iklan iwb

Bro dan sis sekalian…banyak biker terperanjat atas kekalahan mutlak Ninja 250R pada ajang balap IRS Kejurnas 250cc. Gap yang lumayan jauh dengan pembalap CBR250R tak ayal membuat siapapun bertanya-tanya….sudah sebegitu parahkah kemampuan Ninja 250R ??. Jujur IWB tidak terlalu kaget dengan fakta yang terjadi. Lho koq bisa begitu??. Oke…IWB coba gali, analisa dan telusuri berdasarkan ilmu ngawur :mrgreen: pengalaman 25 tahun mengenal sosok yang bernama kuda besi….

Kalau kita membicarakan sebuah motor, banyak hal teknis rumit yang cukup kompleks untuk dibahas. Segala faktor yang membuat motor menjadi superior mulai dari mesin, hitungan geometri, distribution weight, power to weight ratio dan segala tetek bengek yang membuat laju, handling sikuda besi mampu melibas tikungan serta braking secara terukur dan terkontrol. Kenapa IWB angkat mengenai ini?? sebab beberapa hal diatas tidak bisa kita lepaskan atas gagalnya squad genk ijo mengimbangi keampuhan CBR250R. Maksude piye??…

CBR mengalami peningkatan pesat?? tidak diragukan!!. Berbagai komponen seperti radiator yang makin besar, seting ulang ECU pemangkasan bobot, plus engine telah membuat CBR250R menjadi sebuah mesin yang angker. Namun kita tidak akan membicarakan sisi engine. IWB lebih tertarik membahas sisi pengendalian. Karena menurut analisa pribadi, faktor itulah yang menjadi titik awal gagalnya Ninja250R mendulang sukses. IWB yakin, saat inipun jika Ninja250R dan CBR250R pada posisi imbang untuk PWR setelah dikalkulasi output power masing-masing motor, Ninja 250R akan tetap kesulitan mengimbangi gacoan Honda dilintasan balap. Kenapa??…

iklan iwb

Gaya G brosis!!. Yup…pressure gravitasi yang diderita Ninja 250R lebih besar. Power?? keyakinan pribadi Ninja tidak kalah. Pihak panitia pasti sudah menghitung secara akurat PWR sebelum ketuk palu regulasi diumumkan. Namun….patut dicatat bahwa balap tidak melulu tentang mesin. Pihak otoritas sepertinya lupa akan hal itu. Handling juga menjadi faktor utama untuk memenangkan balapan. Dengan bobot lebih enteng 25 kg, CBR250R bakal makin lincah. Entry corner bisa lebih dalam, braking point makin dekat serta kailan tenaga keban tersalurkan dengan sempurna. Hal ini berbanding terbalik tentang Ninja250R….

Beban gaya khususnya dorongan gravitasi yang ditanggung oleh genk ijo lebih besar. Efeknya…titik pengereman ditiap tikungan tidak akan mampu sedekat CBR250R. Dengan kecepatan sama…lewat bobot makin berat, rider dipaksa membejek rem lebih cepat untuk mendapatkan titik berhenti ideal. Dengan braking point lebih jauh….bisa ditebak motor akan sedikit lambat masuk tikungan. Begitu pula entry corner. Gaya G yang lebih besar membuat tekanan pada suspensi, ban serta seluruh komponen kaki-kaki mengalami pressure berlebih. Dampaknya…Ninja 250r tidak akan mampu menyamai kemampuan entry corner CBR250R. Ingat….dalam sebuah balapan melebar sedikit saja dari racing line akan berdampak pada peroleh waktu. So beda sepersekian ribu detik perlapnya bakal berpengaruh terhadap hasil akhir…..

Tidak bisa diingkari…selama ini kita hanya konsen tentang engine dalam sebuah balapan. Padahal ada satu faktor penting yang sering dilupakan yakni handling atau pengendalian. Yah..memang dilema untuk membuat regulasi yang pas. Sebab disisi lain Ninja 250R mempunyai basis engine pararel yang memang tetap tidak fair kalau kita sandingkan head to head dengan CBR250R tanpa campur tangan pembuatan regulasi. Tidak ada yang bisa disalahkan. Tentu saja tetap pabrikan yang menjadi biang rumitnya kondisi ini. Coba kalau Honda sudi membuat Honda CBR250R dengan mesin pararel engine. Atau Kawasaki brojolin Ninja 250R single silinder biar sama-sama imbang :mrgreen: . Walau judule ngimpi….pasti balapan lebih seru dan enak dilihat…

