Yang menarik pada knalpot new TVS Apache 200 4V……

92
48

460x110

Apache 200 4V -iwb (9)

Bro dan sis sekalian….banyak bener pembaca yang nanya ke IWB akan bentuk desain knalpot Apache 200. Komponen Motor baru TVS ini memang terkesan unik dan nyeleneh. Disebut sebagai “unique double barrel muffler design”…..ternyata desain ini bukan hanya sekedar desain. Sebab semua ada tujuan dan fungsinya. Nah…emang opo sih?. Yuk…kita bedah sama-sama…..
IWB-Banner-Animated

banner-promos

Knalpot new Apache ini ternyata memiliki dua lapis catalic converter sebagai upaya untuk mengejar emisi gas buang terbaik. Namun tidak seperti motor-motor umum yang kita temui…engineering TVS memisahkan ruang catcon (catalic converter) di dua posisi berbeda…..

Dibagian bawah leher knalpot…ruang ini disebut sebagai cat 1. Sementara ruang satunya yang berada dipangkal silincer disebut Cat 2. Nah….cat 2 inilah yang terkesan nyleneh karena letaknya dibawah knalpot sehingga seolah-olah nongol pipa lain. Padahal disitu berisi sekat kedua. Mereka menyebutnya twin cat converters, unique double barrel muffler design….

Last….selain keunikan tersebut, perangkat knalpot Apache 200 juga memiliki desain twin tail pipe. Yakni…dua pipa dalam satu silincer. Menurut TVS….desain disengaja untuk menghasilkan frekwensi rendah sehingga dari jauh biker sudah tahu bahwa yang lewat adalah motor Apache 200. Nah….wis mudeng to kangbro. Jadi ora usah mumet bin penasaran lagi :mrgreen: . Jathil nang ngisor kuwi confirmed catcon yo. Tekoq maneh tak sawat lontong balap :mrgreen: …(iwb)

knalpot tvs apache 200

Apache 200 4V -iwb (31)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

92 COMMENTS

  1. Salah satu cara menekan emisi agar sesuai regulasi.

    SOHC 4 Valve, dan saya yakin Engineering maupun Marketing division-nya TVS terbuka dalam sesuatu hal.

    SOHC & DOHC hanya sebuah pilihan, bukan di gunakan sebagai (pembodohan/ Gimmick) bahwa DOHC itu terbaik demi menguasai pasar oleh satu pabrikan.

    #hehehehe,

    • Dohc sohc memang benar sebuah pilihan… yang dikatakan pembodohan itu ya…. harga sohc yang mepet dohc… mau dikorek lebih dalem lagi???

      Ekekekek
      Udin ngakunya tukang nasgor…

      Ekekekekekek
      Salam musang bulu ketek ye din

      Ekekekek

    • Harga sohc mepet dohc. Krena power motor sohc mepet dohc.

      Bandingin aja harga sonic sama satria fu fi. Tenaga pun jauh berbeda. Pdhal sama2 dohc? Sonic real dohc kah?

      Jleb

    • Ada juga Motor Dual Clutch Transmision (DCT) SOHC ciptaan Insinyur-Insinyur Muda Terbaik salah satu brand.

      Tetapi harganya bahkan melebihi Hayabusa yang jelas-jelas memiliki performa lebih dan pastinya DOHC.

    • Hadueh,,
      Moge jangan samain kayak mocil lah Pak Udin,,!!

      NM4 Vultus kan memadukan motor bergenre sport touring dengan desain futuristik,

      Sport Touring mah gag ngejar performa, yg penting nyaman nd stabil, cukuplah konfigurasi SOHC, SOHC moge mah beda jauh lah sama SOHC mocil,,
      Hadueh salah persepsi nieh,,
      Suzuki Hayabusa di Indonesia dijual 600jtan lho’,
      NM4 Vultus dijual 425jt,,
      Gap-nya 200jtan lho’,
      Kok bisa bilang lebih mahal yg sohc,,??

      Hadueh giring2 lagi,,

      Eeekkkeeekkkeeekkk

    • Penjelasan yang di maksud Bukan antara Moge & Motor Sport Komuter mas Alex, itu hanya sebagai contoh saja.

      Di sini saya hanya menjelaskan perihal SOHC & DOHC itu hanya sebuah pilihan.

      Bahkan mas alex sendiri yang menjelaskan walaupun Vultus SOHC tetapi memiliki satu kelebihan tersendiri dan kenapa harganya lebih mahal walaupun tidak memiliki performa yang lebih kan?

      Sama juga halnya dengan motor lain, Pasti setiap Project Leader R&D pabrikan beserta Staff Engineering sudah memikirkan hal itu, walaupun itu hanya sebatas motor Sport komuter.

      Harga Resmi Hayabusa di Indonesia sekitar 350jt s/d 380jt saja mas.

