iklan iwb

tes-dyno-cbr250rr-2

Iwanbanaran.com- Kangbro…diawal Honda merilis all new CBR250RR, mereka memperkenalkan 3 riding mode. Tujuannya supaya rider diatasnya merasa nyaman dan aman sehingga bisa memilih karakter muntahan power sesuai kebutuhan. Namun banyak yang pesimis dan menduga semua hanya permainan sensitifitas gas. Nah…untuk membuktikan hal itu Otomotifnet sukses menggelandang sang fairing diatas mesin dyno Sportisi. Diukur power on wheel tiap riding mode…..inilah yang didapat mereka….

Tes dyno dilakukan Aan (otomotif) plus punggawa Sportisi yakni Bram dan Koko disaksikan Blogger kawakan kang Leo. Menggunakan mesin dynotest….status motor sendiri adalah? milik AHM yang dipinjamkan kemedia untuk berkendara harian. Testing membidik muntahan power tiap riding mode. Sebagai informasi ada 3 riding mode yang ditawarkan Honda all new CBR250RR yakni comfort, Sport dan Sport +. Dan setelah dilakukan running 5-10 kali, berikut hasil lengkapnya….

iklan iwb

1. Comfort

Pada riding mode paling lembut ini….muntahan power seperti ditahan. Bisa terdeteksi dari grafik yang cenderung flat dan direntang 8,700 RPM tenaga dikebiri sehingga tidak bisa melejit lepas. Direntang ini BBM cenderung irit terdeteksi dari AFR (Air Fuel Ratio) yang kering. Ledakan power terbaik pada mode ini tembus 28,98 HP dan torsi 18,29 Nm@9500 RPM…

honda-all-new-cbr250rr-201c7-iwb1

2. Sport

Pada riding mode tengah….muntahan power langsung melejit ketika masuk RPM 9000. Dan yang mengejutkan limiter mencekik teriakan mesin lebih dari 14,000 RPM atau dikisaran 14,100 RPM. Iki berdasarkan alat lho cak…bukan feeling. Direntang ini BBM cenderung lebih boros terdeteksi dari AFR (Air Fuel Ratio) yang basah. Ledakan power terbaik pada mode ini tembus 30,72 HP@12,800 RPM dan torsi 18,87 Nm@9700 RPM…

3. Sport +

Seperti halnya mode Sport, pada Sport + grafik muntahan tenaga terkail beringas pada rentang 9000 RPM. Karakternya mirip Sport namun perbedaanya lengkingan tenaga sedikit diatas mode tersebut. Dan IMHO mode inilah power sesungguhnya dari all new CBR250RR. Sport + mendapatkan muntahan tenaga terbaik 31,06 HP@13,300 RPM dan torsi 19,16 Nm@9600 RPM…..

So…hasil akhir lebih gampangnya bisa IWB kompilasi sebagai berikut :

  1. Mode Comfort:?28,98 [email protected] RPM, torsi 18,29 [email protected] RPM
  2. Mode Sport: 30,72 [email protected] RPM, torsi 18,87 [email protected] RPM
  3. Mode Sport+: 31,06 [email protected], torsi 19,16 [email protected] RPM

hasil-dyno-all-new-cbr250rr

Yup…jadi per riding mode ledakan power juga berbeda kangbro. Artinya bukan hanya permainan sensitifitas dari gas aja. Hal ini senada dengan penuturan pak Endro Sutarno dari Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) yang pernah mengatakan dengan gamblang atas sistem riding mode….

“Bukaan valve disesuaikan dengan riding mode. Untuk comfort bukaan katup paling sempit sehingga pasokan BBM juga efisien. Praktis comfort paling irit dibanding dengan dua mode diatasnya. Katup (valve) yang paling besar adalah sport +. Pada mode ini valve (kupu-kupu) throttle body membuka sempurna?.

?Mapping pengapian (maju mundurnya) juga disesuaikan agar letupan tenaga optimal. Jadi bukan hanya mengatur bukaan katup (kupu-kupu) TB namun juga pembakaran menjadi fokus utama. Besarnya bukaan katup dipengaruhi macam-macam sensor seperti sensor kecepatan, suhu sekitar, tekanan udara dan pastinya riding mode. Lebih kurangnya demikian..”serunya….

