Kisah supir truk yang membuat IWB mules...

82

460x110(1)

Wahai Pengendara Motor, Kalian Pasti Akan Terkejut Jika Mendengar Pengakuan Sopor Truk Ini!

Bro dan sis sekalian….jauh sebelum artikel ini IWB rilis, sebenarnya sudah banyak ulasan yang dishare baik via Kaskus ataupun forum-forum didunia maya. Informasi yang menggaris bawahi tentang betapa doktrin yang di tanamkan pada mereka masuk kategori kejam khususnya untuk para biker. Maklum IWB juga biker dan sering wira-wiri menggunakan roda dua. Emang apa kata mereka sehingga membuat IWB sempat mules??….
Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

440x100 yml rosi

Sebut saja kang X. Doi menjemput IWB saat nyambangi Bandar Lampung. Biasa kangbro….walau baru ketemu kita ngobrol ngalor ngidul. Apalagi ternyata doi juga berasal dari Jawa Timur yang merantau ke Lampung. Tanya asal usul hingga pengalaman hidup. Kebetulan kang X ini masih jauh dibawah IWB….jadi masih muda kangbro. Namun soal petualangan ternyata doi termasuk kelas kakap. Lha piye…..diusia yang masih terbilang belia….doi pernah menjadi sopir truk lintas Sumatera-Jawa….

“Saya pernah ngerasain kang…bagaimana hidup dijalanan sebagai sopir truk. Pahit getirnya dijalanan dan bagaimana hidup seperti nggak tenang karena target..”ujarnya. Yup….target waktu yang harus terpenuhi hingga istirahat ditengah jalanan sering dilakonin. Disini mereka kudu pintar-pintar mengatur waktu. Karena jika tidak sesuai target maka gaji akan dipotong dan yang paling buruk hanya diberikan setengah. Oalahhh…ngono to jebule….

Topik terus berjalan. Mulai dari brand truk yang yang tangguh hingga yang ringkih. Nampaknya kang X ini hafal betul truk yang memiliki performa mumpuni. Semua tergantung manajemen pastinya dan mereka hanya bisa mengikuti. Dan disaat itulah doi menyinggung tentang satu hal yang membuat IWB langsung mules. “Soal kecelakaanpun kami diajari manajemen. Intinya lebih baik korban meninggal dari pada hidup..”tuturnya datar. Waduh….maksude piye ki….

“Iya kang…..betul. Kami sopir truk seperti ada ilmu tak tertulis jika terjadi laka lantas maka diharapkan mending korban meninggal dari pada hidup apalagi sampai cacat. Manajemenpun seperti itu. Karena jika korban meninggal paling memberikan santunan sekali cukup. Tapi kalau hidup…biaya yang dikeluarkan akan sangat besar dan terus menerus. Apalagi kalau cacat dan proses berobat….pasti habis-habisan. Itulah kenapa kami dan manajemenpun lebih suka korban meninggal dari pada hidup...”tambahnya serius. Ediannnn!!…

truk-sopir-tidur

Informasi ini pernah dishare secara masif dibeberapa grup dan forum. Namun karena tidak mendengar sendiri IWB jujur masih belum bisa percaya. Tapi setelah mendengarkan dengan telinga sendiri…..baru IWB ngangak terbengong kangbro. Jadi semua benar adanya. “Yah…gimana lagi kang. Kami juga tidak ingin ada kecelakaan. Namun kadang hal seperti itu diluar kontrol kita. Untunglah saya sudah tidak lagi jadi sopir truk kang…..”tutupnya. Byuh…..

Terbayang betapa ngerinya memang jika biker terlibat laka lantas melawan truk. Pasti biasanya berakhir dengan sangat tragis. Cukup kecil potensi selamat sebab melibatkan kendaraan berbobot puluhan ton. IWB nggak tahu apakah harapan tidak tertulis tersebut juga menjangkiti sopir truk lain. Namun melihat tren dan beberapa gosip…sepertinya demikian. So mzbro…..alangkah baiknya sampeyan sebagai biker menjaga jarak ketika bertemu truk….

