iklan iwb

cbr250rr-iwb

Iwanbanaran.com – Jaman emang makin edan cak. Lha piye…..siapa pernah bayangin motor bisa diatur karakternya hanya dengan menekan tombol. Seperti riding mode misalnya. Teknologi yang ada di big bike ini pun diturunkan oleh Honda pada all new CBR250RR. Dan IWB adalah salah satu Blogger yang beruntung jajal langsung….nyicipin dijalanan guna dishare diwarung ini. Memang benar cak….Sport + bikin motor ngibrit bener. Nah…seperti apa sih feel-nya dijalanan?. Berikut review singkat IWB….

Dalam perjalanan turing yang berjarak 238 km, IWB sukses jajal tiap riding mode all new CBR250RR. Menerapkan sistem Throttle By Wire (TWB) alias tanpa kabel sling…..Honda menawarkan 3 riding mode yakni Comfort, Sport dan Sport+. Pertanyaannya….apakah riding mode tersebut betul-betul bekerja dengan baik dan bukan gimmick marketing??….

iklan iwb

Ternyata bukan omong kosong. Saat sampeyan menggunakan riding mode comfort….feel saat gas dibuka seperti tertahan powernya. Jadi gambarannya….gas dipuntir RPM tidak melejit cepat. Waladalah…..gini to rasanya riding mode comfort. Artinya sampeyan tidak bakal ada ceritanya ragu betot gas walau kondisi jalanan licin sebab gas tidak terlalu sensitif. Mungkin untuk adik-adik yang baru nunggang motor 250cc dua silinder cocok ki cak….

honda-all-new-cbr250rr-201c7-iwb1

Lalu untuk mode sport….feelnya normal seperti berkendara biasa. Disini IWB merasa lebih cocok untuk jalanan perkotaan yang padat. Passing ability oke…..tapi power tetap terkontrol dengan baik. Lain lagi ketika masuk Sport +. Saat masuk kemode ini sampeyan akan merasa raungan mesin juga berbeda. Ngelos tenan cak. Agresif serta reaktif. Tendangan RPM juga mengikuti puntiran gas tanpa jeda. Kalau IWB sendiri cocok dengan mode ini ketimbang lainnya. Maklum rek….jiwa nom-noman hehehe….

Sampeyan bisa memindahkan riding mode kapan saja….speed berapapun serta pada kondisi apapun. Hanya saja saat sampeyan tekan tombol “riding mode”…..sistem display akan switch berkedip yang berarti sistem belum masuk salama gas terus dibuka. Namun sekalinya sampeyan menutup gas….sistempun akan aktif pada riding mode baru. Kira-kira demikian. Pertanyaannya…apakah riding mode ini hanya akal-akalan ngatur sensitifitas bukaan gas??….

Ternyata nggak sesimpel itu kangbro. Menurut pak Endro Sutarno dari Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM)…riding mode dihasilkan dari sistem terpadu antara Throttle By Wire (TBW)…Accelerator Position Sensor (APS) serta Engine Control Unit (ECU) atau di Honda biasa disebut ECM (Engine Control Module). Jadi flownya cak….saat TBW dibuka….APS akan membaca dan mengirim pesan ke ECU….

new-cbr250rr

Ibarat otak…ECU akan segera merespon dan memerintahkan besarnya bukaan valve (kupu-kupu) pada throttle body sesuai dengan riding mode. “Bukaan valve disesuaikan dengan riding mode. Untuk comfort bukaan katup paling sempit sehingga pasokan BBM juga efisien. Praktis comfort paling irit dibanding dengan dua mode diatasnya. Katup (valve) yang paling besar adalah sport +. Pada mode ini valve (kupu-kupu) throttle body membuka sempurna….

“Mapping pengapian (maju mundurnya) juga disesuaikan agar letupan tenaga optimal. Jadi bukan hanya mengatur bukaan katup (kupu-kupu) TB namun juga pembakaran menjadi fokus utama. Besarnya bukaan katup dipengaruhi macam-macam sensor seperti sensor kecepatan, suhu sekitar, tekanan udara dan pastinya riding mode. Lebih kurangnya demikian…“seru pak Endro. Waladalahh…jebule emang canggih kangbro. Jlimet euy….

