iklan iwb
“Sekilas mesin masih mirip dengan current engine. Masih SOHC ??”

Iwanbanaran.com – Pakdeee….alon-alon sing penting kelakon. Ojo bosen dan monggo dipantengin wae secara IWB akan terus bedah Yamaha new R15 yang saat ini menjadi hot topic diseantero dunia antah berantah (haaiyaahhh luas bener). Dengan dibantu kang DImas Ae (suwun cak)…kali ini IWB sukses mendapatkan sisi kanan yang menjadi misteri tak tergali dari new R15. Wihhhh menarik kiiii…….

Walau sudah IWB coba berikan sedikit prediksi, ternyata banyak reader yang tetap penasaran minta IWB coba menggali dapur pacu New R15. Project yang mengusung BK6 ini sudah wira-wiri dijalanan namun belum mampu mengabadikan sisi mesin. Dilalah berkat dibantu reader setia warung ini yakni kang Dimas, IWB berhasil mendapatkan satu image yang fokus pada bagian tersebut…..

Yup….kendati memiliki resolusi rendah, setidaknya kita bisa pantau crankcase engine bagian kanan disela booth rider yang dominan didepan mata. Dari gambar terlihat…ternyata pabrikan menutup brand motor dengan lakban. Jadi tulisan “Yamaha” pada crankcase ditutup scotlite hitam. Tujuannya jelas untuk menyamarkan identitas….

iklan iwb

So…pada angle ini terekspose crankcase engine secara jelas. Dan prediksi sementara….shape-nya ada kemiripan dengan current engine. Apakah ini artinya masih SOHC ??. Sulit untuk menyimpulkan sebab kita perlu buka bagian silinder head. Akan tetapi berdasarkan pengalaman…..crankcase mirip biasanya basis spek sama yakni Single cam….

“Perhatikan stang jepit yang tidak sejajar triple clamp….”

Dengan kata lain…IWB masih pada patokan awal bahwa new R15 tetap dibekali mesin single cam 4 valve. Kendati demikian tuning akan membuat new gen engine ini akan lebih powerful dibanding sebelumnya….dan itu wajib hukumnya kangbro…

Last…selain bagain crankcase IWB juga sukses mendapatkan image jelas posisi stang underyoke yang ternyata tidak seekstrim yang kita kira. Terutama desain stir yang masih ditambahin tonjolan keatas alias tidak sejajar dengan triple clamp. Nah….kalau menurut sampeyan sendiri piye cak. Punya analisa lain soal engine new R15 V3 dari gambar terlampir??? (iwb)

334 COMMENTS

  1. Daihatsu Grandmax DOHC yg biasa dipake Angkot …dari Terminal Pasar bisa loh langsung Race ke Sentul… Kan DOHC DNA Motogp ….

    Honda Jazz SOHC keliling Komplek aja…kan SOHC buat Bapak2 Komuter….

    Edisi menbantu jualan Sales Beha…

    Salam Stiker Tulisan DOHC di Fairing…

  2. REAL DOHC MENANG VS DOHC ABAL2 ITU WAJAR….
    REAL DOHC MENANG VS SOHC LEBIH ITU WAJAR LAGI….
    TAPI KALO SOHC BISA NGAMPLENGI DOHC….????
    WUIIIIHHH… MENDING LU TAMBAHIN LAGI TUH CAM JADI TRIPLE CAM ATAU QUADCAM SEKALIAN….
    NGOAHAHA….

    • Motor belum kluar dah ngomong sohc menang lawan dohc
      dah gak usah belagu pake bawa2 quadcam segala, lo banyak bacot beli gak motornya

      • La sentul itu apa bro…gak pernah baca ya kalo di sentul ada pembantaian masal DOHC lemot…
        Finish posisi 13 emang menyakitkan bro…tapi itulah fakta…mau gak mau trima aja..