Bobot yang super berat akan membuat respon braking juga lambat. Selain itu para sopir ini rata-rata sudah capek sehingga sedikit saja keruwetan jalanan menghimpit mereka ditakutkan akan gampang memicu adrenalin. Efeknya…jadi lost control mzbro. Apalagi didalam hati mereka sudah ditanamkan doktrin lebih baik korban meninggal dari pada cedera. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal negatif seperti ini. Amin YRA….(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

82 COMMENTS

  1. 1
  2. 2
    sadar says:

    Waduh

  3. 3
    sadar says:

    Mantan sopir truk

  4. 4
    Zlubbbh says:

    Emang bener omongan e supir & sing biasa urip neng dalan…

  5. 5
    pleasant says:

    Ada benernya jg sih..apalagi sm biker yg arogan ( tet tot tet tot pake strobo )

  6. 6
    romy says:

    ngeri amat kang

  7. 7
  8. 8
    sadar says:

    Kendaraan besar selalu ugal2 an

  9. 9
    Tvs draken says:

    Truck mlakune glenuk2 koyok keong lek,jg gak pindah2 jalur.yg bahaya itu bus…. Dua x dim artinya minggir…minggir… Klo gak,siap2 deh..adu muka

  10. 10
    anggatape says:

    wah ngeri emang kalau ketemu truk muatan cabe dari jatim ke jakarta
    kenceng2 lek
    kadang balapan ama bus juga.

  11. 11
    wong awam æ says:

    Keadaan mmg memaksa demikian kang iwb.. Pilihan mereka mmg serba terbatas.. 🙂

  12. 12
    yudibatang says:

    truk batang juga gitu. Makanya jaga jarak dengan truk

  13. 13
    sadar says:

    Semoga kita dijauhkan!
    Amin yarob!

  14. 14
    Ikan bakar says:

    Doktrin tsb bukan hanya sopir truk tapi juga sopir bus, juga sopir tangki. Daripada truk tangki terguling lebih baik menabrak kendaraan, hitung2 biaya pemakaman yg dibayar oleh pengusaha dan asuransi jasaraharja ( ditanggung bersama dengan komposisi 30% + 70%) jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kehilangan bawaan premium atau avtur 10.000 liter + unit truk.

  15. 15
    lisyanto says:

    sayang pemerintah gak ada respon untuk hal seperti ini. angkutan barang dijawa sebenarnya bisa saja dialihkan lewat kereta atau kapal. bukan melalui darat.

  16. 16
    zaenal zlubb says:

    mungkin itu korban nya mbah darmo, ra tau ketok bekne wes budal disik an.

  17. 17
    Andy Sanz says:

    Ngeriiii… Semoga tuhan membalas perbuatan supir2 yg ga punya hati ini…

    • Konsumen Potensial Yamaha says:

      Jgn nyalahin supir nya, emang dia pengen kecelakaan? Yg iya saling hati hati dan waspada, kalo yg namanya tabrakan sama truk atau bus ya kemungkinan besar koit.

  18. 18
    ..??AEN NIRMALA??.. says:

    Ngeri
    .
    .
    .
    Kudu super hati”

  19. 19
    Kapten Jek Sparo says:

    koyone sopir bus yow podo wae kang gawe sistem ngunu iku.

  20. 20
    Pakboletus says:

    Saran lek iwb. Sory oot. Misal e kita ngomong AMIN tapi engga gawa tulisan arab, sing bener iku AAMIIN. Bagaimanapun, beda 1 huruf udah beda artinya. 🙂 matur suwun lek

    • Konsumen Potensial Yamaha says:

      Jadi kalo orang bisu piye tong? Yg penting yg diatas tau maksudnya, kecuali ente sog ngajarin tapi ikhlak ente juga amburadul yakin

    • Joss says:

      Apa hubungannya sama orang bisu??
      #gagalpaham

    • rosso says:

      Ente sehari2 ngomong pake bahasa indo apa arab?

