iklan iwb

banner-460x110-CB-500F460x110_ok

Honda CBR1000RR SP (1)

Bro dan sis sekalian…dipercaya oleh AHM memegang motor berharga lebih dari setengah M merupakan kehormatan tersendiri bagi IWB. Sebab tidak semua peserta turing Big bike Honda Bali-Lombok beruntung bisa mencicipinya. Memiliki power to weight ratio mumpuni…nunggang Honda CBR1000RR SP selama 1 jam lebih dengan jarak puluhan kilometer menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Awalnya IWB rada ciut nyali mengingat motor ini mahal bener. Tapi berbekal pengalaman memegang moge IWB sedikit terkejut pasca mengeksplorasi sang CBR. Lho emang kenapa…??
Banner-Nmax-OnlineBooking_TMC_IWB_460x110px
460x110 prj

iklan iwb

viar 460x160

Sebab jujur ini adalah motor superbike terjinak dan tergampang yang pernah IWB jajal. Mulai suspensi, power delivery, kemampuan melibas tikungan, sensasi braking, hingga agility menaklukkan jalanan sempit. Oke…mari coba IWB jabarkan satu persatu…

Ergonomi

Honda CBR1000RR SP (2)

CBR1000RR SP menganut posisi riding pure superbike. Stang model clip on under yoke dengan posisi jok ditarik kebelakang. Dari sini sampeyan bisa bayangin ergonomi yang ditawarkan. Badan dipaksa dlosor…tangan menjulur jauh kedepan untuk meraih stang…pijakan kaki cenderung kebelakang dengan badan memeluk tanki. Wes sampeyan bayangin kalau soal kenyamanan CBR1000RR SP ora ono nyaman – nyamane blas. Yah….mirip dengan supersport lain mzbro….

Motor ini memang diracik sebagai kuda besi penakluk sirkuit yang membutuhkan handling maksimal. Makanya desain dibuat menyatu dengan badan bungkuk memeluk tanki. Dan IWB sarankan?CBR1000RR SP hanya digunakan untuk biker berpostur diatas 165 cm. Sebab dibawah itu niscaya sampeyan akan cukup kesulitan khususnya ketika berhenti ataupun berpindah posisi. Mungkin kalau jajal short run masih oke. Selebihnya iso jengking mlumah murep sampeyan…

Engine

engine CBR1000RR SP

CBR1000RR SP dibekali engine 1000cc 4 silinder DOHC 16 klep dengan bore dan stroke 76mm x 55.1mm. Kompresi rasio 12.3:1?..dinding silinder dilapisi nickel-silicon carbide (Ni-SiC) yang membuatnya kuat serta minim friksi. Motor ini diklaim mampu memuntahkan power hingga 178HP@12,250 RPM dan torsi 114 NM@10,500RPM. Bobot SP hanya 191 kg. Monggo sampeyan hitung PWRnya. Diatas kertas cukup nggegirisi mzbro. Tapi gimana praktek dilapangan..??

Mengejutkan. Walau tanpa dibekali traction control…IWB sangat gampang mengontrol power delivery disegala rentang rpm. Ciri khas 4 silinder dimana lembut dibawah memang sangat menguntungkan. Hanya saja entah kenapa untuk CBR1000RR SP segalanya sangat mudah. Setiap jengkal putaran gas begitu terukur dan gampang dirasakan. Bahkan ketika nunggang diatasnya sampeyan akan lupa bahwa kita sedang nunggang monster. Tapi jangan salah, sekali colek motor ini bisa melesat secepat kilat…

honda_cbr1000rr_sp_2014_-18

Tendangan torsi baru bangun saat kita melewati 5000 rpm keatas. Ledakan tenaga seperti meletup jika sampeyan terus buka gas lebih dalam. Yang menjadi poin dari semuanya adalah lengkingan saat kitiran mesin makin tinggi. Sampeyan tidak akan merasakan adanya stress dari komponen. Aluuusss serta nyaris minim vibrasi. Sayang…karena dijalan raya IWB hanya mampu mengembangkan kecepatan sekitar 140 km/jam. Itupun harus nyodok rombongan didepan. Yang patut menjadi catatan bagi sampeyan…motor ini tidak direkomendasikan untuk melaju pelan secara terus menerus. Kenapa..??