  3. Setelah lihat bentuk headlamp diartikel sebelumnya, jadi g penasaran lagi ama ni motor…
    Lha piye, mukane uelek pool ngono… jidat lebar koyok papan pengumuman dikelurahan..
    Wkwkw

  4. Saudara-saudara setanah air NMAX155cc yang mesin blok atanyanya tiduran saja power dan torsinya nya tertinggi dikelas skutik 150cc itu karena VVA teknologi.

    Nah sekarang bayangkan mesin VVA 155cc dengan mesin blok atasnya model berdiri dengan settingan mesin untuk Sport Fairing power dijamin bakal ngilani power dan torsinya bakal jauh diatas CBR150 DOHC Overtroke cuma 17 HP klotok-klotok.

    Silahkan di BookMark

    • motor sport serasa matic
      daripada ini mending nmax sekalian motor nyaman gak pegel, motor sport mending cbr, gsxr kalo dah lebih dikit ambil cbr 250 bekas ato ninja 250 mono
      kalo masih suka sohc ambil vixion pakein fairing r125 dah lebih ganteng

  5. Ngak usahlah kalau Komen pada bertele-tele kenyataannya

    King of Kejurnas IRS150cc : R15

    King of Balapan dagelan Mbe alun-alun : CBR150

    Mesin DOHC hello Kitty AHM standar ya saja pada klotok-klotok pantas full oprek dengan regulasi Kejurnas mesin ringkihnya pada ambrooll banyak yg DNF Dan Letoy main di RPM tinggi selama 12 lap Secara Terus meneruss. Hasilnya 15 unit motor cbr150 yg ikut Kejurnas terbaik cuma bisa finish no. 9 dengan pembalap sekaliber Sudarmono sedang cbr150 lainnya mandul sebelum muncraatt sampe finish.

    Apalagi brojol R15 Ver 3.0 dengan fitur canggih dan design R series moge pastinya tercanggih dikelasnya you name it USD, Delatabox, Banana Alumunium Swing Arm, Underyoke dan Mesin VVA teknologi seperti SOHC Vtec Honda Jazz yang powerfull dikelasnya.

    Yamaha Semakin Alay yang lain Semakin Jablay

    • wkwkwkwkwk
      komen lo pake bawa2 honda jazz segala, brarti lo ngaku honda tu gampang kalo mau buat mesin powerfull

    • Lemot2nya dohc di video test ride dinyutub gak ada rlimolas menang lawan cebeer,ra ono piksen menang lawan cebe,jlubbb sopo sing lemot

  6. WEKEKEKEKEKE
    Ayoh tim SWAt terus BC-aza…inget perbuatan baik dibalas baik, perbauatan buruk dibales buruk…
    thunder verza sohc 2 klep beda material, beda semuanya lah dengan SOHC 4 klep Yamaha…

        • sales honda menempati 10 grid depan….
          menggonggong kuat2…saling bersahutan
          mana nih sales yamaha…?!?
          jahahahaha

  7. Ilustrasikan dong dengan hal lain. Knp sport harus dohc?? Emg klo sport sohc knp?
    Mau doch/sohc, Yang penting standaran ok mau dimodif juga ok.

    • tapi bro klo sport fairing masih sohc itu gak banget, kalo sekelas vixion masih wajar, r15 kan kalo gak salah diperuntukkan puresport, jadi aneh banget klo masih sohc, klo diperuntukkan sport touring wajar karna ngejar torsi

      • Mzbro paijo pernah nyoba r15 trs coba betot gas ngga? Feelnya itu jauh banget dari rasa motor naked yg ngejar torsi lho,apa mungkin karena gearingnya ya walaupun diatas kertas speknya ngejar torsi banget tapi trust me, mayoritas yang bilang r15 itu sport fairing rasa naked yaa antara blm pernah nyoba r15 sama keyboard warrior, peace?