  21. 21
    Didi Supriyadi says:

    Gosip itu bukan gosip om saya uda denger dari dulu.kita cuma bisa berharap masih banyak sopir yg baik hati.sadiss

  22. 22
    Tiger26 (The Power of Dream) says:

    Lho itu khan sm sj sengaja membunuh, bagaimanapun klo bs dihindari ya dihindari, klo sdh takdirnya ya mau gmn lg, tp klo sdh pny niat…..Wªªɑ̤̥̈̊aƌ̲̣uuuH̶̲̥̅̊.ĥħ◦°˚ ˚° :O ” gak bener ini,,,,ingat!!!!!!!!!!! Amal perbuatan manusia yg dihisab pertama adl sholatnya sedang perbuatan buruk yg dihisab pertama adl pembunuhan manusia
    .
    .
    .
    Hiiiiiii…….

  23. 23
    urang bogor says:

    Pendidikan rendah sopir truk demi perut didoktrin “ngebunuh” pd mao..gile lo ndro ???

  24. 24
    ipooel says:

    amit2..

  25. 25
    kingHD says:

    sopir truknya anggap saja dia FBY

  26. 26

    Ane pnya temen sopir truck cabe,ceritanya seru n serem,klo makan itu biasanya di suapi sambil nyetir sama keneknya,malah katanya klo pipis di masukin ke botol aqua,kadang minta bantuan jga pas mau masukin ke botol aqua?

  27. 27
    silentrider says:

    lu hina pendidikan supir truk rendah demi urusan perut..
    emang setinggi apa ilmu lu sampai mengucap kalimat seperti itu????

  28. 28
    nanas says:

    Iy kang harus hati-hati
    Tpi kalo udh ajal nya gimana lagi kang
    Yah sebagai manusia lebih baik siapin amal dan ibadah nya dulu

  29. 29
    wong jowo says:

    kang mana lanjutan kisah hidup IWB part2 di tunggu2 kok ngga nongol2 🙂

  30. 30
    Chihuahua™ says:

    klo dibalik gmn tu…
    ketika sopir truk mengalami kecelakaan tabrakan misalnya… dia(sopir) lbh pilih tetep hidup tp cacat / menerapkan doktrin sbg sopir walaupun menimpa diri sendiri????

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  31. 31
    silentrider says:

    urusan hidup mati sudah tuhan yang atur….urus hidup lu sendiri

  32. 32
    rosso says:

    Saya jg pernah denger2 gitu kang,kalo korban mati cuma hbs belasan juta buat uang kerohiman,tp kalo cacat biaya berobatnya bisa habis ratusan juta blm lagi kalo si korban nuntut ganti rugi.
    Makanya ane naik motor selalu jaga jarak sama kendaraan gede.

  33. 33
    ciririt says:

    semuanya karena duit.

  34. 34
    Maybe says:

    Doktrin itu sudah puluhan tahun, prcaya atau tdk itu knyataan, sopir bilang melindas orang tdk terasa karena bobot angkutan plus kndaraan mncapai 60T sprt dumptruck bawa sirtu…sbnarnya ttp terasa kok, cuma mmastikan korban mninggal nylonong saja, kdg terus alasan takut dimasa, melindas biker, terasa bgt, alasan gk kelihatan pak klu ada spd motor nyalip pk polisi,,,mk nya keluar aturan lampu spd motor nyala siang hari untuk antisipasi alasan tdk kelihatan td, klu lampu dpn nyala kan trlihat jelas d spion

  35. 35
    Satria Bergitar says:

    selain pantura, yg paling serem cakung,cilincing, priok-ancol…..horor semua itu kalo bawa motor, biar kate deh pelan bawannye, truk belakang samping depan bikin parno

  36. 36
    ChUrUtZz says:

    Penasaran ama truk yg tangguh n yang ringkih,, tolong dishare kang biar qt bs belajar dr pengalaman, mosok motor terus.. Nhoahahhahaa, kan banyak brandnya tuh ada hino, ud, mercy, sampe volvo yg dipake iron bird itu kayaknya yg paling mewah, smoga usulan ane dikabulken,,, ngohahahahhaa

  37. 37
    coey91 says:

    resiko d jalan raya kalo ngk nabrak y d tabrak……

  38. 38
    kolojengking225ps says:

