iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….selamat pagi sugeng enjing dimanapun sampeyan berada. Btw…dalam artikel ini IWB sekaligus juga ingin mengucapkan belasungkawa buat teman-teman yang mendapatkan cobaan dengan adanya gempa berkekuatan 7,7 skala ritcher di Sulawesi Tengah….Palu dan sekitarnya. Semoga diberi ketabahan dan gempa kemarin adalah yang terakhir. Amin YRA. Oke…back to topic cak. Seperti yang sampeyan tahu Yamaha resmi merilis new YZF R125 MY2019 dengan mesin VVA. Motor yang ternyata berubah desainnya dengan mengadopsi plek milik R15VVA ini menjadi topik hangat. Kenapa ? karena sentuhannya memang berbeda cak. Apakah ini artinya desainernya juga berbeda ?

Kasak kusuk perihal kelahiran Yamaha all new YZF R125 menjadi topik hangat hanya karena masalah desain. Yup….secara resmi Yamaha Eropa merilis generasi terbaru Yamaha new R125. Sport fairing low entry Eropa ini akhirnya mendapatkan sentuhan setelah hampir satu dekade lamanya bentuk desainnya bertahan cukup lama. Maklum cak?desain legendarisnya adalah garapan tahun 2007 yang kemudian hanya mendapatkan beberapa sentuhan minor seperti headlamp pada tahun 2014. Kendati demikian desainnya yang everlasting dan tetap ganteng seperti tidak lekang oleh waktu. Tapi jaman terus berputar?

iklan iwb

Yamaha Eropa mengumumkan peluncuran Yamaha all new R125. Sebuah revisi besar-besaran dari mesin dan desain yang kini nyomot desain new R15. Untuk mesin YZF R125 sudah dibekali dengan variable valve actuation (VVA) termasuk swing arm yang memang baru. Mesin baru ini membuat?Yamaha all new YZF R125 mampu memuntahkan tenaga hingga 14,7HP?.jelas not bad at all. Tapi IWB sedikit mengerutkan dahi ketika spek yang diumbar menyebut bobot?Yamaha all new YZF R125 ini mencapai 142kg. Abot juga yak…

Tapi dari semua poin, desain masih menjadi bahasan yang paling panas. Kenapa ? Karena desain lawas dianggap lebih ciamik dibanding gen 2019. Desain memang masalah selera. Namun jika IWB perhatikan dari komen, opini ini mencapai nyaris 90 %. Kenapa itu terjadi? Saat IWB coba jejerkan kedua motor dalam bentuk foto….perbandingan head to head Yamaha new R125 vs Old R125, IWB baru menangkap jelas kenapa suara tersebut begitu kencang. IMHO keduanya sebenarnya sama-sama cakep. Tapi harus kita akui, taste penggarapan memang berbeda jauh…

Intip saja bagaimana old R125 nunduk meruncing saat dilihat dari samping. Bagian depan ketengah tebal…dengan garis-garis tarikan tegas yang begitu seirama. Feel angker begitu terasa pada setiap lekukan desain yang digarap sudah hampir satu dekade tersebut. Semuanya terasa mengalir….enak dipandang mata. Nggak heran motor ini banyak dijadikan bahan inspirasi dari para modifikator. Sedang versi new….lebih bantet dengan komposisi tarikan yang biasa….

Apakah karena kita sering melihat tiap hari dengan new R15? bisa jadi. Tapi IMHO desain old R125 memang istimewa. Motor ini sudah seperti melompat jauh dari jamannya ditahun 2008. Sebuah mahakarya luar biasa dari pabrikan garputala. Pertanyannya apakah dengan fakta tersebut desainer yang garap keduanya memang berbeda? soal itu jelas hanya Yamaha yang tahu. Namun satu dekade tidaklah singkat. 10 tahun sudah cukup untuk membuat perubahan besar pergeseran posisi….