        Testimoni org yg lebih terkenal dari saya yang sependapat? Ada tuh cari di artikelnya om Kobay hehe

        • w pernah bawa ya walaupun cuma sekali punya sodara, untuk tarikan gak jauh beda dari vixion, tapi masih dibawah satria f w yang dah oprekan harian, r15 kondisi standar yang w bawa dan dulu w di omelin kalo mesin hampir kena limiter, maklum motor pertama doi
          yah sebenarnya w gak tau full powernya sih, waktu bawa boncengan ma doi trus gak pernah nyentuh gigi 5

          • Pas nyobanya boncengan sama empunya, trs bawel ya empunya jadinya ga maksimal dan kurang terasa bedanya sama vixion?

            Atau mungkin karena faktor terbiasa make satria korek harian, 150cc 4t std jadi terasa biasa aja buat si mz?

  8. SOHC tetap SOHC… mau bilang powerfull kek, kemplengin DOHC kek
    tetep aja SOHC

    SOHC buat adventure atau naked bike itu lumrah, karena ngejar torsi
    tapi Sport fairing yang notabene terlahir untuk speed pake SOHC adalah sebuah PENISTAAN yang NYATA

    Fairing sport desain sok Moge mesin SOHC
    kalo masih ngotot SOHC mending ngak usah dipakein fairing
    Malu-maluin

  9. ckckck ..sing jelas ae iki ora gimik…

    sepeedo new r15 kyk android 7 inch full color…gamblang di liat.

    laah cbr ibrt hp jadul thn 2000 an item putih..buram…pke zluupp biar keliatan..

    ezzz ngono ae..slm mtr dangaaaakk..racing guyonan.

  10. Kadung mindset DOHC luwih apik vs SOHC mengena di masyarakat
    Tetep payu sak crit Wi mengko lek panggah gawe SOHC.
    Wi fakta Kang.
    Ancen printer sales Honda.

  11. hanya KAWASAKI yang adeemmm…..menurut ane yang bukan ahli mesin. Untuk 150 cc gak usah diributin pake SOHC atau DOHC….masing-masing punya kelebihan.

  12. ckck jejerkan sj tu r15 ma cbr ntr yg keliatan mtr abal abal kyk mntor cinaa ya cbr..

    cbr , blm usd, arm tahu bulat, speedo hp jdul thn 2000an, blm muka jelek gpeng wind shield mini kyk bebek…kweek kwekk…guyooonnn cbr mtr opoooo..

  13. Setelah GSX dan New R15 brojol CBR150 muka Gepeng badan cungkring jadi terlihat paling Culun, Lemot dengan fitur seadanya di kelasnya, Perbandingannya SBB :

    GSX150 Real DOHC Overbore 19ps, Underyoke, Keyless Entry,LED, Spido Full Digital dengan Gen Design mini GSX 1000cc. Dipastikan produk Global.

    New R15 Real SOHC VVA teknologi 18,5ps dengan torsi terbesar dikelasnya ditambah USD, Underyoke, Alumunium Swing Arm model banana, Deltabox, LED, Spido Full Digital 5? inch terbesar dikelasnya dengan Design turunan Gen Moge R series dari R1/R6. Kemungkinan besar versi premium sudah Keyless Entry karena Aerox dan X Max250 juga memakai Dan Ada Versi ABS. Dipastikan produk Global dan Gen R15 sudah terkenal sebagai penguasa Sirkuit.

    CBR150 DOHC Overstoke 17ps Klotok-klotok dengan fitur terendah dan terlihat murahan dikelasnya karena masih konvesional. Design ora jelas dengan ?Muka Gepeng? mau dibilang turunan Gen moge CBR series tapi lucu karena moge2 CBR tidak ada yang mukanya gepeng. Bukan produk global karena cuma ekspor hanya ke Timor Leste.

    Jelas terlihat dari ketiganya yang sudah dipaparkan secara gamblang R15 versi terbaru ini mempunya Nilai Value for Money Lebih tinggi dibanding rival-rivalnya apalagi desusnya harganya cuma beda ngak sampe 1 juta dari CBR150 sekarang.

