheal gheol mesin buoros knalpot nembak nembak gk di recall kang… ????? pertanyaan mewakili FBY nih….

  21. Saya punya Jazz pun sempat kena recall , karena ada masalah di power windownya , justru saya pribadi malah puas dengan adanya recall dan adanya penggantian part yang bermasalah , itu namanya ATPM peduli sama after salesnya , bukan begitu Lek IWB ?? Di luar negeri itu yang recall justru gila-gilaan , pabrikan sekelas Mercedes-Benz melakukan recall terhadap produknya , namanya buatan manusia pasti ada yang namanya “missed” , itu wajar saja sih .. Bukan malah jadi ajang untuk menjatuhkan , kalau suka terhadap suatu produk ya tinggal dibeli , engga suka tdak perlu menjatuhkan , engga ada untungnya juga mendewakan suatu produk , kecuali kita dibayar sama ATPMnya , iyo ora Lek ? 🙂

  22. Jajaran mesin SOHC Operstruk Komstir oblak, mesin Ngebul isi Ulang oli trus gmna nasibnya kang..?? apakah yaMahoudah temukan Solusinya..?? kapan di recall ngebulnya

  23. recall nenunjukkan pabriknya bertanggung jawab. Malahan bagus daripada diem2, cuma di Indonesia produknya nggak kena recall, konsumen jadi bertanya2

  24. yaMaho Nmak Sock Atos Glodakan macem naek cikar n gearbox klotakan kapan di recall kang…?? ko malah FBYnya suruh beli sock sendiri..

    masak YIMM jual motor Socknya di jual terpisah beli sendiri sendiri…. konyol to..??

  25. Kl Jepang gk ngumumin recall, apakah yaMaho Indonesia seperti biasa pura pura budek kang… koyo to….

    Lirik Komstir oblak, pelk gheal gheol, mesin nembak, sock atos, spedo ngembun, sock ambles, mesin buoros pol… sampe skrng gk ad tindakan dari yaMaho…

  26. ekekekek…

    recall versi yimm >>> kalo ada masalah ama motornya segera ke dealer akan ada perbaikan dan pengganti part baru gratis ….

    recall versi onda >> kalo ada suara teekk teekk dan klotok2 .. segera ke dealer akan ada bagi2
    voucer pulsa gratis …

    ????

  27. ekekek…

    fby motornya bosok dapat perbaikan dan part gratis …

    fbh motornya bosok dapat voucer pulsa gratis + 1 aquaa gelas …

    ????

  28. FBY penyemplak Jajaran mesin SOHC Operstruk RRRRRijekan India segera demo sama YIMM kang.. masak komstir Oblaknya gk di recall.. mesin ngebul haus isi ulang oli trus gk di recall…
    Spakbor Miring 180drjt gk di recall…

    tapi ya FBY mangut mangut ae sak teruse di cekokin mesin SOHC Operstruk ngebul RRRRijekan India…

  29. Uang FBY buat jatah tiap bulan service Pelk Shomplak Gheal gheol kapan di ganti sama YIMM kang…???

    Hare gene naek motor Gheal gheol macem beruang sirkus Mules aj…. wkwkkwwkwkwkwkwkwk

  30. Nungging nungging Boyok mlintir Naek Motor Ngaku ngaku SPORT RRRRRijekan India trus di selip GL MAX wusssss… kira kira malunya kapan di ganti YIMM kang..???

    Maklum mesin masih selevel aka sama sama SOHC Operstruk jadul.. bedanya cuman y asli punya GL MAX Hora Ngebul kang…

  31. Muke Njebeber Rhoembeng15 RRRRijekan India kapan di recall kang..?? masak tiap bulan pasang beli ganti lakban 2 rol buat permak itu muke njebeber… hedew….

    motor ko tangki sama headlamp gedean headlampnya….

  32. yang tau kata RECALL cuma para pemilik SEKELAS R25. NINJA 250. .. Kelas menengah ke atas.. kalo para pemilik beat dan revo fit cicilan mana tau arti kata RECALL.

  33. Gimana kalo kolom komentar DIHAPUS aja? Isinya banyak PECUNDANG, di ajak komentar baik & sopan gak mau, udah gak punya akal sehat!

