iklan iwb

Sekitar 13 tahun lalu…Suzuki mempunyai gen bebek yang cukup kondang. Mesinnya kencang dengan blok silinder vertikal membuat siitik tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan label RG-Sport, seakan pabrikan berlambang S ingin menegaskan bahwa klan RG sebagai motor performa diturunkan kepada sibebek. Masuk ketanah air diberi nama Satria….para biker antusias menyambut kedatangannya. Pelan namun pasti, eksistensinya menggeser Yamaha F1ZR yang juga mulai tertatih-tatih ditelan jaman…

Era berganti. 2 stroke engine mulai ditinggalkan produsen. Untuk meneruskan kedigdayaan Satria 120 2 tak, pihak SIS mendatangkan Raider 150 yang diberi nama Satria FU150. Perbedaan signifikan adalah desainnya yang sudah menganut suspensi full garpu atau dikenal “ayago” meninggalkan nenek moyangnya yang bebek tulen. Dijejali engine 150cc DOHC sebagai turunan FXR150….motor berperawakan langsing ini langsung memikat para speed freak. Sales terus konsisten…tanpa terpengaruh oleh persaingan para kompetitor. Karena bermain sendiri, FU tetap menjadi primadona hingga sekarang. Apakah SIS langsung puas??…

iklan iwb

Sepertinya tidak brosis. Keinginan untuk membangkitkan masa emas pasar bebek Suzuki tidak mampu dibendung. Sayang senjata-senjata yang dilempar kepasar mentah tanpa hasil. Coba tengok Axelo, Shogun, Titan…nyaris tanpa suara menghadapi tajamnya kompetitor yang dihuni dua pabrikan besar. Karena itu digodoklah satu rencana besar untuk meracik bebek super yang dinobatkan sebagai adik Satria FU. Harapannya…..sijaran wesi bisa mengakomodinir konsumen yang demen speed namun banderol lebih murah. SIS cukup jeli bahwa ada potensi yang belum tergarap secara serius. Lho…kan ada Yamaha MX??

Kalau analisa pribadi, Suzuki kemungkinan membikin diferensiasi dengan meracik calon gacoan mereka secara hati-hati. Dan jika sudah menyebut Satria…ini berarti mesin harus istimewa. Artinya?? Mosok adik FU masih SOHC….ya kurang cocok brosis. So…sudah wajib hukumnya mesin gen anyar nanti dibekali DOHC 4 klep, oil cooled. Tidak perlu 6 speed….5 gear sudah cukup. Desain bebek, performa super, banderol plus minus mepet dengan Yamaha MX. Nah….mantep to. Apakah jalan pikiran IWB sejalan dengan Suzuki? Semoga saja. Toh ini hanya urun rembug tanpa tujuan apapun. Btw…harapan mzbro sekalian terhadap adik Satria FU seperti apa? Monggo berikan opininya…..(Iwb)

108 COMMENTS

  1. Bagaimana jika adik Satria FU150 adalah gen bebek murni??? Setelah FU onefifthy gen berubah lagi jadi mobil MPV sekarang…Wkwkwkwkwk

  2. Mungkin harus ikutin model ayago, dan merk nya pun satria fu 125 misal nya. Mesin sama dengan kakak nya DOHC tp di bore down. 5 speed atw 6 speed gak jadi masalah.

  3. Suzuki tuh bodoh sekali, tinggal mesin satria FU di pasang di motor batangan/motor laki, kasih sasis yg baik, model yg sporti sudah pasti laku keras, ehhh malah di bikin jadi bebek..????!!!!!!!

  4. Mesin FU didongkrak jadi 200cc, pasangin radiator ataupun tetap oil cooled tp dgn dimensi yg lbh besar, sasis deltbox kompak ataupun pake sasis fxr yg disempurnakan, model full fairing atau semi full yg futuristik (bisa mencontoh desain gsx-r series), banderol 25jt-30jt dan tidak lebih, karbu atau injeksi boleh jadi opsi, dijamin pabrik lain ga tenang tidurnya hihihi.

  5. ya betul.. resepnya gampang.. 125cc DOHC rangka bebek mirip satria 2tak tapi sentuhan modern, dan desain dibuat lebih fungsional (akomodir konsumen kolot/yang tidak terlalu suka sport).. kalo ayago sudah ada satria 150, jadi tidak perlu ada ayago lagi. pasti lakunya.

  6. @103
    kayaknya lu yang oon, suzuki udah pernah masukin kayak gituan taun 2002 namanya suzuki fxr,, dan siapa yang bisa beli waktu itu? kalau skr dibikinpun pasti jadi 30jt-an,, siapa yang bisa beli juga? dibikin bebek peluang terjangkaunya lebih besar…. walaupun gue setuju juga, harusnya mulai dari skr suzuki udah harus mulai mendesain motor2 kayak cbr dengan mesin yang ada ini, mumpung momennya tepat (suzuki masih dipercaya saat ini kalau untuk urusan speed/jor2an)… tapi balik lagi ke masalahnya.. bebek lebih untung?

  7. lw mnrut sy, kbnykan org indonesia mnginginkan,,, tunggangan yg bertnaga, disain yg mnarik, dan juga irit,,,,,,,, ciayoo suzuki

Comments are closed.