iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

cbr150vsr15iwb

Bro dan sis sekalian…….artikel ini sebagai finalisasi komparasi head to head Honda new CBR150R vs Yamaha YZF R15. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk mengadu keduanya karena masing-masing produk mempunyai keunggulan sendiri. Namun sebisa mungkin setiap detil coba IWB rasakan…resapi serta terjemahkan kedalam bentuk tulisan. Mulai dari ergonomi, keampuhan braking, respon engine serta kemampuan handling dalam melibas berbagai kontur jalan baik normal ataupun agresif. Seperti apa??. Berikut detil komparasinya….
460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb

Mewarisi gen YZF yang agresif, Yamaha meracik R15 dengan konsep racy dan sport murni. Bisa dilihat dari desain yang tanpa kompromi nungging habis dan bagian depan merunduk. Sedang new CBR150R bisa IWB katakan lebih mature dengan penggabungan antara sport serta turing bike. Tentu saja fell of riding-nya memang sedikit berbeda. IWB akan coba jabarkan satu persatu. Yang pertama yakni….

Ergonomi

R15-red

IMG_1949

Untuk ergonomi atau posisi berkendara….R15 terasa menukik kedepan. Sensasi menunggangi motor ini adalah “great” feeling serta bawaannya seperti nunggang diatas motor racing. Sampeyan akan merasakan sport murni disana….tangan menjangkau stang tanpa perlu menjulur jauh dengan posisi sedikit kebawah yang dikombinasikan foot steep yang ditarik mundur. Dengan ergonomi ini….kepala kita dipaksa mendongak keatas. Feel ergonomi R15 mirip dengan Ninja 2 tak series….

Sedang CBR150R…..posisi stang tidak serendah R15. Dengan tanki besar dan panjang…..ternyata jarak rider kestang lumayan jauh dibanding R15 sehingga tangan harus sedikit menjulur kedepan untuk menggapainya. Soal beban ditangan….tentu lebih rendah sebab bobot cenderung bertumpu diposisi central bukan pergelangan. Pressure yang dihasilkan pada tangan tidak terlalu besar. Nah….gimana praktek dilapangan saat dipakai jarak jauh??……

Jangan samakan dengan turing bike karena setelah jarak jauh….keduanya tidak murni terlepas dari rasa capek. Hanya saja beda dengan R15….pressure CBR150R tidak terlalu dominan dan hanya sedikit terasa pada telapak tangan kanan. Selain itu…dengan posisi riding yang ditawarkan, entah kenapa punggung bawah juga rada pegel. Analisa sementara karena jok yang kurang tebel mengakibatkan jarak foot step jadi lebih dekat bok**g. IMHO mungkin bisa diakalin dengan penebalan busa….

Sementara untuk R15…..punggung terbebas dari pegel. Namun yang diserang adalah bagian pergelangan serta telapak tangan. Khususnya saat hard braking dimana tangan dipaksa bekerja keras menahan bobot tubuh kedepan. Tidak heran kalau pergelangan serta telapak tangan bakal ngilu saat perjalanan jauh. Selain bagian tersebut….mirip dengan nunggang Ninja 2 tak, diawal-awal adaptasi….leher bagian belakang juga sedikit sakit. Posisi badan yang merunduk menjadi biang pressure pada leher lebih besar. lawong digandoli kepala sama helm je. Namun seiring waktu perasaan tersebut akan hilang. Gimana dengan boncenger?….

Ternyata komennya cukup menarik mzbro. Dua poin negatif yang sudah sering diangkat yakni susahnya saat naik keatas jok serta gaya dorong ketika braking bisa membuat badan melorot kebawah jika tidak memegang pundak rider didepan. Namun sisi positifnya…saat motor jalan konstan….ketidak nyaman tersebut tidak menghampiri. Malahan karena posisi split seat yang tinggi….kaki tidak dipaksa nekuk berlebihan ketika menginjak foot step sehingga testimoninya kaki jadi nggak pegel. Kuwi konstan….lek ngerem yo rekoso maneh :mrgreen: ….

Handling dan pengendalian

New CBR150R dibekali suspensi monoshok Pro-link, dikombinasikan sasis teralis yang disebut Honda sebagai truss frame. Untuk mengejar kelincahan….Honda juga memperpendek whellbase dari versi CBU. Alhasil…..new CBR150R memang nurut dan lincah tenan. Untuk manuver kiri kanan mudah serta gampang. Contoh kongret saat digunakan menaklukkan tikungan sempit kekiri dan kemudian lengkungan parabolic kekanan. Perpindahan posisi motor langsung bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengeluh….

