iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….. serasa timpang dan babak-belur, mungkin itu yang bisa kita katakan dengan hanya sekedar melihat perkembangan market otomotif roda dua dewasa ini. Ketika Astra Honda Motor melakukan gebrakan gebrakan dengan meluncurkan produk-produk baru yang mampu mengoyak senyapnya hingar bingar akibat COVID19….. sementara pabrikan lain seperti tiarap. Bahkan Yamaha sebagai Rival terdekatnya juga tidak banyak melakukan counter attack tanda tenaga mereka tidak sekuat seperti zaman dulu. Dan yang cukup mengkuatirkan dari terawangan pribadi, ternyata peluru Astra Honda Motor masih banyak. Waduhhhh….

Sebagai blogger tentu IWB ingin ada kompetisi yang imbang bukan timpang seperti sekarang. Sebagai blogger yang sudah menjadi pengamat sekaligus penulis lebih dari satu dekade sejak 2009, tren sekarang harus IWB akui betul-betul terbalik. Entah bagaimana dan apa yang terjadi dengan rival terdekat Honda yang begitu tajam di masa lalu seperti hilang tak berbekas. Kekuatan riset and development termasuk digital online yang begitu perkasa serta cerdas seakan tidak tersisa. Sementara di sisi lain penguasa pasar semakin membabi buta dan smart. Mereka Sudi mendengarkan dan merangkul semua unsur….

Mereka sadar betul bahwa kita semua saling membutuhkan. Tidak ada arogansi dan hanya persahabatan yang selalu didengungkan sehingga setiap jengkal komunikasi berujung pada pengembangan produk yang semakin tajam serta sesuai pasar. Di sisi lain sang penantang yang sangat menakutkan di masa lalu terlalu arogan. Sebuah sikap yang pelan dan pasti akan menghancurkan diri sendiri. Karena tidak ada satupun di dunia ini yang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan unsur lain. Simbiosis mutualisme bukanlah sekedar peribahasa kosong yang dibuat oleh nenek moyang kita…

iklan iwb

Contohlah para pendahulunya yang begitu keras berjuang. Mereka-mereka yang memiliki Fighting Spirit, merangkul, mendengarkan, humble, tidak arogan serta Sangat terbuka menerima masukan. Bukan sikap membusungkan dada dan seolah kita yang membutuhkan. Terbalik cak, Sebesar apapun pabrikan jika arogansi sudah datang….. kehancuran pasti mengintai. Ketika masukan dianggap menjatuhkan. Ketika kita bersuara dianggap sebagai musuh. Bukan intropeksi untuk memperbaiki….. betul-betul kita sangat kuatir dengan kondisi sekarang karena ketimpangan ini juga tidak akan baik….

Ketika satu pabrikan mendominasi dan menguasai secara absolute, kita juga kuatir inovasi-inovasi untuk berkompetisi akan melemah. Alhasil produk yang keluar juga tidak setajam seperti sekarang. Tapi apa boleh buat, ketika sang Rival tidak mampu mengikuti ritme, tidak mungkin Sang Penguasa harus menunggu supaya Rival bergerak. Karena semua akan stagnan diam ditempat…..kan juga ora apik cak. Ingat…. peluru Astra Honda Motor masih banyak. Dari Trawangan IWB, ada beberapa produk yang hanya sebagai refreshment color namun ada juga yang all new product dan siap menggempur pasar 2021. Sebuah produk yang akan membuat sampeyan tercengang. Tunggu dan pantengin saja…..piyeee iki rekk-rekkk..(iwb)

174 COMMENTS

  1. untuk inovasi di detail kecil aja yamaha belom bisa merealisasikan cak. contoh sein led aja masih belum merata di produk flagshipnya utamanya cc150, setauku cuma di mt25 aja cmiiw. beda dgn honda yg cc150 keatas sudah full led. mungkin terdengar sepele, tapi sekarang sebagian orang bisa menilai detail sekecil itu. belom lagi desain velg yg disebut velg legendaris itu~

  2. Yamaha gak perlu ngekor, klo onda mo hebat ya lurus aja ngpain tolah toleh. Liat tu arm kotak tahu yg dibanggain

    • Beda dulu beda sekarang..Justru sekarang hnd kaga mikirin nasib Yahaha lagi , mau hancur ya Hancurkan sekalian ?

  3. Situasi yang sangat mengkhawatirkan cak. Semoga dibukakan pintu hati yang bersangkutan, sehingga Mijone Cs dapat dipensiunkan dari pekerjaan yang hina ini.

  4. Pabrikan Y jaman kluar mio,jupe,vixion begitu menguasai pasar,,msh inget si mio yg baru nya ga boleh dibayar cash.tp sayang mio si lejen ni makin lama kebanyakan seri akhirnya konsumen pada ogah beli..lagian desain malah mundur bgtu juga vixi dan jupe..cm maxi aj yg bs diandalkan,nunggu disalip pcx160

  5. Belum tentu diam berarti tidak bergerak,kalo saya amati rival dlm hal ini Yamaha(susuki n kawak ga masuk rival dlm kamus AHM), Yamaha wait n see itu pasti,dia bisa jd menunggu AHM mereda dulu baru dia keluarin senjata,terlalu bodoh klo meladeni AHM dg segala sumber dayanya dalam satu waktu yg sama,dia akan mencari waktu sendiri buat ngeluarin produk,ini spt strategi perang.

