iklan iwb

460x110(1)

NVA vs new CB150R (7)

Bro dan sis sekalian….tertawa IWB menerima pesan whatsap dari teman yang juga pembaca warung ini. Doi ternyata mengaku cukup emosi setiap kali membaca komentator yang terkesan memfitnah dan melakukan penggiringan seolah-olah warung ini ora netral. Bahkan doi sendiri heran IWB bisa santai menanggapi komentator ngawur yang banyak melakukan fitnah. Disela itulah doi nyeletuk….”Ngomongin motor 150cc wae koq geger..”. Nahh…menarik ki komentarnya….
Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

iklan iwb

440x100 yml rosi

Tren dunia maya sekarang memang cukup ngeri kangbro. Beda dengan 3-4 tahun lalu yang lebih educate dalam menyampaikan opini…..dari hari kehari para pasukan yang berusaha merusak image hingga menjatuhkan para Blogger yang dianggap merugikan brand pujaannya makin menjadi. Bahkan tidak segan-segan komentar kasar hingga penggiringan opini bahwa artikel merupakan titipan pabrikan rival terus mereka sebar. Tujuannya satu….pembaca murni supaya termakan omongan dan hasutan lalu…brand yang mereka puja tetap harum berkibar. Oalahhh…..segitunya cak-cak !. Terus gimana dari sisi IWB??….

IWB hanya senyum-senyum wae lihat masifnya fansboy bereaksi.? Kalau IWB mah wis kebal pakde. Makanya IWB ogah ngerespon. Suwe-suwe malah melu kenthir lak an. Wegah men rek…..ngabisin tenaga mending pikiran IWB curahkan untuk ngisi artikel warung. Lha piye…..ibarat anak kecil kalau ditanggapi biasanya makin menjadi. Tapi yang nggak betah dan geleng-geleng kepala justru pembaca murni yang ingin mencari berita. Termasuk teman IWB sendiri yang akhirnya angkat bicara mengenai begitu kuatnya adu fitnah demi membela brand pujaan. Dan ungkapan doi yang mengatakan “Ngomongin motor 150cc wae koq geger” cukup menarik. Yup….setelah IWB renungkan benar juga ya…..

Artikel sangat panas kalau kita ngomongon mesin 150cc. Bahkan hanya beda 0,0000000 wae iso dadi “udun”. So…kalau sampeyan biasa bermain dikelas 250cc keatas pasti hanya mringis dan bisa merasakan eskalasi persaingan didunia maya dalam upaya membentuk opini publik sudah masuk kategori ora sehat. Begitu kuatnya hingga artikel netralpun bisa dipelintir demi ingin membuktikan motor mereka adalah yang terkencang. Walau mungkin hanya beda nol koma sekianpun akan diperjuangkan sekuat tenaga. Lha koq iso?…

satria FI vs Sonic

Sebab perbedaan mesin 150cc levelnya hanya segitu mzbro. Ada batas toleransi engine produksi masal harian yang tidak akan bisa didongkrak lebih tinggi. Pabrikan meracik sebuah produk tidak hanya melihat sisi performa namun bagaimana produk ini memiliki reliability, durability hingga sparepart yang terjangkau. Ingat…durablity pakde. Dan juga jangan campur adukkan dunia racing yang lebih kompleks. Dunia balap lebih tergantung pada racikan, pengembangan, ketersediaan part racing pendukung dan banyak hal lain. Intip wae jerohan motor balap mumpuni…pasti OEM pabrikan mayoritas wis dibuang. Yang kedua pasar 150cc memang begitu seksi…

Market 150cc adalah pasar yang paling besar dan menjanjikan dibanding market lain. Oleh karena itu biasanya pabrikan akan memprioritaskan market 150cc dibanding lainnya (iki khusus sport ya…kita nggak ngomongin bebek atau matic). Tidak heran ketika kita berusaha menyuarakan opini pribadi….siap mental wajib dilakukan sebab jika dirasa merugikan brandnya….seperti biasa tebar fitnahpun kembali digelar. Akting sebagai pembaca murni menjadi senjata ampuh menyelipkan komen-komen memojokkan, dan itulah yang lazim dilakukan para “simpatisan” terselubung. So…saran IWB untuk pure readers, sing sabar pakde. Baca kolom komentar kudu siapkan kesabaran. Soale kalau nggak sampeyan iso mancal kursi tenan :mrgreen: . Kalau nggak siap….sebaiknya baca artikel wae skip ke next artikel tanpa melirik komen-komen….