    27. silentrider – April 2, 2016
    lu hina pendidikan supir truk rendah demi urusan perut..
    emang setinggi apa ilmu lu sampai mengucap kalimat seperti itu????
    ,—–_———————-+++++++++
    Apakah ente sependafat dg kode etik sopir macem tu????ya sdh, au doa ken pir sopir yg menganut doktrin ebles macem tu sekalean masuk jurang biar mampuz

  39. 39
    bledug says:

    Biasanya yg berani ama truk kyk gono tuh yg pecicilan pake sport merasa udah punya jiwa pembalap sejati pake knalpot nyemprot muka orang merasa gak berdosa trus ada nomer togelnya di winshieldnya tuh,

  40. 40
    bledug says:

    BIASANYA YG BERANI AMA TRUK GITU, YANG PAKE SPORT PUNYA KNALPOT NYEMPROT MUKA ORANG MERASA GAK BERDOSA TRUS ADA NOMOR TOGEL GAK JELAS DI WINSHIELDNYA YG UDAH NGERASA JUARA DUNIA BALAP SEJATI,

  41. 41
    broom says:

    kalo ada truk tabrakan biarin aja sopirnya sama keneknya gak usah ditolong. Terus truknya dibakar.

    Niat kok ngebunuh. Gendddheng….!!!

  42. 42
    ipuk says:

    bagaimana pun semua kebutuhan pokok dikirim pake truck…bikerlah yang harus mengalah..
    “isine wetengmu soko trekku” ga ada truk bahan pokok semakin mahal kang..

    supir truk juga ga kejam..supir truk sering ngalah juga..tp kalo ngalah terus juga kapan nyampenya..gowo abot kesel diunekunekke..mesakke kang..

    bikerlah yang harus tau diri…
    opo perlu ngrasakke dadi supir trek??
    monggooo..aku oraa..

    • Harjono says:

      Betul!!! kalo sampai truk nabrak biker sudah pasti BiKernya yang goblok. Kecepatan truk itu kan rata2 60km/jam. Walaupaun doktrin “BAIK DIMATIIN” itu juga gak bener.

  43. 43
    rain says:

    Ga hanya dunia pertrukan saja lek tp di dunia perbisan pun sama. Lebih baik korban meninggal dunia daripada masih hidup & selama hidupnya jadi cacat.

  44. 44
    Engine says:

    Dpt cerita klu sopir Truk Besar/ Container ktk ada kendaraan yg BERHENTI MENDADAK ddepan, mk mereka Tidak akan mau ngrem mendadak soalnya jk di Rem mendadak itu muatan yg Berton-ton bisa terdorong kedepan menghancurkan cabin&s sopir (cek youtube ngeri)

    So, Jgn mau nyalip Container sdgkan di depan diharuskan akan berhenti ?

  45. 45
    wiyogo says:

    hati hati selalu
    cuma manusia adalah mahluk yang bisa keliru,
    maka jangan lupa doa sebelum berangkat,
    jangan lupa pula dengan doa orang sekitar anda,
    hati hati dan tawakkal…

    waktu itu nyawa ane udah diujung tanduk,
    nyalip truk kecepatan tinggi disambut truk tanker,
    tak mungkin menghindar,
    truk tronton dan tanki pertamina akhirnya yang ngalah sama ane,
    laa haula wala quwwata illa billah

  46. 46
    wiyogo says:

    moga aja semua selanjutnya, supir dan biker selalu berhati hati,
    keep safety riding vroh..

  47. 47
    remon says:

    motore astrea grand ..byuh ahm kiii kurang safty mestian ..ekekekeeek

  48. 48
    Pamiarsa Tea says:

    Apalagi Truck yang ku bawa kang, Trailer panjang dengan 22 roda yang berputar,, jangan sekali2 melakukan manuver yang akan menimbulkan accident, karena pasti akan berakibat FATALITY.