  6. Setahuku kalau mau jualan motor mesti mengkampanyekan kelebihan dan keunggulan dari motor yang dijual
    Ini malah kampanye H suram jadi gak nyambung karena yang nyampe malah H nya
    Terus kadang lucunya adalah sales Y tapi pakai mbit, jandi konsumen bakal mikir atuh masa salesnya aja pakai mbit jadi buat apa nurutin beli Y, harusnya ketika jualan Y pakai dong motornya Y juga

  7. Pembeli mau beli cash motor Y malah disuruh kredit… kurang goblok apa coba?! ekekek
    Pantas perlahan di kota ane pd tutup dealernya.

  8. Jadi inget perkataan Bpk abdn motor y kalo digeber 8rpm ngebull itu normal?? Kalo nggak ngebull berarti rusak?? Ekekek

  9. Cb150 baru
    Vario 160 semua
    Cb150 retro / vintage
    Vario 125 4 katup
    All baru Scoopy125 4 katup
    Adv250
    Adv160
    Ammmmmbbrrruuuuoooolllll Celeeeeeeengaaaannnn ?????

    Yahaha Suuuuurrrrrraaaaaaammmm ??

  10. Dimulai dari 2019 saja ?
    2019 total jualan Yahaha setara total jualan Mbeaat ?

    2020 total jualan Yahaha setengah lebih dikit jualan Mbeaat ?

    Yahaha Suuuuurrrrrraaaaaaammmm ???

  11. Kalau memang mendengarkan konsumen, coba hadirkan retro series 250cc yg 2 silinder, atau setidaknya cb exmo

    • Brapa sih yg mo beli retro,..ga banyak. Berapa sih yg mo beli MATIC ? GA KEHITUNG..!

      H kan baca pasar dengan CERDAS..Lebih banyak pembeli Tiger malah klo ada seri baru nya,…ini saja ga dibuat lg oleh H. Tapi matic…RADJA nya roda2 saat ini dan 5 th ke depan.

    • Tergantung kebijakan pusat , jika produk global tidak semena2 bisa dibuat disini…walaupun pabrik hnd nya juga ada disini , hal yang sama juga berlaku pada pabrikan lain.
      Kita berharap sajalah…kenapa tidak .

      Silahkan bikin kata Japan…besok langsung jadi tuh . Yaa salah 1 maksud artikel ini bisa jadi itu …. masih banyak peluru 2 dari hnd / Ngahaem , bisa jadi ada izin untuk mengeluarkan produk2 tertentu bagian dari produk Global hnd sendiri dan indo kebagian memproduksi , sept contohnya PCX lokal yang udah ada selama ini. atau…indo dipersilahkan lagi bikin produk lokal lainnya sept Adv150 yang udah eksport2??

      • Mana tau ntar ada Honda Rebel 150 ?? …banyak banget memang peluru hnd.
        Apalagi….apalagi sekarang hnd berani ngasih harga yang meVet2 sama kompetitor , gak kebayang , emang dah niat menghancurkan lawan kayaknya ?

        • Cb150 baru
          Vario 160 semua
          Cb150 retro / vintage
          Vario 125 4 katup
          All baru Scoopy125 4 katup
          Adv250
          Adv160

          Yang ini dulu aja deh peluru hnd

          Ammmmmbbrrruuuuoooolllll Celeeeeeeengaaaannnn ?????

      • ini pernah dijelaskan ama lek iwb. ahm itu sahamnya 50 : 50 jadi imbang tanpa titah dari jepang ahm bisa bikin produk sendiri, beda ama yamaho yang harus nunggu acc iwata buat rilis produk, padahal iwata gak ngerti selera pasar .. ya endingnya yo penjualan jebol

  12. Gimana gak suram yahaha, mbah darmo sang dedengkot aja motornya honda semua?
    1. Honda beat merah jari jari tahun 2010
    2. Revo fit hitam stripping hijau tahun 2011
    3. Honda beat putih cw 2015,

    Apa perlu gua tulisin nomer polisinya disini sekalian?

  13. Peluru bang Mijone juga banyak.. 1 hari dia bisa nembak sampe 10x

    itu belum termasuk makan yg banyak loh :p

  14. Jangan sampe jualan total Yahaha seperempat total jualan Mbeat ??
    Kasian gua lihat Mizongozzz dkk dekil bawa karung mungut limbah Plastik ???

  15. Salah satu bukti Yamaha gak menerima masukan? Velg geol Mio gak pernah diganti sampe sekarang dipakai Gear… Pdhal cuma velg!!! Budeg gak tuh.
    Sales juga perlu dirombak, budaya mempersulit pas bayar cash masih sering terjadi. Disadari ato tidak itu bikin kapok calon pembeli.

  16. jujur YAMAHA yang merusak itu sales mereka sendiri,ingat bener zaman jaya2nya MIO awal dulu..mau beli cash malah gak bisa.harus kredit.juga ada upping price yang gila2an.batinku dulu klo kayak gini trus2an..bakal hancur ini brand.
    asli yang merusak ya delarednya mereka sendiri.apa pusat gak tau praktek licik dealer nya.khususnya di daerah luar jawa.

  17. Cak IWB,…kek nya sampeyan kudu siap2 ganti red painem ama pcx160 deh,..warung sebelah aja dah puyeng gimana cara kosongin garasi dikit buat new pcx 160 biar muat 1 lagi..????

Comments are closed.