iklan iwb

Bro dan sis sekalian….keputusan Yamaha merilis produk anyar dengan label Vixion Lightning patut mendapatkan jempol. Perombakan body yang semakin tajam, perbaikan sisi kaki-kaki plus penambahan fitur seperti speedometer digital, RDB, pelk 3.5 inch, SKS serta flat cover fuel tank dan masih banyak lain lagi jelas menggoda biker yang doyan nuansa motor agresif. Apalagi setelah melihat dan mengamati secara langsung….motor ini memang makin gagah dan kokoh. Seperti apa detil gambarnya?. Monggo diintip….!!

Untuk menjepret motor baru YIMM dibutuhkan ekstra effort. IWB sering dipaksa menggunakan lensa tele akibat padatnya pengunjung di booth Yamaha.? Mereka memang sengaja ngantri menunggu Lorenzo yang dijadwalkan datang jam 3 kemarin. So…susah sekali merangsek maju agar mendapatkan angle yang pas. Selain itu…penerangan booth garputala termasuk minim. Belum lagi bergelut melawan para SPG yang kadangkala malah menghalangi keleluasaan menjepret secara detil. Makanya hasil dan angle kurang maksimal. Hal ini beda waktu mengabadikan penampakan CB150R yang didisplay diatas stage terpisah serta selalu berputar secara otomatis. Kita jadi bebas bergerak guna mengambil sudut yang tepat. Untung pasca kunjungan Lorenzo bubar, IWB sempet nyruntul berhasil naik ke panggung untuk eksplorasi dari atas. Yah…setidaknya brosis semua mendapatkan gambaran lekuk body kendati tidak terlalu komplit….

iklan iwb

Melihat dari foto dengan alam nyata beda bro. Inilah yang bisa IWB simpulkan terhadap Vixion Lightning. Lawong aslinya ganteng je. Dalam opini pribadi, gen anyar jauh lebih futuristik, modern terutama bagian stoplamp yang lancip dan tajam. Semua semakin keren setelah sang desainer memindahkan behel menjadi satu kesatuan dengan buritan. Maksude piye mzbro?. Yup…behel tetap ada. Namun bentuknya diracik menyatu pada casing body. Jadi kalau sampeyan ketok dekat jok belakang….suara material tempa khas metal terdengar. Dilabur seirama dengan plastik cover, sibehel nyaris tidak terlihat. Cara cerdas kamuflase mempercantik tampilan tanpa mengorbankan kenyamanan berkendara. Ingin standart tengah, tinggal masukkan jari ke dalam lubang coakan. Mantep!!. Hhhmm…koq nggak kepikir oleh pabrikan lain ya sebelumnya. Great inovation!!….

Mengintip dari samping….tanki new Vixy terlihat gambot. Uniknya…sensasi ini tidak kita temui kala kita nyemplak diatasnya. Paha menjepit sempurna tidak dipaksa ngangkang. Setelah IWB perhatikan…kontur pangkal tanki bagian dalam didesain tetap slim. IWB jadi teringat KTM Duke 200. Yup….gambotnya tanki hanya pada ujung depan khususnya shroud plus punuk atas. Selebihnya….ramping brosis. tidak mengganggu ergonomi. Nyawa Vixion yang “comfort” ketika dikendarai tidak hilang pada diri si-Lightning. Kemudian sisi dashboard panel speedometer….lho jebule mungil dan kompak. Tidak heran versi digital lebih enak dipandang mata serta modern look. Semua mengalir secara indah ketika menjelajahi tubuh bagian atas kedepan. Diperkuat visual tutup fuel tank yang “flat design” dipadukan kunci SKS diujung tanki. Nice….

New Vixion dijejali ban tubeless ukuran 120/70-17? belakang (pelk 3.5inch), 90/80-17 (pelk 2.5inch) depan. Pemilihan desain cast wheel nyomot langsung dari saudaranya di India…YZF R15 V2. Palang lima berongga bagian tengah. Efeknya….gagah bener!. Transformasi total meninggalkan versi lawas yang terkesan cungkring. Soal ini…generasi motorsport Yamaha melompat meninggalkan sang rival. Sisi positifnya…..kita tidak perlu repot lagi untuk belanja karet bundar dan pelk after market. Apalagi generasi Lightning sudah menganut RDB system. Perfecto wis. Btw….bagaimana dengan accelerasi setelah dicangkokin ban gambot??…