Last…..kelas 150cc kini lebih ramai dengan geliat Suzuki yang coba mengangkat kembali pamor kencang FU150. Usaha yang patut diapresiasi karena IWB sendiri jadi lebih bervariasi dalam menyajikan artikel disegmen ini. Hanya saja IWB juga tidak mau penggiringan opini akan meracuni para pembaca dengan memiliki asumsi motor 150cc memiliki speed sekencang 250cc. Iki wis keblinger soale. Kita posisikan semuanya pada porsinya masing-masing agar tetap wajar dan potensial buyer juga tidak memiliki ekspetasi yang melambung terlalu jauh. Wisss…ora usah geger maneh. Rukun itu indah. Eh…koyone ono sing cekot-cekot maneh ki sirahe…kaburrrrr !!! :mrgreen: ……(iwb)

323 COMMENTS

  1. 150cc kok ngarep kenceng.. Impian orang susah..
    Bilang “motor A ini kenceng loh buat 150cc” itu sama kayak bilang “si A ini tinggi loh buat itungan anak TK”. Ngerti ga maksudnya?

    Udahlah, motor 150cc mah dari awal itu emang sport entry level. Kalo diluar negri malah dibawah 250cc itungannya moped.. Dianggap selevel motor bebek.
    Daripada fokus bangga2in performa, fitur, dsb.. Realistis aja.. Yg paling penting perawatan harus murah, sparepart gampang, durable dan irit. Udah itu aja.. Body keren ya anggap aja bonus
    Dan orang awam non FB sebenernya udah ngerti kok.. Makanya walaupun performance biasa aja tp Vixion laku khan.. Ya karena faktor2 yg diatas itu.
    Skrg Honda juga udah melakukan langkah yg sama. Mulai dr CB, sonic sampe CBR dibikin pake mesin yg sama.. Mesin Overstroke torsi gede dan irit. Yg bisa di produksi massal biar harga sparepart bs ditekan dan supply banyak..

    Sedih loh ngeliatin sales perang tarik urat ngeributin motor 150cc.. Cari duit susah amat

  2. Intinya dohc unggul dari sohc
    Kalau ubahan lain crita..tergantung
    Ubahan,part racing,kelihaian mekanic.
    Tuh sama yg IWB bilang?

  3. Urusan motor kog di gawe ribet, lek seneng yo tuku lek gak seneng yo wes ora usah ngilokno motor liyane. Kog koyok iso nggawe motor ae. Yo ngeneki sing nggarai ora iso maju. Heboh debat kusir.

    • Dan ane yakin di dalem artikel ini, mas iwb pasti menyelipkan curhatan sendiri karna udah “Gerah” sama kelakuan fansboy yang kayak bocah gamau ngalah, ga bisa dibilangin itu. Haha

  4. itu ulah Fans Boy Yamaha yang otaknya udah abis gara2 produknya ga laku, trus model motornya nyontek2 lagi apalagi itu motor miaow buZuk 90% mirip beAt

  5. Sudah jelas onda motor bousok, doch di bilang dewanya motor, material kiwir2, irit tipu2, makin panas makin kencang cuma dongeng nenek2, mesin baru beli udah tek kotek kotek, pembodohan tim SyaWAT makin gila. Akakakak

  6. mungkin bagi saya hanya masalah motor 150cc.tapi bagi yamaha dan ahm masalah jualan brow..berapa dana untuk riset dan promosi untuk produk dohc 150 operstoke.apalagi plan baru tapi jualan gak laku.hayo gmn..hanya untuk menjungkalkan motor 150 cc sohc kog susahnya minta ampun…sampe ngubah dari operbore ke operstroke masih jg belum menang..pusing palak berbie…

  7. Imho. Yg diatas 250cc biasanya maennya gabung2 dgn brand lain,karna sedikit yg pake.sementara yg dibawah itu rata2 berkumpul dibawah 1 brand jadinya ya bangga2an.klo dpikir2 jdi sma kaya geng2 yg membanggakan gengnya sndiri.sementara yg berkecimpung diatas biasanya tergabung dlm beberapa komunitas yg merangkul beberapa brand,karna selain dpt ilmu lebih,dpt teman riding lebih banyak.bukan berarti yg main dibawah 250 gk bgtu,ada jga yg lebih care ttg ilmu dan cari temen,tpi mungkin lebih banyak yg bangga2an brand masing2.

