iklan iwb

460x110_tire

r15 bali launching (1)

Iwanbanaran.com – Mengerutkan dahi kangbro….lumayan garuk-garuk jidat saat IWB coba perhatikan struktur dalam dapur pacu sport Yamaha yang mengusung project BK6. Kenapa?. Sebab pada bagian piston….banyak perubahan yang dilakukan pabrikan garputala. Salah satunya adalah diameter yang kini bengkak menajdi 57,4 mm. Wihhhh……lebih njengat ki kubikasinya…

iklan iwb

Jujur kangbro….semua memang masih berupa puzzle dan teka-teki. Karena tanpa identitas jelas, BK6 sementara kita sebut saja new R15 facelift. Tapi arahnya sangat kuat kesana. Nah…menyambung pada bagian mesin BK6 aka NVL facelift….IWB menemukan perubahan piston pada sang produk. Emang opooo??…

Semuanya kangbro….baik bentuk permukaan atas serta dimensi. Yang cukup mengejutkan…dimensi piston BK6 mencapai 57,4 mm. Dan ini lebih gede dibanding sebelumnya. Sebagai informasi…..current piston mengaplikasi ukuran 57 mm. Komponen mengusung kode 3C1..piston ini digunakan pada beberapa produk seperti….

r15

Vixion, R15, MX King serta Xabre. Jadi ketiga produk tersebut jika tidak salah menggunakan size piston identik. Sedang BK6 ini berukuran 57,4 mm atau diatas 3C1 dan sedikit dibawah NMax 150 yang berukuran 58mm. So…prediksi IWB, kubikasi mungkin sedikit merangkak namun tidak akan sebesar NMax yang tembus 155cc. Hhhmmm…makin bikin penasaran ki…

Last…jika sampeyan ahli mesin mungkin sudah tahu kemana arahnya spek engine dengan piston diatas. Prediksi sementara….Yamaha akan tetap menggunakan mesin SOHC 4 katup seperti sekarang namun lewat perombakan besar-besaran agar letupan tenaga lebih beringas. Apakah dicangkokin VVA?. Soal ini…monggo sampeyan berikan komentar dan prediksinya. BK6??. Bakal adu power ki kayaknya …...(iwb)

 

265 COMMENTS

  1. Sepertinya debat sohc dng dohc, ngak pernah selesai, dohc ngak lebih baik dr sohc, krn dgn kubikasi kecil 150 cc, tanpa melihat paremeter pembanding lainnya, adalah tidak smart.

  2. Akan ada perubahan bentuk dimensi piston borexstrokenya udah gitu aja ??,ekekeke lik Iwan tolong diingat? ketikan saya hahaha ?

    Hanya prediksi total Volume Silinder tidak akan lebih dari 150cc tetap akan di angka 149,..cc hanya ukuran bore lebih besar sedikit dan stroke akan di pendekkan sedikit ekeke ???

    Salam Yamaha Lover’s

    • Ane tahu bro…
      Ada 3 opsi buat “next spec battle” yamaha.
      1, Bore 57,4mm pasti pake stroke 57,6-9mm basis mesin Byson fi diupgrade.
      Buat lawan NCB/NCBR/Sonic stroke 57,3mm x stroke 57,8mm. Secara spec jeruk vs jeruk.
      2, Bore 58mm x stroke 58,7mm@155cc basis Byson karbu/nmax
      3, Bore 61-62 mm x stroke 49,x mm@150cc, all new engine, real DOHC, nah ini yg kita ditunggu?….. Xixixixixixixi

  3. Liat koment panjang bener 😀
    V-ixion vs cb 150 r kl menurut sy cuma motor laku, kl soal technologi & fitur masih jauh dari ok,22nya masih belum keluarin sampai max
    Kenapa belum max?…. karna made in japan
    Made in japan= otak penjajah, gak percaya?…
    Coba aja fby sm fbh jalan2 kesana berapa banyak pengguna motor disana?…
    Yg ada fby+fbh sawan kl kesana ? di kira lagi demo, soalnya disana banyak an pejalan kaki dari pada biker ? tapi kalau soal disiplin jepun ? makanya mereka sukses bikin fby + fbh jadi antek2nya ???