Sedang R15 mengandalkan frame deltabox yang dikawinkan dengan suspensi monocross. Secara sistem kerja sami mawon dengan Pro-link hanya beda nama paten. Dibanding wheelbase CBR150R….motor racikan Yamaha ini lebih panjang. Alhasil….manuver tidak selincah CBR. Melakukan manuver serupa….IWB butuh beberapa saat untuk berpindah posisi. Otomatis racing line tidak bisa sedalam saat menggunakan CBR150R. Jelas IWB akui soal kelincahan CBR150R sedikit unggul dibanding R15. Namun sisi positif dari R15 adalah traksi ban depan mzbro…..

Yup….secara feeling, pada saat melibas tikungan tajam….R15 terasa lebih antep. Efeknya traksi cukup menggigit dan menyenangkan. Dari analisa IWB hal ini dikarenakan distribution weight yang mengatur bobot banyak didepan ketika running. Desain menukik memberikan keuntungan ketika melakukan manuver belok pada high speed. Swing arm besar dan panjang (jangan ngeres :mrgreen: ) juga membantu daya redam goncangan ketika ban dipaksa menghajar lubang jalanan. Praktis pengendara diatasnya merasa tetap anteng. Lengan ayun ini juga banyak memberikan kestabilan ketika motor melaju pada kecepatan diatas 110km/jam…..

Performa dan engine

Honda new CBR150R (3)

IMG_1977Nah….ini yang menarik. Dibekali mesin DOHC 4 klep, engine pada generasi K45 mampu membuat IWB terkesima. Mesin racikan Honda ini halus serta bertenaga disegala rentang RPM. Sejak bawah hingga atas CBR150R nyaris susah dicari cela. Dan yang IWB garis bawahi lagi adalah….vibrasi. Sangat terjaga dari low hingga high RPM. Mesin seperti tidak banyak dibuat stres dan tetap rileks kendati RPM meraung hingga limiter. Top speed terbaik dipecahkan oleh bro Nunu dari Kediri lewat torehan 145 km/jam. Hal ini sedikit berbeda dengan R15…..

Mengadopsi engine SOHC 4 katup, karakter mesin R15 rada linear atau flat. IWB melihat, engineering Yamaha sepertinya mengejar top speed. Tidak heran saat turing diBangka Belitung…bro Goozy (jurnalis) dengan R15 sanggup ngintil kita pada kecepatam 144km/jam (IWB saat itu nunggang R25). Namun atas keputusan tersebut…..accelerasi sedikit dikorbankan. Makanya jangan kaget kalau torsi serasa dibawah NVL. Saat digeber……sendalan tarikan cenderung datar kurang memberikan efek jambakan pada rider diatasnya. Ngayun serta butuh trek panjang untuk mendapatkan top speed. Vibrasi engine juga cukup dominan khususnya ketika menyeberang dari 4500-7000 RPM. Dibanding NVL-pun, vibrasi R15 juga lebih kuat. Untungnya saat berputar tinggi diatas 7000, getaran malah hilang…….

Braking

IMG_1945

IMG_1979

Secara garis besar IWB bisa katakan bahwa kekuatan pengereman nyaris imbang. Sama-sama pakem dan mumpuni. Namun seperti biasa untuk sensasi saat tuas dibetot…..R15 lebih empuk ciri khas motor garputala.

Kesimpulan

Kedua produk masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan. Jika Yamaha menawarkan handling dan desain….maka Honda lebih kepada mesin, kelincahan serta kenyamanan. Tentu saja semua terserah sampeyan untuk memutuskan. Apalagi keduanya memang sama-sama keren serta bikin iman ambrol. Akhir kata…selamat bermumet ria dan ikuti kata hati untuk menjatuhkan pilihan. Ada komentar dan pertanyaan mzbro??…..(iwb)

rpms-banner

241 COMMENTS

  1. Kang iwan, sing gambar scoopy ndek mburi di tumpaki arek iku gak di ajak test pisan ae.
    piss kang…..
    he…he…he…he…

  2. Dohc Overbore cuma menang 1km/j ama sohc operrsirup ..

    Memalukan coy .. Mending dibakar aja …

    Muehehehehehehe …

  3. Pasti ada yg nyolot … Pakai test ala ketoprak humor 10x ulang…

    R15 std vs cbr oprek 18dk+ …

    Ketoprak humor dengan judul “suramadu kibul” ….

    Pemain jongos ahmprett ,,, sutradara ahmpreett juga …

    Muehehehehehehehehe ..