    • Nahhh itu yg ane maksud, mayoritas isi komen masa beginian? Kasian yg netral jadi gak nyaman bacanya

  34. AHM belum punya produk global jadi belum mengeri istilah recall dan FBH taunya hanya istilah update + voucher sambil manggut manggut

  35. kang, kok ketahuan ada masalah pada moto-motor tersebut lagi sekarang? padahal motor yang direcall mulai dari 2014 dan tidak hanya 1 tipe saja tapi banyak dan menggunakan basic mesin yang sama.. apa karena baru-baru ini ada kecelakaan atau baru diketahui??
    penjelasannya kang.. suwun ya..

  36. Kira2 kapan kang mulai pelaksanaan penggantiannya….soale d rumah ada r25…. aq d wilayah krian sidoarjo jatim…..suwun kang infone..!!!

  37. Harap maklum Kang Iwanbanaran…
    para sales sebagian belum dewasa, anak TK masih jauh lebih pinter dari sales macam ini

  38. adakah dari pabrikan lain yang mengeluarkan statement terkait recallnya yamaha r25/mt25???
    kalau tidak berarti anda paranoid.

    beda dengan yamaha saat honda merecall vario gen 1 dulu, jelas2 BC.

    kalau sekarang dblog banyak yang membully mungkin itu hanya perorangan saja dan mungkin itu konsumen. JADI BUKAN KOMPETITOR

  39. namanya juga fanboy tol** semua kang iwan, harap maklum karena mindset mereka cm untuk ngata2in doang..waste of time.

    wiss ini hal yg wajar kok buat semua pabrikan..so act wisely..

  40. Recall itu aib kalo yang direcall produk honda.. kalo yang direcall produk yamaha, itu adalah bentuk tanggungjawab produsen ke konsumen..

    *kata fby*

  41. To All motor yaMaho jajaran SOHC Operstruk Di spedo meter diatas RPM 8000 ada tulisan RECALL warna merah kang.. kasih saran aj buat FBY segera menuju bengkel yaMaho terdekat buat di bongkar mesinnya… maksih…

  42. Setuju lek, walau gmnpun ini demi kebaikan konsumen Indonesia.
    Dan biarin aja yg gk pny akal pikiran/ otak manusia gk setuju ama statement sampeyan..

  43. Bukti untuk safety yamaho kurang.dan motornya secara kualitas masih dibawa honda dan kawasaki.yamaho cuma menang plastik sampai2 gir oli diganti plastik.wkwkw fby sering nyerang fbh dengan mengklaim kualitas,padahal faktanya mesin mitor fby yg kualitas bawah.ditutupi plastik bagus.

  44. sama lagi ketika kontak nyala di yaMaho PigSon segera muncul Hai Broo Mau kmana Broo..?? Mau di Recall Broo… udah ngebul komstir Langganan Oblak lagi Broo….

  45. mesin di bongkar wes pasti jaminan Bro Oli bakalan rembes sewaktu mesin udah panas.. soalnya kap mesin di pasang awal hasilnya bagus sewaktu belum kena oli mesin. ketika material udah pernah kena oli mesin do bongkar pasang lagi Ostosmastis jaminan rembes bro… wkwkkwkwkw

  46. Ninja250 adalah mesin lama yang permasalahan awal sudah dilewati pabrikan Kawasaki wajar sekarang terlihat lebih baik kualitasnya

    R25 produk baru permasalahan awal pasti jadi momok tapi setelah tahu permasalahan produk dan dibenahi melalui Recall akan menjadi lebih baik kualitasnya kedepan.

    Calon New CBR250RR yang akan lahir buatan AHM pasti juga akan mengalami nasib serupa. (Silahkan di Bookmark)

    Semua pabrikan menuju produk yang lebih baik ujung-ujungnya konsumen yang diuntungkan. Kedepannya kata “Recall” akan ditanggapi lebih baik lagi oleh Konsumen Indonesia yang semakin lama semakin cerdas pastinya.

