iklan iwb

Iwanbanaran.com – Buanyakkk kang….asli banyak bener yang komen ke IWB gara-gara banyaknya spyshot Yamaha new R15 nongol diwarung ini. Spyshot yang buanyakkk dan terkesan berseri. Tidak heran reader kritis ini sontak menuding IWB memiliki kerjasama dengan YIMM dengan tujuan membantu nge-blast calon gacoan anyar mereka. Kasarnya…spyshot wira-wiri dijalan hanyalah gimmick marketing Yamaha. Apakah demikian??….

“Kenapa ya Yamaha perasaan lebay selalu tebar spyshot dijalanan sebelum produk rilis?. Kayaknya strategi marketing nih biar menjadi pusat perhatian…”seru salah satu reader IWB sebut saja Bunga. Beda Bunga beda juga dengan Kuntul (nama samaran). Doi malah membandingkan dengan Honda yang tidak main spyshot jalanan malah moro-moro njedul sudah launching…

“Yamaha sepertinya kerjasama dengan Blogger buat blast produknya. Spyshot sengaja disebar tim marketing YIMM yang memberikan pada Blogger untuk dikeluarkan pelan-pelan. Basi !”celotehnya. Komen pro kontra yang sangat menarik cak. IWB wae sampe manggut-manggut sehingga tergelitik meracik artikel. Kenapa??….

iklan iwb
spyshoot vixion

IWB sendiri ora urus masalah marketing…horaaa sudi mikir. Biarin wae pakemnya masing-masing. Namun setahu IWB, tes jalanan Yamaha ini bukanlah hanya setingan agar menjadi pusat perhatian. Sepertinya bukan kangbro. Kenapa?. Sebab IWB pernah ngobrol dengan mantan RND YIMM (nama nggak bisa IWB sebutin) yang membeberkan secara gamblang tes terbuka Yamaha….

Pada intinya….mereka memang memiliki tahapan-tahapan yang harus dilalui. Salah satunya adalah tes jalan sesungguhnya hingga target 30 ribu kilometer. Tiap 10 ribu kilometer ada tim khusus yang mantau dan ngecek keausan komponen…lalu dicatat dan diteruskan pada bagian terkait jika mengalami kerusakan…

Selain komponen, kekuatan casing juga dicek. Apakah saat melibas jalanan rusak dan menempuh jarak puluhan ribu kilometer casing bergetar, posisi baut ataupun perubahan lain ditemukan ?. Semua ada datanya. So…diharapkan dengan tes uji jalanan sesungguhnya akan mampu mendapatkan kualitas maksimal sesuai yang dipatok pabrikan. Terus kenapa spyshot banyak bener diumbar di Blog atau internet?….

Mungkin karena faktor kebetulan belaka kang. Saking banyaknya rider awas pasti pergerakan mereka dijalanan tidak luput dari mata kamera. Kenapa IWB yakin?. Lawong beberapa foto dijepret reader langganan IWB yang nobabene hanya karyawan biasa tidak ada korelasi dengan pabrikan. Lalu kenapa Honda tidak melakukan hal yang sama dengan Yamaha agar bisa heboh ?….

Tiap pabrikan punya regulasi. AHM sendiri lebih merasa aman jika produk dites didalam sirkuit internal pabrikan tertutup untuk umum. Bebebarap variable dimasukkan simulasi seperti layaknya rintangan dijalanan sesungguhnya. Dari pengamatan IWB memang hanya Honda yang super ketat soal ini….

Kawasaki dan Suzuki masih termonitor tes jalanan. Sebut saja Ninja RR Mono ataupun GSX-R/S150…..kedua produk contoh kongkret mereka melakukannya. Artinya….tes jalanan dan terjepret tidak selalu gimmick marketing. Kecuali jika foto menggunakan tipe DSLR pro….lek kuwi emboh…..

Last….kalau menurut sampeyan sendiri piye cak. Masih yakin bahwa seluruh spyshot yang diumbar di Blog merupakan setingan pabrikan alias sengaja untuk menarik perhatian para biker??. Punya opini soal ini pakde?….(iwb)

267 COMMENTS

  1. Joss lek…lanjutkan,kami butuh informasi otomotif…coba kl iwb ndak buat artikel ttng motor walaupun bahan dr foto2 spyshot,kita orng awam ndak bakalan tahu kl mau ada motor baru…plng ndak kita bisa ancang2 untuk milih motor kluaran terbaru nanti

  2. Ya bukan gimmick lhh kalo saya ( inyong ) kepapasan ( kepetuk ) apa ijig ijig jalan bareng ( melaku bareng ) sama tes rider montor baru di jalanan ea jelas pingin mem foto ..transfer gambar meng bloger lhh..ben pada ngerti ( biar pada tahu ) …malah jdi bikin greget kaya kuwe…sayang inyong ra tau kepapasan / kepetuk.