  49. 49
    Arip says:

    Yah.. sekali lagi, mari introspeksi, sbgai biker, tentunya kita juga harus taat lalu lintas, jangan sruntal sruntul, karena nyopir truk kendaraan segedhe gitu juga ga mudah, butuh skill dan feeling tinggi, jadi kita saling menghormati sesama pengguna jalan aja

  50. 50
    Scem says:

    Gak usah sok jago selap selip diantara truk apalagi di kemacetan kota besar, karena motor adalah obyek kendaraan terkecil di jalan raya, sering masuk area blankspot pengemudi kendaraan besar, kalo apes jatuh di samping truk, miris bro..
    Makanya kalo nyelip truk pastikan sekali jadi jangan ‘bola tanggung’ udah dapat setengah tapi mundur karena ‘kres’ dari arah berlawanan, dipaksa masuk pun motor sudah dalam area blankspot, kalo tiba2 truk ‘bergoyang’ maka habislah tuh motor
    lebih baik menerapkan trik defensive riding, truk bukan kendaraan yang mau diajak balap karena mereka lebih pelan daripada motor, tapi ingat truk tidak bisa berhenti mendadak dan berhenti dalam waktu singkat seperti motor.

  51. 51
    bocahmeler says:

    dan siap2 buat manajemen dan sopir yang memegang teguh dokrin kayak ngono…, balasan di akhirat menanti masbroo

  52. 52
    Nyatabinaneh says:

    Emang kenyataannya gitu kok mas, kalo korbannya tewas itu hanya diberi uang santunan, uang polisi yg tangani kasus, lalu uang nebus truk yg dikandangin polisi, dll dijumlah2 bisa seharga vario mas keluar duitnya.. Lain cerita kalo cacat, pasti minta biaya diatas sama ganti biaya benerin motor juga dll jadi pemilik truk nya lebih di “peras” sama korban dan polisi.
    Di indo tuh kendaraan besar harus salah kalo terjadi kecelakaan yg kecil itu yg bener..

  53. 53
    angop says:

    4 bulan ane ikut bapak ane yg bawa trailer kebetulan muat motor yamaha dari situ ane bisa ambil kesimpulan yg gk cerdas itu kebanyakan biker lha gimana udah pake sein mau belok ngiri masih aja diselipin padahal buat motor itu udah ngepres amat dikira nyalip mobil apa. truk yg muatan motor itu panjangnya kebangetan trailer yg muat yamaha rata2 18-19 meter yg muat honda malah 20 meter lebih setidaknya butuh perhitungan matang kalo mau nyalip truk apalagi yg long vehicle. dan kalo kecelakaan itu bukan sepenuhnya salah si sopir beberapa kali ane dikagetin biker nyelonong nikung mau langsung belok/ puter arah bawa kendaraan besar sulit bro banyak blind spotnya. rem mendadak sih bisa kalo yg bekalang bisa antisipasi kalo gk???

  54. 54
    bang herman says:

    denger denger dari teman kerja.
    klo mau nglamar jadi supir bis SUMBER KENCONO
    di interview dulu di tanya “udah pernah nabrak orang belum”
    klo jawab belum langsung di diskualifikasi/lamaran di tolak 😀
    ngeri

  55. 55
    ganyang says:

    Perusahaan pabrik motor juga biasanya secara gak langsung ngedoktrin bikers buat kebut kebutan. Coba aja liat tagline setiap jenis motor diperhatikan, apalagi yang 150cc

  56. 56
    eiscell says:

    wesvpernah … papasan sana truk.. sama sekali gk mau ngalah …padahal dijalurku ada lubang menganga .. alhasil nekat nerjang lubang dan spion kesampluk truk untung gk jatuh

  57. 57
    kangbro says:

    Nyaris lakalantas kang ane kemaren, dagdigdug jantungku. Emank kesabaran harus di utamakan dlm berkendara. Buat pembelajaran kejadian kemaren.

  58. 58
    Daffa Jampang says:

    Emang betul begitu adanya kang, soal nya temanku bilang juga begitu, dan dia juga lebih baik memilih kabur dr pd di tangani sendiri, karna yg ngurusi cukup dr pihak manajement nya .

