iklan iwb

Pertanyaan tersebut sontak mengemuka atas postingan bro AGus diBlognya yang membahas mengenai gejala tidak wajar pada suhu mesin. Jika IWB baca kronologis awal hingga akhir, sepertinya terlalu prematur kita menjustifikasi keadaan tersebut. Apalagi sebagai Blogger IWB sudah membuktikan sendiri bagaimana stabilnya engine siskutik diajak? sprint menerjang lintasan? cuaca yang tidak menentu selama lebih kurang 120km Banyuwangi-Bali…….

Semua yang dituturkan oleh bro Agus sudah cukup jelas dan menuju keakar permasalahan. Analisa doi juga mantap straight to the point.? Dari semuanya IWB akan coba sedikit kupas secara sederhana…yakni ketika lampu overheat menyala, berarti sistem pendinginan terganggu. Tidak usah panik…pasti mengarah kepada komponen radiator. Entah water cooland kurang atau selang terjepit. Untuk kasus kedua sangat jarang terjadi kecuali mekanik memang super ngantuk ketika merakit motor (minum obat antimo nih :mrgreen: ) . Sedang pada kasus Vario bro Agus, bisa disimpulkan bahwa terjadi missed checking atau ada beberapa standart operation prosedur yang tidak dilakukan dengan semestinya oleh mekanik……

Kasus diatas bisa saja menimpa kepada motor beradiator merk apapun. Artinya…produk sendiri sebenarnya tidak ada masalah. Namun lebih kepada keteledoran mekanik. Sedang ngorok?? Hhhmm…kayak apa memang IWB masih belum dengar sendiri. Namun hal ini tidak menyurutkan IWB untuk bertanya langsung ke pak Endro sebagai dedengkot teknik AHM. Jawabannya mesin Vario Techno 125 mempunyai perbandingan kompresi cukup tinggi 11:1 sehingga pada saat accelerasi akan timbul suara ngorok. Hal itu adalah wajar dan bukan suatu masalah. Tapi jika masih ragu disarankan dibawa keAHASS supaya dilakukan pengecekan secara akurat.? Mereka akan dengan senang hati membantu….

iklan iwb

So…bagi yang sudah naksir tidak usah takut dan ragu untuk memboyong kerumah. Toh….semua ada garansi pabrikan yang menjamin keamanan jika terjadi malfunction atau engine failure. Dan buat Honda…monggo ditingkatkan kualitas pengecekan motor yang dikirim kekonsumen. Kasus bro Agus patut dijadikan pelajaran berharga yang tidak boleh terulang lagi. Jangan sampai nila setitik rusak susu sebelanga. Sebab informasi era sekarang sangat cepat meluas hanya hitungan detik khususnya lewat dunia maya. Kalau sudah dijaga sisi itu, konsumen happy, produsen juga gembira. Sama-sama enak to. Iyo ora, lawong produk makin laris :mrgreen: ...(iwb)

Pencerahan dari pak Endro AHM….

319 COMMENTS

  1. PGM-FI HONDA MEMANG BERMASALAH SAYA JUGA PENGUNA PGM-FI HONDA BANGSAT, ANJINK ,MEMANG HONDA NI…NGELUARKAN PGM-FI TAPI BERMASALAH MEMANG ADA GARANSI TAPI KAN NUNGU RUSAK BARU DI GANTI SETAN BENAR HONDA!!!!!!!!!!!!!! UNTUK MASYARAKAT INDONESIA PAKAI KARBURATOR SAJA SALAM ONE HEART

  2. Vario 125 injection tgl 29 maret dateng tgl 1 april baru saya coba muter muter di komplek tiba tiba mati dan di stater gak hidup nunggu 10 menit baru hidup ini berlangsung 3 x (lampu engine nyala) saya baca di manual booknya (mal fuction injection) setelah itu saya tlp ahas di suruh ke bengkel karena belum ada waktu buat nyoba lagi tuch vario yach sudah sampai hari ini nongrong aja di garasi…. odometer baru 2km… rencana sabtu 14 april baru mau ke AHAS ntar ane kasih report penyebabnya… saya berharap ngak apa mungkin juga salurannya belum lancar atau apa..