    • Coba liat di link ini mbah, maaf buat pencerahan aja soalnya saya bukan fbh/fby,,,

      motogokil.com/2014/10/16/kontroversi-hasil-adu-drag-cbr150-vs-r15-di-suramadu/

  4. makasih kang iwan, berkat review blogger2 kondang spt iwb ini kita2 jd tau mana yg cocok utk karakter masing2,
    tanpa melihat brand nya,,
    jujur saja sblm nya saya minat pinang r15 krn suka design buritan dan swing arm nya, cuma gk suka dengan design headlamp nya saja,,ditambah pelayanan khusus R series kalo service,jd kesan nya exclusive,,,hahaha

    tp stlh k45 keluar dan blogger2 review nya positif dan byk kelebihan terutama utk dipakai harian, sy pikir lebih cocok ini dibanding r15,,(pdahal sblm nya bs d blg agak anti honda,krn design nya rata2 om2 banget,,,lol)

    klo boleh saran utk AHM, ksh service khusus seperti R series nya yamaha yg mana R series dpt pit terpisah,,saya denger dr tmn2 klub cbr kata nya k45 bisa masuk pit CBU tapi bayar nya 150rb ,,,walaah

    *btw sy bukan fbh atau fby,,di rumah cuman ada kawak p200ns sama suzy skydrive,,,:D

    suwun kang,,

  5. Untuk menang melawan r15 cbr harus di oprek dulu sampe 18dk+ …

    # lirik test 10x ulang ala ketoprak humor episode ” suramadu kibul ”

    Muehehehehehehehehehehe …

    • Coba liat di link ini mbah, maaf buat pencerahan aja soalnya saya bukan fbh/fby,,,

      motogokil.com/2014/10/16/kontroversi-hasil-adu-drag-cbr150-vs-r15-di-suramadu/

  6. ndak perlu analisis blogger dan media pilihan sudah ditetapkan

    sudah nangkring 1 di garasi

    baca analisis dan argumen terus,kapan tukune..???

    😀

  7. menurut saya sebagai salah 1 pemilik tipe motor tersebut

    kekurangan R15 made in pulogadung : masih SOHC
    kekurangan CBR made in pegangsaan dua : tidak pake twin tube frame seperti generasi NSR150 dan CBR 150 sebelumnya

    secara model,semua bagus

    udah gitu ajah..

  8. Bikers cerdas jelas pilih CBR, he_he yg punya CBR cbu dikasih full fairing CBR lokal pasti lebih sippp lg!?

  9. katanya R15 dengan konsep
    racy dan sport murni. Bisa dilihat dari
    desain yang tanpa kompromi nungging
    habis dan bagian depan merunduk,tp kok disirkuit sll tak berdaya mghadapi cbr150r lokal. dasar motor Rongsokan indihe.

  10. style di 4 foto yg kecil itu lek iwan pake R15 seperti lorenzo saja… ora ngelem ki mas asli beneran. koyok pembalap tenan.. bener tenan yamaha mundak gantenge…

  11. R15 memang lebar mukanya. Tapi kalo diliat dari depan pas ada ridernya, kok keren benget, ya… Racy sensation keliatan banget. Kalo menurut saya mas Iwan, bukan letak stang R15 yang bikin pegal, tapi sudut stangnya. Bagian ujung stang R15 rendah, ini yang bikin agak pegel di telapak tangan. Kalo dibandingkan, letak stang New CBR 150 dan R15 gak terlalu beda, tapi sudut stangnya R15 yang agak rendah.

  12. ane uda 2 bulan pake cibi k45, . kl ngomong soal getaran sih emang bener tuh kata kang iwan. minim banget. tinggal di jakarta ane dibawa lari 80 km/jam suaranya masih adem aja, setang msh anteng kayak gak berasa apa2. bandingin ama supra 125 ane dulu, speed segitu uda lmyn geter, suara mesin jg uda meraung kenceng.

    kelemahan motor ini ada dirantenya kang. ni cpet banget longgarnya. bebek ane dlu 2000 km baru setel sekali. ini 700-800 km uda longgar bunyi kricik2.

  13. klo buat org2 yg tau mesin pasti yo milih cbr ….soalnya oprek mesin nya gampang ..liat di old cbr yg seliweran dijalan pake ban cacing n karbu PE 28 …jan manteb tenan rek ..

  14. Kang iwan , untuk limit per gigi dari R15 ada datanya nggak? karena biasanya pas naik gigi terutama dari 2 ke 3 ragu mau geber sampai berapa km/h takutnya kalo diatas batas maksimal bisa prothol mesinnya,hehe maklum g ngerti mesin

  15. wkwkwkwk…pada ribut,,,artikel yg ane tggu2 dr lek iwb adalh mesin v-twin 250 honda.cbr 150 cbu keluaran 2012 ane dh pny…pgn naik kelas.