Last.…untuk meraih kemenangan kini bukan sesuatu hal yang mudah bagi genk ijo. Mereka kudu bisa mengoptimalkan kailan tenaga dua silinder diluar kemampuan handling melibas tikungan. Sebuah hal yang sepertinya susah mengingat kelebihan beban yang digendong sasis. Terbukti M. Fadli tak mampu berbuat banyak dibalap pembuka kemarin.? Apalagi tim sayap mengepak nampaknya juga makin serius terjun dalam dunia racing. Bobot lebih enteng 25KG, mesin makin powerful, teknisi mumpuni? serta dukungan penuh dari ATPM. Sebuah kombinasi yang IWB prediksi akan meruntuhkan dominasi Kawasaki pada balap IRS Kejurnas 250CC 2012. Kita tunggu saja untuk membuktikan…..(iwb)

278 COMMENTS

  1. @93.. jupie am sp aj dpotong cantik sm blade. kl gw bilang jupie indoprx menang dingin tuh krn disain headny yg nyerap angin .. cmiiw n mungkin subyektif (dr rider pp 70 kmd).

  2. mancing2 fbh keluar gampang, ledek ata trs merek sembahannya, pasti pada ngebela mati2an.
    nah kalo ntu abg udh pada keluar, tinggal dibikin mangkel aja….

    puas puas puas..

    wkwkwk

  3. 69. gigabyte – April 24, 2012

    Yang ane maksud motor di video itu bisa lari begitu ubahannya hampir sama ama yg dilakukan tim CBR 250R ART(tanpa pegurangan bobot 25 Kg),Di video itu bukan team balap melainkan privater jadi kalo udah 42hp ya 25 Kg menurut gw gak ngaruh buat cbr kenceng di indospeed…kalo 25 kg pengaruh banget di motoGP anak gw juga tau kaleee…Sniper 150 aja udah ganti big valve…cbr 150 ampe bongkok bongkok ngubernya…Gw bicara netral walaupun secara gw ordal dan 100% FBH.

  4. @60 n 69

    hahaha setuju ama bro 69.. 25 kg ga ada artinya yah? coba cbr yg dah perkasa gitu suruh balap tapi jokinya beratnya 90 kg, masih bisa menang ga? hahaha

  5. heran gw sama regulasinya. wsbk yg 1000 cc 4 silinder n 1200 cc 2 silinder aja beda beratnya ga sampe 10 kg. lah ini sampe 25 kg… ngaco

  6. 110. motor batangan – April 24, 2012

    Utekmu neng ngendhi son???udah ditambah cc 200 dikurangi pulak beratnya 10 kg…mendingan mana ama dikurangin berat doang tapi sama sama 250 cc nya…

  7. Udah pada paham regulasinya blum sih asal pada ngebacot aja…teliti lagi selain berat apalagi yg boleh diubah di CBR???disini kunci penting kemenangannya…dasar ABG barongsai.

  8. @fby n fbk! Udh lah kalo kalah g usah byk alesan! N g usah galau, msh byk race berikutnya! G usah mewek kek bocah ingusan z..

  9. @fby! Mulai skrg jadilah diri sendiri! G usah ngumpet di ketek ninja lagi! Malu2in z.. Suruh aja si klingon ikutan IRS trus si jongos eh jaos suru jadi ridernya ane jamin cbr ama ninja bakalan lewaat!

  10. KMI terlalu tinggi hati tuh…
    Persiapan minimal krn menganggap power 250R lebih baik dr CBR 250.

    Padahal dlm setiap race semua faktor berpengaruh dlm performance motornya. Selamat tuk Tim Hon** sudah menjadi jawara di race awal ini.

  11. pemikiran yang logis…. lagipula sepertinya fairing n250 menyumbang banyak di sektor bobot…. lagipula ane makin yakin bila kita ini kurang cermat saja membaca spec sehingga fitur kurang pasti jadi loser.
    berpikir realita aja soalnya yang suka diunderestimate bukan cuma cbr atau cs1 aja lo…. xeon dan soul juga… masih banyak lagi deh

  12. bener juga ea,, kalo si klingon ikutan bisa2 cbr sm ninin bakalan keok tuh., tapi abis itu si klingon keok di bantai cs1 di trek lurus.. :mrgreen:

  13. emang si jaos dosa apa ea?? Kok selalu aja jadi bulan2an FBH? Imho gara2 banyak ngebual kale ea? :mrgreen:

  14. di trit ini parah bener gw heran sma fbh tukang bc di trit ini suka hina sma fbk knapa fbk banyak yg diem yh?, trus fby nggak ada sangkut pautnya dijelek2in juga, emang klw team honda lu menang dapat bonus uang, ane yakin paling banter juga brosur motor bebek dn matik dealer ahm, khusus fbh yg sombong yg di trit ini suka hina fb laen, aksi lu nggak ngefek ke penjualan sesembahan loe, sia2 perbuatan loe, emang yamaha indon belum punya motor 250 di indonesia, yamaha di luar emang sudah ada biarpun enduro 6 speed 33 hp-an yaitu wrx, motocross 40 hp-an yz250f klw mo hadirin sih bisa cuma yimm ngak tahu ogah atau regulasinya IRS yg nggak boleh, tunggu aja 2013 ada motor sport baru yamaha 250 cc, siapa tahu speknya nggak jauh beda sma wrx 250..

