iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…kalau sampeyan memperhatikan para komentator di warung, pasti sampeyan bakal cekot-cekot jika memasukan kehati celotehan mereka. Berbagai manuver yang luar biasa dewasa ini bahkan sangat masif. Sebagai Blogger, IWB juga cukup heran tindak tanduknya yang nggak kenal lelah. Apakah mereka adalah pembaca biasa ? Atau mereka benar-benar sales ? Atau ada hal lain? Disinilah IWB cukup terkejut dengan celotehan salah satu rekan pribadi yang bekerja disebuah advertising agency. Apa katanya ?

Para komentator memang masif cak. Kadang kalau sampeyan nggak jeli pasti akan termakan celotehannya yang membela mati-matian pabrikan yang dibelanya. Termasuk para fansboy yang seperti mendapatkan bahan BC menjatuhkan kompetitor dekatnya jika punya kesempatan. Jadi sangat sulit bagi kita untuk memilah-milah, sebenarnya apakah mereka biker biasa yang netral beneran atau sebuah tim yang sengaja dibentuk? Inilah yang membuat IWB cukup terkejut. Dilalah tebakan tersebut dikuatkan oleh sebuah info yang betul-betul diluar dugaan IWB…

Nggak semua memang. Tapi kalau komennya parah dan konsisten, mereka disebut pasukan nasi bungkus. Sengaja menggiring opini bro. Ahhh loe gimana sih…polos amat sih brooo..” serunya membuat IWB mengerutkan dahi. ” Maksud loe emang digaji untuk itu? sales maksud loe? uber IWB. ” Bukanlah, beda….sales kerjaannya bukan begituan..” serunya terkekeh sambil berlalu. Ediann bikin penasaran ki. Doi memang orang digital dan sepertinya tahu betul strategi dunia maya. Tapi perusahaannya nggak megang motor…

iklan iwb

Dari sisi pribadi, IWB masih sulit percaya dengan opini teman diatas. Sisi bagusnya informasi teman pribadi juga menyelamatkan profesi “sales” yang selalu di cap sebagai biang kerok komentar rusuh. Yang membuat penasaran, siapa mereka yang disebut pasukan nasi bungkus? ora paham dan ogah mikirin pakde. Tapi IWB yakin, tidak semua komentar diseluruh Blog adalah “mereka”. Sebab banyak juga pembaca asli yang ikut nimbrung. Hal ini bisa IWB simpulkan berdasarkan email yang masuk dan kadang konsultasi ke IWB dengan menyebut nick namenya saat komen di Blog. Artinya….pasukan “nasi bungkus” ini memang sudah membaur jadi satu dengan komen biker asli. Mungkin ya, itupun kalau bener lho…

Dunia digital emang kejam. Setiap gelintir kejadian bisa menjadi santapan dunia maya. Yang miris kadang sebuah kejadian tanpa ada kronologisnya dikarang sendiri dengan tujuan menjatuhkan kompetitornya. IWB sendiri sudah cukup pengalaman sehingga ogah tenggelam dalam permainan mereka. Tapi yang blingsatan para “komentator” yang mendesak supaya dibuat artikel yang menguntungkan kelompoknya. Contohnya perihal komstir Honda new CB150R prothol di Surabaya. Masif…ditiap kesempatan seperti nyampah dan berusaha membangun image Blog yang ora bahas nggak netral. Artikel yang IMHO sebenarnya belum jelas dan berpotensi membuat biker terombang-ambing…

Yup…dari analisa pribadi kejadian yang sebenarnya tidak jelas karena banyak sekali suara mengatakan A dan B. Siapa ownernya, dan bagaimana detil kejadiannya? semuanya simpang siur. Yang unik semua melakukan jusifikasi sendiri sesuai dengan keinginan masing-masing. Kejadian ini sebenarnya mirip dengan swing arm Yamaha Xabre yang ambrol beberapa waktu lalu di Pantura. Apakah IWB buat artikel ? Nggak juga. Karena IWB memandang kronologinya juga simpang siur. Terbukti hasil akhir sang owner menarik klaimnya, nahh…mumet to….

