iklan iwb

460x110(1)

pertamax

Bro dan sis sekalian……kabar terbaru dari Pertamina, mereka saat ini sedang ngetes produk terbaru berlabel Pertamax Turbo. Bensin ini sudah coba dilempar kepasar Eropa sejak 26 Maret 2016 dan akan dites selama 3 bulan disana. Jika semua berjalan mulus….perusahaan minyak negara ini berencana menghapus Oktan 95 alias Pertamaxplus untuk diganti Pertamax Turbo. Waduhhh…….
Yamaha_GIF_440x100_rev

iklan iwb

banner-promos

Dari beberapa referensi yang IWB kumpulkan….Pertamax turbo memiki oktan 3 tingkat diatas Pertamaplus. Bensin ini diracik untuk mobil mewah atau supercar sehingga Pertamina memutuskan melakukan pengujian diEropa. Yang membuat IWB garuk-garuk alis…..koq mereka ada rencana mengganti Pertamaxplus dengan PertamaxTurbo ya kang. Lha piye jal…..

Pertamaxplus saat ini memiliki nilai oktan 95 dan IMHO cukup bersahabat untuk motor ataupun mobil harian. Sedang jika pertamina menghapusnya dan mengganti lompat langsung ke oktan 98….sing ono kita ngaplo bin ngowoh. Lha piye….nilai oktannya sangar bener. Rasanya mubazir kalau kita cekokin tunggangan yang rata-rata memiliki nilai oktan kisaran 9-11. Apalagi banderol juga tidak murah…..

Yup…..diEropa bensin ini dijual USD 1. Namun jika pada pertengahan tahun Pertamaxturbo jadi rilis ketanah air maka bensin banderol akan dipasang 10 ribu rupiah/liter. “Pertamax Turbo ini punya RON 98. Pilihan Eropa sendiri karena mobil-mobil supercar sangat banyak di sana. Saat ini baru sekitar dua minggu berjalan, dan kira-kira tiga bulan lagi, saya akan urus izinya untuk peluncuran di sini…

pertamax-turbo-1
“Pertama Turbo…..gambar drumnya ngeri euy. Lamborghini cakkk “

“Kami bisa berhasil jual 5.000 liter sebulan di Eropa, itu bagus. Pertamax Turbo dijual 1 dollar AS per liter, sudah dengan pajak. Namun di Indonesia, para konsumen bisa menebusnya Rp 10.000-an. Jadi dari RON 92 (Pertamax) akan langsung lompat ke RON 98 (Pertamax Turbo). Tidak kebanyakan produk, pusing juga kami. Lagipula untuk rata-rata grade RON 94-96 punya kemiripan, jadi langsung saja disatukan pada RON 98,…”ujar Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), Sabtu (26/3/2016) via Kompas. Artine opo??….

Gap antara Pertamax dan oktan diatasnya cukup jauh. Mau nggak biker pasti akan memilih Oktan 92 jika ingin mendapatkan bensin dengan aditif. Lek wis ngene IWB hanya takut satu hal….Pertamax laris manis, maka pricing produk akan dikerek secara perlahan. Biasa cak…..hukum dagang. Dan IWB yakin mayoritas bakal enggan membeli Oktan 98….lha dienggo opo cak duwur-duwur. Oktan 95 wae cukup. So…akan lebih bijak Pertamina menjual beriringan ketimbang menghapus Oktan 95. Biarlah Oktan 98 hanya untuk orang-orang yang membutuhkan seperti pemilik Lamborghini ataupun Ferrari. Ini hanya opini pribadi….kalau menurut sampeyan sendiri piye pakde?. Punya opini lain?? (iwb)

86 COMMENTS

  1. Waduh kalau sempet pertamax plus di hapus harus minum apa lagi nih kendaraan ane….secara di riau ngak ada jual pertamax ron 92….kalau di paksa pake ron 98 eman cak?

  2. brarti yang punya supercar makin banyak. Bener2 banyak orang kaya di negara ini, sampe2 menghapus bensin kelas menengah diganti buat kalangan atas

    • Kalo tanki bensin anda kecil. Cc cuma 100an. Malas ngantri. Males bolak balik pom bensin. Cuma pertamax plus solusinya hehe.
      Kecuali yg cc 200an ke atas tangki bensin gede ga masalah diisi premium

      • Padahal kalo itung2an irit cuma 2 pilihan. Kalo ga pak3 premium ya pake pertamax plus. Pertamax ga masuk itungan deh. Malah pertamax plus di campur premium sama sama 50persen lebih murah dibanding pertamax

  3. Mas Iwan. Pemikiran sederhananya gini loh. Dengan adanya RON 98 berarti Pertamina lebih hemat daripada meluncurkan 2 jenis produk. Yg RON 95 mayoritas dipakai juga oleh beberapa mobil dengan spek minimum oktan 95. Jadi kalo dipakai oktan diatasnya gak akan ada masalah.
    Jadi bukan karena mobil mewah…mobil biasa pun bisa memakai RON 98 ini.

    • Mobil biasa apa bro yg bisa pake ron 98 ??? Mobil biasa apa juga yg minimum ron 95 ???

  4. Itu utk All New CBR250RR dan Ninja 250 4 silinder om Iwan
    wkwkwkwkwwk …. dan tentunya yg punya MV Agusta, BMW
    Motorrad, Ducati, dll …

  5. lah kan ada pertamax racing yg pake Ron 100….harusnya itu aja udah cukup buat supercar…hahaha

  6. Haduh, knapa malah Ron 95 yg dihapus ya?
    Emang yg punya supercar banyak ya? udah kayak kendaraan sehari-hari?

  7. kebijakan yg aneh yg justru kurang bijaksana…dgn alasan pertamina pusing kbnyakan produk..aneh bnget…kalo pusing ya ga usah jualan ..wis jd makelar aza untungnya gede

  8. Gag worth banget kayanya, walau di Indonesia juga byk yg udh punya supercar, tapi kaya nya ga perlu sampe hapus P plus deh, seberapa banyak sih orang yg bakal pake bensin ini? Dan dari pada repot2 mikirin produk baru, mending perbaiki jaringan penjualan, karena masih banyak daerah2 terpencil yang dapet Premium pun kadang sulit atau harus beli ke tempat yang jauh!!!

  9. Jaman saya SD sampai SMA dulu ga ada oktan 95.. adanya oktan 88 dan 98 langsung.. ga pada pusing ko.. Ingat aja dulu ada Super 98. Super TT 98 dan Premix TT

  10. Ostosmastis deretan motor yaMaho dengan injeksi amburadul knalpotnya tambah nembak nembak batuk batuk kang… Bhret bhret Dhuor dhuor dor…

  11. kalo alesannya biar gak bingung ya premium, pertalite, pertamax….itu oktan cuman selisih 2.

    nek prasaku untuk kendaraan sekarang lebih pas jualan oktan 90 (menggantikan premium), 95 (untuk motor sekelas R25-moge jepang), 98 (moge2 eropah/berkompresi edan/balap)

  12. tapi kalau mau lebih simpel dan menurunkan emisi gas signifikan ya 2 aja. pertamax92 dan turbo98

  13. Mobil jepun yg bisa pake RON 97 cuma Mazda SkyActive series (compression ratio 13:1) dan lexus (turbo). Di Indonesia mobil eropa yang hampir semua turbo minim populasinya. Ya iyalah jualannya di eropa makanya laku keras disana adanya mobil eropa semua wkwkwkw. Katanya mau menghapus 2 tak tapi selama ron 88 masih ada 2 stroke never dies !!!!

Comments are closed.