    • Jika pabrikan lain memang akan mememperbaiki permasalahan yg ada. tapi lain dengan yamaha lihat saja kasus vixion ngebul kehabisan oli (no bc. liat facebook grup vixion) komstir oblak tapi justru dibilang wajar tanpa ada perbaikan selama bertahun tahun. R25 mengalami recall ya karena berita dari jepang udah bocor ke indo, kalo engga ya pasti dibilang “wajar” :v

  47. Konsumen seharusnya bersyukur dengan Recall motornya dapat penggantiang parts gratis bagi yang motornya bermasalah dan menjadi segar kembali.
    konsumen juga lebih mengerti plus minus dengan produk yang dibelinya sehingga rasa memiliki semakin kuat.
    konsumen akan lebih percaya kepada pabrikan yang bertanggung jawab apabila kendaraanya terdapat masalah karena didengarkan keluhan dan diperbaiki.
    Terjadi pencerdasan otomotif yang diutungkan konsumen Indonesia

  48. Sekarang gini yang duluan membuat istilah recall itu jelek siapa hayo? Kan fby yang habis habisan bc tntang produk recall saat terjadi kasus pada honda vario gen 1. Nah sekarang terima akibatnya :p

  49. FBH .. saya bisa maklumi kesedihan kalian.. CBR250R dikamplengi habis2an di ARRC, kejurnas dan penjualan.. kalian limpahkan kekesalan di recall R25/MT25… silahkan..
    FBH Menabunglah buat CBR250RR yg katanya harganya 70juta itu.. kalo dah launching komparasi sama R25 upgrade…
    Sabar ya paklik..

  50. Produk y di eksport aj Rhomphal bin Prothol..

    apalagi produk buat lokalnya.. macem Gheal gheol n laennya..

    penyakit permanen produk yaMaho…

  51. Jika pabrikan lain memang akan mememperbaiki permasalahan yg ada. tapi lain dengan yamaha lihat saja kasus vixion ngebul kehabisan oli (no bc. liat facebook grup vixion) komstir oblak tapi justru dibilang wajar tanpa ada perbaikan selama bertahun tahun. R25 mengalami recall ya karena berita dari jepang udah bocor ke indo, kalo engga ya pasti dibilang “wajar” :v

  52. Mari bersikap bijak terhadap Recall R25,agar tidak membahayakan owner R25&pengendara lain yang ditimbulkan karena kerusakaan mesin yang mendadak ketika sedang dipakai,mari kita sweeping R25 terus kita bakar sama2…

  53. Mohon pencerahanya om iwan sbenernya ada pihak atau badan kusus ga sih buat standar nyaman di negara lain baik mengamati mesin atau yg lain pada peredaranya.apa emang itu tugas pabrikan sendiri.???klo emang ada badan kusus konsumen lebih enak nih tenang dan nyaman dalam membeli produk apapun.

  54. Ppfftt… yang nge BC tentang recall itu asli orang BoTol recall koq di BC udik banget dungu dungu koplak.
    Bacot nya saja di sini gede koar2 tapi kalo sudah di depan mata face to face mingkem seribu bahasa hadew… dasar fans boy, apa lagi sales ngomong ngalor ngidul gak jelas tapi lucu nya sangat jelas terlihat bego nya bangga atas ke dunguan dan ketololan mereka.

  55. Yamaha Japan & YIMM berani recall.
    dulu merek sebelah bilangnya update.
    Pernah produk motor Honda dari mocil sampai moge secara global juga direcall “berjamaah” & dimedia luar diumumkan gamblang, kalo dimedia sini ditutupi beritanya, sekalinya recall bilang update.
    Contoh mslh tangki mudah bocor sampai sekarang itu motor sudah discontinue ngga direcall recall.

  56. Artikel yang menarik, mas Iwan. Saya sih sebagai salah satu pengendara MT25 malah bersyukur terhada recall tsb. Ketika pertama kalinya berita recall dari yamaha jepang sana, saya langsung kontak/email ke YIMM. Kurang dari 24 jam, email saya dibalas dan diberikan penjelasan mengenai recall tersebut bahkan sebelum YIMM merilis berita tentang recall tersebut.

    Seperti yang dikatakan mas Iwan,di Indonesia istilah recall menjadi suatu momok bagi suatu merk (apalagi penjualan motor H/Y/K/S dan lainnya, di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, maka sebisa mungkin berita recall ditiadakan.hha). Saya memang kecewa karena adanya recall (karena terdapat kegagalan/kesalahan komponen di motor saya, walaupun saya tidak mengalaminya *amit2), tapi karena menyangkut keamanan pengendara bahkan nyawa seseorang, kenapa tidak ?

