iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….ternyata harapan sampeyan Motogp akan membuang semua aeronya tidak menjadi kenyataan. Sebab Dorna secara resmi sudah mengumumkan regulasi Teknis Motogp 2027 yang tidak melarang adanya Aero. Jadi mereka hanya mengurangi ukuran agar tidak terlalu lebar dan ini jelas kurang maksimal cak. Namun sisi bagusnya RHD dan HS dibanned permanen….sedang mesin jadi 850cc. Sayang aturan baru ini juga mendapatkan kritikan dari Stoner. Apa gerangan ? simak detilnya dibawah ini…

MotoGP akan memperkenalkan motor baru mulai tahun 2027, dengan peraturan baru yang ditetapkan untuk membuat olahraga ini lebih aman, berkelanjutan, dan bahkan lebih spektakuler….kuwi kata Dorna cak. Menurut Dorna Mesin-mesin baru ini akan lebih relevan di jalan raya dan lebih efisien, mendukung keberlanjutan global, dan dirancang untuk menciptakan balapan yang lebih baik dan lebih banyak lagi menyalip. Yuk…mari kita Bongkar Regulasi Motogp 2027 dibawah ini…

MESIN

iklan iwb

Mulai tahun 2027, kubikasi mesin akan dikurangi dari 1000cc menjadi 850cc. Hal ini dipercaya akan menurunkan top speed, membuat race lebih aman, dan meningkatkan jarak tempuh, sehingga lebih efisien dan berkelanjutan. Lalu Maksimum bore dikurangi dari 81 menjadi 75 milimeter, yang juga akan membatasi performa. Sedang stroke masih tetap diangka 48mm. Dorna mengklaim spek baru ini akan membuat mesin lebih relevan di jalan raya sekaligus memastikan MotoGP tetap spektakuler. Kemudian jatah mesin dikurangi…dari 7 menjadi 6/musim.

BAHAN BAKAR

 

MotoGP akan balapan dengan 100% bahan bakar ramah lingkungan (sustainable fuel) mulai tahun 2027 atau meningkat dari jumlah minimum 40% yang digunakan sejak tahun 2024. Artinya 100% tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil cak….

Sebagai bagian dari peraturan baru, kapasitas tangki bahan bakar juga akan dikurangi, dari 22 liter menjadi 20 liter. Lalu khusus untuk sprint dijatah 11 liter.

AERODINAMIKA

Aerodinamika masih diperbolehkan namun akan dikurangi dan dikontrol lebih ketat mulai tahun 2027. Lebar bagian atas fairing depan akan lebih sempit 50mm dan moncong akan didorong ke belakang hingga 50mm, sehingga mengurangi efek aero di area yang penting, di lintasan lurus dan area pengereman. Hal ini dipercaya akan menciptakan balapan yang lebih ketat, dengan lebih banyak aksi menyalip.

Lalu aero bagian belakang kedepan akan menjadi bagian dari homologasi mulai tahun 2027, dan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim untuk mengendalikan biaya.

PERANGKAT RIDE-HEIGHT DAN HOLE-SHOT

Di era baru mulai tahun 2027, semua perangkat ride-height dan holeshot akan dilarang. Keputusan adalah untuk mengontrol performa dan membuat olahraga lebih aman, terutama saat balapan dimulai. Hal ini juga akan semakin menonjolkan skill masing-masing pebalap, seperti halnya aero yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyalip.

DATA GPS

Untuk memperketat persaingan dan menyetarakan rivalitas tim bawah, data GPS dari semua pembalap akan terbuka untuk semua tim setelah setiap sesi. Memberikan data kepada seluruh kompetitor menawarkan peluang kemajuan yang lebih baik bagi tim dan pebalap yang memiliki performa kurang, dan dengan biaya yang terkendali. Akses terhadap berbagai data ini akan membantu menjadikan Motogp lebih aman, dan juga akan meningkatkan tingkat wawasan yang tersedia bagi para penggemar di seluruh dunia.

KONSESI

Sistem konsesi saat ini, yang diperkenalkan pada akhir musim 2023, akan terus berlanjut – tetapi seiring dengan berlakunya peraturan teknis baru pada tahun 2027, semua pabrikan akan memulai musim di Peringkat B. Mereka kemudian akan dinilai lagi pada pertengahan musim 2027, untuk naik atau turun kelevel konsensi sesuai performanya. Sistem reaktif ini berarti kinerja produsen diperhitungkan sejak Hari pertama, menjaga persaingan sedekat mungkin dengan dimulainya era baru.