    Salam Satu Hati buat Yamaha Semakin Didepan

  14. ckck ..mtr cbr pnjiplak sejati mulai bntut plek r15 di bolong bolong..muka r15 di sipitin….led gk terang,, d jual mhl selisih 15 jt dr bebek dg mesin sm fbh mnggut mnggut….kaum gk pnya jati diri …yg bs blg juooosss…

  15. Pake SOHC aja yg lain pada takut..! apalagi klo di ganti pake REAL DOHC di jamin hon hon dohc odong-odong nya makin stres euy.

  16. Tenang aja bro.ntar dikasih tulisan LC4V +VVA +Deltabox+Alumunium swing arm+USD. Teknologi moto gp.blue core. Buat nutupin SOHC nya.?????????????????????

  17. Dulu honda yg budek g mau dengar konsumen skr penyakit itu sdh pindah ke yamaha. Itu kl mesinnya ttp SOHC. Melihat spyshoot pertama dr samping mtr ksn gue woww, dr belakang mtr jg woww, trs dr samping lampu dpn sedikit woww, tiba saat lampu depan waladalahh sy kecewa. Utk mesin blm ada info, kl ttp SOHC plus VVA, sport rasa matik nmax jgn harap gulingkan cbr dehh. Isa ngimbangin penjualan saja super fantastik itu.

  18. new r15 turunan r6

    gsx 150 trunan gsx 1000

    cbr 150 jiplakan r15 lawas ..fkta mmlukan yg sulit d akui fbh.

  19. Pistonnya mesin doch sama soch gimana pakdhe?
    Yoo mak slog oselog oselog oselog oselog gitu mbokdhee

  20. “menjadi hot topic diseantero dunia antah berantah”
    hahahaha… dunia antah berantah itu dunia khayal / dunia dongeng kang Iwan.. kasihan dong hot topicnya tidak di dunia nyata… hahahahaha….

  21. Fairing bike pake SOHC adalah PENISTAAN yang NYATA
    terserah ntar VVA 4V 155cc tetep aja SOHC

    abaikan USD, swing arm dll. yang diluar mesin
    kita bahas mesin dulu yg paling utama dari sebuah motor sport
    SOHC adalah sebuah AIB buat Fairing bike yang katanya moge look

    cuih…

    • Cbr150 memang saya akui sebagai motor dengan desain ciamik yg bahkan pabrikan motor itali pun mengakuinnya

  22. Kenapa yg dibahas di komen cuma SOCH DOCH SOCH DOCH SOCH DOCH…siapa sih yg mulai ni?
    Orang Indonesia seperti dijajah perlahan2 diadu domba oleh anak negri sendiri yg terlalu membanggakan produk luar..di Jepang gk ngotot Kya dsni..budaya sales yg menjelekan brand lain tanpa peduli evek buruk dikemudian hari
    Cuma gara-gara motor bsa pecah persatuan..
    Sudah dibahas berkali-kali di banyak sekali blogger klo SOCH dan DOCH itu pengaruh.y cma dkit bgt di kelas 150cc..
    Yg bilang muka lele lah SOCH lemot lah muka sipit lah mesin klotok2 lah tu Kya orang Bru pertama liat motor bawa motor nyoba motor
    Pabrikan bikin motor baru bukan cuma buat negri ini doang
    Mereka juga jual keluar
    Klo cma ngikutin selera suatu negara keuntungan yg didapat kecil
    Sudah lah gk usah jelek jelekin suatu brand..blm tentu bisa buat kn..desain fairing motor lebih sulit dari bikin kartun 3d bro..
    Sebagai contoh..
    Windshield..bikin bentuk.y di softwere aj perlu perhitungan matang. Cuma buat gambar aj bsa makan waktu berminggu-minggu untuk yg bener2 baru n gk ad ukuran pasti apalagi ditambah analisa pengaruh aliran udara ke windshield
    Saya yakin klo teknik yg pegangannya sofware catia tau
    Hargai yg sudah susah2 desain bro..jngn diolok-olok..klo gk suka jngn dibeli tp juga jangan diolok-olok…kasihan yg dh capek2 bikin berbulan-bulan cma diolok-olok aj
    Plis stop kebiasaan ini ya