all-new-cbr250rr-iwb

Last….dengan suguhan diatas bisa disimpulkan, tiap riding mode memang menawarkan perbedaan karakter serta besarnya ledakan tenaga. Dan dengan mode ini pula akan membantu biker mendapatkan keiritan maksimal pada riding mode comfort….dan performa maksimal saat ingin menggeber sang kuda besi dengan Sport+. Yang menyenangkan lagi kangbro….pada mode comfort-pun ternyata muntahan power on wheel CBR250RR masih tetap diatas rival mereka. Dan jelas ini kabar bagus bagi para penunggang CBR250RR tentunya. Nah…ada komen soal hasil diatas cak ??……(iwb)

 

166 COMMENTS

  1. Iya Bro MT ga usah baperan gitu ah. Liat tuh mbah darmo aja org mo ngmong apa jg dia woles aja, yg penting ttp konsisten ngeBC. Bwt sales H jg ga ush manas2in trs dong. Kl mereka udh mentok bilang wajar kl produk yang lahir belakangan unggul segala2nya itu artinya mereka udah mengaku salah. kan selesai urusan.

  2. Disinyalir kuat System Riding Mode pada Honda CBR250 ini bisa juga di pasang ke motor yaMaho Rhoembeng Plastik25… tapi melihat kwalitas mesin daleman plastik rawan AMbrol bin Prothol…
    mentok juga bisa di pake mode Comfort..
    kl di pake mode Sport… alamat klotok klotok…
    kl di pake Mode Sport+… Ostosmastis mesin yaMaho Rhoembeng Plastik Ambrol bin prothol Bro….

  3. Disinyalir kuat System Riding Mode pada Honda CBR250 ini bisa juga di pasang ke motor yaMaho Rhoembeng Plastik25… tapi melihat kwalitas mesin daleman plastik rawan AMbrol bin Prothol…
    mentok juga bisa di pake mode Comfort..
    kl di pake mode Sport… alamat klotok klotok…
    kl di pake Mode Sport+… Ostosmastis mesin yaMaho Rhoembeng Plastik Ambrol bin prothol Bro….,…

  4. yaMaho Rhoembeng Plastik 25 juga ada riding modenya Bro?
    Riding mode brosur marketing 36HP Mesin Ostosmastis Klotok klotok
    Riding mode sunatan nggak sampe 30HP Malah mesin tambah Ambrol..

    bikin mesin SOHC Operstruk aj masih ngebul belum bisa temukan solusinya pake latah latah bikin DOHC.. Ambrol bin prothol tenan Broo

  5. ekekkekrkr

    3 Riding Mode C3BokeR 250 RRompalll :

    1. Lemot
    2. Ngedennnnnn
    3. Borosssssss

    ayoooo ayoo tinggal dipilihhh pilihh

  6. di tngan ssalesss beda 1 hp gk kn terasa…beda d tngn pmblp pasti terasa..untuk konsumen jngn buru buru dl klo pngn mtr kncang , klo pngn ngrasain beda lonjakan power coba deh ninja rr..superskips buka nih cbr ketinggln 5 km….

  7. ekekekekekke

    udah gak usahh bertele tele MaHooondaaa aja kepingin motornya kayak SOHC 4 katup apa daya yg ada malah bikin DongoHace Overstrukkk chamsaft Klotak Klotakkk Turunan dr GL Protol zan Behula Megalitikun satu per Satu pada mreteli Ngedeennnnnnn Borosss yowww Lemotttt walaahhhh

    hayayayayayay

  8. bro semua..minta sja adu drag atau apapun biar semua jelas.. gua juga nunggu di you tube, kalau2 ada yang uplot hasil balapan (kemungkinan besar balapan jalan raya) antara 4 merk seperempat literan yang sudah ada di indonesia..(honda, yamaha, kawasaki dan ktm)..coba yang fair balapannya, baru deh kelihatan..
    gimana?ok kan?…sukses buat semua merk motor!!!, gua ga minded satu mek.

  9. preeeet!!! byson lu kate bisa kjar cebong,, rider cebong yang lu lawan ga punya nyali tuh,,, byson stop n go emang lumayan, tapi masih mencret mencret klo lawan cebong, apa lg klo dah speed 110-120..napas byson abis.. cebong masih panjang tuh napas .. byson overstroke brooo.. limiter rpm aja jauh dibawah cebong.. gw sering ngpoor byson ban cacing.. tetep aja mencret lawan cebong gw.. hihi.. kira-kira dong klo nyari lawan.. ya klo sama verzah mungkin masih seimbang tuh byson

  10. masalahnya motor 2 tak dah ko’it.. tingggal nama.. STOP PRODUCTION!! ga lolos kategori MOTOR CANGGIH (ramah lingkungan)

Comments are closed.