  59. 59
    coey91 says:

    kadang si.supir jg nakal.dongkrak.d jual ban serep.d.tuker yg vulkanisir dan solar pun d jual bwt tambahan soalnya gaji sopir truk habis d jalan apalagi yg suka dikit2 ngopi…. hehehehe

  60. 60
    Brebet says:

    sama dengan Bus ini kang… kita masing2 harus bisa jaga diri.. cuma kebanyakan memang biker di Indo kurang didikan mungkin ya, dan ga tahu diri/ memaksakan diri yang gag mikirin posisi orang lain,, ujung2 nya tetap pihak lain yg disalahkan, padahal belum tentu begitu keadaannya…
    Ayo marilah jadi biker yang lebih santun, tau diri dan jangan nyusahin orang di jalan ya, patuhi peraturan yang sudah negara kalian susah2 ciptakan untuk kepentingan dan kenyamanan sesama masayarakat.. jadi citra kita para biker ga jelek2 banget di mata orang2… Pun juga berlaku untuk semua jenis pengguna kendaraan bermotor

  61. 61
    kojel says:

    salah satu potret yg sangat aneh… negara ini memang aneh.

  62. 62
    cd string says:

    indonesia

  63. 63
    banditos says:

    Maaf nambahin Kang Iwan, kisah nyata dan gambarannya mungkin

    Original Posted By toshary86►

    mas ini kisah saya soal kecelakaan yg saya alami.

    tanjakan bawen-semarang bulan mei 2007
    truk vs truk.

    ceritanya waktu itu saya di tanjakan bawen yg dulu namanya jl.merak mati yg terkenal angker buat sopir2 truck. dan dulu masih aspal bergelombang belum di cor seperti sekarang.

    pas di tanjakan saya bawa truk muatan paket yg isinya macam2 kayak mesin planer alat2 atk.dll.
    pas tanjakan saya ambil kanan soalnya jam 04.00 motor pekerja lagi rame2 pada berangkat.
    pas di tanjakan ban saya terkena gelombang aspal yg cukup tinggi di tanjakan yg membuat power truk rada berkurang.
    tiba2 terdengar bunyi “crak..”
    mesin mati.
    lalu saya rem + handrem di keadaan jalan yg mulai rame dari arah naik dan turun tanjakan.
    tiba2 rem nya keras sendiri di karenakan blower rem untuk pembuangan angin rem hilang….
    dan kejadiian nya sangat cepat.

    kernetku langsung meloncat bawa ganjel ban bentuk segitga dari kayu yg beli di temanggung.
    waktu di ganjal terlihat dari spion klu kernetku sudah berusaha memasukan ganjal ke dalam ban.
    tapi ganjal segede itu masih bisa diloncat i ban nya.
    dan gua lihat mata sendiri kernet gua…masih berusaha mengambil ganjal dan berlari memasukan kembali malah beserta sebagian jarinya masuk ke area ban belakang sambil meloncat dia bilang
    “ya allah….lek….awas…lek”

    dan aku dalam kabin truk yg masih keadaan turun mundur….banyak suara klakson entah dari mana dan pikiran ku waktu iitu benar2….berucap
    “aku harus tenang”

    saat itu aku konsentrasi penuh dalam keadaan mundur…pikiran harus cepat beradu dengan detik bukan menit…
    dan mataku pun melirik ada 2 pilihan,yaitu.
    1.buang kiri jurang
    2.buang kanan pohon gede ada warung+got tanggung.

    pilihan ku no 2.di seblah kanan. ..
    waktu ku fokus buang kanan keadaan jalan penuh suara klakson….
    dan truk ku yg mesin masih keadaan mati turun mundur mulai aku kuasai…dan jalan tanjakan itu aku berlari mundur.aku masih inget klu kecepatan mundurku hampir mencapai 55km/jam.
    tapi aku tak bisa sepenuhnya melihat ke belakang cmn 2 spion yg menjadi ganti mata ini.

    truk ku mulai aku buang stir ke kiri yg notabe nya jalur ku aku buang ke kanan untuk aku tabrakin ke pohon besar yg seblah ada warung dan got/kali tanggung.

