iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…sugeng enjing pakdeeee? IWB sekarang wis balik lagi ke Jakarta setelah 3 hari menjelajahi Medan. Asliii cak, pulang dari Medan badan makin mekar karena kebanyakan makanan enak. Maut tenan panganan Sumatera kiiii…semua enakkkkk. Soal makanan Melayu emang jagonya euy. Jiahh malah khutbah. Btw, pulang dari Medan dan meneliti banyak pertanyaan yang mampir ataupun nyolek IWB, dilalah rata-rata dihebohkan oleh salah satu postingan teman kita yang sebenarnya IWB juga kenal doi. Dari postingan tersebut, banyak yang mempertanyakan…kenapa ulasannya beda dengan Blogger saat ngetes ADV-150 beberapa hari lalu? kenapa Blogger nggak jujur kayak yang dikatakan cak IS (sebut saja demikian) sebagai user langsung. Nahhh iki menarik cak komen-komennya. So…Betulkah suspensi Honda ADV-150 jeduk-jeduk dan mesin lemot ???

Beberapa hari terakhir kita dibuat heboh oleh ulasan salah satu user yang sebenarnya juga IWB kenal yakni cak IS (sebut saja demikian). Dari ulasan tersebut ada beberapa poin yang membuat Honda ADV-150 jadi bahan bully yakni…

1. Suspensi depan jeduk-jeduk khususnya ketika melewati polisi tidur
2. Material banyak dari plastik padahal harga tidak murah
3. Build quality payah
4. Mesin lemot nggak lari

iklan iwb

Nahhh….beberapa poin tersebut konon membuat sang owner langsung menjual ADV150 karena merasa tidak puas. Dan karena ulasan doi pula, IWB banyak dihujani pertanyaan untuk mengkonfirmasikan kebenarannya mengingat IWB adalah tester langsung ketika pertama kali motor ini dibuka untuk Blogger dan media. Dan inilah menurut IWB setelah meneliti videonya (sekarang kayaknya ditaken down)…

  1. Supensi jeduk-jeduk

Yang pertama dan bisa IWB pastikan, IWB tidak menemukan jeduk-jeduk seperti dalam video. Bahkan suspensi ADV-150 menurut IWB adalah the “best suspension skutik 150cc” setelah Yamaha X-Ride generasi pertama. Catat cak…generasi pertama ya. Kelemahannya X-Ride 1st gen memang lebih empuk namun limbung ketika digunakan high speed. Sedang ADV-150 jauh lebih balance, soft namun tidak berlebihan dan efeknya high speed ataupun cornering pas. Terus kenapa dalam video ada suara njeduk ?

Sampeyan harus jeli melototin jangan langsung mengambil kesimpulan. Dari analisa IWB (base on video), IWB menemukan bentuk dari poldur kecil dan njendul yang apapun motornya (khususnya skutik) pasti bakal mendapatkan benturan diluar wajar ketika melaju pada kecepatan tinggi. IWB sendiri paling benci bentuk poldur asal buat seperti dalam video. Ngrusakin komstir cak kalau sampeyan gasak tanpa ngerem melaju pelan. Yang kedua bobot….

Harus kita lihat berat badan joki. Dengan bobot diatas rata-rata ditambah speed dan kontur poldur, jelas apapun motornya bakal njeduk cak (kecuali motor trail). Jarak main suspensi kan ada toleransinya pakde. So…intinya kalau mau fair kudu dites dengan skutik lain pada speed, tempat dan pengendara yang sama untuk memastikan. IMHO IWB pastikan ADV memang tidak mudah jeduk dibandingkan matic lain, lawong IWB wis tes melintas poldur….