    Jadi marilah jangan saling menjatuhkan. Toh kalau YIMM sampai mengekspor motor maka seharusnya sudah persetujuan dari Yamaha Jepang sanakan? (logikanya begitu), tapi sekarang tinggal Quality Control dari YIMM itu sendiri harus “lebih” lagi menurut saya. Mungkin saja yamaha Jepang pun terdapat miss terhadap salah satu komponen. Saya bukan membela YIMM atau fby atau apalah itu, tapi mari kita melihatnya sebagai pembelajaran. trims

  57. Kang Iwan, sebenernya recalll yg dilakukab YIMM sangat diapresiasi, dan diacungi jempol,, mereka mau bertanggungjawab dan mengakui demi keselamatan dan kepuasan konsumen

    TAPI

    Kenapa teejadi bully gini? Semua gara2 FBY yg dulu udah menghujat, membully abis2an pabrikan sebelah ketika mereka melakukan recall

    Sekarang semua kembali pada FBY dan YIMM kena getahnya 😀

    • Senjata makan tuan hhhh
      Malah ngerengek ampun jangan dibully, padahal yg membuat istilah recall jelek ya fby sendiri .

  58. Maksud Yamaha Iwata bagus sih, bertanggung jawab mem patch kekurangan product nya, dan itu umum dan sikap professional.
    Yang saya herankan, desain klem rem, bearing kopling ama pompa oli ne koq dengan mudahnya pass di quality control nya bagaimana itu?

  59. kalo menurut saya recall adalah suatu bentuk bisnis agar konsumen mau merawat kendaraannya pada bengkel resmi, supaya bengkel dapat untung ongkos perawatan dan part. recall juga untuk ajang pamer bahwa produk tersebut laku dan banyak orang yang sudah beli, karena jumlah produk yg direcall disebutkan dan jumlahnya tidak sedikit, sekian

  60. sales lagi pada kejar target biar dpt THR tp caranya gak halal.

    haduhhhhhh..

    lebih heran nya lg ada FB yg mati2an bela satu produk tp gak dpt benefit sm skali.

    tanda2 akhir zaman.

  61. kalo produk H direcall brrti produk cacat

    kalo produk Y d recall brrti tanggung jawab pabrikan.

    itu sudah ketetapan nyaaa.

  62. Pilih motor yg sesuai aja..
    MT25 asik buat turing..hujan kabut ga masalah..karena lampunya masih bohlam..

    Pake LED malah ga keliatan jalan basahnya..
    Btw..Yamaha keren mau recall..
    Ane udah bawa ke Showroom dan beres..
    Bravo..

    Perusahaan berani recall,brrti tanggung jawab..

  63. INI LAH INDONESIA BRO , BEDA SAMA NEGARA MAJU. POLA PIKIRNYA JAUH BEDA , NEGARA YANG SALAH JADI BENAR , YANG BENAR JADI SALAH , YANG JUALAN MAKAN DI RAZIA , BUKANNYA YANG MAKAN DI RAZIA , PADAHAL URUSAN NYA BUKAN SAMA HUKUM , TAPI KEPADA SANG PENCIPTA (PUASA) KLO PUASA GAK ADA COBAAN , BUKAN PUASA.

    INTINYA JANGAN TERLALU FANATIK MAS BRO , KARENA PASTI GAK ADA GUNANYA. MIKIR PAKE LOGIKA (AKAL SEHAT) JANGAN DIKIT2 BAWA AGAMA

    KLO MAU MAJU JANGAN FANATIK MAS BRO..

    SEMOGA CEPAT SADAR YANG FANATIK..

  64. Pernah pengalaman pas lagi servis rutin di dealer resmi, oleh mekaniknya ditanyain motornya beli dimana tahun berapa dan di cek nomer rangkanya, dikira aku ad motor curian yg biasanya disebar di dealer2, ternyata ada recall pada jenis motor tersebut yang dibikin pada tahun2 sebelumnya yg cacat produk, motornya mogok kalo kepanasan karena ad kesalahan mapping ecu.

    Jadi recall di Indonesia ini masih ada, tapi dikerjakan secara diam2, dan kalo ga servis di dealer resmi ga bakalan tahu.

  65. Sip..ini pendapat yg joss..sbg pengendara honda sdh slayaknya kita gk perlu bully..kalo ntr mindset recall jelek dn pabrikan diem aja..kita yg kena akibatnya kan serem tu

  66. yg 1 di recall , yg 1 lagi dipake sebulan udah klothok2 . yowes sabar saja nunggu sijuki pake mesin fufi , menurut penerawangan simbah gak akan di recall dan klothok2 . wkkwkw . masalahe , ….. kapan???

Leave a Reply