    otak mulai tegang…fokus makin kencang tiba2 ada truk billup truk besar turun dari atas yg turun cepat kaget
    melihat aku mulai mengambil jalurnya klu di gambarkan mirip truk mau adu depan tapi posisinya gua turun mundur….
    pas ku lirik spion kanan gua langsung nyebut…
    “allahhuakbar. ….
    allah…ya allah”
    ternyata jam 4 pagi itu terlihat ada 5 orang dgn posisi berdiri terlihat kepalanya (sepertinya warung lagi ada yg beli cos situ lokasi pabrik).

    fokus+konsentrasi ku pun pecah….
    mulau dekat dan semakin mendekat.
    tiba2 reflek planing ke 2 muncul yaitu
    “jurang”
    tapi konswekensinya besar aku dpt membunuh banyak kendaraan roda 2 dan yg lain karena jalur nya menjadi berlawanan.

    dgn nnekat aku pilih jurang dgn reflek yg cepat….dalam hati aku berkata.
    “mungkin ini waktu ku ya allah”

    “allah huakbar….”
    teriak ku….truk mulai zig-zag klakson ku bunyikan. …
    ‘aku harus bisa’
    stir aku putar agar bisa menghadap serong ke jurang….

    terdngar bunyi dhuarrrrrr sangat dan sangat keras.
    dan berulang sekitar 2x lalu aku kaget aku truk ku di himpit 4 ban ukuran 750.
    dgn posisi tidur truk di sampingku tapi ban nya menahan pintu kananku.
    kulihat 1 truk terguling yg menjadi ganjal berhentinya truk ku…
    sempat berfikir untuk menghidupkan mesin dan ku paksa untuk melindas kabin truk yg jadi korban ku.
    supaya si korban mati.tapi mesin ga mau nyala.
    aku lantas turun dari kiri. membawa stangk dongkar gede dan kuhampiri korbanku.

    aku kaget ternyata korbanku masih idup dan aku kenal orang itu
    dia adalah bekas sopirku yg mengajariku soal teori bawa truk.

    dan dia berkata
    “ngopo le,kok ga kue mundurke trukmu ”

    dan aku jelas tau kalau badan nya tergencet body kabin truk..

    setelah itu aku sambil membawa stang dongkrak truk yg emang besar aku mendekat ke korban.yg terjepit kabin truknya sendiri.
    stir bundar itu menempel di dada terlihat menusuk dada…
    sambil teriak kesakitan di mengucap kakiku ga bisa gerak ke gencet.
    warga pun berhamburan datang.
    ada yg membawa linggis setinggi leher: sebanyak 3 biji.
    ada yg membawa rantai kapal untuk menarik kabin agar sang korban bisa lepas dari tekanan.
    muatan mie kering yg korban bawa berhamburan di jalan dan jaadi barang jarahan warga sekitar.

    seketika itu polisi dari ambaraw* datang sebanyak 3 biji.
    darah +oli rem+pecahan kaca serta bau mesin yg panas mematik emosi warga untuk mencari sopir tersangka yaitu saya.

    warga teriak2. .
    “BaJ1ngan sopir e endi….bakar wae…pateni…”
    seketika itu aku teriak lantang
    “aku sopir e”
    dan mereka mulai mendekatiku sambil emosi.

    tapi mereka mereda setelah melihatku, karena aku sendiri yg masuk ke dalam remuknya kabin truk yg terguling sendiri…menahan dan berusaha melepas besi yg menancap di sebagian tubuh korban.

    dari bawah ada truk besar fuso tronton naik.
    langsung di cegat ama polisi di minta tolong untuk menarik kabin dari chasisnya sekiranya longgar supaya korban bisa terlepas dari jepitan kabin yg ringsek.
    tapi di luar dugaan ketika rantai kapal itu di pasang lalu di tarik.
    tiba2 bau kampas kopling terbakar dari truk fuso tsb dan rantai sebesar itupun putus.
    seketika itu korban itu berteriak kesakitan.
    karena besi kabin yg berserakan menancap terlepas dari daging kulitnys kemudian masuk lagi dgn hentakan keras.karena rantai putus.

