iklan iwb

460x110(1)

4024_778_667

Bener feeling IWB kangbro……Xabre 150 memang memiliki potensi power yang jempolan. Terbukti motor terbaru dari Yamaha ini mampu mengungguli saudaranya sendiri new Vixion dan nempel ketat new CB150R saat diuji diatas mesin dyno. Dishare oleh bro Bregas (suwun kangbro)…berikut hasil lengkap tes yang dilakukan Otomotif…..
IWB-Banner-Animated

iklan iwb

banner-promos

Banner Ad MBtech Rider 460x110

Kita tahu….mesin Xabre 150 mengadopsi dari engine YZF R15 yakni SOHC 4 katup 6 speed. Sedang NVA dibekali mesin dengan spek identik namun transmisi 5 speed. Dari klaim pabrikan….Xabre memiliki power yang sedikit lebih rendah dibanding Vixy. Berikut spesifikasi lengkapnya….

Spesifikasi resmi pabrikan

New Vixion
Power : 16,4 HP @8500RPM
Torsi : 14,5 Nm@7500RPM

Yamaha Xabre
Power : 16,1 HP@8500RPM
Torsi : 14,3 Nm@7500RPM

Baik tenaga hingga torsi dari klaim pabrikan Xabre dibawah Vixy. Tapi saat dites diatas mesin dynamoter dynojet milik 250i milik sportisi Motorsport Rawamangun, hasilnya berbalik. Tes menunjukkan power on wheel Xabre ternyata lebih nampol dibanding Vixion. Digeber serta diukur secara teliti, hasil yang didapat…Xabre unggul dibanding Vixion bahkan R15 sekalipun. Berikut detilnya….

Hasil tes dyno

New Vixion
Power : 14,17 HP @8500RPM
Torsi : 12,76 Nm@7000RPM

Yamaha Xabre
Power : 14,52 HP@8500RPM
Torsi : 13,15 Nm@7200RPM

yamah xabre dynotest (1)

Wihhhh…Xabre lebih ngibrit mzbro. Feeling ini memang IWB rasakan saat uji lapangan. Btw…karakter kedua mesin dikatakan mirip dimana mesin dari awal hingga 4000 RPM dorongan cukup kuat….4000-6000 agak flat dan diatas tersebut kembali njengat hingga menyentuh limiter yang berada dikisaran 10 ribu RPM. Ediann ki siminor fighter. Dilalah Otomotif kurang puas dan penasaran gimana jika Xabre diadu melawan New CB150R?. Dan hasilnyapun sebagai berikut….

Klaim pabrikan new CB150R
Power : 16,7HP@9000RPM
Torsi : 13,8Nm@7000RPM

Setelah diuji diatas mesin dyno (power on wheel) sebagai berikut….

New CB150R
Power : 14,65HP@9100RPM
Torsi : 13Nm@7000RPM

Yamaha Xabre
Power : 14,52 HP@8500RPM
Torsi : 13,15 Nm@7200RPM

Yup….CB150R unggul namun Xabre tempel ketat dengan gap yang cukup tipis. So….dari kalkukasi real lapangan on wheel….ternyata Xabre hanya kalah tipis 0,13HP dan unggul torsi 0,15NM dari mesin DOHC CB. Karakter keduanya juga berbeda dimana grafik menunjukkan Xabre memiliki power yang kuat diputaran bawah (5200RPM) dan selebihnya CB150R unggul akibat nafasnya yang panjang serta limiter yang lebih tinggi (10,800 RPM vs 10,000RPM). Ediann mengejutkan ki. Nah…untuk lebih lengkapnya intip wae pengujian dan artikel kawan-kawan di Otomotif. So…masih menganggap Xabre lemot??. Monggo cuci muka dulu kangmzzzzz, kaburrrrrr…..:mrgreen: …..(iwb)

yamah xabre dynotest (3)yamah xabre dynotest (2)Yamaha Xabre150 tes IWB (2)

349 COMMENTS

  1. FBH dungu bangga2in cbr lebih bertenaga,,, buktinya cuman 14,xx hp,, cuman beda 0,xx alias NOL KOMA SEKIAN sama mesin SOHC,,,, lihat kompresinya cung,,, xabre 10,4:1,,,, ncb 11,5:1,,,, bedanya banyak banget cung,,, kalo kompresi xabre disamain sama ncb,,, yo iso disampluk kanan-kiri sama xabre,,,,

    Cobalah dipake mikir itu otaknya FBH dungu, kompresi paling gede, tp tenaga cuman menang nol koma sekian, ga sampai nol koma lima malahan,,, dohc abal2 koq dipuja,, colek dikit malah meleduk

    • Menang dohc walau sak critt DENGAN CATATAN dohc lebih irit dari sohc.aneh ya dohc irit tapi bisa ngalahin sohc yg boros.coba dibuat sama bbm nya,tambah jauh tuh dohc ninggalin sohc.

