Kita kupas lebih dalam tentang tanki Yamaha Byson yuk…

65
1348

Walau semua sudah tahu bahwa Yamaha Byson menganut sistem kondom pada tankinya namun tidak banyak  yang tahu gimana pabrikan mendesain dan mengadopsikan sedemikian rupa untuk bisa diaplikasi kemotor harian. Berbagai pertanyaan pasti muncul tentang durability, kemampuan mendapatkan tekanan dan lain sebagainya. Karena itu IWB bernisiatif membedah lebih lanjut untuk share informasi guna menambah pengetahuan….

Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, Tanki kondom sikebo diikat oleh 4 kunci L persisinya serta satu kunci plus. Pada masing-masing baut L dibalut ring semacam mika supaya tidak menggores  permukaan cat tanki. Sedang cover tengah, tercatat ada 3 baut kunci plus pada sisi kiri kanan dan center bawah.  Hasilnya kokoh tanpa ada gejala goyang atau kendor. Kalau kita bongkar, ada satu hal yang menarik atas desain gen FZ16. Untuk mengalirkan guyuran air atau tumpahan bensin supaya tidak menuju body tanki bawah, pabrikan membuat semacam ring dari karet melingkari leher congor bensin atas yang dialirkan lewat pipa besar pembuangan. Simpel dan cerdas…!! terbukti ketika kita longok tanki kaleng dibalik jubah kondom sikebo…..semua dalam kondisi bersih. Bisa diprediksi dengan sistem kondom ini bakal membuat tanki asli berumur lebih panjang sebab gempuran air hujan atau sengatan sinar matahari tidak menghajar langsung tanki asli (terlindungi cover luar). Terus gimana jika terkena benturan??….

Sikebo dipretelin...

Kondom Byson terbuat dari bahan ABS. Berdasarkan pengalaman ABS termasuk mumpuni dalam menerima tekanan atas stress berlebih. Kecuali tabrakan benar-benar ekstrim. Seperti yang pernah IWB baca, ABS merupakan hasil polimerarisasi monomer Acrylonitrile, Butadine dan Styrene serta zat tambahan adiktif lain. Acrylonitrile mempunyai keunggulan sangat tahan terhadap zat kimia. Mangkanya klo mzbro guyur dengan bensin, minyak tanah, thinner dan bahan kimia lain…ABS tidak bakal bergeming. Selain itu kolaborasi Butadine dan Styrene membuat ABS bukan seperti plastik biasa alias kuat menerima deraan sinar UV matahari serta cuaca ekstrim lain. Sifat inilah yang tidak didapatin pada plastik biasa dimana lambat laun bakal getas dan rapuh. Jadi IWB pikir semua konstruksi sudah dihitung dan dipikirkan secara matang untuk maximum lifetime. Hanya satu kelemahan dari sistem ini yakni tidak bisa menaruh barang berat ditanki depan. Semoga berguna……(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

65 COMMENTS

  1. mas iwan itu ttd ROSSI yang ditangki asli atu tempelan, waahhh…. kalo asli berarti byson motor rekomendasi dari ROSSI hehehe…

  2. Enaknya tangki model kondom, bisa ganti bentuk tangki sesuai selera maz bro.
    Btw adanya air didalam tangki, kejadian juga sama motor bebek yg sudah 3th pake, yg jelas2 posisinya dibawah jok. Saat iseng nguras, keluar kotoran air kecoklatan. Jd adanya air ditangki, kemungkinan krn kualitas bbm yg kurang bagus jg maz bro, maklum selama itu minumnya selalu premium.

  3. @will, iya jg y, soalnya dibanyak kasus tanki motor sport yg tanki bocor itu, krn yg sering dikasih premium. Perbandingan dg yg konsumsinya selalu s***l selama 6 bulan pake, ketika tanki dikuras, gk ditemukan kotoran campur air tuh. Tp kl motornya sering dikasih premium, ya harus rajin2 kuras tanki deh.

  4. @ ax125
    Stiker tempelanlah mzbro. Mana mungkin asli hehehe…
    @ 1wheel, biker
    Disinyalir efek kondensasi mzbro. Mangkanya disaranin sering isi bensin secara penuh. Trs utk bensin oktan 92 ktnya memang ada tambahan adiktif utk mengurangi kondensasi. Mangkanya cenderung lbh bersih ketimbang premium
    @ agung
    Sama2 mzbro
    @ long’s
    Wah testimoni nih sibro. Ati2 ngracuni lainnya 😆
    @ wahyu
    yup…betul bngt. Tp ternyata langs diarahkan kepipa jd nggak guyur ketanki dlm
    @ pakbambang
    Oalah mzbro. Gek suwe men ki kebone py to? Heran tenan..