Suatu kejadian yang menurut IWB nggak logis dan berpotensi menjadi bahan BC nggak akan IWB ulas…apapun itu. Kecuali sang owner secara jelas email ke IWB, sharing kejadian dengan detil….berani memberikan jaminan akurasi dan jati diri, dan mereka merasa benar-benar dirugikan, itu baru kita genjot cak. Produk apapun itu tidak ada yang sempurna. Namun seringkali hancurnya sebuah motor juga karena kelalaian pemakai. Makanya nggak bisa dijadikan acuan dan perlu penyelidikan lebih detil. Kecuali kejadian masif, baru kualitas dipertanyakan. Jangankan motor seharga 25-30 jutaan. Motor BMW G650 yang seharga ratusan juta aja bisa prothol. Yang penting jika benar kesalahan pabrikan, mereka harus bertanggung jawab. Kuwi mutlak cak….

Last…hati-hati permainan penggiringan opini yang beredar didunia maya. Oleh karena itu IWB sarankan buat sampeyan yang mungkin biker murni alias bukan fansboy atau “pasukan nasi bungkus”, jangan masukkan hati komentar masif diseluruh blog sebab bisa saja mereka memang dibayar untuk itu. Mending buat hiburan dan ketawain wae. Anggap aja dagelan pelepas stres. Kalau dimasukkan hati? Iso stroke pakde sampeyan. Nah..kalau habis ini ada yang mencak-mencak berarti mereka memang pasukan nasi bungkus beneran :mrgreen: hayooooo. Btw, sampeyan percaya nggak cak dengan info dari teman IWB diatas cak ?…..(iwb)

198 COMMENTS

    • Kribo kena lagi..

      Kasihan, cuma buat sebungkus nasi rela begadang siang mlm buat BC tiap blog…

      Nasib klo jual motor ala kadarnya

    • WkWkWkWk……. MEMANG MEREKA DI BAYAR CAK!! TAPI TUGASNYA HANYA DI FB.

      SAYA ADA BUKTI! SCREENSHOT PERCAKAPAN .Y. DI FB.

      FBH/FBK/FBS HATI-HATI!! ‘SIAPKAN AMUNISI!’

    • Jelas laaagh products Suzuki tidak meninggalkan jejak keprotholan.
      No history of suzuki’s protolness

      Ngieh heh heh heh heh heh heh

    • Mungkin jg bukan bang , banyakan juga pembaca atau fansboy
      Atau seperti saya murid pak heru wijaya rem cbs

    • Bicara dunia permotoran, safety itu faktor mutlak. Performa hebat power mesin tanpa sistem pengereman yg mumpuni adalah sebuah bencana/musibah yg pasti tak seorang pun inginkan.
      Di era modern saat ini, ada tiga tingkat sistem pengereman yg diaplikasikan ke sepedamotor yg diproduksi secara massal.
      Tiga sistem tsb dikategorikan menurut performanya. Pun ketiganya sudah terlahir di era disk brake/rem cakram.

      Type/grade pertama adalah rem yg sekedar membuat laju motor berhenti, yg disebut ABS /Braking System type A. Type ini lumayan banyak dicangkokkan pada produk motor yg beredar di Indonesia. Terutama dari pabrikan yamaha.

      Type kedua yaitu BBS. Meski merupakan perkembangan dari jenis /grade ABS tapi jarang digunakan. Karena kompleksitas priduksinya.

      Type ketiga atau level tertinggi adalah sistem pengereman dengan membenamkan tehnologi anti macet, yg secara digital bekerja bersama unit elektrik mesin motor secara keseluruhan. Grade mutakhir ini terkenal dengan nama rem CBS. Sistem pengereman paling canggih dgn tingkat keamanan paling mumpuni. Dan telah lama diterapkan oleb pabrikan HONDA di Indonesia. Misalnya produk vario cbs, vario techno vario 150, honda beat, scoopy.