  23. mtr ukuran 150 cc yg pnting jmlh klep ma bore stroke nya..klo overstroke dohc maupun dohc ya lemot d atas!! … udah fbj jngn nipu org mulu..pke bndingn sohc dg versa dkk..neraka udah penuh.tobato..ckck.

  24. Bapak bapak FBH aj naek bebek mesin DOHC brooo..

    Mosok FBY nungging nungging bak pembalap motongJP masih pake mesin Bebek Wadon tulen SOHC Operstruk jaman Honda Ulung70.. wkwkwkwkw

  25. Bro iwan..
    Akhirnya trungkap sdah. Mesin purbakala made in fong zheng dan usd dhaka corp bangladesh ini.
    Mancaapp hatiku tuk meminangnya,,
    Knapa,,??
    Knalpotsnya bro….
    Keluar asap putih bau mengkudu basi.

  26. Ciri Ciri Mocin adalah..
    1. Rangka Delta seng Import India
    2. Sock USD hora eneng Merknya Import India atos Glodakan
    3. Pelk hora eneng merknya Rawan Gheal Gheol Import India
    4. Mesin Khas Mochin jiplakan Honda Ulung70 SOHC Operstruk
    5. Injeksi Abal abal Knalpot nembak nembak buorosnya pol
    6. Mesin Ngebul tiap 500Km Nambah Oli mesin…

    Nah yo kl ada motor merk Jepang seperti ciri diatas yo MuooooooooooDhar..Ae..Moo

  27. Rindu yamaha yg dulu,yg bikin motor dg desain yg cakep dan mesin yg kencang.dg status pernah merajai skutic jg sport 150.mestinya bukan hal susah bikin dohc 150cc.sisain dikit kek untung penjualan sport 150 yg ber tahun2 menguasai MS buat bikin dohc 150cc.masa kalah sama suzuki yg penjualan kurang moncer.sampai kapan konsumen dikasih mesin sohc,sementara honda dan suzuki sudah bermain dohc.

    • Moto gp juga,mesin V itu lebih unggul dari 4 cyl inline,kenapa g bikin.lihat honda,jika cuma 4 cyl inline, honda g perlu susah2 honda punya cbr1000rr yg 4 cyl inline.tapi buat moto gp,honda paka V engine.

  28. Kang IWB kalau diliha-lihat fairing dan tangki ngikuti prototipe R25 yang diama dijadikan standar design fairing R series dari New R1, New R6 dan sekarang New R15. Bedanya yang moge2nya dikasih lampu model proyektor dibawah fairing. Sedang R15 sentuhan lampu sipit dengan buritan lebih mendekati model New R6.

    Saya yakin Next R25 juga ke Arah R series Global nah kalau R25 akan lebih mendekati Moge model New R1 nya.

    R series Corporate Design.

  29. Bro iwan
    Jelas2 ni sdah d ranah hukum,, penodaan otomotif. Msa mtor baru d bejek 8 rb rpm keluar asap putih bau mengkudu.
    Aihhh… Kyaknya mesti riset ulang lagi nih motor cino tiongkok usd fong zheng.

  30. Coba kupas daleman tangki plastiknya kang.. ane jamin isinya tangki LPG 3Kg.. wkwkwkwkwkwk

    hare gene motor Sport 90% plastik Import India.. YIMM cuman kebagian tugas mengecat ulang.. wkwkwk

  31. dohc 2 cams…di buat irit d set knceng…hasilnya mass pro d pke sethunan klotok..

    dan fi irs di modif blp meleduk..nasib mesin bebek d pke d sport…d jual muahl pulak..gilaanii

Comments are closed.