iklan iwb

banner-460x110 (6)

r15_thai_bims_1Bro dan sis sekalian….dibalik suka cita R15 sudah meluncur dinegeri tetangga, tak terhitung banyaknya yang melontarkan rasa kecewanya atas keputusan Yamaha mendahulukan Thailand ketimbang ditanah air. Rasa gemas mereka dicurahkan kemedia sosial ataupun forum terbuka. Sedang lainnya lebih memilih jalur private lewat email. Diantaranya adalah surel yang dikirimkan oleh bro Irham dan bro Tito berikut ini ke IWB….

AHM Oil EksNus 460x110uk460x110

iklan iwb

Mas Iwan, kenalkan saya Uki dari Ciamis. Mau curhat dikit nih hehe. Jujur sampai saat ini saya gemes mas cuma bisa mandangin R-15 dari gambar doang. Yang bikin marah mas hari ini Yamaha Thailand rilis R-15 yang notabene impor dari Indonesia. Masa diduluin ngekspor toh?. Padahal saya dan temen-temen udah mantengin blog-blog yang bahas R-15 dari dulu. Kalo kelamaan rilis saya sama temen-temen kompak mau pindah aja boyong Ninja 150RR mas, kesel rasanya. Yakin potential buyer lain yang minat sama R-15 juga bakal putus aja nungguin, demand bakal turun terhadap produk Yamaha ini. Syukur curhatan saya dimuat di Blog mas biar kebaca sama YIMM (done bro :mrgreen: ). Sekian dulu mas, maju terus IWB !

-Uki/Ciamis-

Email lain juga masuk dari bro Tito….

Kang Iwan, pasti udah ngeliat foto-foto launching R15 di Thailand-kan?. Ngeliat footstep rider sama lampu sein-nya, bukannya itu R15 buatan Indonesia ya kang..?. Kalo emang R15 itu basis produksinya di Indonesia, kenapa launchingnya malah di Thailand…?. Jujur, sebagai orang Indonesia, aku merasa kecewa kang, Yamaha Jepang kayak meng-anak tiri-kan Indonesia…

-Tito El-

Dua contoh tersebut belum termasuk tumpahan hati diIWB fanspage seperti terlampir…

Terlaluuuu…Yamaha Indonesia gimana nih. Jadi tambah ngiler aja!

– Nanjar S-

Lainnya….

Kelamaan konsumennya digantung….kelaut aja dah Yamaha!

– Banny Tri-

Dan banyak lagi lagi lainnya yang tidak bisa posting serta sebutkan satu persatu. Atas fenomena diatas…kita tidak bisa menyalahkan mereka. Mayoritas para biker memang rada terkejut dengan gebrakan Yamaha Thailand merilis R15 terlebih dahulu. Terlepas kapan kran inden dibuka…Thailand sudah melangkah duluan. Dan inilah yang membuat kekecewaan tidak bisa dibendung. Apalagi status produk adalah import dari Indonesia….makin menjadi dah…

Alasan sesungguhnya tindakan diatas hanya Yamaha Iwata yang tahu. Strategi secara global dengan memilih Thailand sebagai negara pertama Asean merilis YZF R15. Tapi IMHO setahu IWB…tidak benar jika posisi Indonesia tidak lebih penting dibanding Thailand. Dari obrolan singkat bersama para pentolan Yamaha saat IWB diIwata tahun lalu….Indonesia adalah market nomer satu Yamaha. Pasar terbesar dunia yang sangat diperhatikan oleh Yamaha Jepang. Namun kenapa cukup susah membuat biker tanah air bangga seperti yang dilakukan Kawasaki??…..

r15thai8Last…tidak bisa dipungkiri, geng ijo pintar perkara ini. Menjadi penyumbang market terbesar Ninja…tiada sungkan mereka mendahulukan Indonesia tiap merilis sport 250cc. Alhasil mata dunia memandang dan memperhatikan Indonesia. Sedang Yamaha….entah kenapa mereka tidak mengikuti sepak terjang geng ijo. Mungkin sepele…tapi hal sepele tersebut bisa menjadi besar jika berbicara masalah mindset dan psikologis. Yah…memang YIMM tidak terlibat perkara ini karena mereka tidak bisa mengintervensi Thailand. Tapi setidaknya mereka bisa memberikan masukan kepada pihak prinsipel pusat supaya mendahulukan Indonesia. Perkara unit masih inden nggak masalah. Yang penting kepastian eksistensi produk lewat launching resmi…itulah yang ditunggu biker dari Sabang sampai Merauke….(iwb)