Last…..fitur riding mode jelas membuat all new CBR250RR menjadi benchmark baru bagi motor sport fairing 250cc tanah air. Belum lagi suspensi USD yang diracik secara serius dikombinasikan swing arm almu cukup besar dan terbukti ampuh membuat IWB tercengang. Wiss to cak…handlingnya jiann nggilani tenan. Tapi sabar…IWB kupas kelebihan dan kelemahan motor ini pada next artikel. Artikel yang lebih dalam pastinya. Untuk pemanasan IWB suguhkan dulu teknologi TBW + riding mode. Ben gamblang sik cak. Dan untuk melengkapi itu semua, IWB sudah racik video reviewnya dibawah ini. Cekidot pakdeeee !! (iwb)

Video mengoperasikan riding mode CBR250RR saat jalan

HP klik disini

129 COMMENTS

  1. “”Belum lagi suspensi USD yang diracik secara serius dikombinasikan swing arm almu cukup besar””

    FBY mah mentok di kasih Teleskopik Jadul atos glodakan gk ad merknya plus arm tahu sumedang kotak besi.. itupun FBY udah mangut mangut jas jos tpi hora tuku.. padahal udah bonus Voucher Recall lagi..

    • Kalo mau BC, pinter dikit.. shock yamaha pada make brand KYB a.k.a KAYABA.
      Soal inverted fork, gw setuju ini lompatan hebat dr honda yg terkenal pelit dgn fitur..
      Honda meracik ini motor dengan harga dan fitur yg mumpuni.. kl desain mah soal selera..
      Ga ada pabrikan ygau produk nya memiliki kecacatan, trus kl misal nya ini cbr ada cacat nya nanti, gimana? U berani makan knalpot nya pake sambel?

  2. Top speed blm ad yg posting ya..
    Kl std top speed bisa 165 km/jam gps insy sy beli. Kl msh dbwah 160 ya ga ada bedanya dg r25

  3. jimoo – November 15, 2016

    drpda 70 jt cm dpt motor sgitu mnding klo saya pilih 2 stroke?uang sisa untuk modif bs tembus 180 kpj?akselerasi jg kyk setan, klo pngn speed gk malu maluin lho pilih 2 stroke..kalo suka kosmetik berdandan ya plih cbr ini
    ——————————————————–
    ooo…motor beracun itu ya ?? motor FOGGING ya ?

    MOTOR SAMPAH BANTAR GEBANG itu ya motor 2 TAK

    qwkwkwkwkwkwkwkwk

    huayooooo pada ngamuk seklian yg punya motor 2 tak

  4. Kang.. Numpang nanya dgn adanya Tbw dan tetek bengek nya masih mudahkah cebok250rr dibikin wheelie
    Kesuwon kang iwebeh..

  5. FBY malah udah familiar dengan speedo auto fitur pada rom 8000 muncul Warning …..

    “”Hai Bro Awas Ngebul Awas Ngebul Ambrol bin Prothol”” wkwkw

  6. tetep aj ne motor diasapin ma 2 tak. katanya teknologi baru, tapi jumpa ma 2 tak nyalinya ciut. ahahahahaha, rugi 70 jeti beli ginian, kualitas juga kerupuk.

  7. loe ramai soalnya kagak bisa beli, kagak perlu bawa2 2tak segala. membandingkan tuh yg sama2 4tak, capek deh

  8. 60. Spartan – November 15, 2016

    tetep aj ne motor diasapin ma 2 tak. katanya teknologi baru, tapi jumpa ma 2 tak nyalinya ciut. ahahahahaha, rugi 70 jeti beli ginian, kualitas juga kerupuk.
    ==========================================

    Loh, emang sudah pernah ada yang adu ya masbro? liat donkkk video nya? CBR250RR vs 2tak…. setauku motor ini belum sampe ke konsumen lho… hebat yah sudah kalah sama 2 tak…. jadi penasaran dimana ujinya? motor 2 tak yang mana?
    Klo komen kog pekok tho kanggg kang….

    • Motor katrok & culun masih kerenan spakbor belakannya new vixion bang muniv dong modif ala gaban pelapah pisang kibasan putri kipas lol baper lho bruud

  9. Motor katrok & culun masih kerenan spakbor belakannya new vixion bang muniv dong modif ala gaban pelapah pisang kibasan putri kipas lol

  10. YAMAHA JAGONYA MOTOR SPORT….!!!!

    YANG LAIN CUMA BISA BICARA, YAMAHA TETAP JUARANYA…..!!!!

    TERBUKTI……!!!!!!

  11. Yang jadi pertanyaan utama, nantinya fitur ini apakah bakalan tetep dianggap fitur mubazir atau justru jadi trend atau standar baru dan baku utk kelas yang sama dan bagi pabrikan lainnya ….. Hohohohoho

  12. Kang iwan mdhan daleman mesin nya gk ada yg pake plastik yah kaya sebelah bisa” kena bully dn gk laku syg kan tampang udah keren ehk kualitas china india pigimana gk di ketawain pecinta 250cc kang hadeuh bikin malu sumpah?

Comments are closed.