iklan iwb

460x110(1)

1914784_1070297553035851_6852471793565181927_n

Brodhol untune kang….suwe-suwe ompong hanya gara-gara baca data dyno test yang berbeda antara satu alat dengan lainnya. Masih bertemakan hal yang sama….IWB mendapatkan share info dari kang Beny yang mengaku nyomot hasil test dyno dari Mototech Yogyakarta yang diupload oleh April Anjariyanto. Komparasi head to head Satria FI vs Sonic 150 vs MX King dengan hasil kembali berbeda dari M+ serta Ultraspeed dimana Satria menang mutlak soal power dan MX mengungguli Sonic pada torsi maksimumnya. Oalahhhhhhh….mumet tenan cak-cak. Jane sing bener ki endi to??
Yamaha_GIF_440x100_rev

iklan iwb

banner-promos

Dari tes yang dilakukan pada ketiganya…Mototech yang bermarkas diYogayakarta, Satria FU menghasilkan power yang super njengat yakni 17,[email protected] RPM…..disusul kedua Sonic150 yang hanya nangkring diposisi 15,6HP@8470RPM baru kemudian MX King yang kalah sangat tipis dari Sonic yakni 15,[email protected]. Lalu soal torsi…..MX King menjadi raja lewat torehan 14,[email protected]….disusul Sonic yang berada dikisaran 14,[email protected]….lalu ketiga Satria FI dengan torsi? 13,56Nm @8.178 rpm. Bisa IWB rangkum sebagai berikut….

Power (HP):

Satria Injeksi : 17,3HP @9.803 rpm

MX King : 15,4HP @RPM 8.759 rpm

Sonic 150R : 15,6 HP @8.470 rpm

Torsi (Nm) :

Satria Injeksi :?13,56Nm @8.178 rpm

MX King :?14,20Nm @7.020 rpm

Sonic 150R :?14,0Nm @6.872 rpm

tes dyno mototech (1) tes dyno mototech (3)

Piye….mumet opo ora sampeyan. Hasilnya ora ono sing podo. Memang sejauh ini IWB nggak mendapatkan pencerahan pasti akan status masing-masing motor saat uji dyno Mototech….apakah ketiganya benar-benar fresh dari dealer. Atau jarak tempuh yang sama……sehat semua?. Tidak tergali gamblang. Hanya saja dari sodoran diatas satu yang bisa kita simpulkan…..

Wis mending jajal deweee waelah. Ora usah patokan data dyno yang bertebaran kiri kanan. Suwe-suwe hasil uji dyno bikin rambut ubanan. Lha yak opo cak….siji karo liyane nggak podo. Mesin dyno A menang….dilalah dyno B jadi kalah. Atau sebelumnya kalah……mesin dyno satunya menang. IWB saja sebagai Blogger juga ikut garuk-garuk kepala. Sebenarnya yang bener dan akurat tuh yang mana. Sobekkkk njaran tenan rek-rek !!

Last…..atas semua drama data yang hadir, akan lebih baik kita sebagai rider jajal sendiri langsung. Cari referensi boleh. Tapi jika cenderung membikin bingung mending jangan dijadikan acuan. Mari cerdas menjadi biker dengan cara tes sendiri jika memungkinkan. Yang penting jangan mengikuti fansboy yang kerjaannya nubruk kanan kiri. Wis anggap wae arek cilik yang ketika dikasih permen jingkrak-jingkrak bungah ora umum (review produk bagus)…..tapi sekalinya nggak diberi permen….banting pintu seraya memaki-maki (siap-siap kabur ki :mrgreen: ). So…uji dyno??. Mototech kali ini yang menang Satria F150 FI…monggo simpulkan sendiri pakde !. Bubar-bubarrrr…….(iwb)

211 COMMENTS

  1. kok aneh gitu ya wak,, satria fu dapetin power terbaik cuma di 9800rpm dan torsi terbaik mx king jg dapetnya bisa lbh tinggi dr perolehan torsi terbaiknya sonic, padahal panjangan jg stroke punya mxking.. weleh2..

    memang kalo mau sahih kudu kayak proses ajang balapan resmi sih, di scrutinering..
    sekalian di bebersihin semua kerak2nya yg kotor, oli pake baru, dll yg memungkinkan untuk diperiksa. utk pengetesan ke mesin dyno manapun asal satu mesin, satu operator (yg netral dan jujur), saya rasa bisa mendekati hasil yg optimal ya kang..