2. Material banyak dari plastik padahal harga tidak murah

Kalau ini sih IWB nggak usah komen karena semua motor tidak bisa dihindari menggunakan plastik. Bahkan para pabrikan sekarang berlomba-lomba menekan bobot dengan berbagai komponen unsur plastik ABS. Intip saja berapa pabrikan menggunakan tanki kondom untuk mengakali bentuk tanki yang kecil. Bahkan Ducati Panigali V4 atau Ninja H2R yang notebene motor mahal juga pakai plastik. Honda Gold Wing yang berharga milyaran juga menggunakan plastik…jadi nggak usah diributkan. Justru kalau sampeyan ribut dengan review ini, sampeyan ikut-ikutan pekok nggak iso mikir jernih. Wiss ta…jangan masuk dunia perpekokan bareng-bareng cak :mrgreen:

3. Build quality

IMHO cukup baik walau tidak sempurna. Jelas cak, mana ada produk yang sempurna. Dan dimata IWB satu kekurangan ADV-150 adalah kualitas plastik jeruknya yang perlu ditingkatkan yang kayaknya gampang scratch. Kemudian ketebalan cover jok juga demikian, IMHO terlalu tipis. Kita sih bisa ngakalin dengan menggunakan MBtech, tapi lebih baik dari pabrikan langsung…iyo ora. Selebihnya cukup baik. Untuk range harga segitu masih sangat wajar karena Honda juga memberikan fitur yang melimpah ruah. Mana ada matic sekelas hadir fitur kalender dan sensor suhu udara sekitar kayak mobil….saat ini hanya ada di ADV 150. Belum lagi lampu yang sudah full LED dari headlamp, stoplamp hingga winker…

4. Mesin lemot

Untuk mereview sebuah produk kita harus mampu menggali dengan detil karakter setiap produk. Bukannya meremehkan jam terbang, tapi kita harus memastikan secara teliti kemudian mencari padanan kata yang pas supaya tidak terjebak dalam kesimpulan yang justru menyesatkan…

Mesin lemot adalah mesin yang tidak bisa lari…dan ini tidak IWB temukan pada ADV-150. Reaksi mesin Honda ADV-150 responsif diputaran bawah hingga middle sesuai dengan karakternya. Jadi kalau sampeyan demen betot-betotan dikemacetan IWB pastikan Honda ADV-150 cocok cak. Lalu kelebihan dari Honda ADV-150 adalah halus…power delivery disalurkan ke CVT sangat halus minim vibrasi. Ini memang kelebihan mayoritas skutik Honda. IMHO yang mampu menyamai sensasi ini mungkin hanya Suzuki…seperti NEX II misalnya. Distang dan kaki minim getaran dan justru inilah yang sepertinya ingin dikedepankan Honda yakni comfort alias nyaman. Terus piye dibandingkan dengan mesin skutik Yamaha dengan VVA-nya ?

Yesss….mesin Yamaha memang istimewa untuk putaran atas. Ledakan atasnya melimpah sehingga akselerasi mid dan high memuaskan. Empat katup VVA dengan kubikasi lebih besar yakni 155cc ora ngapusi cak….secara spek emang kudu lebih njambak. Justru kalau nggak kita malah bingung. Hanya saja Yamaha memang perlu meningkatkan soal getaran yang kasar kurang halus. So..IMHO kedua produk diracik dengan konsep berbeda. Honda lebih mengedepankan kenyamanan pada skutik-skutiknya sedang Yamaha performa mesin, tinggal mana yang sesuai dengan hati sampeyan. Kalau Honda dibuat sama powerfullnya dengan VVA 4 katup, liyane dodolan opo ? :mrgreen:

Jika melihat rekam jejak, Honda sangat bisa membuat mesin skutiknya powerful. SDM dan dana resources yang luar biasa tidak bisa ditampik. Intip saja bagaimana ketika Honda menelurkan sport 250cc CBR250RR. Sekalinya ngracik serius performanya ngeri to. Tapi kembali lagi soal filosofi dan karakter yang ingin dibangun pabrikan…Honda sepertinya memang begitu konsen dengan kenyamanan bukan buat ajang kebut-kebutan yang sebenarnya lebih cocok buat motorsport ketimbang skutik. Trah DNA nya wae untuk Daily use cak. Dan IMHO ADV-150 bukanlah diracik untuk mencari top speed tertinggi namun lebih kepada balancing kenikmatan riding dan kenyamanan berkendara lewat ayunan suspensi yang lembut. So…Cari matic buat geber-geberan ? fix sampeyan bukan target market ADV-150 dan monggo cari motor lain pakde….