Sebab jika speed dibawah 70 km/jam indikator suhu mesin bakal cepat naik. Dari panel speedo IWB sempat menembus 110 derajat celsius. Pada rentang ini hawa panas sudah mulai menjalar dibagian paha, Bahkan yang paling ekstrem “heat” juga menyebar kebagian sasis twinspar-nya. So….IWB kudu pintar – pintar menjaga average speed minimal pada rentang 100 km/jam. Jika itu bisa kita lakukan, suhu mesin akan turun secara pelan. Ideal yang cukup bersahabat engine kita jaga pada suhu 98 – 100 derajat celcius. Jian bener – bener motor high performance mzbro. Sadis ora gelem dijak alon suwe rekkk :mrgreen: …..

Handling

Honda CBR1000RR SP (5)

IWB yakin ketika sampeyan melihat fisik CBR1000RR SP mindset kita akan mengatakan “berat”. Body gambot dan kokoh dijejali engine super besar. Tapi ternyata semua tidak terbukti. Yup….sekali lagi IWB dibuat tercengang sebab motor ini adalah superbike teringan secara handling yang pernah IWB jajal. Baik untuk manuver low ataupun high speed. Cukup mudah bagi IWB melakukan zig zag serta salip menyalip dikepadatan lalu lintas. Jika kita membicarakan mengenai motor dengan harga 575 juta rupiah memang cukup sulit mencari celah kelemahan. Tapi untuk?CBR1000RR SP ini IWB harus akui handling memang cukup special. Enteng, stabil dan easy kontrol. Bobot 191 kg nyaris seperti 150 kg. Feelnya jian empuk tenan mzbro…

Suspensi

Honda CBR1000RR SP (7)

Honda CBR1000RR SP dijejali suspensi depan USD spring preload dengan ukuran 43 mm. Sementara bagian belakang menggunakan monoshock Unit Pro-Link yang dikombinasikan swing arm aluminium. Tentu sebagai motor supersport karakter suspensi sudah seharusnya stiff atau cenderung keras. Tapi yang mengherankan guncangan tidak banyak terjadi saat motor digunakan untuk melibas jalanan rusak. Total Balance pada CBR1000RR SP lumayan mengagumkan. Suspensi bekerja sempurna saat digunakan melaju kencang atau cornering namun saat dibutuhkan suspensi juga cukup baik meredam hentakan dari permukaan aspal yang tidak rata…

Pengereman

Honda CBR1000RR SP (6)

Pada versi CBR1000RR SP Honda membekali perangkat rem Brembo monoblock. Jika kita biasa nunggang motor kecil tentu komponen ini sudah sangat mumpuni. Tapi IWB mencoba menilai dari beberapa moge yang pernah IWB jajal. Dan untuk Brembo pada CBR1000RR SP….feel braking terasa cukup solid serta terkontrol. Gigitannya tidak ngagetin namun seiring tuas ditarik motor berhenti dengan anteng. Jarak pengereman bisa kita atur sesuai kebutuhan. Apalagi dikombinasikan dengan suspensi depan, respon braking SP masuk kategori superior…..

Kesimpulan

Honda CBR1000RR SP (4)Honda CBR1000RR SP (3)

Berkendara sejam menggunakan CBR1000RR SP memberikan feeling positif bahwa motor ini memang layak menyandang sebagai superbike CBR series yang legendaris. Bertenaga (tidak ragu soal ini), handling mantap, mudah dikontrol, gampang dikendarai, minim vibrasi membuatnya menjadi moge yang patut dipertimbangkan sebagai koleksi. Mungkin Honda terkesan pelit dengan minimnya fitur elektronik seperti absennya riding mode serta traksi kontrol….

Namun saat mencicipinya sampeyan akan lupa seluruh kekurangan tersebut. Design memang selera. Tapi jika kita membicarakan feel riding…CBR1000RR SP sulit dicari kelemahan. Yang cukup berat mungkin pricing mzbro. Dengan banderol kisaran 575 juta…rival mereka Kawasaki juga memiliki jagoan tak kalah bengis yakni Ninja H2 serta beberapa moge Eropa seperti MV Agusta ataupun Ducati. Sayang IWB tidak memiliki kesempatan jajal sang H2 untuk sekedar membandingkan. So…CBR1000RR SP??. Jiaannn juoz gandozzz kotozz kotozzzz mung iso doweh, ngaplo lan ngowoh :mrgreen: . Adol pekarangan pirang meter iku cakkkk....(iwb)

235 COMMENTS

  1. Motor kisaran 500jt tapi desain sama plek dgn CBR 150 yg harga 30jt

    Prestigenya dimana??