  15. ninja lemot amat yaak.. Di jalanan keok (torsi lebih gede cbr) di sirkuit tambah parah keoknya! Apa gara2 nyetel pake obeng n gegep kali.

  16. Wkwkwkw..
    Rider 250 alay cuman bisa ngelamun sambil ngusap ninin alaynya..
    Mikirin kenapa twin cyl bisa kalah sma sing cyl..
    Wkwkwkw..

    Dasar alay..
    Alay tetaplah alay..

  17. menurut berita yang sya baca,ubahan motor CBR ART adalah klep in ex 32 n 26,saluran in di perbesar n porting menyesuaikan diameter throtle body 40 mm,injektor bosch,papas head n blog silinder sekitar 0,8 mm,piston standar(piston racing masih lom dapat),rasio kompresi 12,5 :1,pake shell,radiator gedein,power mesin dapat 32 dk,(ga tau pake dyno test mana),ecu pake vortex,cam di atur ulang durasinya klo ga salaah sekitar 235 derajat total bukanya,in,dengan sirkuit lap record sampe 1.49an menit,saya yakin klo berat cbr di samakan ninja pun kemungkinan masih imbang,cbr mungkin menang dgn gap 1,9 detik n bukan 19 detik,n pas taun lalu omr ninja sentul juga ada yang bore up pake piton 64 mm,juga pelek ganti yang bagus n ringan, juga apakah best lap ninja udah ada yg ngalahin cbr?yg saya tau kok belum ya?krn ya itu tadi sircuit lap recordnya msh milik cbr dgn denny triyugo l,klo memang pengurangan berat sampe 25 kg sangat2 menguntungkan semua cbr kok ga juga terlalu tepat ,buktinya masih ada cbr 250 yang tercecer,intinya korekan mesin tim2 ART dgn pak bedu memang paling ok dgn 32 dknya,n handling paling enak,ya wajar bisa meninggalkan jauh ninja2 tadi,klo cbr2 yang lain mgkin cuma kurang ganas korekan mesinya kali ya,padahal secara joki juga papan atas rata2 joki honda cbrnya,ya menurut petinggi kmi pak fredy basuki dia juga pgn regulasi di benahi lagi,saya juga setuju,intinya jgn sampe gapnya jauh2 bgt,ya kayak indoprix lah pasti seru,tapi denger2 juga mesin ninja m fadly katanya masih standar,makanya kurang kompetitif,n masih ada beberapa seri kedepan ,moga ninja bisa kompetitif,regulasi yang udah di ketok palu bukan berarti ga bisa di ubah kan?

  18. @arif vixion., udh gak usah banyak cingcong! Yg nanti2 g usah di arepin dolo! Kan ada si klingon??

  19. gw tanya klingon menurut loe yg motornya speknya kayak tiger sesembahan loe cocok nggak ikut irs, pake otak dong loe…

  20. kawasaki memalukan, fans nya pecundang. lengkap sudah. padahal cbr baru 1 tahun ikut balap, tergolong motor baru dan mencari part racingnya masih susah, tapi bisa ngentutin ninja gap 19 detik. gimana kawasaki? 2 silinder, 4 tahun pengalaman, part racing banyak pilihan, M FADLI,???? MEMALUKAN!!! jangan bawa2 alasan bobot selisih 25kg. mau dijadiin 10kg pun selsihnya gw tetap yakin cbr 250r masih menang

  21. orang yang masih menganggap regulasinya memihak cbr250 adalah orang yg gak ngerti dunia balap, kalian gak ngerti regulasi, jangan kampungan lah, yg ngertinya balap liar doang. kasian kalian. liat 2 silinder aja kaget bukan main

  22. buat fby sama fbk, dari pada nyesek mending g usah komeng dasar pecundang! Nenen is loser! Cbr mantaap!

  23. klo liat gambarnya koq cakepan cbr yang ini ya ketimbang yang di dealer. keknya model lampu depannya yang rada ngganggu ya ?