Menurut testimoni yang IWB kumpulkan dari rekan-rekan media yang sudah jajal langsung, mereka nyaris tidak menjumpai perbedaan dibanding generasi sebelumnya. ” Tetep nampol mz hentakannya..” ujar bro Popo jurnalis Motorplus. Yah…memang semua kudu dijajal secara total. Sebab mayoritas belum menggunakan final gear (5 speed) dalam testing singkat si-lightning. Anyway, untuk harga belum final sebab masih digodok mengikuti perhitungan BBN. Rumornya sih tidak akan lebih dari? 700ribu rupiah brosis. Yo wis…..silahkan intip beberapa jepretan new Vixy hasil liputan JMCS. Semoga berguna dan jangan lupa berikan komentarnya. Maturnuwun….(iwb)

667 COMMENTS

  1. 95. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – November 3, 2012
    kelemahan mesin SOHC kata kutangers sih?
    cuma dijakarta apa sanggup CB menghadapi bahkan metik sekalipun?

    CB150 DOHC vs Metik (All metik)

    —————————————————————————————

    sori om ane jogja, komen ente kesannya mengecilkan Republik INA..
    jakartasentris? pffffffffffft..

  2. @de kombet

    hehehe… mengucilkan jogja? siapa gw?
    ente pernah kejakarta? belom? coba kejakarta, naek motor batangan ninja 250 deh, terus coba ente gaspoll pagi ama sore dari senin ampe jumat. terus komeng dimari sensasi dikuburan gimana. 😆

    jangan liat jakarta doank om, kalo diluar kota yang cenderung sepi mesin overbore emang bagus.
    coba liat komeng gw ke ciaaa dikawasan industri cikarang.

    😆

  3. Sayang bgt mas iwan bikin artikel ini belakangan, sama seperti saya wkt ke jmcs kemaren ke booth honda duluan,, Setelah liat cb150 lalu beralih ke botth yamaha liat new vixon, terasa banyak kurangnya mas,menurut ane Plusnya vixion : Ban gambot oke Speedo meter lebih racy dan mewah Tutup tangki jelas lebih sedap Tapi minusnya ini mas : Desain headlamp, keterlaluan Pemilihan pola velgnya gk senada sbg motor sport, malah ini velg mirip punya old mx Area mesin terlihat sangat kopong, seperti mesin hanya ditempel pada rangka saja Spakbor belakang terlaluuu menjuluur, dilihat dr samping kentara bgt over length nya nih spakbor Garis bodi belakang (tepat dibawah jok pembonceng) terlihat agak asal2an arahnya Lampu belakang kecil, kurang seirama dengan ban gambot, spakbor super panjang dan bodinya yg relatif besar Dari jarak pandang umum pun (tidak terlalu jauh) ukuran fork depan vixion juga tidak besar, sama dengan cb150, terlihat lebih kekar byson malah padahal sama2 dibekali ban gambot Saynga sekali vixion keluar dari gen racy layaknya R15 atau gen naked bike macho fz yg gagah, malah kearah touring klingon Ini diluar spek mesin ya mas, tapi yg jelas dengan kompetitor dibekali mesin dohc 6speed plus kick stater, sementara vixion hanya mngandalkan mesin sohc 5speed tanpa kick stater, rasanya pesimis new vixion klo dicompare dari sisi value, peformance, dan looks nya bisa bejaban ama cb150 apalagi mengunggulinya Vixion akan unggul jika price nya bisa ditekan 2juta lebih murah dari cb150, itupun masi abu2 karena bnyk user yg lebih suka all in one mskipun harga mahal sedikit Btw mengenai kick stater, meskipun petinggi yimm menganggap gk perlu, tapi tetap saja penting mas, Kicks stater di sport fairing mungkin gk gitu perlu dan hanya merusak looks dari fairing itu sendiri Tapi di naked bike justru menjadi komponen yg mendukung tampilan bahwa ini sport macho…….

    ==============

    panjanng euy…….