  2. Apanya yg sport murni. .d bndng mtr mtr superbike laen..spt mv,panigale,bmw.,r1, it stang cbr lbh tegak! Krg nunduk.!slahkan d garis aja ergonominya!

  3. Lampu belakangnya mirip NVL coy…
    600jt vs 23jt kualitas sama coy…
    Congor slamet dongograde

    • @pembaca otomotif

      Goggling makanya…buritan NVL itu niru CB650…CBR1000RR ini mah duluan lahirnya ketimbang NVL…jadi siapa yang ga kreatif..??

      • Emang udeh ade HAK PATEN nya om? Jawab pertanyaan ini aje om kagak usah berbelit-belit.

        #Sory kang, pinjem kate kate.

        • Eente ngomong lampu sama nvl harga segitu kualitas sama, bisa dipertanggung jawabkan gak nih bacotannya??

          • Bacotan itu enak bos, ane kan FBH king of bacot nglantur.
            Jangan sensi ye bos?

            Btw itu tenki CBR1000SP pake kondom plastik ye bos? Ane FBH paling anti sama kondom tenki plastik bos.

            Ekekekekeke, uhukkkk uhukkkk nguuukkkkk…

          • Pembaca Otomotif itu kloningam jaosyamahopretkampret situkang bece gak lulus esde
            Ngoahahaha

  4. Tantang Nyalimu!!!
    Tantang Surat Tanahmu!!!!
    Tantang Bojomu!!
    Tantang Mbokmu!!
    hahahaha

  5. ni motor yg ngamplengi r1 itu ya… hahahaha. FBY melas. Kagak gableg duit naik moge. Bece nya sok kayak punya moge R1. Amit2 cui….

  6. Sudah pasti jinak kang, orang powernya aja cuma 178 HP, yang lain udah ngampe 200 HP
    Pernah lihat review dari media Amerika soal handling masih saat MY 2012 semua, antara Kawak, Honda, Yammy, Ducati, Suzi, Aprilia, dan MV paling enak di sirkuit dalam keadaan std itu R1, soalnya R1 pake swing arm terbalim ala MotoGP.
    No offense

  7. Coba amati gambar ke 3, bak kopling.

    bandingkan dg bak kopling cbr600, cb600, atau moge honda lainnya.
    Artinya moge honda kayak motor bore up aja.

    nothing specia.

    Sama persisss desainnya. Ini sama kayak astrea prima, star, legenda, grand, supra, revo. Sama plek kaya motor cina.

    Rasa pertama naik cbr adalah rasa uang 600juta. Digas sama aja dg r1 yang cuma 350juta.

    Cuma krasa mahal aja yang bikin besar kepala.

  8. ini motor kategori buat para kolektor nd hobbies di Indonesia yg duitnya udah melimpah ruah,, saya tahu banyak komentator di sini yg bandingin dngn produk ini sama produk brand lain,, okeh silahkan ajj itu hak anda sbgi komentator, tpi saya harap gag ada pembodohan otomotif lah dalam berkomentar, bilang mending ini lah, masih bagus ini lah, lemot lah ini motor,, sekali lagi brow ini motor bukan buat harian ini motor buat para kolektor barang mahal, saya tau anda smart tpi yg beli ini motor lebih smart daripada ente2 semua,, karna motor apapun kalo udah dijejalin part racing pasti HPnya akan terdongkrak,, jdi orang kaya yg beli barang beginian nd mobil sport pasti udah nyiapin duit buat dongkrak performa jagoannya,, gitu,, Hahahaha,,, makasih,,

  9. Baringbang goblog,
    bulan puasa iyeu teh,
    pagawean ngan ngabacot luntar lantur we :@

    #kawas aing 😀

  10. Semua tergantung Selera bro..jngn buta merek dulu makanya..
    😆
    Klw level moge mah Honda,,BMW,,Kawasaki masih yang paling laris..

    • Yamaha MT09 kagak di bawa om?

      Atau Suzuki GSX1000RR?

      Coba cari data moge di dunia atau ngeropah.