    satria fu fi dgn segala kelebihannya (piston paling gede, klep jg, throttle body jg iya, radiator iya, sampe2 kompresi dan bak penampung oli jg terbesar jg dikelasnya) ane gak heran bisa dapetin angka 18.xxhp on crank (tp hhebat jg ya power lost nya cuma 1 HP, lainnya malah lbh banyak.. lucu jg 😀 ). gitu jg dgn Mxking torsi dapet terbesar krn strokenya paling panjang dikelasnya (walaupun ini motor sebenere lbh cocok disandingin the next supra x150 sih).

    kalo sonic? ini sebenere bisa lbh potensial kalo gak dikebiri. liat aja spek sama plek dgn k15g maupun k45g (beberapa perbedaan kecil) tapi power dan torsinya malah paling buncit diantaranya.. saya sedikit mengernyitkan dahi sebenerenya ahm ini sengaja sunatan power apa memang ngejar irit, cost, dan awet ya? kalo totalitas sih gak akan heran kalo power realnya bisa 11-12 dgn fu fi yg sekarang wak (yg lebih keliahatan totalitas, lirik ukuran2 serba lbh besar yg ane sebutin tadi).

    overall, saya lbh percaya sama Allah SWT saja lek biar gak jadi musyrik kalo percaya hasil tes dyno non official 😀

  2. IWB beli aja satria fi dan sonic baru
    terus tes dimesin dyno.
    IWB sendiri yg nyaksiin kalau
    perlu dividioin.
    hasilnya posting,daripada attikel
    g jelas motor yg dites unit baru
    atau tidak,kayak mototech
    malu maluin IWB berapa sih harga dua
    motor baru satria fi dan sonic.
    kalo mbekking g usah di tes,percuma
    ngoahaha ???

  3. di tunggu video dragnya lekk
    ajak FBY FBH FBS biar pada ngotot betot gas nya sampai nunduk2
    😀

  4. lek iwb aku protes haruse Sonic yg menang tes Dino kasian kn sosis ga pernah juara di jalanan . kan katanya sosis takut turun jalan waktu liat fufi

    • Fu fi yg boros aja masih
      kalah power,tinggal ganti cdi doang
      yg non limiter dijamin sonic makin
      nguacirr..apalagi bbm dibuat boros
      sama kayak satria fi.sonic bisa
      Mengerikan bro..????

      • Power sosis katanya gde,,torsi onwheel 13,77nm,,lbh gde dr oncrank,,,tapi kok gk berani turun balap standaran di kejurnas jatim???,,takut ya bro

        • Road Race Magetan : Kala Satria Bikin Peserta Balap Ngeper?.
          Maret 22, 2016 9:50 am
          Yola dulur yang budiman?? mendapati info di sebuah balapan jalan resmi, atau roadrace kelas bebek di Magetan Jawa Timur, membuat deka nyengir panjang. Balapan kelas underbone standar dibatalkan karena team lain ngeper jika harus membalap dengan team yang menggunakan satria FI.

          Kejuaraan terbuka Krating Daeng Power Roadrace 2016 yang memperebutkan Bupati Cup Magetan 2016, salah satunya menyertakan kelas underbone standar. Kelas motor bebek atau ayago kelas standar adalah kelas dimana motor semua default settng pabrikan tanpa adanya rubahan sedikitpun. Gampangnya, beli motor di diler kemudian langsung terjun ke sirkuit balap.
          Pendapat deka, kelas standar adalah bukti paling netral, sahih parameter performa sebuah motor. Karena motor tidak perlu ditambahi part apapun untuk mendongkrak performa. Jadi kondisi riil motor sama persis dengan motor yang kita beli dan pakai tiap hari. Bukan motor yang diupgrade memakai pendongkrak performa dimana seringnya harga upgrade jauh melebihi harga motor tersebut.
          Penolakan team-team lain terhadap team yang memakai satria FI yaitu Shake Speare 45 Lamongan jelas mengada-ada, dan hanya alasan karena ogah kalah. Seperti diketahu bersama, di roadrace kejurda di pamekasan, team Shake Speare 45 menang mudah ( meninggalkan jauh hampir separo sirkuit ) dengan satra FI.

