iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

new CBR150R_IWB

Bro dan sis sekalian…..sudah seminggu lamanya IWB menggunakan K45 aka new CBR150R untuk harian. Menjelajah kejamnya jalanan kota Jakarta. Macet, hujan, panas menjadi santapan sehari-hari. Berbagai sisi IWB nilai dengan teliti. Entah dari sisi ergonomi, handling, komsumsi BBM, pengereman, reaksi engine menghadapi macet, fitur dan seabreg data lain. Semua sedang IWB kumpulkan. Namun…diartikel ini IWB mengkhususkan diri konsen kepada engine. Yang jujur selama memakai mesin ini IWB dibikin terkesima dengan kinerjanya. Bukan masalah speed ataupun accelerasi namun satu ini mzbro……
460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb

IWB tidak akan membicarakan mengenai accelerasi ataupun top speed karena perbedaan sesama engine 150cc tidak banyak. Dan IWB yakin hal ini malah mengundang perdebatan tak berujung. Apalagi dalam prakteknya motor 90 persen digunakan sebagai kendaraan harian menemani kita beraktifitas bukan race oriented. So…..kali ini IWB lebih menyukai konsen dalam satu paket engine itu sendiri. Kupas tuntas nonstop melahap jalanan Jakarta…diteruskan keBogor dan kemudian kembali keDepok. Total rute yang IWB tempuh yakni sekitar 75 km menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Seluruh aspek IWB rasakan….tiap detil pergerakan RPM baik high serta low….dan tidak ragu IWB berikan nilai tertinggi pada sisi engine new CBR150R. Kenapa???…..

AHM sukses meracik mesin yang nyaris minim vibrasi baik pada putaran bawah hingga atas. Sepertinya Honda terus menyempurnakan mesin generasi K15 sehingga saat dicangkokkan pada K45 terasa begitu nyaman. Nafas motor ini juga berisi…sambung-menyambung tidak pernah putus saat upshift. Powerband rata diseluruh RPM. Dan yang paling istimewa adalah….minimnya stres ketika mesin digeber membuat getaran foot step, stang hingga tanki begitu minim. Yup…..kita disodori sensasi halus, smooth dan mesin tidak mengeluh walau diajak sprint pada kecepatan 130km/jam. Dimesin baru ini IWB juga tidak menemukan gejala “klothok-klothok” seperti gen awal CBSF. Padahal motor IWB cekokin oktan 88 (sebelumnya ada Pertamax, jadi kondisi campur). Mungkin satu yang perlu diperbaiki dan dijadikan masukan buat pabrikan yakni ketika mesin panas….gear agak susah dinetralin. Butuh timing yang pas untuk melakukannya. Analisa awal bisa dari setelan kopling atau pengecekan lebih lanjut jika gejala masih timbul. Selebihnya….juozzz gandozzz!!!…

Honda new CBR150R

CBR_150R

Last…..membuat serta meracik engine kencang itu mudah. Namun bagaimana motor kencang tapi mesin tetap halus dan minim vibrasi pada seluruh rentang RPM…..itu yang sulit. Dan Honda lewat K45 sukses melakukannya. Dibekali mesin DOHC 4 katup 150cc….tidak ragu IWB katakan, Honda New CBR150R mampu memberikan kenyamanan ketika digunakan santai dan beringas saat dibutuhkan. Well-done Honda. Btw……artikel ini hanya pembukaan. Plus minus meliputi test komsumsi BBM, handling, serta ergonomi masih dalam penggodokan dan akan IWB kupas terpisah diartikel berikutnya. Engine new CBR150R??. Nggleser tenannnn rekkk :mrgreen: ……..(iwb)

rpms-banner

295 COMMENTS

  1. emang mantep ini motor. kalo untuk kopling susah netral itu pas turun dari dealer emang koplingnya dibikin deket. dah gitu pas saya cek, ketinggian oli mesin tuh ada dibatas terbawah.

    problem selesai saat ganti oli servis pertama.