      Nah, dari pemaparan di atas jelas bisa dipahami produk-produk mana yg memberikan faktor safety/keselamatan yg optimal kepada para konsumennya.
      Ada produk motor yg menawarkan performa tinggi, namun hanya dibekali system pengereman ABS, yg notabene masih level awal/bertype A, padahal harga produk tsb mahal.
      Honda paham betul apa yg menjadi hak konsumen, salah satunya pada sisi keamanan yg handal tsb.

      Semoga sumbangan tulisan di atas bisa jadi pencerahan bagi masyarakat yg akan membeli sepeda motor

      Jika anda tentukan pilihan ke produk Suzuki, anda sudah tepat.

    • Fix Saya bukan anggota NASBUN yahh CUMA HEATERS FBY.

      FBH itu jarang ngebully Prodaknya TAPI ngebully FB JAS JES JOS belinya Mbeat… Paham kan.

      Klo pasukan NASBUN pasti yg diserang PRODAKNYA karna mereka dibayar Unt ITU LEK.

      makanya FBH serang balik SALES JAS JES JOS belinya MBeAT… FBY FEKIOK CRUTT…

    • News :
      – Belum 1 bulan Seal Usd R15 v3 sudah rembes/bocor oli.
      – Abis lewati jalan berlubang Swing Arm R15 Retak hingga patah dan terputus.
      – Dua shock belakang Aerox 155 bermasalah di Seal sehingga rembes dan bocor oli.
      – Terpaksa servis ke Dealer, Aerox 155 ada suara Krek-Krek-Krek di sektor mesin.
      – Diketahui Nmax/Aerox 155 tiba-tiba mati sendiri dan enggak hidup walaupun di starter berkali-kali.

      Fakta! Enggak percaya lihat di google atau grup Fb.

    • Ekek..
      Ngebeha dsini ora ono sing cerdas klo ngeBC..
      Bisae cuma buat akun kloningan…
      Komen kopipas..
      Kalah karo fby..pdhal ni warunge fbh…
      Wkwk..???

    • Heru wijaya ngaco blas..
      Mana ada ABS, BBS, CBS bagusan dari abjad ‘a’, ‘b’, ‘c’..
      Fungsi masing2 beda coy. Jgn bkin orang sesat, ilmu gk manfaat rugiin orang dosanya sampe akhirat

    • Honda semakin dibc ms semakin melejit…lah yg bc fby ms makin nyungsep…berarti kelihatan tololnya kan bc malah ms sendiri nyungsep

    • Sales atau pembaca sebenarnya sudah biasa
      Sudah ada sejak dulu dan murid murid juga ( biasanya siswa stm ) atau anak bengkel motor juga
      Seperti saya juga murid pak heru rem cbs

    • Bisa anda sekalian saksikan dengan mata kepala anda sendiri. Bukan laaagh rekayasa kami. Memang tidak ada bukti product-product Suzuki mengalami hal serupa foto-foto yg dishare sang empunya warung.

      Jelas laaagh products Suzuki tidak meninggalkan jejak keprotholan.
      No history of suzuki?s protolness

      Ngieh heh heh heh heh heh heh

    • Ekek..
      Ngebeha dsini ora ono sing cerdas klo ngeBC..
      Bisae cuma buat akun kloningan?
      Komen kopipas..
      Kalah karo fby..pdhal ni warunge fbh?
      Wkwk..???

    • Ini contoh Panasbung satu orang gonta ganti nickname suka giring opini SESAT… Orang waras juga paham siapa yang paling banyak BCnya dimari yaitu FBH..