  5. ooo… Itu mangkuk & kabel pembuangan tho. Tadinya saya pikir ada komponen tambahan macem cdi gitu yg ditaro dibalik kondom tangki. Abis ngga pernah buka kondom bag. tengah, cuma pernah buka samping kirinya aja buat pasang jalur kunci rahasia. Mantab infonya masbro.

  6. tangki byson g sekecil yang di kira…gede jg…klo bs kedepannya bikin artikel bwt ningkatin performa byson…td nya mo beli byson…cmn denger rumor yg berkembang klo ternyata si byson ini ferforma nya kurang..

  7. Bro iwan, bongkar kondom byson tujuannya mo pasang stiker motif karbon ya? Trus tankpad motif carbon nya pas bener alurnya sama stiker, kesannya tankpadnya jd transparan, cakep2x.

  8. @ angga
    Betul mzbro. Saya tahunya jg setelah dibongkar
    @ jloow
    lumayan gede jg koq bro. Ttng performa tunggu tgl mainnya 😆
    @ biker
    Wah analisanya tajam jg nih 😆 .

  9. Pasti ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) Mas, sifatnya kaku, sehingga mudah dicat…

    Untuk yang lentur2 dan tidak dicat (spakbor belakang) pake PP (Polypropilene)…

  10. @ 19. Angga – May 8, 2011

    ooo… Itu mangkuk & kabel pembuangan tho. Tadinya saya pikir ada komponen tambahan macem cdi gitu yg ditaro dibalik kondom tangki. Abis ngga pernah buka kondom bag. tengah, cuma pernah buka samping kirinya aja buat pasang jalur kunci rahasia. Mantab infonya masbro.
    ==================
    PENGUMUMAN: Kunci rahasia ada disini… hehehe…

  11. @bro iwan
    Wah lumayan kenceng juga si kebo mengingat ban n velgnya segambot itu. Kalo diisi nitrogen mgkn bisa lebih ya?

  12. Meskipun fiber,namun tidak diragukan lg kualitasnya. Tapi sayang,tidak bisa naruh barang berat diatas tanki.

  13. Thanki pulsarku jga ada pipa buangan air hujan/cimot????(daru congor tembus ke bawah) cerdas tenan,… Walo keliatan sepele tapi manfaate ruar biasa,….. Ga sprti motor “LAma”KU…….. Bocor mluluXixixixi…..

  14. kebo bugilll 😀
    lihat perilaku masyarakat indo yang suka mempreteli, rasanya tinggal tunggu waktu saja lihat kebo bugil lari2 di jalanan… 😀
    NMP tanpa shroud sering 😀

  15. terbukti kuat….!!!
    kebo bule (byson putih) saya sudah nyruduk (nabrak) dan jatuh
    beruntung tangki ada cover tank nya warna putih
    hanya lecet2 saja tidak ada pecah

    semoga bisa membantu rekan2

  16. @Bro Iwan
    Kalo diatas tanki buat duduk anak kecil bobot 15kg kuat gak mas Iwan? buat momong gitu loh…

  17. @44
    tangki byson dipretelin? Kayaknya ga mungkin deh..
    Kalo shroud nmp dipretelin mungkin karena bentuknya yg jelek..
    :mrgreen:

  18. Kondom Tangki byson di preteli? Belum pernah liat dah. Tp kalo shroud tangki newmegapro di preteli sih tiap hari liat. Kalo liat byson, paling jijik’i ma tempelan koyo di kepalanya wkwkwkwkwk. Para alay di daerahku sering tuh ga di pasang koyo di kepala byson

  19. @ Ndeso Klutuk
    Wah sejauh ini belum nyoba mzbro. Tapi kalau buat amannya sih mending jangan. Takut ambrol…

  20. @ndeso kluthuk: tiap hari ane nganter anak ke sekolah (TK) bobot 16 kg mintanya duduk di ats tanki, gak ada masalah…

  21. setubuh bro,
    Selain mudah dalam perawatan, mudah juga dalam pergantian model jika pabrik aftermarket buat fariasi model berbeda dari yang ori, plug n play.

  22. sekedar berbagi info : buat agan2 yang punya kebo, memang benar tentang tempat pembuangan tumpahan bensin dan air yang masuk melalui celah tanki itu agar tanki bensin tidak kontak langsung dengan air hujan dan membuatnya lebih bersih. kalaupun ada air yang masuk ke dalam tangki masbro gak usah pada khawatir karna bahan plat yang digunakan dalam pembuatan tangki si kebo sudah menggunakan plat plating jadi sudah dijamin anti karat……….

    • mas bro..klo tutup bensin tuh kebo di ganti pake tutup yg nempel macam vixion gt bs ga ya.? soalnya risih jg klo harus megangin tutup bensin pas isi bensin..

Leave a Reply