  11. Pdhl d dol yo jek laris tonggo sblh e, d adu d sirkuit yo g mnang musuh tonggo sblh e mneh… Ajurrr lemperrr.
    Hehe….

  12. Cik atuh goblog malikir,
    ngeus bukti power torsi, eta motor letik harga oveprprice.
    Ngan hayoh we di agung”,…

  13. maklum kang barang CBU (bukan lokal apalagi interlokal) kualitas pasti nomor wahid…

  14. Sebab jika speed dibawah 70 km/jam indikator suhu
    mesin bakal cepat naik. Dari panel speedo IWB
    sempat menembus 110 derajat celsius.

    ———————————-
    weleh kui mesin opo tjceret ….

  15. R1 di kamplengi CBR1000 ?
    Hahahahahahaha
    FBH bulan puasa tukang hoax,
    noh liat di youtube,motorcycle.com.
    Paling banyak mana yang di kamplengi ?
    Darg race,lokal race,ilegal race ?
    Congor FBH emang pada berklitoris makanya asal jeplak.
    No pict ?
    No video ?
    Hoax !!!!!

  16. Las2n nya rapi banget….beda ama gen Rongsokan…..
    Pasti tukang las lewat…
    :mrgreen:

  17. Ni motor tangki tinggi karena mesin 1000cc diameter piston mungkin 75mm atw 7,5cm.

    7,5 x 4 =30cm.
    diatas mesin ada box filter udara baru tangki bensin, jadi dalamnya berisi.

    Jadi apa isi cbr150cc?

    diameter piston 63mm sama keteng paling 15cm blok mesin.
    tapi bodynya kayak 1000cc. Apa isinya?

    kopong brooook.

    cbr150 kayak kudalumping aja. Mesin kecil body besar gak ada isi.

    yang naik begaya bawa motor 600juta.
    yang bawa motor 600juta diliat kayak 28juta.

    Yamaha memberi esklusifitas dikelas masing masing.
    honda memberi kepala besar belaga moge di setiap kelas. Matic pun rasa moge katanya.

    Wkwkwkwkwkwkw.

    • Bukannya Rongsokan 15 kepalanya gede itu ya belaga Rongsokan 6…kepala lebar..motor apa rongsokan sih…

      Hihihihihhihihhhihhihi….

    • Palagi mesin CBR150R yg mungil bin unyu2 bikin kopong. MOge look tp klakson kemayu. hadeuhh..n

  18. Mungkin Honda terkesan pelit dengan
    minimnya fitur elektronik seperti absennya riding
    mode serta traksi kontrol?.

    ————————–
    hhhaha
    sudah ketetapannya abal abal ….
    500 juta lak kawasaki sudah dapet supercharge malahan
    sek sek mas itu engine cut sama passing switch ada gak …?????

    • Wong kismin koq ngomongin Moge ratusan juta…….
      Ngimpi dadi wong sugih apa udah jatuh kismin maning ki wong..
      😆
      😆

  19. kalo yg head to head sama R1 nd ZX1000 itu yg CBR1000RR tanpa SP, kelebihan CBR1000RRSP itu fork depan USD Ohlins, caliper Brembo, twinspar nd swingarm merk Kalex jdi emang udah spek sirkuit ready,, kalo gag salah yg CBR1000RR harga +/- 400jtan jdi masih bersainglah sama R1 yg 350jt nd ZX1000R yg 356jt, githu,, jngn ada penggiringan opini dan pembodohan ongtomotip,,

  20. Mau koleksi koleksilah. Silakan beli motor ni seharga 600juta dan terus perkaya ahm.

    hahahaha.

    jejerin sama v-max lah walau bukan motor race.

    harga vmax 500juta.
    power 200ps
    torsi 166nm

    Kalau mau koleksi belilah cbr dan perkaya ahm

    hahahahhah

  21. FBY kismin (doyan kredit miong) koq ngebandingin antara moge2 SP..R1..H2r…

    Nyobain aja belum…udah berasa gaspooll….

    ckckckkck…tragis
    😆

    • Sama bos, ane FBH sejati. Ane mentok cuman MBIT, Ms 70% kan bukti sumbangsih dari EMBIT yg banyak.

