Home / Otomotif / Test ride all new JupiterZ1….gear satu tembus 40km/jam!!
Otomotif Diperbarui

Test ride all new JupiterZ1….gear satu tembus 40km/jam

Iwanbanaran

Oleh

Iwanbanaran

Publisher & Editor • sejak 2009

Baca 4 menit
Test ride all new JupiterZ1….gear satu tembus 40km/jam
Test ride all new JupiterZ1….gear satu tembus 40km/jam — Foto: Iwanbanaran

Poin Penting

  • Bro dan sis sekalian….gembar-gembor motor bebek anyar Yamaha ini memang luar biasa.
  • Segala daya upaya dikerahkan agar konsumen tahu bahwa new generation JupiterZ1 sudah berubah total.
  • Media, blogger diundang untuk merasakan secara langsung perbedaan sikuda besi.

Bro dan sis sekalian….gembar-gembor motor bebek anyar Yamaha ini memang luar biasa. Segala daya upaya dikerahkan agar konsumen tahu bahwa new generation JupiterZ1 sudah berubah total. Media, blogger diundang untuk merasakan secara langsung perbedaan sikuda besi. Dan…kali ini IWB akan mencoba sharing atas apa yang IWB rasakan ketika melakukan test ride. Menjadi Blogger yang datang agak telat, IWB mendapatkan urutan paling akhir nyemplak diatas jok simoped. Memakai perangkat safety seperti arm & knees proctector, helm plus sarung tangan aksi geber dimulai….

Setelah pose sebentar….langsung nongkrong diatas jok guna merasakan ergonomi JupiterZ1. Soal ini…tidak ada perbedaan sama sekali dibanding gen lawas. Mulai dari tekukan siku, posisi lutut, foot step identik bak anak kembar. Hanya saja sensasi view pada speedometer membuat kita sadar bahwa yang kita tunggangi adalah gen anyar. Yup…speedometer besar dan luas membuat pandangan menjadi lega. Tidak menunggu lama, kontak diputar….engine checking (FI), display speedo menyala (warna biru keputihan) dan tombol start didorong…sekali pencet raungan knalpot terdengar!…

Nah…ini yang beda brosis. Suara JupiterZ1 lebih besar dan ngebas dibanding versi karbu. Apakah ada modifikasi?? yup…pihak YIMM mengakui terjadi perombakan pada perut muffler untuk mendongkrak power plus pemasangan honeycomb converter agar simoped lolos Euro3. Hasilnya….dentuman lebih mantap dan merdu. Gear satu dimasukkan…..indikator berpindah dari N ke 1, mulai membuka gas perlahan. Impresi pertama…lembut dan enteng. Tidak menunggu lama, motor diperkosa puntir gas sampai mentok!!…

Advertisement

Iklan Iwanbanaran

Gear satu dengan mudah terkatrol. Suspensi depan terangkat mendapatkan dorongan tenaga 10,6ps. Wow…ini nih yang beda. Power gen anyar injeksi jauh berisi dari menengah keatas. Cukup mengagetkan mengingat biasanya karakter overstroke lemah di high RPM. Jika JupiterZ lawas nampol dari bawah menengah….Z1 lebih merata bro. IWB tidak merasakan power ngedrop diputaran tinggi. Untuk ukuran kubikasi 115cc….letupan tenaga patut diacungi jempol. IWB sengaja panteng hingga limiter memutus jeritan mesin. Menyerah pada kecepatan 40km/jam, gear dioper? kegigi dua. Terus IWB paksa hingga tercekik dikecepatan sekitar 75km/jam….upshift gigi tiga, speed merangkak tembus 8okm/jam, nafas masih panjang……langsung braking. Lho nyapo??…..

Pagar lapangan parkir Senayan yang berjarak dua puluh meter didepan mata membuat IWB ciut nyali meneruskan laju kendaraan. Selain itu, permukaan aspal dipenuhi pasir serta reruntuhan daun menjadi alasan tersendiri. Ditakutkan ban lost kontak jika kita melakukan hard braking. Beberapa Blogger seperti wak Haji Taufik serta mz Didi mengaku bisa tembus 105km/jam. Emboh…piye kuwi carane. Mungkin postur tubuh yang mungil serta bobot jauh dari IWB menjadi poin plus tak terbantahkan. Gimana nggak brosis….IWB 77KG sedang keduanya hanya 50an KG…PWR-nya jauh euy :mrgreen:

Selama test…IWB hanya mampu menggunakan gigi 3 dan baru menginjak speed 80-85km/jam, itupun baru upshift. Bahkan untuk untuk ngetes handling, zig-zag atau cornering urung IWB lakukan. Wis….cari aman wae-lah. Kurang maksimal bro pengetesan karena trek yang tergolong pendek dan licin. Jadi kalau ada yang bertanya…top speed piro mz Iwan?. IWB hanya bisa jawab dengan garukan kepala. Lawong cuma pakai gigi 3….piye lek jawab speed puncak?!

