iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB bengong dan manggut-manggut saat ngobrol santai dengan teman IWB. Sosok teman yang tidak biasa namun luar biasa karena yang pasti doi bukan orang sembarangan. Kalau judule akses doi keseluruh pabrikan wisss oraaaa usah dipertanyakan. Selain doi buanyaakkk juga relasi IWB yang membuat IWB tidak pernah ketinggalan “sak encrit” pun isu yang berhubungan dengan roda dua. Termasuk kelahiran New CBR150R. Tahukah sampeyan…Honda new CBR150R datang ? Yamaha Cuek tuh !! ahh mosokkkk, kokk bisaaa ???

Seperti yang kita tahu PT Astra Honda Motor tahun ini betul-betul menggebrak pasar dengan kelahiran generasi terbaru Honda New CBR 150R K45R. Motor yang mendapatkan upgrade sangat signifikan khususnya fitur dan desain. Motor ini bisa kita katakan naik kelas dari sisi “looks” sehingga terlihat jauh mewah dan premium serta Sporty.? Dengan menggunakan suspensi Upside Down yang Advance di kelasnya yakni USD SFF-BP, membuat Honda New CBR150R menjadi salah satu sport fairing yang menggoda celengan walaupun kontroversi keputusan Astra Honda Motor tetap mempertahankan engine sebelumnya menjadi adu debat para fansboy….

Kelahiran motor yang jauh lebih ganteng dan keren tentu membuat kita bertanya, bagaimana respon rival dekatnya Yamaha terhadap kehadiran motor ini? Apakah mereka akan meluncurkan produk tandingan dengan melakukan upgrading desain pada R15VVA? Karena suka atau tidak generasi lama CBR aja sudah cukup laris apalagi model sekarang? Fakta ini berdasarkan data penjualan terakhir yang di-share AISI 2 tahun silam sebelum data di kekepin tidak dibagikan secara publik. Yup….CBR150R bukan lawan R15 VVA soal penjualan cak. Apalagi sekarang ? terus gimana reaksi Yamaha ?

iklan iwb

Nahhh…disini sampeyan akan terkejut karena dari hasil investigasi di lapangan ternyata Yamaha disinyalir merespon dengan santai kelahiran CBR150R. Dalam strategi mereka ditahun ini bahkan tidak nyinggung sama sekali perkara sport 150cc. Waaaahhhh ” Mereka cuek tuh, seperti tidak terlalu perduli…” seru narasumber IWB. Lhooo kok bisa ? Apakah karena sudah sangat terlalu percaya diri dengan produknya? Atau ada alasan lain yang membuat mereka ogah-ogahan di kelas ini? Ternyata alasannya adalah pasar. Betul cak…. Menurut sumber yang IWB kumpulkan, pasar sport 150cc bukan prioritas bagi Yamaha…

” Pasarnya kecil, dijabodetabek saja paling hanya terserap 500-an unit maksimal. untuk total sport (Yamaha). Jadi mereka nggak terlalu fokus ke sana….” tambah narasumber IWB lagi. Woaaaalahh ngono to. Tentu ini adalah informasi mengejutkan dan membuka mata kita….betapa kecilnya pasar motor sport 150cc era sekarang. Walaupun pasar motorsport masih lebih baik dibandingkan dengan bebek namun gambaran angka yang disebutkan jelas membuat mata kita terbelalak. Nggak heran pabrikan ogah ngoyo. Kita sebagai Bikers mungkin ingin sesuatu yang luar biasa dari pabrikan. Tapi yang harus diingat adalah ongkos produksi…

Untuk mengembangkan sebuah produk yang Advance dan melompat dari generasi sebelumnya tentu butuh pengembangan dengan biaya sangat besar. Full model change (FMC) khususnya…kuwi cost-nya guedeeee cak. Nah… yang menjadi masalah ketika biaya yang dikeluarkan sudah sangat besar apakah “in return”nya nanti seimbang? itulah alasan terbesar cak. Pasar sempit tentu tidak akan balik modal. Segmen kecil hanya menghabiskan tenaga tanpa banyak memberikan profit buat opo ?? kasarnya demikian. Nggak heran sepertinya Yamaha lebih memilih untuk Tiarap terlebih dahulu dikelas ini. Mereka fokus untuk ngepush maxi line up, bukan sport….itu yang IWB denger…