      Hehehehe,

  2. Kang Udin on January 29, 2016 at 10:18 pm
    Salah satu cara menekan emisi agar sesuai
    regulasi.
    SOHC 4 Valve, dan saya yakin Engineering
    maupun Marketing division-nya TVS terbuka
    dalam sesuatu hal.
    SOHC & DOHC hanya sebuah pilihan, bukan di
    gunakan sebagai (pembodohan/ Gimmick)
    bahwa DOHC itu terbaik demi menguasai
    pasar oleh satu pabrikan.
    #hehehehe,
    —————
    mantab kang udin
    Gimmik pembodohan Dohc – Sohc
    buktinya akhirnya Dohc wala wala bertekuk lutut di tangan Sohc

    hhhhahaha DOhc wala wala yg berpotensi meleduk
    di warung lain heboh pada complain Dohc ambroll ngebul

    • Hehehehe,

      Mereka juga ngerti ko om apa arti komen saya ini, cuman ya mau bagaimana lagi. Demi menguatkan mindset productnya.

      Padahal hanya pilihan, terserah mau pilih yang seperti apa. Di sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

    • sohc vs dohc memang benar sebuah pilihan kok Pak Udin,,
      Gag ada istilah gimmick marketing, kalo memang yg dijual benar itu mesin double camshaft,,
      Kan jelas bedanya,
      Single camshaft vs Double camshaft, gimmick-ny yg mana ea,,?? Bingung saiya,,

      eeekkkeeekkkeeekkk

    • Menurut saya yang di jadikan gimmick marketing-nya selama ini oleh staff marketing ( DOHC ) lebih unggul di segala hal daripada ( SOHC ) untuk kelas 150cc.

      Saya juga tidak menampik, jelas DOHC itu Double Cam & SOHC single Cam. Hanya di sini yang perlu di fahami, walaupun itu DOHC & SOHC tetapi SOHC 4 Valve sekarang sudah berkembang, yang fungsinya sama untuk menekan 2 Klep Hisap & 2 Klep Buang yang notabenenya berfungsi seperti DOHC.

      Banyak yang beranggapan mesin SOHC 4 Valve kecil? Tidak juga, ukuran Cylinder/ Piston 150cc kan sama saja, mungkin yang membedakannya ada yang Over Stroke atau Over Bore.

      Mungkin yang menjadikan mesin DOHC terlihat besar itu karena ukuran Head Cylinder-nya lebih besar karena terbenam 2 cam yang terpisah dan di gerakan oleh 2 gigi sentrik. Padahal kan fungsinya sama saja untuk menekan 2 Klep Hisap & 2 Klep Buang seperti SOHC 4 Valve.

      Untuk saya pribadi silahkan mau pilih SOHC atau DOHC, tidak ada masalah. Atau bahkan SOHC/ DOHC dengan VVA/ VVTi. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan.

      Hanya informasi saja yang harus di perjelas, bukan menyebutkan Secara bahasa (marketing) DOHC lebih unggul di segala hal.

      #Hehehehe,

    • Kan tidak semua lapisan masyarakat bisa menjangkau harga dohc 2 silinder 250cc Pak Udin, disinilah pabrikan coba mewujudkan harapan masyarakat untuk menikmati performa mesin konfigurasi dohc di cc yg lebih kecil,dan harga lebih terjangkau, dohc engine sudah pasti lebih unggul dari sohc, fakta di-lapangan memang seperti itu Pak Udin,,

      eeekkkeeekkkeeekkk

  3. mmmang kang
    lubang atas sama lubang bawang beda frekuensi tergantung tata peletakannya…
    dr jauh memang suaranya berbeda

    mau digeberrr geberrr di urut atau dirasakan pelan pelan ..mantabbb

  4. kalau dr jauhhh terdengar suara

    klotok klotokkk ngedeeennn getaran bodyy sampai rantai krmrosakk you tahuulah sport MaHoonda

    kalau dr jauh juga terdengar suara grookkkkk grokkk srekkk grekkk grekkk bearti itu suara rombongan mbitt pak rio celenk group mau lewat

    • Nah kalo yg ngebul, shock ambrol, velg ambyar, geal geol itu pasukan pabrik suling…
      Mesin zaman Homo msh d pake… Wkwkwkwk

    • Bokir on January 29, 2016 at 11:36 pm
      Apa kabarnya boss meong yg kmaren d
      suntik mati? Itu baru brapa taun ya???
      Wkwkwkwk
      ——————-

      digantikan sama Generasi ketiga
      yg lebih Bertenaga 125 cc namun juga irit bahan bakar harga cuma seharga 110 cc an ..mikirrr bro

      lagian aman aman aja tuh para pengguna lawas
      pada puasss terkejut dengan stigma boros bensin tifak terbukti bahkan lrbih irit dr punya sebelah

  5. TVS motor india kualitas Dunia ekekeke lambang e wae jaran kepang opo ra sangar ekeke babat habis pabrikan jepun ekekeke

    TVS coy TVS udu Bajaj loh ya wkwkkw

  6. wah pemikiran nya sama kaya ane.. beda nya kalo ane 1 ruang untuk membuat suara cempreng di dalam, moncong untuk mengeluarkan suara bulat, jd seolah olah seperti 2 cylinder.. ups keceplosan…

