Casey-Stoner-Ducati-test-2-590x393

Bro dan sis sekalian….walau musim Motogp 2016 Dorna sudah mengganti elektronik dengan yang lebih kuno bersama Magneti Marelli, Casey Stoner tetap menuding paket elektronik saat ini telah merampok bakat alam rider. Paket ini mengebiri kemampuan rider asli dan membantu rider yang kurang bagus. Pernyataan ini jelas sangat menarik mengingat Casey memang sangat kritis soal diatas. Wihhh…menarik ki…..

iklan iwb

Juara dunia 2 kali Casey Stoner menyoroti level bantuan elektronik diajang balap Motogp yang dianggap sudah kebangetan. Doi pun menuding seluruh kecanggihan teknologi justru merampok kemahiran rider asli yang mungkin memiliki bakat alami. Walau kini sudah diganti dengan elektronik single yang lebih simpel dari Magneti Marelli, menurutnya tetap belum cukup…..

Elektroniklah yang membuat kenapa pembalap Motogp bisa sangat dekat lap timenya. Jadi kamu berpikir…wow….para rider tersebut bisa sangat kencang. Namun saat kualifikasi seluruh rider harus mengerem sedekat mungkin, membelokkan motor lalu masuk pit. Selebihnya elektroniklah yang melakukan pekerjaan. Jadi tidak ada lagi istilah mengandalkan kemahiran...”tutur Stoner seperti dilansir Motorsport. Weladalah…ngono to…

Ketika race, saat kamu tidak bisa late brake setiap lap dan melakukan dengan sempurna, disaat itulah kamu akan lihat gap yang luar biasa jauh. Elektronik memegang peranan sangat penting pada para rider yang tidak bisa mengendalikan bagian belakang disaat lainnya bisa. Dibandingkan tahun 2006-2007, jika kamu memiliki skill lebih…kamu bisa membuka gas lebih awal saat keluar tikungan dan menyalip rider lain setengah jalan lurus…

56660-ducati-tidak-ada-motor-keempat-untuk-casey-stoner-1

“Atau mungkin rider tersebut akan mengalami selip lalu berantakan ketika keluar tikungan….dan kamu akan mudah menyalipnya sebelum masuk tikungan berikutnya. Pembalap berbeda membutuhkan setingan yang juga sangat berbeda pada motor. Contohnya seperti Dani Pedrosa yang harus menyeting motor bagus dipertengahan dan keluar tikungan. Hal ini dilakukan karena Dani kurang bagus saat masuk tikungan. Tidak ada yang bisa membuat perbedaan saat keluar tikungan. Kamu bisa mendengar semua membuka gas disaat yang sama karena intervensi elektronik.…”tutur Stoner….

Last…..apa yang dituturkan Casey memberikan bayangan kepada kita semua bagaimana canggihnya Motogp. Saking canggihnya….seluruh kinerja motor diatur secara elektronik. Anti wheelie, traction control dan pernik detil lain. Makanya walau ban sudah habis, motor era sekarang tetap minim sliding karena traksi kontrol akan memonitor gerak ban. Terdeteksi sliding…elektronik secara otomatis mengintervensi power delivery agar ban tetap mendapatkan traksi. Canggih to. Kondisi ini beda dibandingkan era 2005 kebawah. Walau sistem elektronik sudah diperkenalkan…..intervensi masih sederhana. Jebule itulah yang membuat Casey kurang menyukai Motogp era modern…….(iwb)

 

 

78 COMMENTS

  1. Ah masih baper aja ni om stoner, dia ga tau apa2 soal teknologi motor…wes gitu aja wakaka.

Comments are closed.