    • Kresna
      31 December, 2017 at 07:03
      Ini contoh Panasbung orang suka giring opini SESAT? Orang waras juga paham siapa yang paling banyak BCnya dimari yaitu FBY..
      Contohnya
      -elu
      -MBAH DARMO
      -kribo
      -Jimoo
      Dan fby lain

    • Coba cari riwayat komen gua di artikel2 sebelumnya gak ada satupun yang pernah isinya giring opini…
      Ayo lebih giat lagi BCnya mas….

    • Kribo bilang beli motor honda pakai ktp zaza,padahal mongtor yamaho pake ktp zuga n ngga bisa cash.iku opini sesat si kribo rekk!!!

    • Ada teroi nya pak heru wijaya yg menjelaskan tentang masalah rem nya
      Yaitu generasi rem abs , bbs , cbs karena itu adalah rem tipe a,b,c

    • Bisa anda sekalian saksikan dengan mata kepala anda sendiri. Bukan laaagh rekayasa kami. Memang tidak ada bukti product-product Suzuki mengalami hal serupa foto-foto yg dishare sang empunya warung.

      Jelas laaagh products Suzuki tidak meninggalkan jejak keprotholan.
      No history of suzuki?s protolness

      No prothoolll
      Yaa Suzuki

  1. Saran saya, ini blog/web perbaiki sistem moderasinya.
    atau ganti kolom komentar dengan discuss lagi, lebih terkontrol dan gak belepotan saling hate speech.
    Saya dari dulu Silent Reader di blog/web ini, tapi akhir – akhir ini jadi risih untuk sekedar baca artikel, karena ya setelah baca artikel bukannya ada suatu forum bermanfaat yang bisa saling berbagi ilmu, ini malah berlomba – lomba hate speech.

    Mungkin ada yang bilang kalo gak kuat ngapain buka ?
    duh, please ini ranah umum lho, blog ini bisa saja di akses siapa saja di Dunia ini. Kalo yang mengaksesnya dari luar negeri, apa gak malu ? isinya hate speech ? gak MUTU. gak aneh Indonesia krisis yang namanya perbedaan.
    wong dari bikersnya aja saling menjatuhkan dan membenci sesama bikers.

    coba perbaiki ini, supaya lebih baik lagi.
    Just My 2 Cent

    • Ya tipe rem ke 2 yaitu rem bbs karena ‘b’
      Tipe yg pertama ‘a’ yaitu rem abs
      Dan tipe ke tiga rem ‘c’ yaitu rem cbs

    • Mungkin yg punya blog tidak takut dosa mas.
      Makanya komen kotor banyak dan dibiarkan juga kan. Yang penting blog rame.

    • itu yang di pengen si empunya warung…ben rame..urusan komentator ribut,,,bodo amat.

      iyo ga wan??
      wong produknya sing prothol kok nyalahno sales.
      lucu peno cak

  2. 5 besar
    Kl inyong pembaca blog n fbh
    Tapi inyong ra gelem dengan mongtor yamaho rekk!!!

    • Ya belum adanya rem yg tipe ‘c’ menjadi cbs nya mungkin salahsatu nya buat tidak bisa dimulai dg rem tipe ‘a’ , ‘b, ‘c’ menjadi abs , bbs , cbs

    • Murid pak heru ngaco..
      Mana ada produk bagus dari abjad ‘a’, ‘b’, ‘c’

      Fungsi dan cara kerja masing2 gimana? Ngaco abis.. ABS sama CBS aja kerjanya beda. Klo CBS didalemnya ada ABS baru bagus. CBS mah cuma central brake system, ngerem ngunci jg ngesot. Duh.. yg pinter dong

    • layla 31 December, 2017 at 06:58
      Judulnya salah wan seharusnya ? APAKAH SALEZ YAMAHO MIS*IN AMPE OGGAH BAYAR BANNER DI LAPAK CAK IWB? itu baru benar?