389 COMMENTS

  1. Karena opini ditanah air kualitas thai lebih ok dibanding dimari,so kyny Y numpang image…,

  2. Jelaslah kecewa market terbesarnya di mari,tapi rilis duluan di sono. Entah kenapa produsen2 otomotif anakemasin india ma thai. Liat aja varian nya lebih lengkap di sono, apapun pabrikannya.

  3. bukannya timeline awal emang abis pemilu yah?
    diluncurin disana juga karena ada motorshow, kalo ga ditongolin pas ada event otomotif kayaknya justru salah.
    kerasa lama karena udah lama diulas blogger + spyshot berkeliaran. kalo ga ada ke2nya itu paling terasa biasa aja.

  4. SAYA MASIH BINGUNG SAMA ORANG YANG TERIAK YIMM KELAMAAN. R15 LHA WONG MASIH DI TEST ITU JUGA KHAN DEMI KEPENTINGAN KONSUMENNYA BIAR YAKIN PRODUKNYA SUDAH BAIK DITANGAN KONSUMENNYA..LHA PRODUKNYA UDAH JELAS YIMM MAU JUAL, LHA SUDAH DIPRODUKSI KOK, DAN MASIH IRI THAILAND LAUNCHING DULUAN (KARENA DISANA ADA MOMEN BANGKOK MOTORSHOW-YAMAHA THAILAND INGIN SHOWOFF PENJUALAN MEREKA NANTI) TOH YIMM JUGA SUDAH MENEBAR GAMBAR SECARA GAMBLANG UNITNYA, SAAT PRELAUNCH KE DEALER-DEALER SPYSHOOTNYA JELAS, SPYSHOT SAAT TEST JUGA JELAS DAN TERAKHIR PENAMPAKAN VULGAR SAAT GELARAN PERDANA MOTOGP……LHA YANG SUDAH PUNYA UANG TUNGGU AJA SEBULAN-DUA BULAN SAMBIL TABUNGIN AJA DUITNYA BUAT TAMBAH-TAMBAH BELI AKSESORISNYA ATAU AFTERMARKET RACINGNYA…..DARIPADA TERIAK-TERIAK KELAMAAN….
    PANTESAN DISINI RIDERNYA SRUNTULAN LHA PADA ENGGA SABARAN…

  5. disinyalir kang iwan jg kecewa ya
    ane tau kang iwan kesengsem jg mau minang ni motor,
    btw kalo boleh tau mau ambil yg merah atau biru kang?

  6. kalau indonesia duluan biasanya ya kawasaki
    pertamax7.com/2014/03/26/data-modifikasi-suzuki-saria-f-150-garapan-brt-yang-siap-turun-di-indoprix/

  7. jgn2 R25 jg sama?
    apesnya negara besar ga punya motor nasional, akhirnya ketergantungan
    Banzaaiiii nihon… 😈

  8. sungu” sangat kecewa aku kira tanah air bisa menjadi yang nomor satu untuk launching R15, sudah di tungu” dari 2010 sampai 2014 ternyata malah seperti ini. lebih baik pilih geng IJO saja yg bener” setia dan pasti nggak banyak bertele – tele.

  9. Bulan depan klo belum brojol duit gw bwt ambil cb 150 aj….. Tolong sampaikan mas iwan ini serius,,,,,,

  10. lebay..
    mau rilis duluan dinegara lain ya bodo amat,
    toh dari jauh hari udah dibilangin rilis disini mei-juni..
    ga penting juga diperhatikan mata dunia, toh ini bukan produk baru.
    gaya2nya tuh orang mau beli, hp aja masih kredit wkwkwk

  11. Turut prihatin kepada Fans Boy Yamaha, meskipun saya non block, tapi saya tertarik melihat R15 ini, ringan dan sporty, tapi ya itu tadi, kok ya made ini Endonesia, premiere di Thailand. Sungguh terlalu menyakitkan buat seluruh rakyat Endonesia. Mulai mengalihkan bidikan kepada New Ninja 250 Mono saja. Cuma nambah 10 jt. Okelah kalo begitu caranya YIMM. Ndak jadi masbro R15-nya, sorry to say …

    • jadwal Bangkok Motor Show lebih dahulu daripada jadwal peluncuran R15 di Indonesia sehingga di dahulukan di Thailand.