  4. Jadi kalau ada yang bilang dohc lbh unggul dr Sohc, sdh taulah itu ulah siapa, Itu hanya sesuatu yang kau bangun dipikiranmu dan itu merasa seolah – olah penting. padahal dohc nya bocor halus,.

  5. Aku lebih nunggui byson facelift lagi, mudah2an jadi doble disk. Sekalian pake pengaman kunci aka NVL
    😀
    Jalanan macet gk bisa kebut2an, mending gaya2an. Big bike versi murah cuma byson

  6. Akuin saja yimm tidak bisa bikin dohc 150cc
    Bisanya cuman bikin sohc ngebullllllll permanen
    Plus pernak pernik gincu buat si dungu FBY.
    byahahahahahaha… Sungguh malang nasib si dungu FBY hahahahaha…

  7. Yamaha akan tetep menggunakan senjata lama si ampas sohc potong rumput .. Dengan balutan pernak pernik daur ulang rosok series.
    Karena masih yakin si dungu FBY akan tetap jas jos dan manggut manggut
    Byahahahahahahahaha..

  8. Buat AHM gampang tinggal distribusi emBit sebanyak-banyaknya dari pabrik ke gudang dealer lumayan buat 3-4 bulan ke depan masih nguasain MS data AISi.

    Toh biarin aja yang pusing urusan dealer, akhirnya para sales dealer semakin tambah kejar target saban hari sebar brosur dangdutan di jalanan khas sales dangdut dealer Honda.

    Urusan beberapa bulan ditarik leasing itu sudah biasa buat motor DP rendah.

    Sing penting MS data AISI tetap unggul dari segment konsumen awam motor DP rendah, dengan embelan motor H iku irit BBM sampai kapanpun. hahahahaha itulah kenyataan di lapangan.

    Coba lihat dijalan!
    Hampir setiap hari sales dangdut dealer Honda atraksi sebar brosur. kasihan!
    Kalau sales dealer Yamaha masih terbilang jarang urusan nyampah dijalanan.

    Jika keselamatan anda terganggu oleh ulah sales dangdut dealer Honda yang setiap hari nyammpah sebar brosur dijalanan, maka aparat keamanan mengijinkan para pengendara menabrak sales gilla tsb.
    ?
    Maaf ya para sales dangdut dealer Honda jika anda tersinggung

      • Iklan pakai rossi dan sponsori tayangan moto gp cuma dapat MS 23%???honda pakai karaoke + dangdutan MS 70%???

  9. hey, Guys !!!!!Ayo berpikir Jernih… Apa iya dengan mencampur sendiri es batu, rasa lemon, dan gelembung bisa seenak dan se-nyegerin segelas sprite ????. Boleh aja dicoba…. Tapi nyatanya susah… Menurut kamu info ini gak penting ? . Nyatanya kamu jadi baca tulisan ini selama lebih dari 20 detik. Dan sekarang kamu jadi haus dan pengen minum sprite…..Sprite nyatanya nyegerin ..

  10. buat apa DOHC kalo umur pakai pendek (sering pake rpm ?8000rpm)?
    lebih baik 1/2 OHC tapi awet selamanya dipake rpm ?11200rpm.
    Tidak bisa lagi zaman sekarang keluarin produk tipu-tipu. Pada saat ditemukan buruk, orang akan sebar dengan cepat ke seluruh dunia.

      • Itu dulu,tahun ini berimbang.tahun depan cb yg kuasai,karena konsumen mulai tahu cb lebih unggul dari nvl???

    • tull brow,motor ane old vixy 2012 knalpot standart,cuman co+13,pake ecu brt loss limitter ampe jarum tachometer nabrak tiang(mentok),dah 2 tahun pake brt,mesin gak klothok,gak rompal,
      top speed 150kpj,odometer 91000++…
      tiap hari nyari sparing di jalanan,terutama satria cbu+non cbu,cbr thai,old cb,old cbr,ncb,ncbr,cb blarr2,ane libas semua tuh yg ane sebutin…
      kualitas old vixy pancen juooozzz,meskipun ane perkosa tiap hari nih motor…
      klo mau naik cc ke 250,ntar jarang ada sparing partner di japan,gak seru kan?
      mending tampilan standard tetap 150cc,tapi larinya diatas standard…

      • Tampilan menipu ya Om. Banyak ketipu langsung sikat. Mantap!
        Sampe rumah kenyang, yang ketipu ga bisa tidur.