  3. iwanbanaran.wordpress.com mentang2 dah di ajak touring jawa bali oleh pihak honda anda diam2 ajah ttng minus vario 125 kasihan yg udah pade beli mrk pada menyessal loh.ini kenyataan.. honda jgn cm bs m’buru keuntungan doang.perhatikan tuh kwalitas mtr2 vario baru anda trmh ksh.

  4. selain over head motor vario 125 aq klo jalan ko getaran bodynya tdk
    lembut.. tdk sprti vario lama aq dlu nyessal aq,klo aq tau bgni tak ku jual tuh vario lama aq lagian model nya lbh kren sbnrx…yah nasi dah jd bubur bangsaTTTTTTTTTTTT

  5. Ya harap maklum, lha wong AHM (dan juga ATPM yg lain) itu cuma tukang merakit motor doank. Masalah teknis dan desain motor terima apa adanya dari sononya (Jepang / Thailand).
    Jadi jangan berharap banyak AHM bisa memberi solusi masalah bawaan pada motor Honda.
    Lihat saja, jawaban mereka satu dgn yg lain beda untuk masalah ngorok-nya vario 125. Yang satu bilang akibat kompresi tinggi, yg lain bilang akibat resonansi pd saluran udara.
    Dan yg paling aneh adalh jawaban dari hotline AHM saat saya tanyakan masalah itu: “Bunyi ngorok itu berasal dari mekanisme perpindahan gigi transmisi matik !”

  6. report : setelah dari bengkel kenapa vario saya tiba tiba mati masalah kecil accu bagian plus+ kendor dan saya memang di tabung cadangannya agak kurang tapi service pertama akan ditambah full hari ini saya pake jarak jauh jkt-bandung benar benar mantab HONDA ndak ono rolo nech … vario ngorok mungkin bikernya yang suka ngorok baru denger suara mesin ngorok jangan jangan sampean pake becak motor yg pake sticker vario kali ha ha ha ha

  7. Woi, mikir dkit lah, mna ada motor sesempurna yg anda2 semua mau ? klo mau bahas masalah2 motor matic, bahkan honda yg pling minim problemnya, dsni kyaknya var 125 terdesak banget sih ? klo mau motor yg sempurna bikin aja sndiri,. hampir semua matic bunyi gregel2, truss ada lgi yang batal beli vartech 125 & nunggu nouvo sx 125, itu motor kagak bkal masuk di indo,. yamaha bkal bkin cover baru buat depak vartech 125,., Wah2,. heran juga gue ma orang2 yg bilang honda brg rongsok ini itu.. Masih ada aja yang ragu beli motor matic kelas injeksi 125cc dgn harga yg sama dgn pendahulunya,.dgn fitur yang segudang. Semu balik ke selera sih, cuman jgn ngejudge motor laen ini itulah,.. orang2 FBH mna nih ?

  8. hehehehehehehehhe good good good……………….
    dengan komentar yg beragam. semuanya akan membuat kita lebih pintar.
    mengapa/? var 125 akan semakin sempoerna dan semakin diminati banyak oranggggggggg

  9. Vario PGMFI kalau dibandingak dgn PCX, CBR, PGMFI sama nga yah soalnya harga yg jauh beda garansinya sama ???

  10. Wktu tu ane blang sma org servisnya klo vrio125 ane ngorok
    Saat di servis mtor ane di gas penuh2 bbrpa kli
    PERTNYAANNYA ADLAH::
    1.ap gk pa pa mtor bru di gas penuh2?
    2.emang klo mau servis ngetes mtor hrus digas pnuh2?