  3. ingat bos yamaha akan bener2 memanfaatkan semua media informasi yg ada,,,jd siapkan aj kejutan selanjutnya,,,,

  4. Kasihan sekali fby,dah berharap desain bagus malah begitu desain depan keliatan pada kecewa,belum lagi mesinnya masih sohc kayak verza dan thunder..yg sabar ya cung.

  5. Emange fbh sukanya digobloki pabrikan, produk tanpa tes durability ujug2 brojol. AHM gak mau ada tes jalan, krn begitu orang tau ada facelift takut curent produk gak dibeli orang. Wong mikire yg penting untung, konsumen mah bodoamat…Wkwkwkwk mikir dikit ngapa

  6. memang sekali lagi komentator di blog mas iwan ini agak konyol, masih mandang merk yg dia dukung dan bandingin motor tidak sesuai

  7. Gimik yg dibumbui pembodohan doang tuh, semua motor yimmi yg dites dulu sebelum jual psti ada part yg cacat setelah pemakaian bbrapa kilometer
    Contoh pigsen dg komstir oblak,ngebul boros oli, gampang protol shock dn pelk, arm cekluk2, deltaseng cpet kropos. bebek+matic commuter dg ngeden &geal geolnya. nmex dg sock glodakan+stang miring. Dan msh banyak lg!
    Mana yg katanya tiap 10rb km di cek klo ternyata yg d tangan konsumen penyakitan produknya??
    Ngahem juga payah gk berani tes di jalanan alhasil kualitas alakadare.
    Jangan dibutakan oleh brand luar, Indonesia cuma dpet fee dikit jepun Untung banyak itu fakta cung
    Note: ane bukan fbh/fby

  8. Ga usah di tenggepin lek iwan… biarin aja.. namanya spyshoot ko. Beda kalo di photo di studio baru tuh lek iwan ada main dg yimm. Lha wong di jalan raya yg ambil gambar juga jelas bukan karyawan yimm. Biarin aja mungkin yg komen begitu baru nongol di warung lek iwb

  9. walah komentar berbau prasangka dari segelintir kerjaan aja sampe dibikinin artikel om…. mau beneran gimmick marketing atau murni tes jalanan ngapain mereka ikutan pusing yak? :/

  10. walah komentar berbau prasangka dari segelintir org kurang kerjaan aja sampe dibikinin artikel om…. mau beneran gimmick marketing atau murni tes jalanan ngapain mereka ikutan pusing yak? :/

  11. masih lah kang, udah pada tahu trik marketing, enjoy aja bacanya sih..

    ni artikel juga bisa jadi titipankan? (ada story titipan agaknya) heheh, semua perlu makan sih, gak ada masalah juga rasanya.. peace kang, lumrah kok.. suudzon mode = on ?

    dan lucunya spyshot juga percuma utk beberapa produk yamaha Indonesia, wong versi full dah dirilis di luar duluan..

    aplgi photo terakhir yg keliatan muka test ridernya, gk sgajakah?

    ok2 aja triknya, mgkn buat galau dan hype fans atau calon buyers, smbil mengira2 dan waw efek begitu keluar, and yang jelas mgkn menghold penjualan lapak merk sebelah..

    jadi inget gmana hype GSX, eh trnyata ter… designya gk sperti ityuu..

  12. Ibarat komik ato cerita berseri selalu dibikin tidak tuntas biar pada penasaran, trus nunggu n nyari lagi. Tehnik ituuuu… tapi namanya apa ya?
    Sah saja kok itu. It’s a must instead

    Kalo pmbaca warung ini memang demen sama gaya tulisannya. Kayak saya kesel juga kena jaring tp balik lagiii…

  13. Gimmick marketing hanya point plus lek…intinya selain ymh suzuki kawasaki melakukan tes jalanan untuk mendapatkan data part yang akan rusak dalam waktu dekat,shg pihak terkait bisa mengantisipasinya, entah dgn cara menyediakan spare part atau menambah kualitas part yg rusak dalam jangka pendek.

  14. Gimmick marketing hanya point plus lek?intinya ymh suzuki kawasaki melakukan tes jalanan untuk mendapatkan data part yang akan rusak dalam waktu dekat,shg pihak terkait bisa mengantisipasinya, entah dgn cara menyediakan spare part atau menambah kualitas part yg rusak dalam jangka pendek.

  15. ada masalah sama test jalan??
    ga usah kojel kojel gitu lah, lha wong sampah aja kalo ahaem yang jual pasti laku kok.

  16. Namae juga pabrikan modal cupet kang.. jangankan sirkuit internal buat test…. punya lahan buat parkir njemur setelah di cat ulang aj udah bagus kang….

    Lirik yaMaho pabrikan tukang Cat ulang motor hasil RRRRRRijekan india..

Comments are closed.