    • @layla
      Kami sangat senang jika anda jadi Fbh atau Fans boy lain tapi beli motor Honda dan mengakui kehebatan group Astra meskipun sedikit ada kelemahan.

    • sebagai pembaca, saya melihat fbh atau apalah, itu yg paling banyak melakukan bc kpd yamaha. itu masuk akal karena yamaha itu di segani. ms kecil tapi punya taring. ibarat orang berjamaah, satu imam di depan pasti akan di segani oleh makmum yg jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan. itu faktanya. yamaha ms kecill tapi punya potensi menggempur honda dengan inovasinya.

  3. Panasbung fbh paling masif BCnya lek… Saking demennya duit sama gak takutnya sama Yang Maha Kuasa.. Kena azab baru pada tau rasa.

    • Kresna
      31 December, 2017 at 07:00
      Panasbung fby paling masif BCnya lek?
      Contohne kribo
      Saking demennya duit sama gak takutnya sama Yang Maha Kuasa.. Kena azab baru pada tau rasa.

    • Nah tanpa banyak nunggu contohnya langsung kelihatan, lihat atas ane…
      Lo sama kribo sama aja busuknya, sama2 panasbung

    • @kresna

      Begitulah kelakuan penasbung bro, liat aja komennya yang terganas dan terkonsisten!

      Jangan ada yg ngejekin honda + ngatain dia, ente bakal dianggap fby,,,, wkwkwkwk

  4. Lek justru neg aekeh seng tukaran ng komen sampeyan beruntung lek.
    Soale traffi jadi mngkat. So ibarat pasar makin rame makin bagus
    Dan komentator juga terhibur latihan adu argumen .
    Jadi harao d pelihara saja

  5. FBY pasukan nasi bungkus,,,
    FBY pasukan nasi kotak,,,
    FBY pasukan nasi uduk,,,
    FBY pasukan nasi aking,,,

    Muuuuuuuuekekekekek,,,??????

    • Tobatlah wahai beha
      Ane dulu FBH tulen, begitu liat kualitas honda gak berubah ya udah nyeberang ke merk lain…
      #Salam5UnitYaaBeha

    • Belum tentu, kata pihak kami (Japan group) para blogger yang melanggar kerja sama… akan di kasih kartu kuning lanjut kartu kuning kedua dan bahkan kartu merah.
      Jika melanggar kerja sama antara APM dan Blogger.

    • FBS yg santai n santun TIDAK punya foto-foto keprotholan products

      Bisa anda sekalian saksikan dengan mata kepala anda sendiri. Bukan laaagh rekayasa kami. Memang tidak ada bukti product-product Suzuki mengalami hal serupa foto-foto yg dishare sang empunya warung.

      Jelas laaagh products Suzuki tidak meninggalkan jejak keprotholan.
      No history of suzuki?s protolness

      Yess yess yess

  6. Yg komennya lucu orangnya emang lucu,,,

    Yg komennya kasar orangnya banyak tekanan dalam hidup,,,

    Yg komennya gitu gitu aja orangnya kaga kreatip,,,

    Muuuuuuuekekekekek,,,??????

  7. bloger eh pasukan nasi bungkus itu real…
    emang begitu strategy marketingnya bro, cakar2an sengaja dilestarikan secara sistematis supaya pasang banner itu menguntungkan eh maksudnya terbawa emosi jd fansboy merek tertentu… xixixi

  8. Dan hati hati juga penggiringan opini dari postingan para blogger..disinyalir ada titipan opini/artikel dari produsen otomotif ini itu.

  9. Bener kang…banyak sales dan karyawan Atpm yg ikut mantengin blog….sampai matipun bakal dibela…wong bakul nasinya dihina…

  10. dulu kondang yg namanya darmo,jimmo,rdy akan tetapi skarang mereka telah punah,skarang mereka muncul dgn nama baru lg,pake nama kribo,bunda sayang,kresna,tp sekuat apapun bc mereka ttp tdk bs menaikan ms garpu karat.
    kasiiiiaaaaaaaannnn…

  11. oalah tersangkanya yang mewekan nyuruh bikin artikel , , tidak laen tidak bukan blog zebelah yang kipas kipas dolar itu to kang. . sudah ku duga wkwkwkwk ?(o???o)?