  4. sebagus apapun designnya kalo masih sohc kurang nampol.
    tukang las karbit aja bisa modif model begitu ditemplokin dohc baal2.

    qwerticintahonda.wordprett.com/1945/17/08/menghangatkan-suasana/

  5. jOSSS tiada tanding
    mmang aslinya lebih gagah padet nih vixion
    kalau shroudnya di lepas bakal tambah keren tu

    headlampnya mirip kepala ular cobra euy
    dapet julukan baru new vixion = ular cobra

    siap siap aja traliss kena “BISA” new vixion

  6. Menurut saya, baik Vixion Lighting / CB150R sama bagus dari sisi design, untuk handling kemungkinan deltabox lebih unggul dibanding teralis, apalagi ditunjang ukuran ban yang lebih besar. Untuk performa, mungkin gak terlalu jauh, khan jelas downgrade dari CibieR 150, lagian bukan model sport sejati, jadi bisa dikatakan imbang.

    Perihal DOHC /pun SOHC semua ada plus-minusnya, meskipun saya penunggang DOHC, saya tak pernah mengagung-agungkan, toh teknologinya masih sederhana, beda dengan DOHC ninja 250, baru saya acungi jempol.

    Keputusan ada di tangan pembeli,,monggo dipilih, tapi tahun depan saja,,hehe

  7. 154. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – November 3, 2012
    @de kombet

    hehehe? mengucilkan jogja? siapa gw?
    ente pernah kejakarta? belom? coba kejakarta, naek motor batangan ninja 250 deh, terus coba ente gaspoll pagi ama sore dari senin ampe jumat. terus komeng dimari sensasi dikuburan gimana.

    jangan liat jakarta doank om, kalo diluar kota yang cenderung sepi mesin overbore emang bagus.
    coba liat komeng gw ke ciaaa dikawasan industri cikarang

    ———————————————————————————–

    ane ga bilang ente mengucilkan jogja, hedehh. ini cuma perasaan ane ato gimana kesannya ente jakartasentris..

    iye ane tau jakarta semrawutnya kek apa, ane jg setuju metik lbh nyaman kalo lg macet & ane ga perlu ngerasain sensasi kuburan dlm wktu dekat ini :mrgreen:
    overbore bagus buat jalanan sepi. wes suwe dab, hahaha..

  8. Bicara headlamp, kyknya org lbih ngeliat disain keseluruhan.. berkaca dari kasus Ninja VR dan Vixion Facelift dimana headlamp.nya sering diganti ama pemiliknya.
    tapi ttp aja headlamp jadi kekurangan ni motor dan Spakbor belakng yg terlalu lebar.

    tapi overall gw lbih suka Vixion ini ketimbang CB, alasannya jelas karena disain. kalo dibilang mesin CB padet, gw ngeliatnya lebi mengarah ke ‘berantakan’ dimana selang radiator dan selang lainnya terumbar-umbar. Dan gw juga ga punya banyak duit gonta ganti velg dan ban T_T

    CB emang overbore dan DOHC, tp do’i naked bike… ga bisa disamain mentah2 performanya ama CBR150. Keberadaan fairing berpengaruh sampai 10% ke top speed. Nyampe 140 juga uda hebat (dengan asumsi gda downgrade dr mesin CBR).Lagipula Vixion “katanya” juga naik 1,5PS dengan bgitu kedua mtor ini punya performa 11-12. Selain itu alasan beli mtor naked lbih ke penggunaan harian yang butuh akselerasi (torque) , that’s why Streetfighter yang notabene versi naked.nya 1098 lbih ditonjolkan torque.nya dibanding Power. karakter mesin square+SOHC vixion gw rasa lbi cocok buat gw yang suka betot di RPM bawah pas nyelip2 di keramaian. mungkin mesin overbore CB lebih enak buat diajak main di sirkuit yang banyak lurusnya, ato balap liar sambil tidur :mrgreen:
    DOHC dan SOHC(4klep) gw rasa bukan perbedaan yang jauh dan jomplang, Lagian gw juga uda buktiin sendiri kok.
    Lancer GLXi 97 (SOHC) punya top speed 220kpj, Lancer GTi (DOHC) top speed.nya 240kpj. padahal GTi itu 1800cc.
    but biasanya yang pake DOHC lebih duluan mencapai top speed. 😆

    lagian mau mesin sekencang apapun, toh konsumen kedua motor ini biasanya cuma mau gaya doang… performa cuma di mulut. “Mesin gw kenceng nih, uda DOHC/SOHC 4 klep loh…” klo diajak ngebut alasannya banyak, “mau kemana sih ngebut2, sayang nyawa cuy “:mrgreen:

  9. @de kombet

    kalo untuk luar jakarta emang CB or mesin DOHC overbore emang enak. tapi dijakarta mending metik kemana2 or mesin dengan karakter overstroke or oversquare.

    dijakarta juga bisa ngebut om… tapi malem jam 1-2 malem… biasanya anak2 ninja/klub pada keluar nih jam segini, kalo metik dah sepi.