” Yamaha New R125 vs R15VVA…spatbor depan, foot step belakang dan pelk berbeda termasuk posisi disk brake depan…”

Contohnya…bisa saja desainer old R125 kini sudah menjadi big bos sehingga tidak lagi nggarap soal desain. Atau bisa saja Yamaha memang sengaja mempercayakan desain pada kawula muda sebagai penerus ide perusahaan. Kendati wong lawas sik terlibat…porsi terbesar sudah diberikan para pendatang baru ini. Yahhh…seperti kondisi YZR M1 cak. Perbedaan pasca dipegang bapak M1 Masao Furusawa, dan dipegang generasi setelahnya sekarang. Waktu terus berjalan. Makanya feel dan taste berbeda. Nggak buruk…tapi hanya berubah. Btw….sekali lagi kuwi hanya analisa karena hanya pabrikan yang tahu sesungguhnya apakah kedua motor digarap oleh desainer yang berbeda…..

Last…jika sampeyan perhatikan sebenarnya new R125 tidak sama plek nyomot komponen dari R15VVA. Sebab dibagian pelk serta fender depan masih menggunakan milik Old R125. Termasuk disk brake depan (sisi kiri) dan foot peg belakang juga beda. Btw…harus diakui, mempertahankan atau meningkatkan produk yang sudah keren itu memang berat. Sebab jika salah langkah tidak jarang desainer malah merusak produk yang sudah eksis. Seperti yang dilakukan Yamaha terhadap Scorpio, Vixion, X-Ride, Mio Sporty, Byson dan beberapa produk lain yang tidak bisa IWB sebut satu persatu. Yup….pabrikan ini tidak jarang luar biasa dalam berkarya sebab desainennya memang keren-keren. Tapi tidak jarang pula mereka melakukan blunder yang membuat produk lawas malah makin layu pelan-pelan. Nah….kalau menurut sampeyan sendiri piye cak, punya opini lain soal ini ? monggo berikan komennya…(iwb)

161 COMMENTS

  1. Atau barangkali dulu Y telah bertindak over dg design, dan dg konsekwensi..sekarang menerima pinalti dari ‘ PPOJKM ‘ hingga harus melahirkan model yg sesuai ekspektasi.

    PPOJKM :
    Persatuan Pabrikan Orang Jepun Khusus Motor

  2. Makin kesini harusnya motor tsb dibikin compact , maka harusnya size motor tsb harus makin dipresss..diperkecil dg tetap menonjolkan aura dari bigbike. Masa sport150 sizenya sama malah lebih dari size 600.
    contoh diatas, r15 dri gen2 hingga sekarang malah gedein bodi..persis dg cbrk45, gedein bodi. Dan bagusnya cbr150 sekarang gk begitu gede dan designnya okeh banget ( inshaf kali hee ).
    Apa yg diambil dr size gede? Apakah menyesuaikan istilah big bike (motor gede)??
    Compact jauh lebih baik.

  3. Mungkin acuannya lebih mengarah ke desain prototype motogp,, desain dibuat lebih slim dengan tujuan aerodinamika mungkin,

  4. Bagi ente keren bos, lah bagi orang eropa sana ente kira gak bosen? Ya wajar dirubah. Ente bilang r15 bagus bagi orang eropa jelek n butuh pembaruan.

  5. haiyyaaa orang di eropa sana z bilang design yamaha new r125 mirip dengan cbr600rr lawas komen di dunia maya waaa

  6. gara2 kelamaan nungguin All new NMAX jd keburu ambil PCX, yg pst Yamaha kelamaan melihat momentum. Plus klo desainnya menurun bisa lbh bahaya.

    Semoga ga kejadian d NMAX, tetap semangat Yamaha.

  7. Sebenarnya org indo mau blg 100% buruk juga ga ngaruh si, org itu bwt pasar ngeropah. Mungkin org eropa udh bosen sm yg design skrg wlupun mnrt ge itu plg bagus.
    Tp sejelek2 r125/155 msh lebih ancur cbr15o apalagi gsk. Maaf gw ngomong sebagai kostumer bkn fansboy.

  8. Untuk design lebih sip yg old.
    Untuk fby : gausah khawatir, design new r15 sama cbr 150 masih bagus r15.
    Untuk fbh : cbr 150 mesti facelift, sekarang failed dari segi design

  9. Desain itu masalah selera
    Tapi ane yakin bagi orang normal akan bilang yg lama lebih bagus

    Kecuali orang yg fanatik buta

  10. Bisa jadi yamah banyak menghamburkan dana yang tidak efektif buat keuanggan mereka, nampak icon-icon prestis mulai dikurang-kurangi alokasi: design, devisi balap, merampingkan tim produksi, nampak sekarang mereka mulai realistis, dengan posisi bertahan

  11. haiyyaaa orang di eropa sana z bilang design yamaha new r125 mirip dengan cbr600rr lawas komen di dunia maya waaa

  12. Untuk design lebih sip yg old.
    Untuk fby : gausah khawatir, design new r15 sama cbr 150 masih bagus r15.
    Untuk fbh : cbr 150 mesti facelift, sekarang failed dari segi design

  13. hahaha…jlslah orang eropa.sdh bosan desain lama makanya ambil desain r15 indo. ntr R15 indo bakal dibuat kyk R125 eropa. Ngerti ora son.