  8. saya aja punya merek Y dan H ga masalah
    sekarang br beli all new cbr150r
    tp yg ga punya repot 😀

  9. Wuih kelihatannya segmennya para fansboy paling kuat cuma ada di 150cc. Ane heran, kayaknya mereka ini pembalap pro semua, apal banget ama motor pujaan, dibela-belain kayak nafas mau habis. Semuanya sama, buatan jepang, kecuali klo pabrikan luar jepang kayak ducati gitu. Mungkin keuangan kurang mendukung tapi ingin fasilitas lengkap ama mesin kenceng bin irit, jadinya gini deh. Ntar klo kalian jadi yg punya pabrik, buat tuh motor idaman ente, biar seneng.

  10. Yg gw heran lo smua ko pd ribut, klo yg ini donwgrde yg itu kiwir2, trus yg ono cat ny tipis Nyang itu lemot, Nyang ini klotok2 Nyang Ono ngebul. Trus lo mau yg mana? Jgn saling maki mas bro, dr omongan yg keluar dr bacot lo, orang bisa nilai kapasitas lo sperti apa.! Klo kurang puas dgn produk yg lo pnya, jgn cari kelemahan pnya orang lain buat nutupin itu, lo protes APM ny, mau Honda Yamaha Suzuki atau Kawasaki, lo smua bisa ksh kritik & saran itu lbih bagus dr pd saling maki.. Ingt mas bro, kita ini orang timur yg kaya akan budaya, termasuk budaya berbicara..

  11. Jan sumpah nguakak lekk..???
    Rilis artikel iki tambah nduadi..?? kuayal lek sumpah, nguakak..???

  12. Ngomongne peda cc 150 ae gegeran opo maneh bahas tikungan tajam malah sawat”an sandal swalooo hadeeeeehhhh
    Wes yoo tak kei ilmu karo saran
    #jadilah biker cerdas#
    #sakduluran saklawase#
    #pasangen rem sek ben lak komen ga angger njeplak#
    #koen aku dulur kabeh#

  13. Yah sudahlah Om, seasyik apapun ente ngeles mah asyik aja, toh artikel kemaren asyik juga utk ane analisa, mengava?Karena adu drag antara ayago lawan sport 250 Cc, Dan menang si ayago Suzi,itu pun cuman Di beberapa titik, Dan asyiknya lagi kemenangan ayago Suzi atas (terutama) R25 sangat digedor abis.
    Mengapa nggak diambil sampel antara 2 spesies yg sejenis, ayago v ayago FU v sonice analisa datanya,toh Anda lebih asyik dengan hal yg beginian drpd ane, tp lebih lucu lagi data comparison diambil dari kolega ente tiiemse, toh semua ente analisa dgn ente kaga hadir Di sana?so ujug2nya H cuman nebeng panggung aja secara Y dibully habis.

  14. Mana mungkin cc250 kalah ama cc150 itu cuma guyonan.tapi menurut saya itu suzuki cuma mau buktiin aja om klo emang satria siap diadu kalah menang itu mah biasa namanya pertandingan yg pnting siap diadu gitu aja.mayoritas yg lain juga pinter ko ga mungkin cc250 kalah.tapi banyak aspek yg mempengaruhi kalaupun kalah.bisa aja bobot .mkasih

  15. Review dari blogger maupun majalah otomotif yang obyektif dan tidak terpengaruh amplop dari pabrikan sangat diperlukan bagi pembaca yang mau membeli motor barunya. Selain itu juga bisa menambah ilmu tentang otomotif yg sangat diperlukan untuk perawatan kendaraannya.

    Tetapi manakala kita disuguhkan dengan data yang kontradiktif atau tidak mungkin benar, misalnya di salah satu tabloid CBR150R menang mutlak dari R15 lalu di satu tabloid lain R15 menak mutlak dari CBR150R. Demikian pula saat ini ketika salah satu sumber mengupload data hasil dynotest Satria FU unggul 2 dk dari sonic tapi ternyata ada dari sumber lain yang memberikan info Satria FU kalah nol koma sekian dari Sonic 150R maka informasinya menjadi kontradiktif.

    Untuk itulah mungkin suzuki ingin mencari komparasi yang lebih bebas dari kontradiktif dengan membandingkan performa langsung dengan pengujian langsung dengan adu drag dan mungkin pengikut sertaan 250 cc karena mereka takut kalo 150 cc akan semakin memperparah perang fans boy.