Last…berputar 3 kali sudah cukup bagi IWB untuk sedikit memberi kesimpulan…

1. Ergonomi

Identik dengan versi lawas.

2. Braking

Pakem dan terukur. Kendati hanya single piston (depan) + tromol (belakang) perangkat ciet Yamaha bekerja sempurna

3. Power

Nah…ini strength point NJZ1. Secara feeling, ledakan tenaga tetap terasa pada putaran menengah keatas. Terjadi peningkatan accelerasi dibanding versi lawas. Yamaha mengatakan hal ini akibat perombakan dapur pacu yang memungkinkan engine long stroke tetap gahar pada putaran tinggi.

4. Muffler

Suara lebih besar dan ngebas. Perut dalam dijejali honeycomb converter sehingga Yamaha klaim simoped sudah lolos Euro3 (kombinasi FI tentunya)

4. Handling.

Stabil dan lincah. Suspensi stiff karakter Yamaha menyumbang signifikan kemampuan simoped. Cornering?? belum bisa komen bro…

5. Kelemahan

Sulit mencari kekurangan bebek ini. Mungkin hanya vibrasi pada stang yang lebih terasa ketimbang gen lawas. Tentang hal ini, mz Didi (Blogger lain) mempunyai komentar lain. “Nggak ah…biasa aja. Mungkin karena sampeyan habis nunggang Byson tuh..” ujarnya. Entahlah…..bisa jadi. Sudah rahasia umum mesin sikebo memang alus bener nyaris tanpa vibrasi.

Yup…..eksplorasi kurang maksimal membuat IWB agak sulit mengetahui kans sesungguhnya kekuatan New JupiterZ1…..gear 3 dan 4 belum teraba sama sekali. Semoga ada kesempatan kedua untuk membedah kekuatan sibebek injeksi dilain waktu. Peningkatan power??. Bukan omong kosong bro….monggo ditest kalau tidak percaya. Ada pertanyaan??...(iwb)

Share this article
Post

Baca Juga

Artikel Otomotif Lainnya

Lihat Semua Otomotif
Meluncur Skutik Nyawa Suzuki….Haojue ADX125 Plus, Mukanya Garang !!
Otomotif Trending

Meluncur Skutik Nyawa Suzuki….Haojue ADX125 Plus, Mukanya Garang !!

Iwanbanaran.com – Cakkk….Pabrikan Haojue yang merupakan hasil kerja sama strategis antara Suzuki Jepang dan Da长江 Group (Dachangjiang Group) asal Tiongkok—kembali membuat gebrakan di segmen motor komuter. Lewat peluncuran model terbarunya, ADX125 Plus, mereka sukses mendobrak standar kelas 125cc berkat penyematan berbagai perlengkapan mewah yang biasanya hanya bisa ditemui pada motor berkapasitas mesin besar. Yess betul […]

September 4, 2026 0 Baca →
Skutik MODA Sporters S SKII…Penantang Yamaha XMAX dan Honda Forza Lahir !!!
Otomotif Trending

Skutik MODA Sporters S SKII…Penantang Yamaha XMAX dan Honda Forza Lahir !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Segmen skuter berbadan besar (maxi scooter) kelas menengah kembali kedatangan penantang serius cak. Kali ini, sebuah merek asal Malaysia, MDUA Motor, merilis skuter petualangan bergaya agresif bernama MODA Sporters S. Dibekali dengan spesifikasi mesin yang kompetitif serta segudang fitur modern kelas atas, motor ini diposisikan untuk mengusik dominasi penguasa tak tertandingi di kelasnya, […]

September 4, 2026 0 Baca →
Sejarah Bebek Kawasaki ZX130 yang dilupakan Jaman…Baby Ninja !!
Otomotif Trending

Sejarah Bebek Kawasaki ZX130 yang dilupakan Jaman…Baby Ninja !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…IWB adalah saksi sejarah gimana sepak terjang Kawasaki, geng ijo yang disegani dari dulu hingga sekarang. Bagaimana mereka bergerak dan berusaha sebelum fokus pada sport. Dan seperti yang sampeyan tahu pada pertengahan dekade 2000-an, pasar sepeda motor Indonesia didominasi oleh pertempuran sengit di segmen moped (motor bebek). Di tengah persaingan ketat antara Honda […]

September 3, 2026 0 Baca →