  14. Desain itu masalah selera
    Tapi ane yakin bagi orang normal akan bilang yg lama lebih bagus

    Kecuali orang yg fanatik buta

  15. Yamaha design mulai elegan dan untungnya msh mengalirlah ga wagu. Klo ngonda desain mulai meruncing, tp dpn belakang ra nyambung. Tp bagus ko(kata fbh) fbh kan punya seni(baca air seni) ???

  16. hahaha…jlslah orang eropa.sdh bosan desain lama makanya ambil desain r15 indo. ntr R15 indo bakal dibuat kyk R125 eropa. Ngerti ora son.

  17. Kayanya iya cak posisi desainer yamaha sudah ganti, terlihat dari beberapa tahun kebelakang beberapa desainnya terlihat aneh dari versi sebelumnya, terkesan “mundur” bukan makin keren. tapi ada juga yg keren seperti mx king, nva, R15 v3

  18. Caaakk cakkk wong yooo podo podo keren e masalahhh abot yoo wes di itung yamaha ne… Postingan mu Koyok koyok versi anyar iki body ne eelekkkk ngunu….

  19. haiyyaaa ternyata kita ouwlang sependapat pikiran yang sama juga waaa

    yamaha r125 old design terbaik dikelasnya sport fairing 125cc di eropa waaa

    • Desainer Yamaha kompak
      Desain udah bagus malah diancurin sendiri
      Byson, Scorpio, Vixion contoh nyata
      Ini R15 ikut2an diancurin
      Mungkin sengaja bunuh diri

    • Liat R125 first gen,,,,,rasanya ngepbeha mau buang Cibier ke comberan

      Liat R125 second gen,,,,,rasanya ngepbeha mau buang Cibier ke sampahan

    • @shock mletot

      pppffffttttt yahaha remolas 125-150 sekelas sama minerpah, dua2nya sama pake mesin sohc lemott

      fby rela buang motornya ke sampahan karena lemot dan boros oli bin meledukkk

      wkwkwkwkwkwk

    • Memang motor motor tsb dlm biasanya head to head antara kompetitor,misalnya tipe yang head to head antara honda vs yamaha pada positioningnya selalu memenagkan honda , contoh :
      1. New mega pro vs byson = mega pro.
      2. Beat vs mio = Beat
      3. Vario 125 vs aerox 125 = Vario 12d5
      4. Cbr 250rr vs r25 = cbr 250rr
      5. Revo vs vega force = revo
      6. Supra gtr vs mx king = mx king.
      7. Vario 150 vs aerox 150 = vario 150.
      8. Revo at vs lexam = revo AT menang dikit.
      9. Scopy vs Fino = scopy
      10. CBR vs R15 = CBR
      Itulah sebagian besarnya saja, cuma bebek mxking yang bisa mengalahkan bebek supra honda.

      Dan head to head yamaha jg bisa antara tipe yg sama misalnya :
      1. Mio gen 1 vs mio Jelek = mio gen 1
      2. Vixion vs R15 = vixion
      3. Byson karbu vs byson Fi = byson karbu
      4. Rxz vs RzR = Rxz
      5. R25 vs mt25 = R25

      Padahal Yamaha itu pabrikan dengan skala besar (konglomerat) bukan hanya bermain pada mesin dan sepedamotor saja.Tapi sampai ke alat musik piano,gitar,seruling sudah mendunia tetapi bosox. mesin genset,power boating, mesin kapal, hingga mesin pemurni air pun ada yang bermerek Yamaha. Bahkan ,helikopter itu bisa yamha buat. Ini merupakan helikopter tanpa fitur geol-geol sperti Mio dan mesin ngebull dan boros oli sperti vikson. Helikopter ini digunakan untuk keperluan industri pertanian sebagai penyemprot hama (yaitu FbY hama nya).

