iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….Sebagian pembalap mengeluh tentang ban yang dibawa Michelin pada putaran kesepuluh Redbull Ring, Austria. Dan yang paling parah adalah Miguel Oliveira (Redbull KTM Factory) dimana ban depan yang ia gunakan saat Race rusak parah dan memaksanya harus mundur dari balapan lebih awal. Yup…KTM kecewa, ban Motogp bisa coak mengelupas…laaahhh kok isoo ???

Miguel Oliveira adalah salah satu kandidat kuat untuk memenangkan balapan Redbull Ring, Austria. Terlebih musim lalu doi juga berhasil mencetak kemenangan yang menandai kemenangan pertamanya di MotoGP sekaligus kemenangan perdana tim Tech3 dikelas Primer.

Namun siapa sangka cakk…doi justru berakhir dengan 0 poin akibat ban depan type Hard yang digunakan dalam balapan nampak terkikis cukup banyak dipertengahan balapan dan hal ini sangat beresiko terhadap dirinya sehingga pembalap berpaspor Portugal tersebut mundur dari balapan ketika menyisakan 13 lap.

iklan iwb

Marc Marquez (Repsol Honda Team) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) juga mengalami hal serupa namun tidak separah yang dialami oleh Oliveira. Sementara itu, dua pembalap KTM lainnya Brad Binder Serta Dani Pedrosa nampak tidak mengalami kejadian seperti yang dialami Oliveira…

Ketika ditanya, Oliveira menegaskan bahwa ia telah merasakan masalah yang tidak biasa sejak Free Practice 4. Bahkan doi harus berjuang keras dari Qualifying 1 untuk melaju ke Qualifying 2 meski pada akhirnya ia hanya mentok start dari posisi ke dua belas.

“Aku mempunyai masalah dengan ban depan yang cacat dan aku terpaksa mundur dari balapan karena getaran yang cukup kuat dan ini sangat beresiko (crash). Ini adalah satu-satunya ban yang menunjukkan masalah kami di sepanjang akhir pekan, dan banyak ban dengan spesifikasi ini telah digunakan terutama saat Free Practice 4,” tegas Oliveira kepada crash.net

“Ini bukanlah masalah pada struktural, Namun mempengaruhi bagian karet luar. Ini adalah keputusan Michelin, yang telah diambil murni sebagai tindakan pencegahan untuk alasan keamanan dan sudah mendapat dukungan penuh dari Dorna.”

Masalah ini juga ditanggapi langsung oleh Manager dari Michelin, Piero Taramasso yang tidak menyangkal bahwa ada masalah pada ban depan yang digunakan oleh Oliveira, namun ia belum bisa menjawab secara pasti karena Michelin juga butuh waktu untuk mengalisa hal tersebut.

“Butuh waktu untuk melakukan semua analisis, tidak hanya pada ban tetapi juga dengan data untuk memahami cara kerjanya. Oleh karena itu semua parameter, mulai dari tekanan hingga penyesuaian suspensi. Namun Yang bisa kukatakan dengan pasti adalah bukan masalah struktural, struktur ban tetap utuh dan tidak ada cacat,” ucap Piero kepada GPOne

Foto-foto yang beredar itu tidak bagus, aku tidak bisa berterima kasih kepada mereka yang menerbitkan foto itu, tetapi kalian dapat melihat bahwa itu adalah masalah pada bagian luar yang terlepas di dua tempat. Kami masih mencoba memahami apa yang terjadi dan ketika kami mengetahuinya, kami akan mengumumkannya kepada tim dan media. Mungkin masalah ini berhubungan dengan pembuatan ban,”

“Ban Depan type Hard bekerja dengan baik, Binder finis keempat juga dengan ban yang sama, bahkan Ducati juga menggunakannya dan tidak ada masalah. Banyak dari mereka yang menggunakannya disepanjang akhir pekan, Terutama saat Free Practice 4 dengan temperatur yang panas, tangki bahan bakar yang penuh juga memakai set-up balapan, dan semuanya berjalan dengan baik. Sayang sekali kami menemukan masalah ini. Kami berharap dapat menemukan jawaban dari masalah ini sesegera mungkin,” tutup Piero….(CB iwb)

 

3 COMMENTS

Comments are closed.