  12. Cara bedainnya nasi bungkus sama komentar murni, liat aja dari nick namenya meskipun gak sesimpul itu sih.. tpi yg paling keliatan ya dari nick namenya

  13. Busyet.

    Panasbung.

    Udah diklaim web sebelah alias kaskus. Jangan panasbung lah.. FBH FBY itu sudah tepat.

  14. sy cuma kasihan mereka menjadi bertambah dosa, hanya dengan segelintir uang ???

    kalo sy (, Muke gile) hanya menyerang FBY militan tsb (yang diduga nasi bungkus)…agar blog tercipta keadaan kondusif.

    Caiiioo?

  15. CBR250RR eksport 5 unit tinggal di kirim,,,

    MS 19% + tinggal kita lihat bareng bareng,,,

    Muuuuuuuekekekekek,,,??????

  16. nek urusane weteng pancen sensitip lek..
    gak po2 lek, rejeki warung sampean makin jaya lah..

  17. Selagi blog mazapahit yg paling netral ( katanya ) itu masih bikin bhan penggiringan opini…dijamin pasukan BC utk mnjlekkan honda tetep ada…
    #FAKTA

  18. News :
    – Belum 1 bulan Seal Usd R15 v3 sudah rembes/bocor oli.
    – Abis lewati jalan berlubang Swing Arm R15 Retak hingga patah dan terputus.
    – Dua shock belakang Aerox 155 bermasalah di Seal sehingga rembes dan bocor oli.
    – Terpaksa servis ke Dealer, Aerox 155 ada suara Krek-Krek-Krek di sektor mesin.
    – Diketahui Nmax/Aerox 155 tiba-tiba mati sendiri dan enggak hidup walaupun di starter berkali-kali.

  19. msih ada yg begituan y mas iwan.sayang bngt…. demi sesuap nasi hrus rela mati2an jatuhin produk lain.smpe njunjung tinggi produk andlanya.pdhal klopun produk yg d junjung laris mnis blm tntu jg mreka dpt komisi atpun bonus.lbih baik diskusi in dngn santai dn tukar pikiran.

  20. FBS yg santai n santun TIDAK punya foto-foto keprotholan products

    Bisa anda sekalian saksikan dengan mata kepala anda sendiri. Bukan laaagh rekayasa kami. Memang tidak ada bukti product-product Suzuki mengalami hal serupa foto-foto yg dishare sang empunya warung.

    Jelas laaagh products Suzuki tidak meninggalkan jejak keprotholan.
    No history of suzuki?s protolness

  21. menurut survei yang saya liat. yang komentar disini kebanyakan pembela honda. atau FBH dan mereka selalu menjatuhkan produk yamaha. kita coba liat FBY, FBS, FBK disini sedikit tidak terlalu koar2. tapi fansboy honda selalu mengotori kolom komentar dengan hasutan2 tidak jelas. dan selalu menjatuhkan produk yamaha. apakah mereka takut dengan yamaha??

    • Sebenarnya fbh itu gak menjatuhkan produk lain
      Fbh hanya mengkounter fby yang selalu menjelek2kan produk ahm

      Liat aja itu cb protol langsung fby menyerbu lalo produk honda gampang protol
      Cbr ekspor 5 unit langsung bikin tagline cbr 5 rr

      Padahal produk yamaha juga sama aja

    • Ekekekeke jngan tutup mata sok netral om,,, keliatan ko klo ente fby .
      Klo BC mau BY sama BH sama aja ,, cuma akhir” ini ada yng dari 100 comment,30 nya comment dia ndiri pke nick sama .

Comments are closed.