      Ngoahahahaha

  22. 1000cc euy.. Kalo saya baru pernah nyobain CBR 600 RR sama R6. Dan emang CBR lebih jinak n halus akselerasinya. Cocok lah buat pemula. Gantian make R6 malah serem, akselerasi ngagetin + handling enteng. Bisa celaka kalo yang bawa ga tau cara bawa moge.

  23. CBR 1000 RR SP partnya standar balap….dri shocknya aja udah pake ohlins,,,belom perangkat yg laen2nya…jangan dibandingin sama motor 1000cc jepang laennya…ini beda kelas..kecuali CBR 1000RR standard

  24. Filosofi Honda setau aq si EASY TO RIDE,jadi blh d katakan smua motor honda “mudah/gampang” d kendarai olh pemula,,.
    Untuk Yamaha mengandalkan speed.
    Kawasaki speed+tampilan sangar..
    Model selera broo.. Klo ga suka,jngn bli,,.
    Klo ad yg blng harga 600jt mw d bandinggn sama yg 28jt,,itu org awam,,soal model..
    Klo gt gmn dngn R15 & R6.. 11-12 kan..?? Bahkan dngn R1 jg ga jauh bd.. Yg dpn nya lebar… Kawasaki jg ga jauh bd,baik yg 250 smpe yg 1000 nya.. Yg membedakan cmn bgian dpn aja.. Sisanya hmpir sama kq(model)..
    Itu menurut pandangan awam aq..

  25. Klo boleh tau,si monster terjinak kok harganya mepet H2 ya?? Faktor honda kah?? ohlins kah?? brembo kah?? Moge kah?? Tricolor kah?? Atau yg ngejualnya pengen untung gede??

  26. Baca judul aja…sy langsung terbayang “TERLEMOT” utk kelasnya.

    Hahaha
    Salam 20 detik yaa

  27. dibilang lemot???

    masih berani kok nongol di sbk, pernah podium pula…

    lah sebelah ngakunya teknologi mocingp tapi ngumpet gak berani turun di sbk… 😆

  28. piye to iki?antara cbr150, cbr 250 , cbr1000..bodyne kok podo plek..
    desainere honda wes kentekan ukel

  29. Ngomongin Bigbike/SuperBike sama ajj ngomongin Supercar,, Sbg perbandingan Brow,, Toyota 86GT 2pintu 4jok penumpang 2000cc mesin boxer DOHC 4cilinder tenaga 197HP at 8500rpm belum ada turbo harga 826jt rupiah vs Mitsubishi Lancer X 2000cc 4pintu 4 jok penumpang 4cilinder Mivec DOHC+twin turbo tenaga 246 HP at 8500rpm harga 1,2 M rupiah,, jelas bnget brow disitu diterangin Toyota 86 lebih murah dari Mitsubishi Lancer X padahal sama2 2000cc karna apa Mitsubishi Lancer X udah dijual komplit sama part racingny twin turbo dll,,, jdi kembali lagi tergantung niat calon pembeli nd kantong calon pembeli jngan ad pembodohan otomotif’lah,, tidak ada istilah operpret di segmen supercar nd superbike brow,, Hahahaha,,, makasih,,

  30. Wah mirip motogepeh….sodara2 ada yg tahu nggak jawabannya, kenapa yg di ujicobakan bukan yg Warna kuning RISOL ?
    Kenapa yg warna tribal yg ada, warna kuning Oli RISOL diumpetin yak?

  31. Kalok udah soal moge di sini…ya memang ga soal lagi apa lemot atau apa.

    Sy dua kali turing..pertama make n250r kedua yg mesin V 4 cyls. Semua BERSURAT LEGAL, masbro. Sama2 bikin sakit punggung..pdhl dua2nya sprot touring. Bedanya yg moge lebih gampang mau 150kpj…dan rata2 di 120-140kpj selama turing. Kalo n250 rata2 sy di 100-120kpj. Selisih ketibaan di tempat cuma 4 jam doang.

    Make moge atau mtr apapun tinggal soal nyali aja…termasuk di tikungan mau seberapa cepat dan seberapa miring…asal siap konsekuensi.

    So…kalo opini sy di moge ini tinggal tengok soal gengsi mana, design dan …krn skrg apm2 siapin service after sales, ya tinggal ditengok mana yg gape. Sy dulu…nggak masuk lewat apm…jd gak tau soal service2 itu.