    :mrgreen:

  10. 145. fu

    juraganneon pada November 3, 2012 pada 10:20 AM

    New Vixion semakin gagah + kencang? jadinya joss

    ======================================

    Iya bos saking kencengnya,
    sampe2 ada fb yakampret yg pingin pingson dohc,
    Kek cibi mesinya,..
    DOHC 😆

    ======================================

    wah DOHC boros bro.. jalanan semakin macet butuh motor yang tarikan enteng, gagah dan irit itu sudah cukup.. itulah New Vixion

  11. Ada masalah ma SOHC yak?? Honda Jazz jg SOHC malah lariss tu… Jadul dunk Honda Jazz. Mbok klo mo sombong survei dl….

  12. begitu kedepan liat headlamp nya kadar kegantengan nya berkurang 20% eh.. pas ditempelin koyo dijidat karena mau dipake di jalan raya kadar ganteng nya berkurang lagi 30% :mrgreen:

  13. mungkin bakal lebih laris vixion.
    imho, mending pilih body yg standar aja dah bagus,
    ada pendapat, soal body gampang dimodif, eh jgn salah, ga semua org modif body jd lebih cakep (ahay), lagian ngapain jg beli motor yg harus modif body kalo yg body standar aja dah cakep?
    kebanyakan yg laku yg benian nih, yg standar aja dah cakep.

    saya pengalaman pake motor “agak” kenceng tapi body ga cakep, saya dulu sempet mikir body mah gampang dimodif, emg sih klo dimodif bisa rada cakep, tp tetep aja “iri” suka ngiler ama motor sekelas yg bawaan oroknya dah cakep, apalagi pake tambah dimodif dikit2, suka syirik klo liat dijalan.hehe

    soal mesin, jujur aja, yg pake dohc apa tiap hari, tiap jam suka diadu ama mesin sohc?
    nggak juga kan?
    apa tiap hari tiap jam tiap pergi larinya diatas 120kpj?
    nggak juga kan?

    nah mending cari motor yg sesuai kebutuhan,
    body bagus, velg bagus, mesin sehat n irit, diajak lari kencang dikit bisa, saya kira ini motor lari 100kpj jg masi bisa,
    kalo saya pribadi sih jarang pake motor ampe 140kpj ga saban ari.
    so, make a choice..
    1. mesin baru body lawas
    2. body baru mesin lawas

    ahahahahayyy…

    ini bukan kompor lho,
    just opini saya aja…
    hohohohohooo

  14. DONGO KO G PAKE OTAK. SOCH CULUN GENE DIBILANG BAGUS.
    KALO SPG NA BARU WA BILANG BAGUS. WA BOLAK BALIK TU SPG CABUL DIKASUR.

  15. *SCORPIO SUDAH DIBIKIN HANCUR LEBUR DESIGN-NYA,TERBUKTI PENJUALANNYA SANGAT MEMILUKAN,SEKARANG GILIRAN V-IXION DI OBRAK ABRIK BENTUKNYA..BUNUH DIRI*

  16. 172. dankun – November 3, 2012

    Ada masalah ma SOHC yak?? Honda Jazz jg SOHC malah lariss tu? Jadul dunk Honda Jazz. Mbok klo mo sombong survei dl?.
    ====================================================

    SOHC Jazz ga bisa dibandingin, soal.nya di belum ada yang ngimbangin I-Vtec. Tunggu Toyota ngeluarin Yaris 1.5 DOHC Dual VVTi.
    tapi Yaris VVT-i DOHC vs Jazz Vtec SOHC powernya sama loh, 110hp

  17. 176. emus – November 3, 2012
    mungkin bakal lebih laris vixion.
    imho, mending pilih body yg standar aja dah bagus,
    ada pendapat, soal body gampang dimodif, eh jgn salah, ga semua org modif body jd lebih cakep (ahay), lagian ngapain jg beli motor yg harus modif body kalo yg body standar aja dah cakep?
    kebanyakan yg laku yg benian nih, yg standar aja dah cakep.

