iklan iwb

banner-460x110px (2) image

Bro dan sis sekalian…tekad YIMM untuk menghasilkan rider ber-skill mumpuni terlihat serius. Hal ini bisa kita lihat dari manuver mereka yang kabarnya mengirim 4 pembalap dan 6 teknisi keSuzuka guna mendapatkan training step pertama persiapan Suzuka 4 Hours Endurance Race di Jepang…..

460x110uk460x110

iklan iwb

Training perdana ini berlangsung 2 ? 9 April di dua tempat, Suzuka dan Osaka. Adapun 4 rider yang dikirim adalah tim YIR (Yamaha Indonesia Racing) Racing A (Immanuel Pratna, Rey Ratukore) dan tim YIR B (Sigit PD, Sudarmono). Satu tim juga diisi masing-masing 3 teknisi dari tim-tim balap Yamaha Indonesia. Di Jepang lalu berkolaborasi dengan dua tim Jepang sebagai instruktur, RC Kosien untuk YIR A dan Ito Racing buat YIR B. Motor yang digunakan adalah YZF-R6….

Pembalap dan teknisi ditempa dengan teori dan praktek secara profesional. Layaknya rider kelas dunia tentunya mereka mendapatkan pengetahuan penting on dan off track. Khusus buat pembalap ada sesi praktek balap di sirkuit 4 period dimana satu period menempuh 12 lap dalam training step 1 ini.?

Sirkuit Suzuka adalah sirkuit technical course dan setiap pembalap harus belajar bagaimana mendapatkan waktu yang baik dan harus konsisten. Sirkuit itu memiliki 21 tikungan, masing-masing tikungan mempunyai karakter cara riding yang berbeda-beda sehingga rider harus mengetahui kapan melakukan pengereman dan kapan melakukan “open throttle”. Dengan mengetahui karakter masing-masing tikungan, rider menjalani training dengan safety dan mendapatkan hasil maksimal.

image

?Menjadi pembalap profesional harus memiliki mental dan fisik yang baik. Training kali ini dalam rangka persiapan agar sukses di balapan resminya. Dan terjun di balapan Suzuka 4 Hours pun menjadi evaluasi terhadap YRA (Yamaha Riding Academy) Gold Lokal & International yang telah dilakukan tahun 2013 (di Sentul Indonesia 2 kali dan Sugo Jepang sekali),? jelas Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Teknisi tim juga berandil penting sehingga mereka diikutsertakan dalam training ini dibekali kurikulum mengenai Standar Operasional Procedure (SOP). Diantaranya mengenai setting suspensi yang tepat, pergantian ban dan gear sprocket yang efektif. Agar mendapatkan management (waktu) yang tepat untuk maintenance supaya motor siap digunakan dalam training maupun balap. ?

Teknisi belajar fokus dan teliti dalam melakukan maintenance, pekerjaan dilakukan sendiri sesuai job desc masing-masing, belajar mengatur ban untuk persiapan training dan balap. Ke depannya, training ini bekal persiapan mereka masuk tim level dunia Moto2 di 2018. Di Indonesia, teknisi sudah dibekali pengetahuan dari YTA Race (Yamaha Technical Academy)……(YIMM PR edited)

116 COMMENTS

  1. Taun kmarin dimas eky juara di suzuka dlm ajang ini..
    Kira2 pmbalap yamaha bisa sukses kayak dimas gak yaa!!!

  2. ya kalo ga berprestasi tinggal di buang cari lagi, mirip-mirip pelatih timnas 🙂

    sperti ini kah K45?
    paperiders.wordpress.com/2014/04/12/soto-concept-k45-red-aka-cbr150sf-custom/

  3. percuma. mo dikirim ke spanyol juga samimawon….. pertajam skil gimana? wong skil pembalap yahama skil itik kwek…kwek…kwek…….

  4. Hebat mesti di apresiasi. Mau memajukan rider dari indonesia. Namun sayang rata-rata pembalap di indonesia udah tua. Sekalinya balap mula itu bebek. Hello? Kenapa balapan itu gak dari motor sport 150cc ke atas? Ada pula di indonesia balapan bebek di campur naked 150. Meski sama dohc tapi gak setara…. saya apresiasi keputusan yimm gak turun di balap itu

  5. salut!!..

    hmm.. mudah2an terus berlanjut hingga beberapa tahun kedepan, pastinyah harus jangka panjang toh?

    jobnite.com/index.php?task=28272

  6. Emangnya Honda..penjualan paling tinggi tapi sumbangsih terhadap Indonesia nihil,hanya mengeruk keuntungan semata,meningkatkan polusi….hidup Yamaha,bantai Honda,,,yg katanya paling no.1 tp tdk ada sumbangsinya buat Indonesia…malu deh !!!

  7. lorinso galau motornya lemot dan kemungkinan akan pindah team lain sport.detik.com/read/2014/04/12/061630/2553007/81/lorenzo-kalau-motor-lebih-oke-lebih-mudah-teken-kontrak-baru?s99220269

  8. knp ga dari dolo yamahmud yamahmud…

    btw pabrikan lainnya juga dididik kayak bgnian ga sih biar sembalap kita cuman balapan kwek”…

    blapan semprot yg pull piring nah itu baru keren”

  9. Sing penting ra koyo doni tata pembalap karbitan…harus pembalap yang bermental dan skill oke. Nek coro2ne timnas U-19 koyo evan dimas…

  10. ane apresiasi langkah YIMM yang satu ini

    tapi……….dimana r15 & pigson apa cuma buat gaya doang????

Comments are closed.