Home / Otomotif / Edian !!! Ducati Akan Benamkan “Seamless Shift Gearbox Motogp” di Panigale !!!
Otomotif Diperbarui

Edian !!! Ducati Akan Benamkan “Seamless Shift Gearbox Motogp” di Panigale

Iwanbanaran

Oleh

Iwanbanaran

Publisher & Editor • sejak 2009

Baca 3 menit
Edian !!! Ducati Akan Benamkan “Seamless Shift Gearbox Motogp” di Panigale
Edian !!! Ducati Akan Benamkan “Seamless Shift Gearbox Motogp” di Panigale — Foto: Iwanbanaran

Poin Penting

  • Soal teknologi, Ducati memang selalu mengupayakan motor produksinya untuk tetap berada di kasta tertinggi dengan membenamkan teknologi dan inonvasi terbaru yang membuat siapapun tercengang.
  • Nah kali ini pakde beredar rumor bahwa pabrikan Italia ini tengah mengembangkan paten teknologi Seamless Shift Gearbox yang biasa dipakai di MotoGP untuk dibenamkan di motor produksi massalnya.

Iwanbanaran.com ? Caakkk? Soal teknologi, Ducati memang selalu mengupayakan motor produksinya untuk tetap berada di kasta tertinggi dengan membenamkan teknologi dan inonvasi terbaru yang membuat siapapun tercengang. Nah kali ini pakde beredar rumor bahwa pabrikan Italia ini tengah mengembangkan paten teknologi Seamless Shift Gearbox yang biasa dipakai di MotoGP untuk dibenamkan di motor produksi massalnya. Dan yang menjadi target utama menurut informasi dari Asphaltruber adalah Panigale…sebagai 1st mover disegmen ini. Ediannn !!!

Seamless shift Gearbox pertamakali diperkenalkan diajang balap MotoGP pada tahun 2010 lalu oleh Honda cak. Dan beberapa tahun belakangan teknologi yang berhubungan dengan transmisi ini menjadi teknologi yang sangat menarik sehingga banyak pabrikan sepeda motor yang tertarik untuk membenamkannya di motor produksi mereka. Termasuk Yamaha yang sudah mengajukan paten Seamless Shift Gearbox untuk superbikenya Yamaha R1 pada tahun 2018 lalu….

Teknologi yang akan membuat oper gigi selembut CVT karena sangat smooth. Nggak heran banyak yang mengatakan seamless shift gearbox membuat sasis damai minim goncangan karena begitu lembutnya ketika shifting. Namun sayangnya hingga sekarang teknologi tersebut belum terealisasi untuk Superbike Yamaha karena berhubungan dengan cost. Yup…. teknologi ini konon akan memaksa pabrikan mengatrol banderol jadi lebih meroket dan praktis akan merogoh kocek yang tidak sedikit jika kita ingin membeli produknya. Tapi hal itu ternyata tidak membuat Ducati mundur….

Advertisement

Iklan Iwanbanaran

Yups menurut rumor yang beredar, kini giliran Ducati cak yang terendus sedang mengembangkan teknologi Seamless Shift Gearbox untuk supebike andalannya Ducati Panigale. Rumor tersebut dipekuat cak dengan gambar paten yang beredar beberapa waktu lalu. Dan jika diperhatikan lebih lanjut menurut gambar paten yang beredar tersebut kangbro, desain komponen dari Seamless Shift Gearbox Ducati mengadopsi kopling dengan ukuran dan desain komponen yang memang tidak ditujukan untuk penggunaan balap MotoGP….

Dengan diketahuinya hal tersebut cak, tentunya sudah jelas bahwa sistem Seamless Shift Gearbox besutan Ducati ini memang diperuntukan untuk motor produksi massal alias bukan motor prototype semata. Harapannya dengan gebrakan tersebut maka banderol motor akan bisa ditekan dan ini bisa menguntungkan Ducati nanti saat berkompetisi diajang WSBK. Nahhh pinterr toooo….

Last….Paten Seamless Shift Gearbox yang diajukan Ducati memiliki kemiripan dengan teknologi Dual Clutch Transmission alias DCT milik Honda. Namun yang membedakan Seamless Shift Gearbox milik Ducati tidak menggunakan kopling ganda tapi mengusung kombinasi roller bearing yang bisa terkunci. Ducati sudah mengajukan paten Seamless Shift Gearbox untuk Ducati Panigale dan Jika dimasa mendatang Ducati benar-benar membenamkan teknologi ini pada motor produksi massalnya, tentunya kemungkinan besar pabrikan motor lain akan mengikuti langkah Ducati dengan membenamkan seamless shifting gearbox versi mereka untuk masing-masing. Ingat sekarang kompetisi diajang WSBK begitu ketat dan Ducati memang berambisi menggeser dominasi Kawasaki diajang ini dengan cara apa? meracik motor produksi masal semirip mungkin mesin Motogp. Ediannn tenan. Kita tunggu saja akhir dari cerita nanti cak…seruuuu..(RA iwb)?

Share this article
Post

Baca Juga

Artikel Otomotif Lainnya

Lihat Semua Otomotif
Breaking !! Ducati Rilis StreetFighter V2 S Terbaru….beughh sangarrrr cakkkk !!
Otomotif Trending

Breaking !! Ducati Rilis StreetFighter V2 S Terbaru….beughh sangarrrr cakkkk !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…Ducati kembali memperkuat posisinya di segmen hyper-naked middleweight global melalui kehadiran Ducati Streetfighter V2 dan varian tertingginya, Streetfighter V2 S. Mengusung filosofi Fight Formula, Ducati mentransformasikan performa murni khas motor sport menjadi sebuah naked bike yang tidak hanya memancarkan aura agresif, tetapi juga dirancang agar jauh lebih lincah dan mudah dikendalikan untuk penggunaan […]

August 31, 2026 0 Baca →
Pengakuan Terbaru Marquez…Kini Tidur tidak bisa Miring Kanan !!!
Otomotif

Pengakuan Terbaru Marquez…Kini Tidur tidak bisa Miring Kanan !!!

Iwanbanaran.com – Cakkk…Marc Marquez, mengungkapkan dampak emosional dan fisik yang terus membayanginya akibat cedera bahu kanan berkepanjangan. Di balik penampilan agresifnya di atas lintasan balap, pebalap asal Spanyol tersebut mengakui bahwa cedera tersebut telah mengubah berbagai pola kebiasaan dalam kehidupan sehari-harinya secara drastis. Yup..Pengakuan Terbaru Marquez…Kini Tidur tidak bisa Miring Kanan !!! Masalah kesehatan pembalap […]

August 26, 2026 0 Baca →
Kaget Ngetes Jaecoo J5….ini Mobil Tidak Masuk Logika !!!
Otomotif

Kaget Ngetes Jaecoo J5….ini Mobil Tidak Masuk Logika !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..berawal dari Pidato presiden Prabowo, baru sekarang IWB mulai merenung. Ancaman-ancaman kendaraan bensin, hingga akan diberlakukannya Carbon Tax bener-bener bikin puyeng. Apakah sepengaruh itu ?? sebenarnya nggak….toh IWB percaya tidak akan semudah itu mengganti mesin ICE dengan EV. Lawong pakai ICE durable dan bikin hati aman serta nyaman. Namun pasti ada cak..rasa penasaran […]

August 26, 2026 0 Baca →