      • DOHC yg gmpang mleduk dan perawatannya mahal itu ya? ?
        Bensinnya aja wajib pertamax PLUS..
        Wuih irit bgt gk tuh motor?
        SOHC lbh boros dari DOHC? Sjk kpn? ?
        Msh bs blg DOHC honda itu irit? Pkir? seribu kali dlu deh..

  2. nih ncb gue,,sering saya geber di rpm 10.500 tuban-surabaya aman aja,,tergantung perawatan dan cara pengoperasian,,kalo cra mengendarai dan merawat disamakan sama matic ya jelas beda lah hasilnya,,,bbm irit untuk kelas 150cc,, kalo mau bc jgn asal hoax aja, tanpa ada pengetahuan terlebih dahulu…
    ONO REGO ONO RUPO..

  3. nih ncb gue,,sering saya geber di rpm 10.5 tuban-surabaya aman aja,,tergantung perawatan dan cara pengoperasian,,kalo cra mengendarai dan merawat disamakan sama matic ya jelas beda lah hasilnya,,,bbm irit untuk kelas 150cc,, kalo mau bc jgn asal hoax aja, tanpa ada pengetahuan terlebih dahulu…
    ONO REGO ONO RUPO..

    • Gw pke motor bolak balik kendal – kudus pke NVA isi pertamax 92 hbs 40rb doank isi full tank sblm brgkt..
      Adik gw yg ngikutin gw pke NCB pke pertamax 92 jg, hbs 50rb dgn kondisi full tank jg sblm brgkt..
      Gw ama adik gw jlnnya beriringan..
      Msh mw ngmg DOHC lbh irit?

  4. gini bos minerva udah bisa buat
    -deltabox bukan deltaseng
    -banana arm
    -sohc 4klep “migeli”
    -usd
    apakah benar harganya mahal??mikir
    tapi kenapa blm ada yg dohc??

  5. Perasaan xaber turunan’a R15 deh
    Np di jejerin’a sm vixion n cb150r yak?

    Mesti’a kn CBR150 n R15.
    Apa krn model naked Bkn fairing?
    Tp dr sisi harga kn ga jauh sm R15 n CBR150

  6. dowc hawul hawul…ga da beda trus bwt apa? cm nambah harga doang.sampe kpn konsumen trus di kibulin.?

    • Lebih kenceng,lebih irit kok dibilang g ada beda???kenceng boros wajar.ni irit tapi kenceng ya honda.boros kenceng satria/ninja.boros tapi gak kenceng sohc yamaha.

  7. dohc H gk ada beda’y ama sohc Y,
    trus apa klebihan’y dohc sbelah yg dbangga2kn fbh
    MALU rekk
    pintere cuma Black campaign tokkk

    • Bukankah dah dites sama tabloid otomotif dan motorplus.dalam keadaan standar mesin dohc honda power,torsi,speed lebih unggul dari dohc yamaha.jg bbm lebih irit dohc honda dari sohc yamaha.ITULAH HEBATNYA HONDA,BISA BIKIN MESIN KENCANG TAPI IRIT.cukuplah buat ngalahin sohc yamaha yg lebih boros.masa black campaign..

  8. Honda: ketika DOHC hanya sebagai stiker marketing. Real DOHC ya satria FU. Selisih 4 juta dapat USD dan banana arm dan deltabox…..ya sangat beda lah. Sorry bukan fby atau fbh…saya punya produk ke2nya soalnya

  9. nais Review Kang Mas IWB,,
    koment nya pada lucu,,yg satu mndewakan logo sayap,,satu logo garpu tala,ad juga logo S ma K,,hadeuh saling ngjek saling banggain,,mang pada dapet apaan dri tuh merk??di endorse suku cadang kah motor kalian pade hahahah?,,klo marketing sih sah2 aj selama dlm konteksnya,,sing penting jualan laku ma halal. klo urusan motor ya kembali ke selera gan,,demen ada duit ya beli/kredit,,mlh ribut2 produk msing2,,pada waras???

  10. gua pikir swingarm banana 3.3jt + upside down 1.5jt, toh bisa diliat dari warna itu usd lokal dan liat di thailand itu udh bengkok gitu aja? sorry kalo ngawur, gua cuman prmodif biasa

  11. DOHCnya hrs pake pertamax, klo di itung” ga irit juga, bhkan standarnya kompresi di atas 11 hrs suda pertamx plus, jdi masi bisa di bilang irit klo di liat harga bahan bakarnya?

  12. dari pemgalaman bukannya saya fansboy salah satu produk saya naik cb150r dan teman saya pakek vixion dadan rute blitar-solo sama” isi bbm full tpi sepertinya masih iritan xivion.. padahal sama sama geber dan berat juga hampir sama malah gedean temen saya yang naik vixion.. ini pendapat saya karna pengalaman .

Comments are closed.