    spekmotor.blogspot.com/2014/10/kelebihan-kekurangan-cbr-lokal-review.html

  2. Sore para FB…

    IWB sempet disalip R15 kenceng banget lagi, untung IWB adem ayem kalau nggak bisa kekejar itu R15 nya. Saya sendiri pengguna R15 dan FBY, tapi tetap saya akui mesin K45 punya nilai plus dari R15. Soal R15 nyalip IWB, cuma mau bilang sebagai R15 rider, kalau naik R15 tuh hawa nya pengen ngebut terus, mungkin karena posisi riding yang recy. Salam damai, and no haters between riders ^_^

  3. laahhh haalllaaahhh sales AHM pada belum dapet uang makan dari dealer ya ?
    YIMM ga ngeluarin R15 lokal, lo bakal dicekokin CBR thai yang harganya mampus…
    Katanya FBH itu loyal ? kok belinya yang lokal ? yang CBU dulu ga pada di beli ya ? dddddduuuhhh…

    • Ngahahah

      Kalo gak ada neng ferza dkk, ente ama Kaum Maho ngepbeye bakal dicekokkin

      Ngesothace pekokstrup 5sepit selamaaaanyaa,… Mikir!!!

      Ngoahahaa

    • Semua produk AHM rantainya pasti berisik alias bunyi nyaring mas bro,jadi CBR150R lokal ini juga berisik layaknya Megipret kampret maupun Tigor si tanki bocor.

  4. nampol ki
    aripitstop.com/2014/11/20/unik-r15-jadi-mas-kawin-saya-terima-nikah-dan-kawinnya-dengan-seperangkat-alat-shalat-dan-yamaha-r15-dibayar-tunai/

  5. cerita pengalaman ane mengguakan cbr 150r slama 3 minggu, so far sih gak ada suara mesin klotok2 alias halus malah pake banget, rantai gak berisik yg banyak dikeluhkan pd mesin cb, posisi berkendara agak sedikit merunduk tapi msh nyaman, tenaga mesin pas tarikan atasnya baru ane merasakan akselerasi yg bisa di bilang mumpuni, no hoax.

  6. Untuk mesin gw acungin jempol ini motor. Suaranya bnran halus. Mantap, putaran atas bawahnya dapat. Tp liat bentuknya gw bnr2 g selera. Jauh bgt ama produk saingan.

    Dibanding ama cbr sempakpun ttp kalah. Finishing dan modelnya langit dan bumi. walaupun muka sempak, yang cbu tetap lebih rapi dan proporsional. Keunggulan fisik dibanding cbu cm dual keen eyes doang.

  7. Setuju kang iwan.. konsumsi BBmM lumayan irit… maen alus n akselerasi oke2 ae… di ajak rebahan jg enak kang…hehehe…

  8. Numpang tanya kang.. unit test punya kang iwan lampu seinnya klo kehujanan atau dicuci gampang berembun ga? Soalnya punya saya berembun kang.. kyknya honda salah nyomot nih buat lampu2, kok berani bundling pake merek ga jelas (fiem). Produk tetangga aja pake stanley buat motor 150cc nakednya yg seharga 23jt. Kok ini pake merk ga jelas ya?

  9. Sama Kek Byson Kang suara mesin halus, getaran minim. Tp perbedaanya posisi duduk Byson yg comfort, Suspensi yg bisa disetel sampai Soft banget. Motor 150cc yg penting kenyamanan baik dr sisi rider maupun boncenger. Klo Ane disuruh bonceng motor yg terlalu nungging ngeri klo “Crash” yg dibonceng fatal.

  10. Saya juga puas loh…mas pakai cbsf tapi not cbr yg mas test. Saya garis bawahi ya itu…mesin ndak ridgit minim getaran dari rpm bawah sampai atas lalu pindah gigi bles rpm ndak drop. Nyus nyussss…..top speed …..120kph. Puaaass

  11. mau tanya gan, saya baru beli cbr150r ahm saya ajak reyen mesin gampang panas dan saat mesin saya matiin seperti ada bau bakaran tp saya pikir cuma hal yg wajar. setelah km40 saya penasaran saya coba lihat oli mesin ternyata cetek(sat)? apa memang masa reyen oli cuma dikit?

Comments are closed.