Last…itulah sekilas jawaban IWB ketimbang jawab satu persatu menjawab via email perkara ADV-150 yang konon langsung dijual pasca beli. Saran IWB, gunakan referensi dari banyak sumber. Dari sana sampeyan mapping..lalu simpulkan. Kuwi baru juozzzz. So….Betulkah suspensi Honda ADV-150 jeduk-jeduk dan mesin lemot ??? numpak Africa Twin wae dijamin ora jeduk cak walau polisi tidurnya nggilani menjulang. Pertanyaannya duwe duit oraaa ? :mrgreen: …..(iwb)

Video tes ride ADV 150

306 COMMENTS

  1. Silahkan cek ttps://www.gridoto.com/read/221805075/video-review-hilang-tanpa-jejak-pemilik-yang-mau-langsung-jual-honda-adv150-ketahuan-bohong-soal-ini#!%2F

  2. setuju mas, saya udah pake ADV 3 hari ini, saya test semua yang banyak diributkan di sosmed soal jeduk2, ga terjadi sama punya saya, aman2 saja, bahkan tak coba di poldur yang kecil2 runcing, yo anteng wae, suaranya ga ada jedug2… mbuh mungkin yang di video kuwi di kendoni sek komstir nya…hahaha

    soal handling, ini kalo sama nmax (saya juga punya nmax), enak ini cak, buat nekuk2 lebih enak, herannya, di atas kertas ADV lebih berat, tapi perasaan pas dibawa trus dipindah2in (kondisi mesin mati) kok perasaan enteng ADV.

    Trus soal tenaga, bener juga, ini walus tenan, minim vibrasi, suara halus (tapi menurut saya kehalusen untuk motor aura adventure). Trus power pas tarikan awal nurut saya ga loyo, tapi emang pas tanjakan panjang, sama nmax ya belum bisa mengimbangi, masih lez-lez nmax lah kalau soal kecepatan. Tapi nek soal lemot, ya akhirnya kembali ke pengendara, nek buat ngejar speed, jelas ADV di bawah nmax, tapi nek buat harian, blusukan ringan, nurut saya masih OK dan mumpuni banget.

  3. *Power delivery disalurkan ke CVT sangat halus minim vibrasi. Ini memang kelebihan mayoritas skutik Honda*
    Statement terakhir kok aku nggak setuju ya lek @iwanbanaran, dari mulai pakai vario 125, terus ke pcx selalu masalah pas akselerasi awal selalu “gredek gredek” dan geter semua itu motor, padahal motor selalu service rutin ke beres ssi aturan manual book.
    Malah beat lawas yang 2009 dulu lebih smooth tarikannya…

  4. Setelah menjelajah jejak digital instagram, trnyata yang make OVERWEIGHT ditambah boncengan, begimana kagak ngeraung itu mesin wakkakakakak
    ehhh scroll-scroll instagramnye ternyata orang suzuki (ada foto yg di paddock, org yg bsa masuk paddock kan pasti bukan org biasa alias org pabrikan)..
    oalaahhhhh artinyaaa??

  5. Seng mbuly kon numpak jaran wae cak,,,, meski onok polisi tidur semeter aman terkandali tanpa jeduk jeduk….. Wkwkwkwk

  6. Bau2nya orang itu fby yg khilaf udah beli adv tp kemudian sadar kalo dia fby gembrot yg gak tau diri, akhirnya motor sendiri dibully kemudian diblow up dalam bentuk bc kemudian dijual. Kelihatan dari kata2nya sangat khas dg congor fby kalo lagi ngebc produk hondut. Atau mungkin orang itu dibayar sama sekelompok pasukan yg panik takut jualannya jadi tambah seret. Imho

  7. Iwb bilang, plastik adv memang ada yg kurang bgs, tp iwb ga berani bilang klo plastik di mtr honda emang paling jelek di banding kompetitor! Plastik honda kan paling tipis dan gampang Getar, plus cat nya cepat kusam.

