iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Yamaha betul-betul habis-habisan saat pengetesan Jerez. Mereka mambawa banyak komponen baru mulai dari aero, sasis, elektronik bahwa rumornya juga mesin. Namun Bawa Komponen baru Bejibun, Fabio bingung penyakit Yamaha tidak sirna !! Opo kuwiii ???

Yamaha membawa Aero dengan 6 wing didepan cak. Tiga bilang masing-masing dan ini membuat kita penasaran apakah aero ini memberikan dampak positif bagi M1 ? Sayangnya, menurut Fabio perbedaan performanya tidak nampak cak. Quartararo menggambarkan aero ala pesawat ditambah fairing samping bergaya KTM/Ducati tersebut feelingnya ‘netral’, aliastidak lebih buruk, dan juga tidak lebih baik.”…

Namun, Quartararo menambahkan bahwa dari data aero menunjukkan adanya kenaikan kecil dan dia ingin melihat bagaimana fairing bekerja di trek lain. Sebab penyakit lama Yamaha yakni understeer tidak hilang. ” Aku rasa kesulitan kami masih sama yakni sulit berbelok..” serunya. Sedang Rins, yang menyelesaikan Test M1 tercepat di posisi ke-14 (+0,619 detik), mengakui penampilan fairing yang ‘spektakuler’ tersebut tidaklah istimewa. Kecepatannya hanya sekitar sepersepuluh setengah, namun tetap menawarkan “sebuah langkah maju” dan “Dia ingin membalap dengan paket aero tsb….

iklan iwb

“ Sayang kami belum bisa menggunakannya saat di Le Mans karena para insinyur Yamaha memerlukan lebih banyak waktu. Sasis baru menawarkan “sedikit peningkatan” saat masuk tikungan tetapi kurang terlalu pede saat berbelok ditengah tikungan. Aku tidak terlalu menyukai [sasis] tsb karena aku merasa tidak nyaman saat berbelok….” seru Rins…

Kedua komponen tersebut ditambah pengembangan elektronik akan diuji ulang secara tertutup sebelum diperkenalkan pada akhir pekan grand prix….

“Daftar komponen yang kami bawa ke sini sangat banyak, jadi kami harus memprioritaskan tiga hal yang paling penting: paket aero, sasis, dan beberapa pengaturan elektronik, sayangnya yang terakhir tidak dapat kami coba. Pada dasarnya, kami menjalani rencana pengujian selangkah demi selangkah, memeriksa item-item tbs. Kami selalu berusaha meningkatkan kemampuan berbelok dengan sasis dan aerodinamika baru. Setelah Le Mans, kami akan melanjutkan ke Mugello untuk tes dua hari lagi di mana kami akan mengevaluasi semua item karena kami ingin memastikan semua berjalan kearah yang tepat. Kami ingin menguji komponen pada semua trek untuk menghindari kesalahan…

“Jika hasil kedua pebalap test private di Mugello sama, dan mereka senang, targetnya adalah memperkenalkan pembaruan motor pada putaran GP di Barcelona atau di Mugello….” seru direktur tim Massimo. Btw Fabio sukses sabet podium 2 di Jerez 2022 dengan lap time lebih kencang dibandingkan 2024. Namun gapnya nggak jauh cak sebab Seandainya dia mengulangi balapan pada tahun 2022, Quartararo akan finis ketiga pada hari Minggu, bukannya ke-15. Itulah yang membuat Fabio bingung sebab dengan komponen bejibun justru kini mereka lebih lambat dibanding masa lalu. “Kami sedang menganalisis segalanya dan mudah-mudahan kami bisa membuat sesuatu agar menemukan feeling yang sama seperti tahun 2022,” seru Quartararo….(iwb)

6 COMMENTS

  1. Secara natural, mesin V lebih kenceng daripada mesin segaris..

    Mo di oprek sedemikian canggih, tetep nggak akan bisa mengalahkan kencangnya mesin V (yg jug sama2 diporek).

    Dulu yamaha berprinsip mesin segaris unggul di tikungan dan itu memang benar karena motor2 mesin V keteteran di tikungan.

    Tp seiring berjalannya teknologi aero dsbnya, fakta itu sudah terpatahkan. Mesin V bisa bersaing dng mesin segaris di tikungan.

    Jadi?

    Ya mau nggak mau Yamaha develope mesin V meski dananya pasti ‘brutal’ (secara mesin V ongkos bikinnya jauh lebih mahal ketimbang mesin segaris).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here