iklan iwb

Bro dan sis sekalian…..seperti yang kita tahu Yamaha sukses membuat mata semua pemerhati otomotif terbelalak atas dominasinya diajang balap Indoprix tanah air. Ketika perhatian mayoritas mekanik pabrikan enggan melirik teknologi injeksi…mereka sudah berani melangkah duluan. YIMM tidak keder menanggung resiko mengaplikasi sistem FI pada race walau karbu masih menjadi favorit nomer satu. Namun….manuver tersebut berbuah manis. Lewat rider Sudharmono serta Sigit PD…..record ditorehkan!. Power delivery yang smooth, power merata plus sasis terbaik dikelasnya menjadikan JupiterZ1 diakui kedua pembalap menjadi sumbangsih terbesar kemenangan….. AHM PartYamaha#1

Engine??. Tentu saja sisi ini menjadi core untuk meraih posisi tertinggi. Tapi suatu balapan tidak hanya mengandalkan mesin. Satu kesatuan kudu bersinergi meliputi sasis, durability dan yang terpenting adalah setingan. Mau sampeyan motor ngacir bak kuda Australia….namun susah dijinakkan juga sami mawon. Atau….mesin mumpuni, setingan amburadul juga tidak akan efektif. Set up secara presisi disesuaikan karakter sirkuit hukumnya wajib. Dan diakui atau tidak….tim Yamaha berhasil menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Didua seri balapan….setingan demi setingan membuat Z1 makin tidak terbendung. Apakah semua berlangsung dengan instan??. Jebule tidak mzbro….

Dari info yang IWB terima…berdasarkan data dilapangan, mereka ternyata tidak mau grusa-grusu. Esksperimen dilakukan secara pelan-pelan. Diawal lomba pada seri satu….setingan motor diadjust “default” untuk all rider. Dan mekanik yang terlibat belum menyentuh atau melibatkan chief mekanik lokal. So…masih ditangani langsung oleh Tim Motor Sport YIMM dan YMC Team. Hasilnya??. Rasa optimis terdongkrak. Z1 menorehkan record fantastis dengan mendobrak tembok 38detik. Pada seri kedua…..tim sport YIMM dan YMC mulai? melatih chief mekanik lokal agar mandiri dan bisa berkreasi sesuai karakter pembalap mereka…..

iklan iwb

Diseri kedua Kenjeran, tiga motor mulai di distribusi ke paddoct 3 Team. Disini para chief mechanic lokal juga bertindak sebagai leader. YIMM? mulai menurunkan tool YZ FI Tunner. Customize step 1 dimulai….yakni meliputi FI setting pakai YZ FI Tunner, setting gear berdasarkan karakter sirkuit, serta seting suspensi. Dan…tiga hal ini ternyata membuat hasil fantastis. Sigit PD mendominasi tak terkejar lawan. YZ FI Tunner sukses membantu chief mekanik lokal bereksperimen sesuai keinginan rider mereka. Pengaturan digital mampu menggantikan feeling mekanik yang biasa bermain dengan obeng pada sistem karbu. Testimoninya??. Canggihhhhh :mrgreen: . Nah…terus gimana di seri 3 nanti???….

Bisikannya….Yamaha sudah menyiapkan strategi agar kesuksesan seri 2 terulang. Diseri 3 pada sirkuit yang sama, mereka akan mencoba lebih “meng-custom” per-rider karakter..!. Ada tiga hal yang digaris bawahi yakni “improve gear tetting terutama gear 4, agar bisa meng-overtaking mulai R10….killing corner di R1. Kemudian…..diseri 2 sebenarnya masih ada kesalahan Chief mekanik. Tidak heran dari 3 motor yang diracik 2 lainnya belum tajam. Dalam menyeting FI (masih kurang akurat menggunakan YZ FI Tunner) maka diseri ke3 akan ditajamkan kembali. Lalu ketiga…setting “suspensi” depan belakang, harus dibedakan di sesi race 1 (pagi) dan Race 2 (sore). Biasanya sesi pagi sedikit soft (karena panas) sementara sore jam 3 temperatur aspal sirkuit cenderung turun, suspensi bisa lebih ditingkatkan dan umumnya performa mesin akan lebih? “naik”. Hhhmmm…..detil banget yah!