    • aroma-aroma temen nya ikhsan jumaris. semangat bro, terus berusaha sekuat tenaga jatohin honda hahaha

  8. saya pas di giias tes adv-150……
    -pas di polisi tidur bukannya motornya yg ngejeduk,malah sayanya yang mental wkwk (bobot 57 KG)
    -mesin alus (gak obolok2)
    -material 11-12 kaya vario lah wkwkwk
    -tarikan lumayan oke….wlwpun gak njengat2 amat

    nah pas mau bandingin sama nmax…..eh baru inget di giias yamaha absen….wkwkwk
    malu lah sama suzuki

  9. Dinamika yg wajar sih,, si “nggak laku” pasti mencari cara supaya si “laku” jd gak laku.. si “laku” pasti cari cara jg supaya si “nggak laku” tetep nggak laku..
    Bener tuh konsumen adalah juri paling jujur dan kadang paling kejam.. kenyataan saat ini toh H tetep paling laku

  10. kalangan nonsales yang membully biasanya:
    1.pengen punya ADV150 tapi pelurune kurang?
    2.jadi buat menghibur diri bilang ADV ora penak,lemot,jedug2
    3.barusan akad kredit beli motor lain ndilalah kepincut ADV ?

    • Biar kaga minder dijalan saat ketemu si Adv .. makanya mereka nge Bc harus tensi tinggi bro ?

  11. Kulit joknya ADV smi mawon sama PCX. Ikut mlorot kl badan ketarik ke depan. Pabrikan besar sekelas AHM kalah sama tukang pasang kulit jok pinggir jalan. Terlalu!

  12. Mana ada motor 30jt an rasa ratusan juta? Kadang suka ekspektasi berlebih, kalo mau suspensi enak, body/build quality bagus, lari kenceng ya ambil moge lah.

  13. Cak…gw baru beli nmax 2019 black matte CASH..!

    Dan gw akan beli ADV 150 HONDA dgn CASH juga tatkala barangnya sdh sampaindi SUMATRA..

    Dan lengkaplah koleksi di garasi , 3 honda 1 Yamaha hehehe

  14. Betulkah. .betul betul betul. .
    Divideo chanel yuotube ikhsan jumaris, mmg sprti itu adanya. .mungkin sj cm unit itu aja yg apes, kbtulan pula motor itu ditangan dia. Ya wajar. .yg laen ripyu motor digiass. .pasti 100% dipilih yg quality bagus. .mungkin. .tp bagus ripiyu nya. Bkin penasaran aja dan pengen beli. .mmuehheee. .
    Ammbbroollll celengan kiii. .
    Mmmuehhheeeggghh. . .

    • Udah terungkap om, cuma seorang fansboy sebelah yg segaja jelek2in ADV.
      Cuma barang pinjeman yg dipinjem buat review jelk buat jatuhin ADV.
      Sampai segitunya ya belain merk pujaannya.

      ckckckk?

  15. Dia sebelumnya review genio dan langsung dijual lagi. Orang kaya ini.. apakah fbs sekarang belajar dengan fby dan menjadi semakin keterbelakangan?

  16. @kang Iwanbanaran,, Sekarang ane percaya kang iwan menjadi blogger netral,,
    tetap review apa adanya,, biar konsumen bisa mempertimbangkan dengan baik kang.
    nggak asik kalau bahas kelebihannya aja
    tetep bahas kekuranganya juga,,

    TTD

    Kang Komen

  17. sudah kena debunk di Gridoto :
    http://www.gridoto.com/read/221805162/viral-honda-adv150-ingin-dijual-lagiternyata-begini-kronologinya

    video yg dimaksud akhirnya di take down sendiri sama bung Ikhsan setelah ketahuan kalau motor yg -katanya- mau dijual itu ternyata motor orang lain yg dipinjam pakai sama yg bersangkutan untuk dibuat review -nya.
    jadi bukan dijual setelah 2 hari, melainkan dikembalikan lagi ke pemilik aslinya.

    dan kalau lihat video tentang shock yg katanya bunyi jeduk itu, seperti tidak konsisten.
    pada video pertama (yg khusus ngebahas shock jeduk), memang terdengar bunyi jeduk yg cukup keras ketika melewati polisi tidur,
    tapi pada video ketiga (yg tidak membahas shock), bunyi jeduk itu tidak terdengar lagi, padahal di video ketiga itu juga terlihat beberapa kali motornya melewati polisi tidur.
    jadi mungkin di video pertama memang sengaja dikondisikan supaya berbunyi jeduk dan bisa terdengar di video, tapi di video ketiga tidak/lupa dikondisikan lagi karena memang sedang tidak fokus ngebahas shock.

    satu lagi, di video yg lain, ybs terang-terangan mengakui kalau dia adalah fanboy Suzuki dan kurang suka merk Honda.

    sepertinya memang banyak pihak yg panik dengan munculnya ADV 150 ini, sampai harus bersusah payah bikin video semacam itu.