          Mereka yang mogok balap menganggap bahwa team Shake Speare 45 berbuat curang dengan mengganti ukuran sproket. Padahal setelah balap, semua motor dicek ulang, diprotolin oleh panitia, dan tidak terbukti adanya pelanggaran. Semua terbukti original ting-ting default pabrikan. Nah?? udah ngeper, pakai nuduh curang lagi???.
          Padahal secara default satria Fi emang disetting oleh suzuki punya performa tinggi, kompresi mesin saja diatas 11, dimana butuh bbm oktan 94?.. 92 saja performa tidak akan maksimal, meskipun cukup untuk aktivitas harian. Herannya lagi, penyelenggara juga mengiyakan pemogokan tersebut, dan balapan dianggap tidak ada. Harusnya dalam perlombaan, mundur sebelum balapan juga dianggap kalah. Ibarat tinju, baru denger namanya saja udah pucat dan mental drop??. kalah sebelum naik ring.
          Semoga bermanfaat
          Wassalamualaikum

          • Demi Allah, saya benar-benar heran dengan IW* ada apa dengannya?
            Setiap komentar yang menulis fakta kalau MX King SOHC juara di Sentul melibas Sonic, dan komentar tentang Sonic serta MX King tidak berani turun adu balap dengan Satria FU Fi di Road Race Magetan, SELALU KOMENTAR tersebut kemudian di HAPUS oleh IW*

            Apa maksudnya komentar FAKTA di HAPUS sedang komentar BC dibiarkan?

  5. Ane yakin ini orang netral ga berpihak pada amplop..? Lanjutkan mototech.
    Jangan sampe bohongin masyarakat dengan data yang di buat2…….
    Ingat bohong n akan memberikan kebohongan laen..? Bisnis ya bisnis tapi ingat dosa donk.

  6. Gambarannya hampir akurat dengan hasil race Sentul.

    dimana MX King SOHC juara sentul dan Sonic DNF aka meleduk #fakta

  7. salam ngebul 8000 rpm – March 24, 2016

    Fu fi yg boros aja masih
    kalah power,tinggal ganti cdi doang
    yg non limiter dijamin sonic makin
    nguacirr..apalagi bbm dibuat boros
    sama kayak satria fi.sonic bisa
    Mengerikan bro..????
    ============================
    Saking mengerikannya langganan DNF ngejar MX KING di sirkuit manapun saja ngos2an apalagi di sirkuit magetan masa dohc jiperr ngak mau turun.

    Salam DOHC Hello Kitty

  8. Demi Allah, saya benar-benar heran dengan IW* ada apa dengannya?
    Setiap komentar yang menulis fakta kalau MX King SOHC juara di Sentul melibas Sonic, dan komentar tentang Sonic serta MX King tidak berani turun adu balap dengan Satria FU Fi di Road Race, SELALU KOMENTAR tersebut kemudian di HAPUS oleh IW*

    Apa maksudnya komentar FAKTA di HAPUS sedang komentar BC dibiarkan?

  9. Kang iwan….. buat tes adu drag sonic vs Fu fi donk….. sprti dulu sonic vs Fu predator

  10. Road race magetan itu bukti dan FAKTA.

    bisa-bisa nya tim laen mundur dan balapan dibatalkan. mending ga usah daftar dari awal sekalian. cih.

  11. Hasil tes di Mototech yang paling logis dan nyata!
    Hasil dari tes mesin Dyno lain meragukan.

  12. kasih amplop aje ke operatornya wkwkwk dijamin gampang diatur maunya gimana cara buka throttlenya wkwkwk

  13. Sudah jangan pada ribut….ribut di gedein,beli kagak…kalau elu2 punya duit coba beli FU nanti kalau ada teman yg beli sonic,ajak tes power motor masing2 dengan adu sprint di jarak 200 – 300 meter…nah nanti kan ada hasilnya,motor yg mana yg menang dan motor mana yg berbohong yg cuma koar2 di atas dyno tes….simple kan..?

