iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Hari kedua putaran keempat MotoGP Le Mans, Prancis berlanjut. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) Keluar sebagai pole position dan Marc Marquez (Repsol Honda Team) kedua….

Dominasi KTM cukup kuat pada hari pertama, dimana Jack Miller (Redbull KTM Factory Racing Team) berhasil menempati posisi pertama baik di Practice 1 maupun Practice 2. Dan seperti biasa pabrikan Eropa benar-benar kuat di sepanjang akhir pekan, Aprilia menempati posisi kedua dalam kombinasi dengan Aleix Espargaro (Aprilia Racing).

Ducati melengkapi lima besar dalam kombinasi lewat Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) serta duo Prima Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco. Sementara itu wakil terbaik pabrikan Jepang dalam hari pertama adalah The Baby Alien, Marc Marquez (Repsol Honda Team) yang menempati posisi ke delapan dalam kombinasi cakk.

iklan iwb

Lanjut cakk..Sesi pada hari kedua ini sedikit menyulitkan para pembalap, dimana hujan mengguyur teek Le Mans pada pagi hari yang membuat trek kini belum kering sepenuhnya meskipun hujan sudah tidak turun lagi. Sesi pembuka hari Sabtu yakni Free Practice dimulai pukul 10.10 hingga 10.40 waktu setempat.

Selepas flying lap, Fabio Di Giannantonio memimpin dengan catatan waktu 1 menit 36.680 detik. Diikuti Luca Marini, Jorge Martin dan Takaaki Nakagami. Tidak lama kemudian Jack Miller ambil alih posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 36.060 detik.

Dua puluh tiga menit waktu tersisa, Jack Miller pertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 33.635 detik, diikuti Maverick Vinales, Brad Binder, Fabio Di Giannantonio dan Franco Morbidelli. Beberapa saat kemudian Fabio Quartararo naik keposisi dua dan Augusto Fernandez naik keposisi tiga.

Delapan belas menit waktu tersisa, Jack Miller masih memimpin dan pertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 32.613 detik, diikuti Fabio Quartararo, Brad Binder, Augusto Fernandez dan Franco Morbidelli. Kurang dari dua menit Miller kembali improve dengan catatan waktu 1 menit 32.255 detik.

Delapan menit waktu tersisa, lima besar kini ditempati Jack Miller, Marc Marquez, Augusto Fernandez, Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia. Kurang dari tiga menit, Maverick Vinales sodok keposisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 32.202 detik dan Bagnaia naik keposisi tiga. Kemudian, menit menit akhir hanya beberapa pembalap yang melakukan time attack.

Hingga finish, Maverick Vinales (Aprilia Racing) keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 31.899 detik

Posisi kedua ditempati Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dengan catatan waktu 1 menit 32.191 detik.

Posisi ketiga ditempati Jack Miller (Redbull KTM Factory) dengan catatan waktu 1 menit 32.255 detik.

Posisi keempat ditempati Marc Marquez (Repsol Honda Team) dengan catatan waktu 1 menit 32.389 detik.

Melengkapi lima besar adalah Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dengan catatan waktu 1 menit 32.449 detik.

Sesi berlanjut menuju Qualifying 1 yang dimulai pukul 10.50 hingga 11.05 waktu setempat. Seluruh pembalap yang gagal menembus sepuluh besar dalam kombinasi hari pertama maka harus memperebutkan dua slot guna melanjutkan ke Qualifying 2 cakkk.

Selepas flying lap, Luca Marini langsung memimpin dengan catatan waktu 1 menit 33.637 detik. Tidak lama kemudian Fabio Quartararo rebut posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 31.897 detik Diikuti Alex Rins, Franco Morbidelli, Danilo Petrucci dan Marini turun keposisi lima.

Sembilan menit waktu tersisa, Fabio Quartararo pertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 31.366 detik. Diikuti Joan Mir, Franco Morbidelli, Augusto Fernandez dan Alex Rins. Selang beberapa saat Luca Marini naik keposisi dua. Pertengahan sesi ini, para pembalap segera kembali ke pit untuk mengganti ban.

Empat menit waktu tersisa, lima besar ditempati Fabio Quartararo, Luca Marini, Fabio Di Giannantonio, Joan Mir dan Franco Morbidelli. Seluruh pembalap mencoba melakukan time attack. Selang dua menit Augusto Fernandez rebut posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 31.343 detik. Time attack terus berlanjut cakkk.

Hingga finish, Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 31.268 detik dan Augusto Fernandez (GASGAS Factory Racing) menyusul kedua dengan catatan waktu 1 menit 31.343 detik. Keduanya akan melanjutkan perjuangannya untuk bertarung memperebutkan pole position di Qualifying 2.

Sesi berlanjut menuju Qualifying 2 yang dimulai pukul 11.15 hingga 11.30 waktu setempat, sebanyak dua belas pembalap akan memperebutkan pole position di depan publik Prancis. Sejauh ini mendung pekat menyelimuti trek Le Mans.

Setelah flying lap, Maverick Vinales langsung memimpin dengan catatan waktu 1 menit 31.588 detik. Diikuti Marco Bezzecchi, Aleix Espargaro, Brad Binder dan Jack Miller. Beberapa saat kemudian Francesco Bagnaia sodok keposisi dua dan Marc Marquez naik keposisi empat.

Sepuluh menit waktu tersisa, Maverick Vinales pertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 31.256 detik. Sedangkan Jack Miller naik keposisi dua, kurang dari dua menit, Jorge Martin rebut posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 31.219 detik dan hanya sesaat sebelum akhirnya direbut kembali oleh Vinales dengan catatan waktu 1 menit 31.120 detik.

Enam menit waktu tersisa semua pembalap kembali ke pit untuk mengganti ban agar top cerr saat time attack cakk. Apes untuk Maverick Vinales yang hendak keluar pit justru RS-GP miliknya tiba-tiba mogok, ia segera kembali ke pit dengan bantuan Marshal.

Dua menit waktu tersisa, Aleix Espargaro dlosor ditikungan pertama dengan sangat kencang, untungnya ia baik-baik waee. Sementara itu para pembalap telah kembali ke trek untuk melakukan time attack cakkk. Detik-detik terakhir menjelang finis, Marc Marquez sodok keposisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 30.763 detik. Time attack terus berlanjut..

Hingga finish Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) keluar sebagai pole position dengan catatan waktu 1 menit 30.705 setik

Posisi kedua ditempati Marc Marquez (Repsol Honda Team) dengan catatan waktu 1 menit 30.763 detik

Posisi ketiga ditempati Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) dengan catatan waktu 1 menit 30.842 detik

Posisi keempat ditempati Jack Miller (Redbull KTM Factory Racing) dengan catatan waktu 1 menit 30.987 detik

Melengkapi lima besar hadir Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dengan catatan waktu 1 menit 31.023 detik….(CB iwb)

2023 FRENCH MOTOGP, LE MANS – FULL QUALIFYING RESULTS
POS RIDER NAT TEAM
1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
2 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
3 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
4 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
5 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
6 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
7 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
8 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
9 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
10 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
11 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
12 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
13 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
14 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
15 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
16 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
17 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
18 Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)
19 Danilo Petrucci ITA Ducati Lenovo (GP23)
20 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP23)
21 Jonas Folger GER Tech3 GASGAS (RC16)