      Lagipula di Thailand baru launching saja alias mirip2 kayak RR mono yang launching dulu tapi produksinya masih nanti2

      Sebenarnya bukan salah YIMM juga bro tapi kitanya yang keduluan tahu sehingga terkesan YIMM mengulur2 waktu. Menyiapkan suatu produk tidak bisa asal buru2. Coba lihat beberapa produk yang keluarnya terburu2. konsumen yang malah jadi kelinci percobaan.

      oprekmotore.blogspot.com/2014/03/yamaha-r15-kelamaan-keluarnya.html

      ga semuanya punya uang lebih 10 juta bro

      • Nah itu masbro Woh … saya lebih setuju yg launching dulu, produksinya nanti. Apa susahnya launching di Endonesia duluan, perkara nanti di Thailand juga launching bertepatan dgn Bangkok Motor Show dan produksi pertama diekspor ke Thailand dulu ndak masalah. Yg penting di Endonesia dikabari dulu official R15 via launching di Four Season kek, Grand Indonesia kek, or mana gitu. Ngeluarin 200-300jt buat launching guna melepaskan rasa penasaran kan lebih menentramkan hati masbro … lebih mantap cara jawane. Begitu lho masbro Woh hehehe …

  12. kok Yamaha aneh banget yak.. wong produksinya disini kok peluncurannya duluan sono

    khoirulmotorblog.blogspot.com/2014/03/mantab-yzf-r15-sudah-pakai-kunci-magnet.html?m=1

  13. Kecewa berat mas…
    Padahal saya udah ngelego jupe saya.. Buat persiapan minang r15..
    Tp sampe sekarang nunggu terus…
    Hadeeeeeewwww
    Kecewa kecewa kecewa….
    Yamaha lover’s aceh…
    Hufh…bisa2 nya yamaha thailand duluan… Aseeemmm

  14. Heran sama orang2 yg kecewa di atas, cuma acara launching aja dipermasalahin, lagian kepastian inden udah dibuka aja belum jelas. Trus apa sih yang dibanggain wong desain R-15 masih pake yg v2 asal india tambah part nvl dikit.

    Klo dibilang potential buyernya menurun yah paling itu dari fby yang kecewa sama YIMM, klo ane sih masih nunggu si cb fairing baru dah di pilih mana yang lebih value R-15 ato si CB fairing 😀

    • R15 produk glbal kualitas jaminan mutu kalau CB udah diekspor belum tong, awal protol

      Salam 6 detik

      • nyahahaha ada fby kumat ayan,

        Ane sebelum beli motor slalu bandingin head 2 head sama saingannya, baru dah ane beli ntar yg bagus dimata ane. Bodo amat klo ada fby BC produk honda ato sebaliknya, ga mempan yang begituan sama ane.

  15. nih ada korban php lagi,,,xixixixi

    ——————————-
    Salah satu korban php r25

    lovemotobike.com/2014/03/26/motoroids-pun-dibuat-kecelik-mengira-bakal-diperlihatkan-r25-versi-produksi-masal/

  16. @99. donimagie – Maret 26, 2014 :
    Eh,lu Doni Tata ya?
    Lol,analisanya begini, apabila Unit-unit sudah dikirimkan ke Thailand, artinya itu sudah lulus semua uji test yang disyaratkan, artinya unit+sparepartnya sudah siap semua, gila aja kirim motor dari Indonesia tanpa ada Sparepartnya.
    Itu artinya pasar Indonesia memang dinomordua-kan Jepang.
    Padahal penjualan Yamaha di Thailand tidak ada apa-apanya dibandingkan Indonesia.
    Kalau Pilar di Indonesia hancur, bisa hancur Yamaha Motor Mfg. yang berpusat di Jepang.