Last.….team Yamaha kembali akan menggunakan konsep “Sunday Peak”, yaitu membuat kondisi “Peak” all team di hari Minggu, dengan memanfaatkan waktu istirahat sebaik-baiknya. Diharapkan stamina para pembalap optimal dan pada ujungnya….hasil balapan menjadi sempurna. Great tips anyway. Dari sekian penjabaran fakta dan strategi kemenangan JupiterZ1 yang IWB ulas…..bisa disimpulkan tim ini memang sudah menyiapkan secara terukur tiap race yang akan dilalui. So…apakah JupiterZ1 bisa mengulangi dominasinya dibalap berikutnya??. Kita tunggu saja…..(iwb)1-copy

Note : Image Motodream

355 COMMENTS

  1. 50. warwer – April 27, 2013
    kwek kwek kwek?.

    Sebegitunya ya Yamaha untuk mendominasi balapan Kwek Kwek,duit digelontorkan buat promosi ?Yamaha = Racing?,ujung2nya memang ke penjualan,tp penjualan Z1 ini bagaimana?? Sesuai dgn race-nya ga,yg selalu juara?.

    Kwek Kwek Kwek?
    ===============================
    sales detected!
    kill!kill!kill!

    #wakakaakakaabooorrr….

  2. warwer pada April 27, 2013 pada 9:34 AM
    kwek kwek kwek?. Sebegitunya ya Yamaha untuk mendominasi balapan
    Kwek Kwek,duit digelontorkan buat promosi ?Yamaha
    = Racing?,ujung2nya memang ke penjualan,tp
    penjualan Z1 ini bagaimana?? Sesuai dgn race-nya
    ga,yg selalu juara?. Kwek Kwek Kwek?

    —————————————————

    hahaha… mau koment smart tapi belum bisa ya.. jadinya malah aneh..
    mau penjualan jupiter Z1 gimana kek,, mau yamaha menggelontorkan duitnya kek,, urusannya sama ente ape,,? masalahnya buat ente ape,,? :LOL:

  3. Pengaturan digital mampu menggantikan feeling mekanik yang biasa bermain dengan obeng pada sistem karbu.
    ==============================
    teganya mas iwan menyamakan injeksi honda dg karbu.
    Kan injeksi honda settingnya pake obeng

  4. pembalap non yamaha pasti udah disogok ma Yamaha tuh supaya ngalah. kan ga mungkin SOHC overstroke bisa kencang, apalagi cuma 4 spid. Yang bisa kencang tuh hanya DOHC…..remember….only DOHC. 😀

    #bakar menyan

  5. menang dibalap bebek hnya membawa sebagian kebanggaan nasional tidak seluruhnya .. apalagi kebanggaan internasional

  6. Pantasan saja Jupiter Z1 selalu mendominasi podium,sama-sama keadaan standard saja motor produk sebelah yang 125cc bisa dikepretin oleh Z1.
    Yamaha memang jagonya fuel injection yang full,tidak setengah hati.

  7. sudahlah yamaha… menang di balap bebek itu tidak membanggakan.. mendingan jangan menang deh yamaha, ngalah aja,,, mendingan honda yang menang di balap bebek biar membanggakan..

    #fbh yang tak pernah memiliki jiwa besar dan lapang dada serta tak pernah bisa menerima kekalahan MoDE Blo’On.

  8. maknyuusss…motoblast.wordpress.com/2013/04/27/new-vixion-adalah-generasi-next-yamaha-r250-v-4-0-terbaru-juooossss-penampakan-modif-terbaru/

  9. honda mmg hebat dlm penanganan injeksi bengkel tak resmi, krn tiap bengkel pinggir jalan sdh punya Honda Diagnostic Tool.

    *sambil lirik obeng

  10. leicalens pada April 27, 2013 pada 10:01 AM
    menang dibalap bebek hnya membawa sebagian kebanggaan nasional tidak seluruhnya .. apalagi kebanggaan internasional
    ==============================
    untung dota & rapid ga menang, kalo sampe menang pasti diakui hasil pembibitan honda.