    Ane tkut ne. ?.
    Soalnya ane jga blom prnah gas pnuh2
    Mhon pnjlasannya

    Km ane wktu tu 506km

  11. Buatan manusia ga ada yang sempurna, apapun itu, termasuk produk buatan Honda, Yamaha, Suzuki,dll. Pengalaman beli CS 1, belum 500 km, sadar roda belakang gesrot ke dalam rumah roda belakang. Ditambah baud spakbor depan longgar, velg depan kehajar baud. Tanggapan AHM? Motor ane rawat inap. Diganti semua mua nya. Yang ga diganti cuma waktu yang terbuang percuma. orang2 AHM sampe bos2 nya tau tu motor siapa. Karena gue salah satu yang pertama wara wiri di bandung pake cs1.
    Kapok ga pake Honda? Ga juga, sekarang pake spacy pgm fi. Udah 1000 km ga ada keluhan.
    Semua ada plus minus, tinggal gimana menyikapi. Di garasi sekarang nongkrong Freed, Spacy dan Megelli. All about your choice.
    Just my two cent…

  12. Kalau punya motor ya dirawat dong ke Bengkel Athorized kan tidak susah apalagi Type Baru kan bisa tempuh jalur Warranty / Claim

  13. Honda Karisma 125D saya yg beli tahun 2003 sampai sekarang masih bunyi “nguk-nguk” pada mesinnya,kata teman bengkel gigi primernya yang kena,setelah beberapa minggu beli saya komplain ke AHASS minta dibenerin tidak menghasilkan hasil yang baik,sampai sekarangpun masih muncul suara itu. apakah ini yang dinamakan garansi dari AHASS?

  14. Pengalaman teman saya yang pernah kerja di AHASS di Jakarta, AHASS hanya MENGEJAR KUANTITAS TANPA MENGUTAMAKAN KUALITAS jadi hati-hati service di AHASS. lihat dan buktikan saja service di AHASS mungkin 30menit saja sdh selesai. dan pernah saya service di AHASS dgn bawa oli mesin sendiri karena di AHASS tidak ada oli tsb,e…..malah tidak diganti oli mesin yg saya bawa ga tau kemana,saya cek di mesin dgn membuka stick penutup mesin olinya masih kotor hitam. teman bengkel saya makanya keluar dari AHASS dan buka bengkel sendiri dan sekarang semakin ramai pasiennya karena dia mengutamakan KUALITAS hasil service.

  15. vario 125 ane masalah pada rembes air coolantnya,katanya selang radiatornya kurang naik n kurang kenceng… kata mekanik ahass. eh udah dibenerin ane pake bocor lagi,,. akhirnya ane complain ke dealer,, minta ganti motor baru aje, mumpung pelat nomor lom turun, tp sampe sekarang motor gantianya belum turun juga..

  16. kalo motor gantinya belum keluar mending dicancel aja dulu tunggu stabil setelah 1 tahun ato bisa coba merk lain yang sama2 injeksi

    Kasus pada vario 125 saya mungkin hampir sama:
    1. suara ngorok sudah pasti
    2. Over heat tidak terjadi
    3. Gregel-gregel ya
    4. Tarikan awal serasa maksa banget terutama kalo motor sempat dimatikan lebih dari 1 jam ato mesin sudah kembali dingin, demikian juga pada putaran tinggi pada waktu mau nyalip mobil ato tanjakan pake break sejenak seperti lose power/kehilangan kekuatan (bukan powerfull seperti iklanya.
    yang paling menganggu saya adalah masalah lose power yang tiba tiba saat tanjakan ato mau mendahului mobil kecepatan motor malah berkurang dari yangdiharapkan… seperti menolak untuk digaspoll,
    motor saya datang maret sehari setelah lounching di bali , karena saya sudah inden jauh hari sebelum lounching, di bulan maret saya sudah komplin de deler heronusa bali, katanya nanti barengan servise pertama, ok saya datang pada servise pertama setelah direstart ulang saya coba ternyata masih saja terjadi lose power dan gregel@ tadi, saya komplin lagi dan hasilnya sama saja,
    pada tanggal 2 mei 2012 saya coba komplin ke Astra Honda jln.cokroaminoto denpasar oleh teknisi diklaim businya diganti baru dan katanya akan cek bongkar kopling, saya sempatkan konsultasi dengan kepala mekanik astra honda bali pak ngurah ternyata banyak keluhan vario 125 masalah tarikan seperti [punya saya dan alangkah terkejutnya saya ternyata teknisi dibali sampai tgl 2 mei 2012 belum mendapatkan training khusus mesin vario 125 yang menurut pak ngurah mesin ini bener2 cangih dan berbeda dengan mesin injeksi spacy. katanya biasanya trainer didatangkan dari honda jakarta, parahnya lagi sang kepala mekanik hanya bisa konsultasi problem ini via tlp ke jakarta dan orang honda jakarta kagak nongol2 untuk menjelaskan masalah ini .
    sebenarnya saya sangat puas dengan desain vario125 sampe saya inden sebelum liat wujud aslinya n hanya liat di dunia maya, saya tambah tertarik ada fitur hlm in injeksi dan model bener2 gressss
    akan tetapi saya sangat kecewa dengan kualitas dari honda yang seakan akan belum siap dengan injeksi pada vario 125 ini, bahkan sampai trenernyapun belum berani muncul ke bali untuk menghadapi komplin konsumen.