  17. njemur lagi.

    rudysoul.com/2014/03/26/antara-munculnya-r15-ditv-dan-launching-r15-di-thailandyimm-terlihat-semakin-telat-lalu-apa-tindakan-yimm-selanjutnya/

  18. Salut dah sama geng IJO yang berani rilis produk dunia di Indonesia. Yang lain mah cuma numpang cari untung doang di sini.

  19. saya udah migrate ke kawasaki dan honda ,…dari setahun yang lalu,..dua keluarga besar saya udah saya suruh jual motor2 yamaha,….mulai dari vixion, scorpio,mio,..jupiterz,..dan terakhir rx king kesayangan,…saya udah tau,..emang yimm meng anak tirikan negeri sendiri,..mereka terlalu sombong,..bahkan seandainya ada yang tanya sola motor kepada saya saya sarankan untuk lari ke honda,.kawasaki atau suzuki sekalipun,…inilah ungkapan kekecewaan saya sebagai FBY,….saya migrate,…loyalitas adalah nomor satu,..bukang congkak dan sombong,..

    • Like this banget dah… sy dulu jg fans super fanatik Yamaha. Tp kekecewaan demi kekecewaan telah membuat saya mati rasa ama Yamaha. Sebagai konsumen, kita emang hrs kritis, krn kita yg punya duit, kita itu raja. Jd kalo si penjual/produsen belagu, ya tinggal pindah aja pake merk lain, emangnya motor cuman Yamaha??? Jgn fanatik buta, itu saya belajar dr pengalaman.

      • Bener jg ya,fanatik merk itu rugi.mau fanatik merk Y,H,S,K sama saja merugi…cari yg value diantara brbagai produk aja deh

    • jadwal Bangkok Motor Show lebih dahulu daripada jadwal peluncuran R15 di Indonesia sehingga di dahulukan di Thailand.

      Lagipula di Thailand baru launching saja alias mirip2 kayak RR mono yang launching dulu tapi produksinya masih nanti2

      Sebenarnya bukan salah YIMM juga bro tapi kitanya yang keduluan tahu sehingga terkesan YIMM mengulur2 waktu. Menyiapkan suatu produk tidak bisa asal buru2. Coba lihat beberapa produk yang keluarnya terburu2. konsumen yang malah jadi kelinci percobaan.

      oprekmotore.blogspot.com/2014/03/yamaha-r15-kelamaan-keluarnya.html

  20. Seperti biasa, YAMAHA SELALU KELAMAAN..
    ya sudah lah, nabung lagi, ambil Ninja 250 mono aja… soalnya.. KE LAMA AN.

  21. mungkinnnnnnnn Thailand didahulukan agar pabrikan iwata bisa mendeteksi kelemahan2 yg masih mungkin muncul, sehingga dari kelemahan tersebut baru nantinya akan disempurnakan kemudian dirilis resmi di indonesia. ingat kasus geng ijo dengan ninja 250 injeksinya yang bahan plastiknya acak adut, fairing renggang, lampu berembun, speedometer konslet dan berbagai masalah sepele lainnya namun cukup membuat mata para konsumen sepet. mungkin aja yamaha gak mau hal ini terjadi pada salah satu produk andalan mereka.
    mungkiiiiiiiinnnnnnnnn

  22. lebay banget deh kayakny…haha. ga brkualitas bgt ini artikel, info ga pnting juga ga ad ilmuny.

  23. Mengaku semakin di depan. Tapi malah konsumen utama di anak tirikan

    Fby mah ga peduli. Orang mereka itu salles kok. Bukan konsumen potensial yimm. Beli byson aja belum tentu mampu. Tapi ngaku punya kriptom, tornado. Ngaku punya scouzy, macem2 lah.

  24. Sebenarnya sekarang lah waktu yang tepat untuk ngeluarin CB vairing. Disaat para FBY dilanda kegalauan yang teramat sangat… gara2 dipermainkan oleh YIMM. Ane yakin klo CB vairing keluar sekarang, tahta sport akan dengan mudah diambil oleh AHM. Tp yang jadi pertanyaan AHMnya ngerti kagak? 😀

Comments are closed.