PERATURAN TEKNIS TAHUN 2027

Komisi Grand Prix menyelesaikan peraturan teknis 2027 minggu lalu di Jerez. Peraturan Teknis Kelas MotoGP mulai akan Berlaku Musim 2027

1.9.1/2.2
Kapasitas mesin kelas MotoGP akan berkurang dari 1000cc menjadi 850cc. Lubang silinder maksimum akan berkurang dari 81mm menjadi 75mm. Mesinnya akan tetap 4 tak saja, dengan 4 silinder.

2.4.2 Konsesi
Pabrikan yang telah membalap pada tahun 2026 akan memulai musim 2027 di Peringkat B. Level konsensi akan direvisi, sebelum peraturan berubah, menang’ tidak dihitung. Sistem peringkat reguler akan dilanjutkan pada pos pemeriksaan akhir musim pada akhir tahun 2027. Pabrikan mana pun yang belum membalap pada tahun 2026 akan memulai musim 2027 di Peringkat D. Peringkat mereka juga akan direvisi pada pos pemeriksaan pertengahan musim pada tahun 2027, berdasarkan pada paruh pertama musim 2027.

2.4.3.3 Daya tahan mesin
Jumlah mesin yang tersedia untuk digunakan oleh setiap pebalap kontrak permanen akan dikurangi menjadi 6 mesin per musim (hingga 20 balapan), atau 7 mesin per musim jika terdapat 21 atau 22 balapan di kalender. Pabrikan di Peringkat Konsesi D akan terus dapat menggunakan dua mesin tambahan per pembalap per musim.

2.4.3.5 GPS
Data GPS dari semua pembalap akan tersedia untuk semua tim di akhir setiap sesi.

2.4.3.9 Transmisi
Di kelas MotoGP, jumlah rasio girboks yang diizinkan akan dikurangi menjadi 16, ditambah 4 rasio keseluruhan berbeda untuk penggerak utama, untuk setiap musim.

2.4.4.1 Berat minimum
Berat minimum motor di kelas MotoGP adalah 153kg.

2.4.4.4 Suspensi dan peredam
Perangkat ketinggian berkendara dalam bentuk apa pun tidak diperbolehkan, termasuk perangkat “holeshot” yang diaktifkan hanya untuk start balapan.

2.4.4.5 Tangki Bahan Bakar
Kapasitas tangki bahan bakar akan dikurangi menjadi 20 liter untuk balapan Grand Prix dan maksimal 11 liter untuk Sprint.

2.4.4.7 Pengurangan permukaan aero
Lebar maksimum yang diizinkan dari bagian tinggi Aero Body fairing depan akan dikurangi dari 600mm menjadi 550mm, tinggi maksimum bagian belakang akan dikurangi dari 1250mm menjadi 1150mm, titik paling depan fairing depan (hidung) akan dipindahkan ke belakang sebesar 50mm, dan lancip ke belakang pada lampiran aero fairing depan juga akan menyempit.

Homologasi permukaan aero
Bagian belakang mesin – setiap aerodinamika di belakang pembalap– harus dihomologasi sebagai bagian dari Aero Body. Produsen akan diizinkan melakukan satu pembaruan per musim.

2.4.5.1 Bahan Bakar
Penggunaan bahan bakar yang 100% bukan berasal dari penyulingan minyak dipastikan mulai tahun 2027. FIM, bersama dengan MSMA dan pemasok bahan bakar MotoGP, akan mengklarifikasi semua detail teknis melalui kelompok kerja TWG1, termasuk perwakilan dari Dorna dan IRTA, mulai Mei 2024 .

Yess…itu cak isi lengkap regulasi Motogp 2027. Sayang ditengah rasa antusias Casey Stoner sebagai pembalap justru mengkritisi keputusan Dorna yang menurunkan kubikasi mesin menjadi 850cc. Menurut Casey dengan Aero yang tetap dipertahankan…akan memperpendek jarak pengereman….dan ini berdampak sulit menyalip. Yang kedua dengan bobot lebih ringan dan mesin kecil maka tim akan berusaha mengoptimalkan cornering speed…dan berujung temperatur ban mudah naik + dirty aero + pengereman keras dan ujungnya kembali sulit menyalip. Apapun itu kita tunggu saja di 2027 apakah penuturan Casey terbukti….(iwb)

5 COMMENTS

  1. Aturan barunya sdh bagus,, tp menurunkan kapasitas mesin jd 850cc utk kelas para “Raja” dg motor prototype, sepertinya kureng, kalau alasannya agar relevan di jalan raya,, apa kabar WSBK yg sdh jelas pakai motor jalan raya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here