    mohon maaf ini adalah murni pengalaman pribadi dan tidak ada rekayasa
    terimakasih pada pak ngurah kepala mekanik Astra Honda Motor Denpasar yang telah menanggapi keluhan saya meskipun hasilnya belum ada karena bapak sendiri belum dapat trener untuk motor baru ini
    sebagai pengalaman untuk produk dengan teknologi baru ada baiknya kita tahan diri dulu untuk mencobanya, ada baiknya kita tunggu produk tersebut beredar dan ditest pasar selama setahun,
    baru ketahuan masalah serta perbaikan akan dilakukan oleh pabrikan untuk produksi berikutnya.

    SALAM ONE HEART
    semoga secepatnya honda menemukan cara menyelesaikan masalah tarikan motor vario125
    masalah ngorok ngak apalah yang penting bisa nyalip n nanjaknya ok!!!

  17. suara vario 125 injection saya tarikannya ngorok, dari salesnya menawarkan ganti unit baru atau ganti dengan beat, vario cw (generasi pertama), kira2 enaknya ganti kemana yah? taku kalau ganti unit baru dengan vario 125 injection yg baru jg masih ngorok, nih, pengennya ganti ke vario techno (generasi kedua) tapi katanya dan ga produksi lg, apa bener? mohon sarannya
    thanks

  18. suara ngorok si orange udh bikin risih, sumpah!
    suara tsb sangat mengganggu, kenceng bgt! ni br dpt 700 sekian KM. Nyesel gw beli nih motor!

  19. saya kira honda vario 125 nih,, bagus bngt,,, ternyata,,,,,,,, smuanya haw haw,,,,, ada pula, belum lagi ada 1 bulan,, udah makan busi,,, kan aneh bnget,, kalau tanjakan kyk gak sanggup mesinnya,,, nampak x produk GAGAL,,,
    tolong lah…… segera di selesaikan masalah nih,,,,,
    semua pelnggan, yg memakai vario 125 nih mengeluh,,,,,,

    saat saya sevice pertama, mekanik AHM mnjelaskan bahwa , mereka belum ada petunjuk untuk masalah vario 125 ….. gmana nih….????

    kalau belum tau gmn cara mengatasi kerusakan di vario ini,,, lebih baik jagan di keluar kan dulu ,,,,,,,

    semua yang memakai vrio nih kecewa,,,,,

    AKBAR ,,,,,,, (medan)

  20. duh……sya mo beli tp brgnya inden bgt….lw bsa 23 hri tp sya dah hmpr 2 mggu kq blm turun2 jg….jd jenuh bgt nggu mtor turun BT…BT….

  21. jd inget kasus honda vario pertama keluar…..banyak banget yg bilang ni motor produk gagal…..mulai dr kompresi yg tgi, suara bletak pd mtr starter, dll………..hemmmmmm tapi kok dlm 3 thn mtr matic honda bs nyalip matic sebelah yg lbh dl ada dlm penjualan???????????????