Last…..nggak mengejutkan jika Honda mempertahankan mesin sebelumnya dan fokus pada pengembangan yang lebih kelihatan mata. Karena faktanya ternyata market motor sport 150cc ini memang semakin menciut. Artinya kita masih beruntung ada pabrikan yang sudi bergerak untuk memuaskan dahaga kita sebagai biker disaat pabrikan lain melemparkan handuk untuk sementara. Pantessss IWB sejauh ini belum mengendus pabrikan lain akan melakukan sentuhan terhadap line up motor sport fairing 150cc mereka termasuk Yamaha. Lawong sport 150cc abot cak daya serapnya. So…. isunya R15VVA tidak akan mendapatkan sentuhan apapun tahun ini selain permainan warna ataupun striping. Apakah dugaan ini valid? Apapun bisa berubah dan kita lihat lagi pada semester 2 2021. Honda new CBR150R datang ? Yamaha Cuek tuh !! FBY sabar ya…nikmatin yang ada aja dulu, okreekkk xixixi….(iwb)

107 COMMENTS

  1. ekeke ngapain juga peduli sama motor modif kang fiber mesin 17 ps klothok rangka membelah diri? MIKIR cakk ekekek

  2. R15 v3 kayaknya gk perlu oprek mesin lg cak, cuma skrg bosan cak liat bentuk r15 v3, butuh penyegaran desain

  3. Alasannya simpel karena (Y) sekarang lagi pailit gak ada dana buat proyek ngembangin produknya alias mandek…!!, sudah jualan nasional anjlok eh exsport malah kena tonjok…,jangankan mikirin buat pengembangan produk bikin iklan di tv saja sdh tak mampu lagee(ada juga jarang”, gak masive kayak dulu) masa kalah sama yang jualan sozzis…(karena saking sering diputarin sampe terngiang ngiang tuuh lirik lagunya si sozzis).!!!

    Fix Y Blangsaaak..

    Rip and pray for Yamuna(fix)

    Wkwkwkkk.

  4. Kalo bicara spek sih unggul vario. 125 cc power 11 ps, mio gear 125 cc power 9 ps. Mungkin varionya kalah karena pwr aja, keliatan kok bodi, velg, ban, knalpot dll lebih besar vario.ato juga grid oto. ……….(tau lah itu gimana media )

  5. R15 itu keren menurut saya, mesin OK, desain dan aksesoris moge bgt, tp memang masih lebih byk yg milih merk sih…

  6. Bukan cuex, tapi pasrah nerimo Cax, wong udh keteteran sama versi lawas pun…

    Mereka lg mikirin gmn matic nya bisa survive juga…

  7. Seperti yang kita tahu PT Astra Honda Motor tahun ini betul-betul menggebrak pasar dengan kelahiran generasi terbaru Honda New CBR 150R K45R. Motor yang mendapatkan upgrade sangat signifikan khususnya fitur dan desain. Motor ini bisa kita katakan naik kelas dari sisi ?looks? sehingga terlihat jauh mewah dan premium serta Sporty. 

    Maaf Kang, terlalu berlebihan MEMUJINYA. NEW CBR 150 R masih pakai ARM KOTAK BLM BANANA DAN HP MASIH DIBAWA KOMPETITOR.

  8. Walau pangsa pasarnya kecil tapi tetap ada dan menggiurkan, walau honda menguasai, belum tentu kan semua orang satu selera,apalagi secara desain memberikan pilihan

  9. Ogah respon CBR krn Pasar?

    Pdahal matic yamaha sndri hnya ngandalin N-max.. Sdgkn matic lainya bernasib ancur juga..

Comments are closed.