    Design? Penting banget! Spesifikasi motor…PENTING banget. Harga? Apalagi. Biat ketahuan value mana. Sy mana mau digolokkin pabrikan…apalagi pedagang2 bermulut manis yg sok expert. Entah kalo konsumen uoon yaa.

    Hahaha
    Salam 20 detik…

    • jadi kesimpulan yg bisa ai ambil dari om jaos ne cibi cibi value nya gak dapet ya, baik dari design, performa dan hrga, makjleb tenan. bener memang adanya jgn mau kita konsumen kena pembodohan otomotif

      • Wah…koq komenmu akurat begitu yaa?
        Itu memang maksud sy…utk moge JAP…konsumen di segmen ini pasti serius pertimbangannya…apalagi bila itu nanti jadi moge pertamanya. Omongan pedagang harus diwaspadai. Prestige nggak maen di moge sesama JAP.

        😀
        Salam 20 detik yaa

        • ini CBR1000RRSP om Jaos, dijejalin part nomer wahid semua USD Ohlins,kaliper Brembo,rangka twinspar nd swingarm Kalex, kalo yg head to head sama R1 nd ZX1000RR yg CBR1000RR tanpa SP,, hadueh,, penggiringan opini lagi,,

    • Wiuw om jongos ngatain pembodohan otomitof tapi malah die nya sendiri menyebar pembodohan otomotif plus pembodohan mental.
      #Salam mental kobikan ye cung(pingin dapat pengakuan konsumen biasa)

    • Iya, yg bnyak trackrecord juara adlh Yamaha… D dpn kok.

      Da yg tw & pny Mv Augusta g? Eh…

      • Beli Bigbike ato Supercar itu tergantung taste nd keinginan calon pembeli Om’, di negeri indonesia ini record sebuah produk bukan jaminan produk akan laris di segmen ini,, ane mo nanya sama ente-2 konsumen netral nd konsumen smart semua “Populasi HD yg dijual resmi APM Mabua Harley Davidson Indonesia rata2 produk HD up1000cc vtwin nd v4 SOHC teknologi jadul harga up 400jt-800jt vs produk Supersport JAP all brand APM Resmi KMI,RShop, Honda Bigbike vs Supersport Europe all brand Ducati Course Indonesia, MV Agusta, BMW populasinya banyakan mana ea’???

        • kalo anak muda borjuis under40 thun rata2 jatuhin pilihan ke JAP superbike ato European Superbike yg punya high performance nd high technology dan ikut di kejuaraan resmi FIM, kalo buat orang borjuis usia up 40 yg sudah mapan dn mempertimbangkan kenyamanan banyak yg milih HD buat jatuhin pilihan ke bigbikenya aftersales nd sparepart udah dijamin sama Mabua HD sbg APM resmi, kebnyakan mereka menyalurkan hobby mahalnya dngn touring, jarang yg melakukan buat fun race di sirkuit kaya pemilik JAP superbike yg rata2 masih jiwa muda nd adrenalin hunters,, Salam jadilah konsumen cerdas dan berkarakter jangan mau tergoda sama penggiringan opini dan pembodohan otomotif,,, ekekekkkkeeekk. Terima Kasih,,

      • Semua udah tau MV Agusta dengan Giancomo Agostini paling sering juara bos, maksudnya ini HONDA YANG PALING HEBAT vs YAMAHA YANG OALING LEMOT (Versi FB).

        YZR M1 aja bos…eh keceplosan. Xixixixixix…

        • YZRM1 nd RCV213V itu motor prototype brow,, spekny macem SSG gag dijejalin di motor masspro’nya,,

          • Ane juga faham om Prototype atau Mass Production, cuman maksudnya ini kan buat Bully FBH aja.

            Fbh kan suka Bully Esss Oooo Haaaaaa Cceeeeee Coy, kita jawab DOHC YZR M1.

  32. Udah..kagak usah ribut.
    Mending nonton aja race WSBK nanti sore.
    Race 1 start jam 15.30 WIB
    Race 2 start jam 18.10 WIB
    Race kelas Supersport start jam 16.40 WIB

  33. yg bilang oper_pret. . .
    Ai yakin mreka_mreka cma mentok beli mbit bletak jeger. . .
    Sma me0ng g0yang dumang!
    Mental fakir yg sok kaya.

Comments are closed.