  18. Lagian cak ngapain nanggepin…
    Biarin aja cak…

    Jgn tergoda viral cak. Huahahaha

  19. Biasa mbah, black campaign ala2 geng sebelah mulai dilancarkan
    Status2 WA sampe grup WA di hp saya juga disebar BC begini,, terutama oleh temen2 saya yg FBY

  20. Namanya jg saingan… saling menjatuhkan.. apalagi produk yg lg heboh hebohnya… wajar byk yg ngiri ?

  21. Dari segi harga menurut saya mahal..
    Build quality palstik murahan,banyak sambungan yang ga rapet dan sempurna,untuk mesin 150cc harga 33 JT up,jelas overprice sekali….
    Sy rasa ini klarifikasi om Iwan,permintaan AHM mungkin ya…tapi kang Iwan masih realistis dengan menyebut masih ada kekurangan pada ADV 150 ini.

  22. daripada motor pabrikan Jepang spare-part China, mendingan motor pabrikan Jepang spare-part Indonesia. kalo bisa sih pabrikan Jepang spare-part Thailand apalagi pabrikan Jepang spare-part Jepang. suspensi jeduk-jeduk masih bisa distel lewat volume oli dan cat kurang merata masih bisa kita semprot sendiri. gimana dgn motor yg starternya ngadat, ga ada kick-starter lagi ? gimana dgn motor yg cacat desain tapi pabrikannya lepas tangan dan memilih suntik mati produksinya ?
    kalo mau aman dari error sih, belinya setahun setelah launching saja.

  23. @Alan: Coba cermati lagi videonya bro ikhsan bro Menurut sy ownernya sj yang kelewat overweight (=maaf gendut) ya cocoknya matic 250 cc keatas lah kaya forza apa xesemek dijamin aksel lebih nampol broo….!!!!

  24. Kalo dikasih mesin crf 150 sebenarnya lebih cocok, atau sekalian mesin cb150r biar sepadan dengan kompetitor, kan turunan mesin sport…. Tapi ternyata strateginya beda hodna vs yamaah…

  25. Setelah bersemangat dengan review yang terkesan “Natural”..
    Kok semua video di channel YT atau FB pada ngilang…
    #SETTINGAN.
    #RIP.

  26. berisik banget dh orang orang diluar sana..

    motor matic 150cc dikeluhkan lemot..

    brainnya ditaruh dimana bos kuuuuu…

    ini motor matic kmu mw expect larinya yg seperti apa? sama kaya cbr? sama kaya r15?

    laki bahas motor perempuan tapi berisiknya ngalah ngalahin perempuan

  27. Produk baru itu terkadang belum sempurna…? Tunggu 1 atau 2 tahun lagi baru beli.
    Kendala dan masalah pasti ada aja..? Yg akan di rugikan itu konsumen. Klo di claim gampang mah ga papa tp klo di claim tp ga di tanggapi gimana……
    Kaya ga tau produk H aja klo ada produk cacat konsumen yg tanggung sndri…..
    Seharus’a dengan bobot sebesar itu jangan menggunkan mesin Salome…? Wajib 4 klep. Lexy aja yg cc q15 udh 4 klep masa yg body lebih bsar bgni d pasang mesin variem……? Roker udah pasti cepet abis ini.

    • 2 klep H sangat tangguh dibanding 4 klep Y bro ? silahkan diadu ngebut sambil nanjak2…

    • @tak ada yang bisa : kelebihan mesin 2klep emang untuk d jalan tanjakan..? Tp dengan bobot sebesar itu dengan mesin yang sama dengan vario apa akan bisa sekencang vario bila di tanjakan.
      Vario yg kecil begitu aja sering ganti roller apalagi yg segede gaban begini….

  28. Mw kenceng mah beli motor sport bos…gak mw mantul2 ya jgn dijalanin,dijamin diem original…mw body non plastik beli beli vespa jadul. Nyari kurangnya mah,gak jadi2 punya lah bos

  29. sebagai orang yg masih waras, emang benar adv itu lemot…apalagi bodynya se gajah….jauh dg rx king yg cuma 135 cc….wusshh

Comments are closed.