  22. Saya punya masalah lain dengan Vario Techno 125 : Setelah saya pakai kira-kira 200 km, stang kemudi terasa goyang padahal pada kecepatan rendah (20 km/jam). Coba saya chek roda depan, shock breaker depan gak ada yang goyag tuh. Sementara saya belum sempat bawa ke AHASS. Mohon solusi terbaiknya dong, thanks.

  23. Udah di bawa ke 3 bengkel AHASS berbeda jawabanya…….sama………”Ciri Khas mesin ber CC besar”..hadewww…….paraaahhh…… Malah suruh bandingin ma Skutik yg cc sama ……

  24. waduh gimana yh jadi nya,padahal sy dan suami sudh berencana untuk beli vario techno itu

  25. ane pengguna Vario 125, saat menulis ini, si “Jeki” (nama Vario 125 ane) udah menempuh 898KM, padahal umurnya ditanganku baru 10 hari (ijab kabul dengan dealer terjadi 22 Mei 2012).

    nah… ane mo share pengalaman ane nunggangi si Jeki.
    1. Ngorok… iya.
    2. Overheat…. dipake melintasi perjalanan Kotamobagu – Boroko (sekitar 200an KM) tak pernah terjadi. malahan ane belum pernah ngecek soal radiatornya. semoga tak akan pernah terjadi.
    3. rasa2nya selalu oleng untuk melakukan manuver di tikungan…, entah skill ane yg gak punya atau memang penggunaan ban dan body yg gak sesuai, entahlah… yang pasti ane udah sekali jatuh saat menikung, untuk pake kostum touring, alhamdulillah gak kenapa2, cuma ya itu, body si Jeki lecet. kalo dah gajian rencana mo ganti ban yg agak gedean dikit… bisa minta saran ukuran berapa yang pas…???
    4. saat dari Kotamobagu ke Boroko ane minumin si Jeki dengan Pertamax, gas poll d jalan rata cuma bisa nyentuh 105kpj. saat balik dari Boroko ke Kotamobagu ane kasih Premium eceran dibotolan (gak ada SPBU d Boroko)… surprise…!!! kecepatan maksimum tembus 115kpj… kok aneh ya,,,??? oh iya, kecepatan 100kpj si Jeki kok rasanya sama kayak kecepatan 80 kpj si Pico (Vario 110 ane)…???
    5. start awal (apalagi jika sempet berhenti lebih dari 1 jam/mesin dingin) payah banget, gak se-responsif seperti kata para blogger… tapi jika gas ditahan terus dak jarum spido melewati angka 60kpj, baru tenaganya seakan keluar, seakan terlepas dari cengkraman entah apa… 2 kali pacar ane hampir jatuh d buatnya, dikira ane yg sengaja… padahal si Jeki yg berulah.
    6. mekanik AHASS d Kotamobagu belum mendapat training untuk menangani varian PGM-FI, lucunya… berbekal pengalaman Vario 110 ane (si Pico) yg udah service pertaama pada kilometer ke 500, ane bawa si Jeki ke AHASS pada kilometer ke 503, si mekanik dengan senyum langsung mengganti oli dan dengan penuh kejantanan mengaku belum dapat training soal PGM-FI, jd dia cm bisa sebatas ganti Oli, eeee… pada saat selesai mo tandatangani buku service, ane dan tu Mekanik sama2 baru nyadar… service pertama kudunya pada kilometer ke 1000, bukan 500… ya sutralah… oli udah di masukkin, gak mungkin dimuntahin lagi…
    7. kayaknya setelah jatuh di tikungan tu, panel digital untuk BBM nya rada aneh, info soal isi tangki jadi gak akurat lagi, msti sering ngecek manual (ngintip kedalam tangki).

    kira2 itu sebatas sharing ane soal si Jeki.
    masalah Overheat yg di alami sefelintir orang saja bukan merupakan acuan ni Vario 125 produk gagal.