  7. Harusnya pabrikan jepang pake yg bgini, bukan modelnya, tapi bahannya yg stainless steel.

    Jangan pelit2 amat, udah dpt untung byk & loyalitas konsumen masih aja pelit, knalpot motor selalu kasihnya pipa besi murah dicat item, sbentaran udah karatan. Kalah sm produk india yg lebih murah

  8. faktanya mesin dohc akan lebih unggul,,
    double cham, floating tereduksi. tenaga atas ga akan terasa ngawang, misalpun output power mirip2, itu pengaruh settingan cham dan ecu~
    dohc irit? ya bisa aja.. tergantung setting..
    dibilang lebih superior utk yg dohc, ya emang benar adanya.. bagian marketing “mendewakan” dohc tidak salah~ krn memang demikian. dalam kutip untuk keperluan performa..
    sohc pun punya keunggulannya sendiri (biaya perawatan lbh rendah)..
    untuk lain sebagainya, itu semua pengaruh dr cham atau settingan motor itu sendiri..
    p200ns dan duke~ satu build design mesin yg sama, cek mana lebih superior utk performa? duke. jelas.. tp duke itu settingan torsi. cek rc200 untuk performa hi-speed..

  9. Bahas SOHC ya Bahsa GL MAX Aslinya Brooo

    Kl Bahas SOHC Baru kmren sore bisa bikin ya sama Aj Bahas SOHC aBal abal KW KWan….

    Lirik Deretan motor yaMaho Baru Bisa bikin SOHC Operstruk tapi masih di test ngebul trus gk bisa atasi solusinya..

  10. Kang IWB.. Kalo knalpot standard menurut saya yg paling ngebas itu knalpot tiger versi awal..
    Desain knalpotnya ada 4 lubang kecil2 di silincernya. Itu yg bikin ngebas. Sy pernah coba tutup lubangnya pake lakban hitam lgs alus kalem suaranya.

  11. Pengen balap masuk sentul..?? kl pake SOHC Kawe kawean ya harus ganti mesin Ratusan juta import dari jepang Broo..

    Kl pengen ke sentul tp pake mesin standard SOHC Operstruk ya bsk senin aj mentok di parkiran sentul Broo.. biar gk mleduk

    Noh bareng bareng sama yaMaho pake mesin standard di parkiran aj ya….

  12. Pabrikan jepun besar seperti suzuki dan honda sudah menerapkan mesin dohc untuk produk 150 ccnya.
    Lha yg ketinggalan cuman yamaha doang donk.
    Yang gimmick marketing itu siapa dong?
    Kalo menurut gw malah pabrikan yg masih enggan upgrade jenis mesinnya yg melakukan gimmick marketing, disaat para pesaingnya yg lain mencoba memberikan yg lebih baru kepada konsumen.
    Contoh:
    Kalo ga ada vixion ga bakal muncul cb150.
    Kalo ga ada sonic ga bakal keupgrade satria.
    So simple kan….
    Jadi sebenarnya anda mewakili siapa sich?
    pabrikan atau konsumen?
    #defaultoff

    • Hahaha,,,
      Biarkan aja brow,,
      Dia emang githu,,
      Pabrikan yang gag mau move-on pasti bakal ditinggal loyalis-nya,,
      Cepat atau lambat,, hukum alam nd hukum ekonomi berlaku,,

      Kita tunggu kabar result di Januari dst,,

      eeekkkeeekkkeeekkk

    • Komentar saya di atas juga tidak menutup mata atau tidak suka dengan DOHC, bahkan di komentar saya menyebutkan mau SOHC atau DOHC hanya sebuah pilihan dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Terserah mau pilih yang mana untuk kebutuhannya.

      Masalah pabrikan (contoh; Yamaha) bukan tidak ingin memberikan mesin 150cc DOHC untuk konsumen, tapi saya rasa memerlukan waktu juga untuk proses-nya.

      Bahkan saya suka dengan apa yang Suzuki lakukan, jelas memberikan All New Engine DOHC 150cc dengan Max Power -+18Hp.

      Yang sedikit kurang saya suka dari salah satu Brand itu gaya marketingnya yang seolah-olah Memberikan image ( SOHC ) itu buruk dengan menggunakan Gimmick ( DOHC ) adalah yang terbaik. Padahal jika di lihat dari data hasil klaim pabrikan ada SOHC dan DOHC yang memiliki Max Power sama -+ 16Hp untuk kubikasi kecil 150cc.

      Dan pada kenyataannya product mereka yang di minati adalah yang bermesin SOHC, jadi bukan artian SOHC buruk.

      Untuk saya pribadi tidak ada masalah, mau SOHC atau DOHC hanya pilihan.

      #konsumen biasa.

  13. Apapun merk motor yang ada di artikel, team SWAT honhon tetap becenya ke vixion SOHC.

    Itu perlu karena keunggulan M/S sport honhon ternyata hanya bisa bertahan 2 bulan di saat distribusi dari pabrik ke gudang para dealer.

    Kalau tidak dibece, mana bisa menang melawan SOHC yahama?
    Di real penjualan hondut kalah MS, di sirkuit kejurnas juga cibi dan sonic meleduk diasepin mesin SOHC 4 klep generasi vixion.

Leave a Reply