Home / Honda / Hati-hati, inilah resikonya jika Honda CBR250RR menggunakan Oli SAE 10W40 !!
Honda

Hati-hati, inilah resikonya jika Honda CBR250RR menggunakan Oli SAE 10W40

Iwanbanaran

Oleh

Iwanbanaran

Publisher & Editor • sejak 2009

Baca 3 menit
Hati-hati, inilah resikonya jika Honda CBR250RR menggunakan Oli SAE 10W40
Hati-hati, inilah resikonya jika Honda CBR250RR menggunakan Oli SAE 10W40 — Foto: Iwanbanaran

Poin Penting

  • Iwanbanaran.com – Cakkkk……sebuah pertanyaan dilayangkan cak Yongky via DM.
  • Pertanyaan yang sepertinya mewakili banyak pertanyaan lain dari para followers mengingat Honda sejauh ini menawarkan SAE yang cukup encer yakni 10W30.
  • Pertanyaannya….bolehkah CBR250RR yang notebene disarankan menggunakan oli SAE10W30 diganti dengan SAE10W40?

Iwanbanaran.com – Cakkkk……sebuah pertanyaan dilayangkan cak Yongky via DM. Pertanyaan yang sepertinya mewakili banyak pertanyaan lain dari para followers mengingat Honda sejauh ini menawarkan SAE yang cukup encer yakni 10W30. Pertanyaannya….bolehkah CBR250RR yang notebene disarankan menggunakan oli SAE10W30 diganti dengan SAE10W40? Hati-hati, inilah resikonya jika Honda CBR250RR menggunakan Oli SAE 10W40 !!

Cak Yongky sepertinya ingin jajal oli diluar rekomendasi pabrikan. Maklam cak…diluar sana memang banyak oli dengan viskositas SAE10W40. Berikut pertanyaan dan surel doi…

Kang iwan saya silent reader warung sampean, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan dan bikin penasaran.. boleh ga sih kang mengganti oli mesin ke sae yg berbeda. Dlm hal ini pada motor cbr250rr saya, spesifikasi pabrikan kan 10w30 kl saya ganti menjadi 10w40 apakah boleh? Dapat merusak komponen mesin kah? Matursuwun kang.., salam josss gandozzz….” serunya. Pertanyaan yang sangat “common” dan memang banyak cak pertanyaan serupa. Sebelum kita menjawab harus kita pahami dulu kenapa Honda menyarankan oli dengan SAE 10W30…

Advertisement

Iklan Iwanbanaran

Yang pertama adalah komponen dalam motor. Honda sudah sejak jaman Revo dan Blade 110 mereka merekomendasikan oli SAE 10W30. Oli ini lebih encer dibandingkan dengan 10W40. Lhooo kenapa Honda merekomendasikan demikian ? sebab pencangkokan tiap detil part motor sudah sudah sangat presisi dan rapat. Clearancenya nggak serenggang jaman dulu cak. Jadi itulah kenapa produknya tidak butuh oli terlalu kental alias malah dianjurkan oli yang sedikit lebih encer agar performa optimal. Hal ini beda dengan motor Honda generasi lawas seperti Supra X yang masih setia dengan oli lebih kental SAE 10W40. Pertanyaannya, gimana jika CBR250RR kita paksa menggunakan oli dengan viskositas lebih kental?? …

Yang pertama….kinerja komponen lebih berat. So….dijamin mesin kuda besi bakal tidak maksimal kinerjanya. Bisa dirasakan dari lari yang lebih ngoyo serta bensin malah makin boros. Memang mesin sampeyan akan terasa lebih alus tapi nggak optimal kinerjanya. Lhaaa piyee cak, ilustrasinya barang rapet sampeyan jejalin cairan kental…..ngap bin ngos-ngosan. So…semuanya mending sesuai rekomendasi pabrikan mengingat pengembangan mesin sudah dihitung sedemikian rupa. Celakanya oli dipasaran selain HGP memang tidak banyak menawarkan viskositas seencer oli Honda. So….kudu sabar alon-alon cak…

Last….ikuti rekomendasi pabrikan agar performa mesin optimal dan tahan lama. Boleh saja jajal oli non pabrikan namun carilah dengan SAE yang sama. “ Wes eksekusi kang..?? nggak jadi motul, balek nang SPX1….” seru cak Yongky. Nahh ngono yo pakde. Sebaliknya juga jangan gaya kalau punya mesin rekomendasi SAE10W40 sampeyan jejali oli SAE10W30 dengan alasan biar tarikan ringan. Mungkin iya lebih enteng tapi konswensinya mesin lebih kasar, vibrasi kenceng dan ujung-ujungnya permukaan metal tidak terlumasi sempurna. Lawong clearance renggang dijejali oli encer…nangis pakde mesin sampeyan. Dari sini dicopy roger 86 oraa ? hehehe (iwb)

CBR250RR cak Yongki
Share this article
Post

Baca Juga

Artikel Honda Lainnya

Lihat Semua Honda
Honda Bikin Ulah Lagi…Racik Mini Forza 150 ?? Mewah dan Garang !!
Honda

Honda Bikin Ulah Lagi…Racik Mini Forza 150 ?? Mewah dan Garang !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…..lagi-lagi jagat otomotif dibuat geger gara-gara isu panas yang berhembus makin kencang. Lhaa piyee…Honda bikin ulah lagi cak. Lewat Honda Wuyang diam-diam kepergok lagi menyiapkan skutik gambot anyar bermesin 150cc! Dengan fitur yang mirip dengan Forza 250…nggak heran sosok yang diregistrasi oleh Honda ini disebut sebagai Mini Forza. Yup….garis desainnya mengadopsi aura kemewahan […]

August 22, 2026 0 Baca →
Rahasia BBM Vario Evo 160 Irit dan Ngacir….Insinyur Honda memang pinterrrr !!!
Honda

Rahasia BBM Vario Evo 160 Irit dan Ngacir….Insinyur Honda memang pinterrrr !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk…sudah 2 kali ini IWB full mengikuti Turing Vario EVO 160, skutik gen terbaru AHM yang banyak menyita perhatian kita semua. Memang cak…setiap produk tidak ada yang sempurna, pasti ada juga kekurangannya. Namun soal performa engine…gen ke 2 V160 ini banyak mendapatkan pujian. Bahkan guyonan para Blogger dan Vlogger disela turing terlontar celetukan…Insinyur […]

August 20, 2026 0 Baca →
Turing Banyuwangi 170km nunggang Vario EVO 160….Konsumsi BBM-nya IRIT Parah !!!
Honda

Turing Banyuwangi 170km nunggang Vario EVO 160….Konsumsi BBM-nya IRIT Parah !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Siapa sih yang bisa nolak pesona eksotis ujung timur Pulau Jawa? Yesss, Banyuwangi Cak! Begitu IWB mendapatkan kesempatan untuk mengeksplor tanah The Sunrise of Java ini bersama generasi anyar Honda Vario EVO 160, rasanya adrenaline langsung melonjak. Perjalanan turing kali ini menempuh jarak total sekitar 170 km dengan medan yang sangat lengkap…mulai dari […]

August 19, 2026 0 Baca →