  26. Honda vario 125 saya nyendat2 bos,kayak ada yang nahan,gimana solusinya?balas ke email ya bos??thx before..

  27. hadehhhh kok semuanyaa pada comentnya ga bagus sihh, sebentar lg motorkuu turun khannn… :(( :((

  28. Masalah yang paling bikin aku jengkel dan tidak puas adalah persis sama dengan komentnya WAWAN no.185 point no.5 aku kutip ya…….”start awal (apalagi jika sempet berhenti lebih dari 1 jam/mesin dingin) payah banget, gak se-responsif seperti kata para blogger? tapi jika gas ditahan terus dak jarum spido melewati angka 60kpj, baru tenaganya seakan keluar, seakan terlepas dari cengkraman entah apa? ” itu kutipannya … dan hal itu juga terjadi pada motorku’ parahnya lagi aku sudah 6 kali ke deler 2kali ke heronusa n 4kali ke Astra honda motor Denpasar, aku kagak ngerti kenapa pihak Honda belum ada solusi untuk masalah ini????n sampe sekarang keluhanku belum teratasi juga…. selain itu overall Vartech 125 Bagus banget…

  29. v125 saya baru 2150 km, tp udah ganti busi 2 kali. pada km 700 sama km 1400. semua atas rekomendasi mekanik AHASS. sepertinya ini harus ganti busi lagi. Gejalanya tarikan awal putus2 (spt tdk ada suplay bensin). BAGAlMANA lNl???

  30. ganti punya cs1 aja pasti sembuh,punya saya jg ud tak ganti punya cs1 dan hslnya lbh tahan lama,logikanya sama2 kmpresi tinggi dan pake radiator,dan ternyta banyak kasus spt itu,dan ternyta busi std.nya krg dingin bwt mesin kompresi tinggi.

  31. untuk kasus nyendat2 wktu pagi hari/hbs berhenti lama sampai skrg blm ad jwbn dr mekanik manapun,mkn hanya ahm dan Tuhan aja yang tahu?????? hehehe…. pengen coba2 by pas temperatur sensornya pake resistor takut kena ecm.nya,mkn aja pada saat dingin emg dbkin kyk gtu biar gak bisa digeber lgs n stlh mesin panas br gejala itu hilang,untuk performa luar biasa jg sangat irit. Moga2 aja kasus ngoroknya bisa segera ad jwbn dr ahm. Jangan ragu menggeber vartek birpun ngorok,kalo mesin jebol kan masih garansi!hehehe….

  32. oiya sekedar pengalaman aja,th2006 pernah beli jupiter mx kopling tangan krn pd wktu itu mtr tsb pnya segudang fitur2 canggih alias hi end,dan ternyata sejak pertma mtr ini sy pake tiap kali akselarasi jg tmbul suara ngorok di daerah sekitaran silinder,apalagi saat dipake tanjakan suaranya mkn keras,sdh komplen ksana kemari selalu dpt jwbn yg tdk memuaskan,ktnya krn cc besar jd tmbul suara itu,akirnya ada dealer yamaha yg mau dgr keluhan saya,wktu itu saya berfikir pnyebabnya dr piston serta silindernya krna pernh dibongkar di dealer sblumnya dan emg ke2 kmponen itu meskipun baru emg dbkin longgar(alasanya krn ud diasil slnder ma forged piston)akirnya oleh kepala bengkelnya saya dipersilahkan memilih mtr baru untuk ditukar ke2 part tsb,stlh proses penyilangan selesai(proses itu dilakukan didepan mata saya)saya coba hasilnya tidak ada perubahan sama sekali alias sama saja,dan trnyta tiap kali saya jumpai mtr itu djln emg ngorok wkt akselarasi &menanjak,khususnya yg pake kopling tangan,krn sy sngt kcwa akirnya stlh bpkb mtr keluar buru2 sy jual meski saya rugi 2jt!Dari crta td smoga pihak honda dpt mjlskan pnybab vartek yg ngorok,apakah ceritanya akan sama juga?????mg2 jg ad solusinya dan klo perlu direcal demi kepuasan konsumen,kami menunggu jawabanmu wahai ahm…. *Salam Satu Hati*

  33. Sama aja. Punya saya juga ngorok gitu. Tapi akselerasi dan power tidak terpengaruh. Cuma karena saya termasuk sensi pada suara, jadi rasanya pengen punya Vartek tapi suara beat. bisa gak ya?