  11. Banyak kali penghamba sahaya motor disini..
    Gak H gak Y..koment nya itu ampuun dah, komen yg gak mutu, ngebanggain merek sesembahan dan ngehina merek lain..
    Apa coba bangganya sama begitu?cuma bisa make, ngegas ngerem doang semua org bisa..gak ada lebihnya, merk motor itu cuma pilihan, semua kembali ke kebutuhan pengguna..

  12. absen aja deh… ga intres liat pembalap indo yg bangga dengan balap bebek…
    sementara org diluar sono usia 20 udah familiar maen dikelas premium,
    wajar kalo ga maju…
    🙂
    bebek forever

  13. @ 27. nvl

    new vixion top speed

    m.youtube.com/watch?client=mv-google&gl=ID&hl=en&v=kbsNxtLLO2Q

    ========================

    itu setara dg 138-139 km/j on speedo CB..maz bro…

  14. enaknya sih disirkuit permanen, pembalap jadi biasa baca racing line, terbiasa juga dengan rolling speed.
    kalo udah biasa baca racing line dan rolling speed, mau pakai bebek, mau pake matik, mau pake sport, tak akan ada masalah.

    #ngelirik Jolor dan Daped numpak bebek kwek kwek pas maen ke Indonesia.

  15. 70. terasicirebon – April 27, 2013

    Banyak kali penghamba sahaya motor disini..
    Gak H gak Y..koment nya itu ampuun dah, komen yg gak mutu, ngebanggain merek sesembahan dan ngehina merek lain..
    Apa coba bangganya sama begitu?cuma bisa make, ngegas ngerem doang semua org bisa..gak ada lebihnya, merk motor itu cuma pilihan, semua kembali ke kebutuhan pengguna..
    ====================================================
    yup….begitulah…..
    komen g mutu gitu bilangnya cerdas..
    katax FB tuh orang cerdas….

  16. gak heran kalo sasis Jupiter Z1 ini tiada tanding.
    sasis balap udah diriset lebih dulu sebelum versi massal dilaunching.
    bagi yg sebelumnya nyemplak bebek honhon pasti langsung terasa drastis bedanya kalo pindah ke Z1 😀

  17. yg saya heran itu kenapa FBH benci Z1 ya?
    okelah kalo NVL mungkin masih ada alasan buat dicela (5 speed, SOHC) walaupun kenyataannya CB150R juga gak lebih bagus drpd NVL (ban cungkring, banyak masalah).
    padahal udah jelas Z1 itu bagus baik dr segi power dan handling yg sempurna utk ukuran motor bebek, dan ini bukan kata FBY tapi fakta dan kenyataan.
    jelas yg d0ngo, but4 merk, dan fanatik sempit siapa 😀

  18. jooooss …. buat oprekan Z1 di arena balap ……

    untuk harian ane piih yg irit saja emoot nggak masalah ..
    maklum buat ojek dan ke sawah … ngidupin keluarga dgn anak 3 ….

  19. gak heran kalo kutangers mbajak.
    wong merk sesembahannya aja akhir2 ini sering mbajak 😀

  20. 90. Raito yagami – April 27, 2013
    Emang canggih jupe z1 standartnya aja udh bisa ngsepin supra pdahal cc cuma 115 tenaga setara 125cc
    ======================================================
    tenaga setara.
    tapi sasis jauh menang Z1.
    anteng, stabil, anti goyang dan anti getar 😀

  21. @motor fairing
    bener bro kata loe lha wong sekelas rem piringan cakram aja dibajak(plagiat) tenggoklah model supra jadul trus bandingkan dg yg sekarang walau udah plagiat aka tiru2 masih aja tuh rem blm pakem amat….

  22. Terus digawe opo yen motor bebek wis banter. Motor bebek itu sekarang identik dengan bapak-bapak, ojeker, pedagang sayur, dan keperluan harian lainnya. Karena itulah Supri 125 laris.

  23. 93. Biasa saja – April 27, 2013
    Terus digawe opo yen motor bebek wis banter. Motor bebek itu sekarang identik dengan bapak-bapak, ojeker, pedagang sayur, dan keperluan harian lainnya. Karena itulah Supri 125 laris.
    =====================================================
    gak masalah banter gak’e kang.
    opo maneh masalah laris khas kutangers 😀
    sing tak maksud knpo Z1 sg jelas apik kok disengiti FBH?
    emange motor bebek honhon ono sing seapik Z1? 😀

Comments are closed.