        • itoe betoel adanja…
          ampe pernah sparing ama old cb streetfire,satria 2 biji ketinggalan jauh,tinggal old cb yg ane tungguin berkali2 alias ane voor,trus habis ane puas ngeret2 tak ajak ngopi bareng tuh rider ol cb,pas turun dari motor orangnya langsung nanyain pake oli apa mas? kaget katanya old vixy knalpot standard,suara standard,tapi kok larinya gak standard?
          kayaknya perawatan nih motor,trus dia ngakuin klo motornya yg notabene 6 speed gak bisa ngalahin old vixy ane yg hanya 5 speed sambil nanya mastiin berapa speed motor ane…
          trus dia bilang lagi tadi ada 2 satria yg kita eret2 bareng2,bukti klo satria cuman menang tarikan awal doang efek dari rasio gear yg dan bobot motor yg ringan,buat seluruh rider old vixy silahkan di praktekkan,biar makin banyak old vixy yg kentjhang di jalan biar gak mentang2 tuh para rider motor sesama 4 tak tapi yg 6 speed…
          salam old vixy siluman…
          wusshhh…

          • Jadi kangen old vixi ane, spek standar ting ting. Tapi bisa ngentutin new cb150r.
            Kalau yg overbore nya kalah terus. Sebab standard ting ting sih..
            Mesin awet rajet, cuma karet kopling udah oblag.. km 90.000an belum pernah servis besar. Udah giti ajah

  11. Ada 3 opsi buat ?the next spec battle? engine yamaha.
    1, Bore 57,4mm pasti pake stroke 57,6-9mm basis mesin Byson fi diupgrade.
    Buat lawan NCB/NCBR/Sonic, Bore 57,3mm x stroke 57,8mm. Secara spec jeruk vs jeruk.
    Sohc vs DOHC roker roller arm= potensi performanya sama.
    beda lah dgn real DOHC!!
    2, Bore 58mm x stroke 58,7mm@155cc basis Byson karbu/nmax
    3, Bore 61-62 mm x stroke 49,x mm@150cc, all new engine, real DOHC, nah ini yg kita ditunggu??.. Xixixixixixixi

  12. Pabrikan kan cuma ngasih model mesin sama spek aja. Urusan memilih ada di tangan kita, mo plih sport sohc ya ke vixi, klo mw yg dohc ya ke cb nx honda..

    jangan dibikin repot bang, ^_^

  13. diasil is 100% material
    nikasil is just a paint

    yang diasil siapa yah? lalu nikasil siapa? Aduh… Bingung nih, masa cat diadu sama komponen tulen.

    tolong! tolong!!

    • Akui aja sohc 5 speed motor paling lemot,dah pakai ban lebih kecil dan lebih boros bbm.kok masih kalah power dan top speed dari dohc honda yg pakai velg besar,ban besar dan lebih irit bbm???

  14. H*nda akan terus berupaya untuk memberikan kepuasan sesuai dengan kebutuhan sehingga konsumen semakin merasa nyaman dan bangga dalam berkendara dan H*nda akan selalu mendengarkan saran & kritik dari konsumen, karena bagi H*nda konsumen adalah raja dan harus diberikan yg terbaik, baik dalam hal produk maupun aftersales.

    Nyang penting DOHC!!!!!

  15. Tambah 0,4mm untuk mesin 150cm kubik itu siginifikan. Spek komponen baru semua dong itu. Mesin siapa di bawa?
    Memang… The Legend continue

  16. Dalam hal aftersales, H*nda juga selalu menjadi yg terbaik.
    Dgn jaringan dealer terbesar, terluas dan terlengkap, ketersediaan sparepart yg mumpuni, kenyamanan fasilitas ruang tunggu (Full AC, Wifi hotspot, full entertainment, free soft drink & cemilan, Free cuci motor gratis), mekanik2 yg handal (dibekali pengetahuan dlm penanganan mesin injeksi menggunakan sistem komputer, tdk seperti pabrikan sebelah yg masih menggunakan obeng)
    H*nda memang tiada duanya.

    Nyang penting DOHC!!!!!!