  34. …sebaiknya pihak Honda tidak menggampangkan masalah dalam hal ini, suara ngorok atau overheat adalah suatu masalah..jangan buat alasan karena BBM nya lah..kompresi nya tinggi lah..radiator coolant nya lah..sebaiknya konsumen lebih sensitif dan berani kepada pihak Honda sehingga tidak dibodohi spt itu…

  35. …kalau baca koment2 sebelumnya enak betul orang2 Honda bicara …”…itu sudah karakternya VarTech…”…koq karakter mesin ngorok …itu sih masalah brow…tapi ga papalah… biar tekor asal kesohor…

  36. Saya mw tny,,,mtor ane vario 125 untk ngtasin suara brisik saat stasioner gmn y brow……
    G’ enak bner dngerinny,,,,,

  37. aku juga mau beli tapi uangku baru 5 juta, kalau penuh uang na ya bulan juli pasti ada,apa boleh saya ambil dulu ya motor vario tekno 125 pgm-fi na ya buat bapak2x yang di dealer honda mohon sarn na ? ini aku dari surabaya

  38. ane pengguna Vartec 125 i, dan saat ini genap 3 bln ane menggunakan nya, karena ane beli pada acara launching perdana nya di Bali pada acara touring jawa-bali nya vartec 125 pgm fi, hingga saat ini ane ga pernah mengalami over heat atau pun mesin menyendat (putus-putus) setelah berhenti lama, demikian hal nya dengan penggunaan BBM, ane menggunakan Pertamax tapi juga terkadang ane coba isi premium (bersusidi) 😉 memang ada perbedaan pada tarikan tapi semua itu memang krn ada perbedaan oktan, kebetulan ane mantan pembalap kampung, sedikit banyak memahami kinerja mesin, ane sdh mencoba dari dari kecepatan santai hingga geber di 95 kpj (di jalan raya pada malam hari )hasil nya memuaskan alias ga ada masalah, jadi klo kesimpulan ane ini hanya keteledoran mekanik dari dealer yg kurang teliti sebelum mengirimkan nya kepada konsumen, krn klo memang masalah cacat pabrik hrs nya jumlah pengguna yg mengalami juga akan sangat banyak, untuk suara ngorok diatas sdh ada yg jawab kan klo itu terjadi krn kompresi 11:1, so agan agan smua itu sekelumit pengalaman ane soal Vertec 125 i

  39. gw dah coba ganti kipas radiatornya pakai kipas vario lawas (versi awal) dan suara ngorok agak berkurang, tidak senyaring saat menggunakan kipas asli 125

  40. terus cara ngatasin masalah ngorok pada VT 125 gimana yah ? apa yang harus di bongkar atau di ganti, sangat mengganggu sekali.mohon pencerahannya..!

    • ane rasa sih ga usa kwatir, soale itu timbul karena setingan kompresi yang 11 banding satu guna mendapatkan kecepatan yg maksimal serta bbm yg irit, smua pabrikan (honda,yamaha, susuki, dll) punya cara dan tehnologi sendiri sendiri, saran ane ga usah kwatir lah selama hal tersebut memang setingan dari pabrik, kan ada jaminan garansi, klo memang hanya motor kite yg begitu dan orang lain dgn motor yg sama kagak ngalamin hal yg sama baru deh kita bole was was dan langsung komplen ke Honda astra….hehehe menurut ane sih gitu

  41. Ia kang,teman ku jg hbs ngambil vario injeksi….,memng di bagian sebelah kanan belakang terkadang sering ngorok suara nya kang….sudah di bawa ke dealer nya kata temen ku,tp kata dealer nya nggak usah kuatir garansi mesin 3 thn,memang karakter nya vario yg injeksi begini,memng hampir rata2 begitu smua,akhirnya sm teman saya di biarin kang,tp smua nya tetap normal,hy suara nya terkadang ngorok

Comments are closed.