      Ngah! Ngah! Ngah! Ngah!

    • Nah terjadi lagi

      Versi barunya SELALU LEBIH JELEK dari sebelumnya.

      Dari Scorpio, Byson, Vixion, X-Ride, dll, versi terbarunya malah lebih JELEK dari pendahulunya.

      Udah abis idenya kah?

  20. motor yang bentuknya di impikan warga ef be ye…siang dan malam….tapi sayang seribu sayang ….tak pernah datang….ekkkkkkkk…disinilah aku sedikit malu…..ohhhhhhh

  21. @all fby

    haiyyaaa kenapa kualitas spare parts yamaha r15 v3 dibedain dgn yamaha r125 di eropa waaa????

    • haiya.. kenapa qualitas produk ngohaem bosok … lebih bagus Atpm honda thai wa…

  22. Pada bodoh yak , jelas beda kualitas asia dan eropa .
    R125 eropa hrganya setara 250cc indo
    So,jelas beda klo soal part

  23. @FansBeratYamaha

    jadi, kenapa kualitas spare parts aprilia rs150-rs125, ktm rc200-rc125, kawasaki ninja 250-125 dan suzuki gsx r150-r125 sama?? atau dibilang hampir sama walaupun yg jelas pasar global pake abc dan mata kucing???

  24. Sedih

    Sedih

    Sedih

    Berharap desain r125 old dipakai di Indonesia.

    Malah diwalik.

    Yamaha, kamu waras ?

  25. juossss tenan ini kritik pedasss dari kang IWB. mudah mudahan dibaca. oleh Petinggi Yamaha .ben sinau soal desain cakkkkk

  26. gara2 kelamaan nungguin All new NMAX jd keburu ambil PCX, yg pst Yamaha kelamaan melihat momentum. Plus klo desainnya menurun bisa lbh bahaya.

    Semoga ga kejadian d NMAX, tetap semangat Yamaha.

  27. Bisa jadi yamah banyak menghamburkan dana yang tidak efektif buat keuanggan mereka, nampak icon-icon prestis mulai dikurang-kurangi alokasi: design, devisi balap, merampingkan tim produksi, nampak sekarang mereka mulai realistis, dengan posisi bertahan

  28. Kayanya iya cak posisi desainer yamaha sudah ganti, terlihat dari beberapa tahun kebelakang beberapa desainnya terlihat aneh dari versi sebelumnya, terkesan “mundur” bukan makin keren. tapi ada juga yg keren seperti mx king, nva, R15 v3

  29. Sebenarnya org indo mau blg 100% buruk juga ga ngaruh si, org itu bwt pasar ngeropah. Mungkin org eropa udh bosen sm yg design skrg wlupun mnrt ge itu plg bagus.
    Tp sejelek2 r125/155 msh lebih ancur cbr15o apalagi gsk. Maaf gw ngomong sebagai kostumer bkn fansboy.

  30. Mungkin acuannya lebih mengarah ke desain prototype motogp,, desain dibuat lebih slim dengan tujuan aerodinamika mungkin,

  31. Dulu yg ngetrend model membulat..sekarang yg ngetrend model shape dan lekukan tajam.
    Tapi sekarang Y beda sendiri, malah bikin petak2 dan kotak2

  32. Atau barangkali dulu Y telah bertindak over dg design, dan dg konsekwensi..sekarang menerima pinalti dari ‘ PPOJKM ‘ hingga harus melahirkan model yg sesuai ekspektasi.

    PPOJKM :
    Persatuan Pabrikan Orang Jepun Khusus Motor

  33. Makin kesini harusnya motor tsb dibikin compact , maka harusnya size motor tsb harus makin dipresss..diperkecil dg tetap menonjolkan aura dari bigbike. Masa sport150 sizenya sama malah lebih dari size 600.
    contoh diatas, r15 dri gen2 hingga sekarang malah gedein bodi..persis dg cbrk45, gedein bodi. Dan bagusnya cbr150 sekarang gk begitu gede dan designnya okeh banget ( inshaf kali hee ).
    Apa yg diambil dr size gede? Apakah menyesuaikan istilah big bike (motor gede)??
    Compact jauh lebih baik.

Comments are closed.