  16. Kalau saat ini mesin honda dan suzuki terlihat lebih superior itu wajar, karena honda sudah 3x mengeluarkan mesin penantang vixion Mega Pro,New CB, dan All New Cb. dan suzuki dengan Satria FU dan FI. Sedangkan Yamaha Masih satu model mesin Vixion SOHC yang dikeluarkan tahun 2007(kalau tidak salah), penambahan hannya sensor-sensor untuk generasi selanjutnya, dan juga hanya pergantian material dari 3C1,1PA, dan 2PV. memang ada kesalahan pada kode 1PA dengan ngebulnya. Jadi memang wajar kalau hasil tes yamaha selalu kalah, tetapi yang tidak wajar jika bedanya hanya sedikit.

  17. Komen Bung Bruud yg paling bagus…..yg lain yah spt biasanya…saling ejek…..merk motor apa saja yg penting nikmati, emang buat apa sich khan kendaraan adalah sarana transportasi yg kita gunakan untuk beraktivitas sekolah kuliah kerja dsbnya…..kalo pengen kenceng ya sirkuit tempatnya bukan jalan raya….coba saja sampean petakilan naik motor di jalan umum lalu njungkir saya kira nggak akan ada yg simpati walau sampean mringis kesakitan, sumpah serapah mungkin malah yg akan terdengar di kuping sampean…..

  18. Wahaha temenan mancal kursi kang
    Fansboy2 iki karepe yo’opo
    Dibayar yo gak, gawe duso iyoo

    150cc memang lg booming,dan kbnyakan org cmn liat horsepower dan torsi. Gak di liat bobot, kenyamanan,dll

    Kalo head to head ane rasa smwa brand sama, beda2 dikit itu wajar
    Walopun moge sekalipun (r6 & cbr600) tetep beda2 dikit

  19. Cari makan ya cari makan tapi lhik nulis artikel jangan melakukan pembodohan publik.

  20. ternyata banyak juga haters yang tetap berkomentar pedas, sabar kang iwan berarti kamu makin terkenal dan blogger besar di indonesia…maklum haters, jiwa dan pikirannya udah gelap,

  21. ”Begitu kuatnya hingga artikel netralpun bisa dipelintir demi ingin membuktikan motor mereka adalah yang terkencang. Walau mungkin hanya beda nol koma sekianpun akan diperjuangkan sekuat tenaga. Lha koq iso??

    Sebab perbedaan mesin 150cc levelnya hanya segitu mzbro. Ada batas toleransi engine produksi masal harian yang tidak akan bisa didongkrak lebih tinggi. Pabrikan meracik sebuah produk tidak hanya melihat sisi performa namun bagaimana produk ini memiliki reliability, durability hingga sparepart yang terjangkau. Ingat?durablity pakde. Dan juga jangan campur adukkan dunia racing yang lebih kompleks. Dunia balap lebih tergantung pada racikan, pengembangan, ketersediaan part racing pendukung dan banyak hal lain. Intip wae jerohan motor balap mumpuni?pasti OEM pabrikan mayoritas wis dibuang”……………..

    —————-#

    Wis mantap Wan,, kalimatnya benar2 menohok…. hohohoho. Masalah dunia aja diributin

  22. 166. ryanto – April 6, 2016
    Yg gw heran lo smua ko pd ribut, klo yg ini donwgrde yg itu kiwir2, trus yg ono cat ny tipis Nyang itu lemot, Nyang ini klotok2 Nyang Ono ngebul. Trus lo mau yg mana? Jgn saling maki mas bro, dr omongan yg keluar dr bacot lo, orang bisa nilai kapasitas lo sperti apa.! Klo kurang puas dgn produk yg lo pnya, jgn cari kelemahan pnya orang lain buat nutupin itu, lo protes APM ny, mau Honda Yamaha Suzuki atau Kawasaki, lo smua bisa ksh kritik & saran itu lbih bagus dr pd saling maki.. Ingt mas bro, kita ini orang timur yg kaya akan budaya, termasuk budaya berbicara..

    ————————

    Itu cm sekedar slogan aja,, kenyataannya di lapangan jauh dari yg didengungkan.. ckckckck miris betul.

  23. kl ribut biasanya sih sales ya, tp yg mbikin perdebatan itu kl artikelnya hanya berdasarkan satu rider yg dijadikan acuan mungkin yg punya warung perlu belajar statistik kali ya. mbok ya netral jgn segitunya membela sonic. ckckck

  24. Yang sabar ya mas, padahal cuman ngomongin motor 150cc saja jadi ribut. Padahal ada cara diskusi yang baik dan lebih bermanfaat. Kalau ada yang tidak suka dengan artikelnya tinggal memberikan saran dengan sopan. Kan pastinya dari akang iwan akan memberikan penjelasan dengan sopan.

Comments are closed.