  16. Seingat ane kang iwan dulu punya kawasaki athlete .. Terus yg lain punya athlete bangga gitu? Apa athlete lebih keren n bagus dari satria fu ? Monggo bantuan nya

  17. udah ketahuan yang menang CBR di suramadu mbah darmo malah
    bilang itu sulapan..kapan kowe ngakoni kalah mbah
    ojo urip nang gua terus . iling umurmu wakakakkaa….

  18. ngoahahaha K45 TOPSPEEDNYA 145KM/JAM..PLING ON GPS CMA 128-130KM/JAM KN TW SNDIRI KLO SPEDOMETER CBR NGIBULNYA KEBANGETAN…BEDA DGN SPEDOMETER R15 YG LBIH AKURAT KARNA PENYIMPANGAN SPEDOMETER DGN ON GPS NYA HNYA BDA 5%..KLO KTA IWB TOPSPEED TRBAIKNYA BSA 144KM/JAM BARARTI KLO DIKURANGI 5% HSILNYA ON GPS NYA 136,8KM/jam..jozz r15…

    • trus speedo lbh akurat tp knapa tiap kali ktemu cbr adu tarikan top speed kok memble ktinggalan jauh, mknya punya ane gue lego 3th lalu pdhl hrganya 43jt, msh blg akurat n lbh kncang dr cbr?? ngimpi kyk gue dulu sblm dpt gr gr kna kibul youtube. dvideo nya r15 lbh kncang pretttt knyataan

    • lah kan teknologi sensor spedoo r15 langsung di crank
      sedangkan cbr masih di roda ..jd lumrah spedo cbr lebay ..cmiw

    • Ngoahahaha
      spid cibir dikatain lebay sama fby
      smakin dibilang spido cbr lebay smakin ketauan lemotnya R15
      mau d bilang top speed realnya 120kpj sekalipun itu brarti top speed R15 <120kpj
      itu drag suramadu selisihnya jauh banget sampe d ulang 10x, apa perlu d ulang sampe Indonesia turun salju
      ngoahahahaha

  19. sport tulen kok sohc operstruk
    sport tulen kok dikamplengi sport dangak2 10x

    oo iya satu lagi, baru bisa makan kfc bangganya setengah mati, ngenes amat kekayaannya..

  20. awalnya saya ambil R15 black, tp baru 3 bln di jual lg..trus skr ambil cbr150 rwb… saya bukan fb..tp disini saya fokus buat sport turing.., nyari kenyamanan.. pegel minta ampun waktu pake R15..bahaya buat touring klo tangan lemes…
    hehehe..piss!!!

  21. kesimpulannya R15 lebih enak handlingnya aura racy kentara seperti milik ninja
    sedangkan cbr mah udah kalah telak
    fitur kalah teknologi kalah llainnya kalah built quality nya juga kalah , lah terus pristige nya nunggang cbr tu apa ??? nama cbr gitu ??? repsol ?? makan tu cbr repsol ..hwhaha

  22. Katanya cbr tu motor kenceng,, kok desainnya ngikut selera Bapak2 !!
    Apa Bapak2 msh punya nyali buat gaspuool ?
    Wkwkwkwkwkwk….

  23. Kak IWB ada yg kurang tuh di kesimpulan mestinya ” jika HONDA menawarkan mesin , kelincahan serta kenyamanan, dan nafas yg panjang maka YAMAHA menawarkan handling , desain( sebenarnya ini tergantung selera) , dan top speed Hahaha. Komparasi Real top speed r15 dan cbr dah

  24. CBR gak ada spakbor kolongnya yang bikin gimana gitu aneh banget produk AHM yang ada spakbor kolongnya malah WTF!

    What The F**k !

  25. R15 Sohc data di atas top speed 144. Sedang cbr dohc data diatas 145. Beda tipis ya, jangan ribut. He he

  26. R15 Sohc data di atas top speed 144. Sedang cbr dohc data diatas 145. Beda tipis ya, jangan ribut. He he, beda tipis saja, kalau balapan bagus ni, kalau cbr menang sih wajar mesin dohc, tapi kalau r15 menang hem, keren

  27. kalo postingan di atas bolehlah fifity fifty…tapi yang sebelumnya terlalu condong ke honda, R-15 tangkinya kecil lah kurang gagah dibanding CBR150 R, tapi NVL vs CBSF mas iwan gak nyinggung2 tangki tuh malahan bilang NVL wagu dsb, padahal dari sisi tangki dan ban KALAH JAUHHHH….gagah NVL

  28. klo menurut ane yaaa yg lumayan pengalaman di motor, pilih yg good looking,good handling,longlasting n gak terlalu nungging biar boncengin bokin nyenengin.

Comments are closed.