  14. Ambil tengah tengah aj. Emang sepertinya sulit dipercaya kl Satria powernya lbih rendah dari sonic. Scara ini crank aj terpaut jauh. Yg paling mendekati logika mgkin tetep Satria yg lbih tinggi dari sonic wlpun mgkin kebanyakan bedanya 1 hp koma sekian. Tes top speed aj dah klhatan kl Satria lbih unggul

  15. knapa musti tanya? Malah keliatan bodo.
    Bukannya dari dulu mbek king dibilang bukan lawan sonice?
    Mx king bebek tulen, sdg sonice kata orang yg pengin memutarbalikkan fakta termasuk sport

  16. sampeyan sendiri bs jelasin gak?
    Knapa versi m+ torsi sonice on crank lbh kecil dibanding on wheel? Sdg motor lain gak bs.
    Kl sampeyan pinter, pasti bs jelasin scr teknis.

  17. hasilnya beda bukan jd soal, asal tak ada trik buat menangin motor tertentu (jujur).
    Knapa versi m+ torsi sonice on crank lbh kecil dibanding on wheel? Sdg motor lain gak bs.
    Itu yg jd pertanyaan besar.

  18. Jadi intinya para fb gemblung dimari cuma koar” noh yg punya sonic,satria,mx king tes bareng” sm mas iwan sambil silahturami ngopi bareng tes ntu motor,yg satu punya revo komentnya setinggi langit lirik tau sendiri…semua motor tuh punya kelebihan kekurangan masing” intinya lw suka tes dulu gak cocok coba lain…bisa gak berdiskusi sehat??

  19. Kenapa MXking selalu kalah, ya maklumlah spec memang dibawah duo ayago hasil dyno bisa nempel ketat keduanya juga sudah oke. Yg paling jelas pabrikan ini ngga suka ngibul, apalagi nebar amplop buat blogger ternakan.

  20. mbrodhol wulu kelekku nek ngene ki dab…iki sing salah montore,,opo dyno ne,opo operator dyno ne,,opo juragan dynone,,opo liyane…ra sah do udur dab,nek cocok yo di tuku,nek ora yo wes ngonthel ae.

  21. settingan motor beda otomatis hasil beda meski satu merk dan tipe apalagi beda merk dan teknologi. yang bisa dipercaya klo sudah di uji dijalanan sebenarnya atau liat di balapan liar.

  22. Tortle besar,radiator besar dan kompresi tinggi setidaknya punya korelasi dg tenaga.klo ga besar hp brarti buat apa diupgrade klo pancet.betul tdk

  23. Loe cobain deh sendiri biar gak dikibulin sales2 disini. Dan kesimpulan gue yaitu tuh FuFi yg menang power apalagi tendangan di rpm atasnya beehhh bikin ketagihan, dan yg pasti PLEASE JANGAN BELI FU FI biar tar dijalan EKSKLUSIF ya, soalnya ane mau beli 1 hihihi

  24. Ini blog ada adminnya kali ya. Bukan Kang IWB doang yg jaga gawang. Gw rasa yg nyensor tulisan dll yg tdk diinginkan dilakukan oleh team. Ini baru bener2 GASWAT

  25. saya pusing.. udah capek bikin peternakan blogger ngabisin duit, eh masih kalah aja si sonic

  26. lihat Road race di Pamekasan dan di Magetan sudah cukup buat bukti klo Satria Fi memang jozz

    gak perlu test dyno

  27. kaget , ada artikel bgini di iwebhe , hat hati lek , nanti ga gajian sama NGAHEM

  28. kaget , ada artikel bgini di iwebhe , hat hati lek , nanti ga gajian sama NGAHEM.hahahahahha

  29. banyak yg pura-pura naif.
    banyak yg tulisane mulai diplomatis koyo birokrat.
    padahal bedanya blogger dengan media mainstream ya blak-blakannya itu yang dicari pembaca. yang berbahasa manusia, yg emosinya masih terasa.

    blak-blakanmu dulu itu y membuat pembaca merasa dekat. blak-blakanmu itu yg dulu membuat blogmu banyak pengunjung. sekarang kalau masih rame juga mah karena sudah terlanjur terkenal aja

    kami gak butuh bahasa redaksi yang takut-takut. apalagi bahasa pesenan (semoga nggak)

    ayo bangun blogger otomotif indonesia !! lagi podo nglindur iki koyoke

  30. Padahal gampang sekali tinggal lihat dari spek yg dikeluarkan pabrikan saja.

    Jelas power Satria FI masih di atas powernya Sonic, dan torsi MX King yg paling besar di antara ketiganya.

    Itu sudah tak bisa didebat loh, kan dikeluarkan resmi oleh masing2 pabrikan. Gitu aja koq repot???

Comments are closed.