    saya pengalaman pake motor ?agak? kenceng tapi body ga cakep, saya dulu sempet mikir body mah gampang dimodif, emg sih klo dimodif bisa rada cakep, tp tetep aja ?iri? suka ngiler ama motor sekelas yg bawaan oroknya dah cakep, apalagi pake tambah dimodif dikit2, suka syirik klo liat dijalan.hehe

    soal mesin, jujur aja, yg pake dohc apa tiap hari, tiap jam suka diadu ama mesin sohc?
    nggak juga kan?
    apa tiap hari tiap jam tiap pergi larinya diatas 120kpj?
    nggak juga kan?

    nah mending cari motor yg sesuai kebutuhan,
    body bagus, velg bagus, mesin sehat n irit, diajak lari kencang dikit bisa, saya kira ini motor lari 100kpj jg masi bisa,
    kalo saya pribadi sih jarang pake motor ampe 140kpj ga saban ari.
    so, make a choice..
    1. mesin baru body lawas
    2. body baru mesin lawas

    ahahahahayyy?

    ini bukan kompor lho,
    just opini saya aja?
    hohohohohooo

    ================================

    MO NGEBUT DIMANA SEH??????????????????

    FBMOHO MDONGO LO

  18. Jujur, desain OK. tapi sepertinya kenanya cuman di mesin yang terkesan cungkring. Mungkin image akan terbantu jika bagan metal mesin dikasih warna agak gelap namun metalik.

  19. kalau jalanan macet pake DOHC lebih boros dan lemot karena tarikan awal harus menggerakan 2 camshaft.. New Vixion paling tepat tarikan enteng, jadinya irit ditambah bodynya yang gagah.. New Vixion joss 😀

  20. Beneran makin suka dengan produk new vixion dengan desain baru pada buritannya yang pipih nan membungkus lampu belakang yang kian apik.
    Mantab nih new vixion 🙂
    orderdesign.wordpress.com

  21. body gw suka vixion, kalo spek mesin, kayaknya bagus cb150r… gw beli dua2nya aja, vixion gw ambil bodynya, terus mesinya gw ganti mesin cb150r..hahahaha, sesa yang gak kepake bakarrrr aja hahahahaha

  22. 192. juraganneon – November 3, 2012
    kalau jalanan macet pake DOHC lebih boros dan lemot karena tarikan awal harus menggerakan 2 camshaft.. New Vixion paling tepat tarikan enteng, jadinya irit ditambah bodynya yang gagah.. New Vixion joss

    ======================

    NYALES JA LO

  23. Body CB 150 kok ngekor old Vixion Ya….???? pa g malu2in tuh.kata FBH,Yamaha tukang contek design Honda lahh CB 150 ituhh apa enggak nyontek kok cmn jiplak doang hehehehehe……

  24. @Juragan Neon
    Katanya selama ini Vixion di banggain karna speed dan powernya? dimanapun MotorSport tidak ada yang SOHC bro.

  25. ttp mantab cb 150r,unggul dimesin..5 s/d10 th kedepan, teknologi motor udah dohc semua..ibarat dl karbu skrg injeksi..jd cb tdk ketinggalan teknologinya 10 th kedpn..kl mau model keren tinggal modif body..apa beli aja minerva?

  26. woiyy semuaaaAAAA!!!!!

    Ayo kita protes bareng2 ke mas IWB!!!

    MARI KITA DEMONSTRASI KE MAS IWB UNTUK:

    MENAMPILKAN MUKE NEW PIKSON SEKARANG!!!!!!! 😈 :mrgreen:

  27. fu pada November 3, 2012 pada
    9:27 AM
    ianvixion pada November 3, 2012
    pada 9:18 AM
    Mantap Joss sumpah keren bget,,
    aplg mesin tmbah naik, wowww
    ================================
    ======
    Hoax ma fu aja tewas?.
    Haraga beda jauh..
    Yakampret
    ————————–
    coba fu pake body vixion apa msh bsa kenceng kaya pke body bebek??vixion kenceng juga klo pake body bebek. ……dsr otak u

  28. body cb150r ogah bgt.. sekilas masih mirip vixion lama.. spek mesinnya bolehlah, tapi sayang belum teruji..ntar kayak vario fi lagi,mesin baru, malah busi cepet modar..

Comments are closed.