    • Wahahaa lo servis motor cuma seneng karna full ac wifi dll nya?? Untung ga ada full creambath ya dsana. Wkwkk
      Ketawan kere hore ngandelin wifi gratisan sama ngadem di ac ga jelas. Tp bangga motor di acak2 sama montir ga jelas.
      Ironis.

    • Wahahaha lucuk blog ini. Komentarin kebodohan org biar sadar malah di banned. Kesan nya sengaja biar pada bdooh dan debat kusir di kolom komentar nya.
      Miris

  17. apa jadinya kl gak ada Yamaha,dunia otomotif roda dua akan membosankan,apalagi kalau Yamaha bisa lepas dari grup astra dijamin produknya akan lebih bagus dari Honda

    • Wkwkwk….. betul sekali, yg dohc jd rasa sohc, sedang yg sohc jd rasa dohc….dunia emang sdh jungkir balik 😉

  18. Klo mw bikin mesin baru tu sm aj nambah invest lg,,tp bodohny konsumen dcekokin mesin itu2aj dr jaman kuda gigit besi y msh nerimo2aj…knp klo tu mesin emang bs dmodif jd tmbh vva atw piston yg lbh gede g dari dl??mesin LC emang bgs tp blm bs dsamain sm mesin C&GL series yg legend…klo soal jenis mesin si mnrt sy Y msh kalah dr H

  19. Saatnya Yamaha berbenah. tunggu 2 tahun yang akan datang (DOHC VVA meluncur).
    sesama perusahaan jepang tidak mungkin saling menjatuhkan. biasalah kasih napas dulu biar laku. kalau langsung ditabok mana bisa balik modal/ apalagi untung.
    dari dulu sampai sekarang belum pernah kejadian Yamaha sama Honda launching Prodak bareng, seperti Vixion ke CB/ Mio Ke Beat/ Vario ke Nmax. pasti ada jeda waktu sekitar satu tahun lebih. ini namanya kode etik penjualan. tapi ada prodak yang gagal buat memanaskan suasana pasar (CB150R, Fino, Vario generasi awal, CS1, Scorpio Z dll).

    andaikata dulu Scorpio bisa melengserkan Tiger, pasti sekarang New Tiger udah brojol. dan seandainya dulu CB150R bisa melengserkan Vixion pasti sekarang Vixion udah pake mesin baru.

  20. ente smua komengtator bicara teknologi ini itu… buat juga kagak bs… mulut segede jamban.. otak ayam… mbok yo mikir piye carane iso maju koyok wong japan.. koar2 ae ….plakk

  21. Maksudnya ente gas pol ampe limiter 10.000rpm itu sejauh berapa km?
    Kok malah 18.000 km, wkwkwk

    Pernah gak lebih dari 50km geber >9000 rpm secara terus menerus?

  22. klo misalnya Scorpio atau Tiger di hidupkan kembali
    mesin pakai apa ya kira-kira.
    trus masalah harga mau di bandrol berapa…?
    yang 150cc aja udah menyentuh 30jtaan walaupun itu full fairing

  23. komen banyak yang oot …
    Post vixion komen supra 125 vs jupiter :v
    Sayang belum ada yg buat video Z1 vs Supra 125 dan Blade 125, ane dijalan kebanyakan tahu kalau z1 lebih unggul, spek standar … hahah

    Ditunggu terus update an nya kang…
    Maju terus deh permotoran di indo, hilang semua gontok an antar sales :v

  24. fix.. yamaha 150cc bengkak jadi 155cc..

    ga berani H2H dengan 150cc honda … terpaksa naek cc karena masih SOHC…

    dah ketebak yam…

  25. Wah kok jadi gak seru ya lek.
    Tak kirain nanti jadi sohc overbore biar gebuk tuh dohc nearly
    Atau malah perlu jadi dohc overbore
    Eh masih aja dikasih overstroke.
    Desain keren tapi kalo standard masih di kempleng kompetitor. pasti gak bisa kembali ke 30_40rb unit /bulan

    • dohc overstroke vs sohc overbore pasti seru, cc kecil belum bisa ketebak pemenang dohc/sohc.
      Atau kalo perlu malah dohc overbore tapi gigi masih 5 sebagai pembeda antara r15 dan kompetitor

Comments are closed.