    aku pun semakin bingung karena di satu sisi aku berharap sang korban mati,di satu sisi aku masih punya “hati”.
    kemudian dgn nekat kuaambil linggis 3 tadi ku masukan ke dalam kabin ku ikat menjadi bentuk
    ^

    v
    dgan bantuan 1 stang dongkrak ku tadi dan tali tambang yg di ikat ke linggis.
    kemudian di kaitkan ke sisa rantai yg putus….
    dan pas tarikan pertama diapun berteriak kesakitan…dan akhirnya ketika di tarik ada celah dikit di bantu warga kami mengeluarkan korban.
    pas aku mengeluarkan korban aku melihat pedal gas,rem dan kopling bengkok naik ke arah dalam…
    yg kulihat ketika itu kaki kanan nya tertancap dgn posisi miring ke dalam pedal gas menancap di dalam kulitnya dan daging nya.
    ketika ku tarik korban sudah ga sadar….
    dan kaki kanan itu kulihat tulangnya….
    daging kaki berbentuk kotak itu terkelupas sedalam 4cm dan panjang+lebarnya setara pedal gas truk tsb.

    hampir jijik tapi aku kuatin soale kaki yg kuangkat tadi darahnya membanjiri telapak tanganku sampe ke lengan.

    akhirnya aku di bawa ke polres ambaraw*
    proses di tahan selama 3hari 2 malam bukan di sel napi
    cuman di suruh situ sambil lengkapin berkas2 kecelakaan yg sangat2 ribet.

    kalau mau tau proses gua.
    1.cabut perkara 1,5juta
    2.ambil BB 3 juta 2 unit truk
    3.duit rokok 2 juta
    4.ijin alih muatan 600 ribu.
    5.derek 3 juta
    6.tuntutan korban 200juta,tulang patah 7 bagian dari bawah sampe tulang ekor

    tips dari saya buat pengendara kendaraan… khususnya motor.

    1.jgn pernah berrhenti mendadak didepan truk muatan berat di bawah 12 meter,sesungguhnya anda telah mati jika melakukaan itu…bila anda tidak mati maka sekitar anda yg jadi korban.
    2.kami driver truk berat berbeda dgn bus malam.
    kecepatan kami terbatas bahkan kaami masih kalah cepat dgn maho naik skuter ga jelas.
    3.jika kami terkena macet tolong liat kami,dan jgn maki kami karna pelan nya truck kita liat lebih jelas mata kita pasti merah kami selalu antisipasi jika motor atau mobil nyelonong di depan kami pasti siaga dan tanpa terlena mta ini terus memandang anda dan aspal di sepanjang jalan.
    4.baca selalu lampu sein kita kemana arahnya..
    5.selalu hidupkan lampu belakang motor anda
    6.jgn pake lampu putih

    cara ngerjain sopir truk ato bis ugal2an…

    1.pecahin spion kirinya nya maka dia akan buta sang driver
    2.jgn pernah melempar kaca truk/bis ugal2an dgn batu karena ga bakal pecahy klu tidak terkena titik pusat kelemahan kaca tersebut.
    cukup anda lemparkan batu ke arah/bahasa jawanya ngambang ke langit biarkan kendaraan tsb menabrak batu tsb dan lihat hasilnya.
    di utamakan pas kencceng larinya truk /bis tsb
    3.anda tembak dgn lampu
    berwarna kuning terang maaka sang sopir akan
    buta 4-6detik
    4.hati2 memory driver truk muatan berat memory nya hebat.

    bagi keluarga mas harto yg membaca postingan ini
    saya minta maaf sebesar2nya.

    buat all kaskuser aku mau tanya, apakah dengan kecepatan seperti ini saya bisa membunuh seseorang?

    lihat Rpm nya.
    lihat speednya.
    mungkin yg anda mzd adalah sopir2 truck2 kecil..saya tekankan lagi patuhilah rambu dan peraturan. dan jgn berhenti mendadak di depan truk besar…karena nyawa anda cmn 1 dan 8 master rem kami tidak cukup untuk melakukan penghentian mendadak

  64. 64
    satria biru says:

    sopir bis setiap nabrak pasti yang ditabrakin sebelah kiri yang ada penumpangnya ngga pernah nabrakin di posisi kanan (tempat supir) itu termasuk wejangan dari manajemen perusahaan juga ngga?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here