  24. @ arif piksen loser,. Wkwkwk. Es mosi ni yee., kan cuma beda 25 cc? Lagian kalo kepala klingon di permak gw yakin bisa turun 25 kilo tuch! Wkwkwk.

  25. nih lo baca, walaupun regulasinya bebas pun, gw yakin cbr 250r masih menang
    lutfi117.wordpress.com/2012/04/24/kalau-cbr-250-art-vs-ninja-250-spek-ffaomr-gimana-kira-kira-hasilnya/
    diam lo semua ya. jangan nyalahin regulasi lagi. ini cbr 250r bro, bukan motor sembarangan. injektornya udah generasi ke 3

  26. telo, yg loser lu, jaga omongan loe yh, sifat kepribadian orang bisa di denger dari perkataannya apakah bermanfaat bagi orang apa jadi sampah buat orang lain..

  27. @ arif piksong.. Wkwkwk. Lo dongo nya parah amir seh, kan w ngemeng apa adanya si klingon satu2nya jagoan yamaho di marih malah g di ikutin, pdhl cuman beda 25cc tinggal templokin piston angkot doang kan? Wkwkwkwk. :mrgreen:

  28. gw, tanya scorpio itukan speknya sma masih sohc pendingin udara sma dngan tiger sesembahan loe cocok nggak ikut irs, telo gw heran komen lu kayak nggak pernah sekolah…

  29. Kasihan cbr walau menang telak tp kurang diakui paling salesnya aja yg girang bukan kepalang

    sebenarnya apa yg mau dibanggakan ya kalo

    Mesin injeksi setingan balap yg canggih tinggal seting pake laptop plus bobot ringan 25kg

    menang lawan

    mesin karbu yg cuman modal obeng utk ngotak atik setelan angin dan bensin

    ngenes

    *sekian & terimagajih

  30. 138. Arif Vixion – April 25, 2012

    gw, tanya scorpio itukan speknya sma masih sohc pendingin udara sma dngan tiger sesembahan loe cocok nggak ikut irs, telo gw heran komen lu kayak nggak pernah sekolah?
    ——————————————–
    yg ada lo yg h***!!!!! wkwkwkwk

  31. telo, nggak habis pikir, dari tadi gw komen sma fbh psikopat, sdh lah terserah lu, komen sma lu makin nambah bnyak dosa aja, astagfirullah…

  32. @harmesh; ah itu mah cuman perasaan loe aja… sudah cuci kaki minum obat cacing trus tidur aja sonoh…

  33. Disinyalir ninin kalah karena gak ada yg jual OBENG RACING buat nyeting karburator xixixixi

    *fbh lagi melayang bersama bintang kecil***

  34. 141. Arif Vixion – April 25, 2012

    telo, nggak habis pikir, dari tadi gw komen sma fbh psikopat, sdh lah terserah lu, komen sma lu makin nambah bnyak dosa aja, astagfirullah?
    ————————————

    wkwkwkwkk! maka nya kalo g punya jagoan jangan banyak bacot! kelonin aja sono pikson lemot lo! astagfirullah juga..

  35. 139. Hermesh – April 25, 2012

    Kasihan cbr walau menang telak tp kurang diakui paling salesnya aja yg girang bukan kepalang

    sebenarnya apa yg mau dibanggakan ya kalo

    Mesin injeksi setingan balap yg canggih tinggal seting pake laptop plus bobot ringan 25kg

    menang lawan

    mesin karbu yg cuman modal obeng utk ngotak atik setelan angin dan bensin

    ngenes

    *sekian & terimagajih
    ———————————————————————

    yg g ngakuin itulah mental pecundang! la wong regulasi itu dibuat atas prhitungan matang dan disetujui semua pihak kok! any question??

  36. Menang ya menang tp kepalanya biasa aja dong kok sampe di besar besarin gitu mirip barongsai aka megatron

  37. analisis mas iwan banaran memang benar sekali, perbedaan bobot 25 kg memang sangat berpengaruh pada handling, pengereman dan kelincahan, apalagi ini balap yang banyak tikungannya, analisis mas iwan memang joss, semoga regulasi yang tidak masuk akal ini segera diperbaiki.

  38. 146. Arif Vixion – April 25, 2012

    telo, astagfirullah loe nggak berlaku buat masuk surga dajjal sono? karena amalan lu hina orang laen belum banyak?
    ———————————————————————
    wkwkwkwkwkk emang siapa looo??? bicara surga n dajjal segala? kek lo sndiri bener aja! g usah oot deh! back to topik aja kalo udh ngantuk molor sono! wkwkwkk

Comments are closed.