iklan iwb

Bro dan sis semua…..memang tidak gampang memuluskan sebuah niat. Butuh perjuangan, extra effort serta pengorban yang tidak sedikit. Apalagi kalau hal ini berhubungan dengan teknologi, SDM plus equipment pendukung didalamnya. Seperti keluhan bro Catur yang berdomisili diUngaran Semarang Jawa Tengah. Doi mengeluhkan atas buruknya kinerja AHASS dalam menyelesaikan masalah motor Honda injeksi kesayangan. Berikut unek-unek doi yang dikirim via surel ke IWB……

MAS IWAN, saya ada sedikit masalah sama SupraX Helm-In injeksi. Siapa tahu berguna untuk yang lain. Kemarin saya kirim email ke AHM bunyinya gini:

Saya salah seorang penggemar tehnologi, ketika Honda mendeklarasikan injeksi saya menyambut dengan gembira. Bahkan saya langsung membeli SupraX Helm-In PGMFI untuk istri dan Spacy PGMFI buat saya sendiri. Tempat tinggal saya di Ungaran , Kab. Semarang . Tetapi saya agak kecewa terhadap AHM karena ternyata deklarasi ini tidak dibarengi dengan kesiapan aparat AHASS terhadap tehnologi ini. Ini saya alami terhadap SupraX istri saya. Ketika SupraX istri saya mengalami sedikit trouble, tepatnya setelah service pertama 500 km, suara mesin lebih kasar dari sebelumnya. Mekanik mengatakan suara mesin injeksi memang lebih kasar dari karburator, tentu saya tidak bisa menerima pernyataan ini. Kemudian masalah bahan bakar, mekanik AHASS mengatakan SupraX helm in injeksi harus menggunakan pertamax, jelas sekali mekanik tidak menguasai masalah ini. Dalam buku petunjuk pemakaian jelas-jelas dicantumkan bahwa SupraX? helm in PGMFI menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan RON 88 (jelas premium bukan?). Memang benar pakai Pertamax lebih baik ( tidak harus), tapi pakai Premium jelas diperbolehkan oleh AHM.

Masalah kedua adalah stasioner terlalu kecil (berakibat mesin sering mati sendiri dan berakibat head lamp tidak menyala walaupun mesin menyala). tidak ada satu AHASS pun yang saya datangi bisa membereskan masalah ini, baik di Semarang maupun di Ungaran. Bahkan parahnya lagi mereka melakukan langkah yang salah untuk memperbaikinya. Sebagian besar body motor dilepas untuk mencari stelan stasioner, cara melepas dan memasang kembali pun kasar sehingga dada beberapa bagian yg cacat kecil, dan istri saya langsung memprotesnya. Dan hasilnya gagal total.
Masalah baru selesai ketika motor saya bawa ke Astra semarang (jaraknya lebih jauh dan antrian panjang). Mereka memperbaikinya tanpa melepas satu pun bodi plastik motor . Hanya dengan sebuah alat yang didekatkan ke motor untuk menyetel stasioner. Konyol sekali yang dilakukan AHASS sebelumnya!!!!!.

Kesimpulannya adalah….deklarasi injeksi AHM tidak dibarengi dengan kesiapan aparatnya dalam hal pengetahuan produk dan layanan purna jual bagi produk injeksinya. Ujung-ujungnya konsumen yang dirugikan. Sampai kapan keadaan ini berlangsung?????…

Catur Y. Nopol? H 6**9 GC, RANGKA MH**BG11**K0*0**9, MESIN JB***E100**02

Yup…itulah sekelumit kekecewaan yang sudah semestinya menjadi perhatian pabrikan sayap mengepak. Apa yang diungkapkan diatas adalah realita dan merupakan bentuk perhatian konsumen agar AHM segera membenahi seluruh jaringan AHASS yang tersebar didaerah. Jangan sampai nila setitik susu rusak sebelanga sebab hal ini berhubungan dengan image Honda. Sebenarnya tekad dari AHM sudah sangat bagus untuk mengurangi polusi lewat teknologi PGMFI. Namun deklarasi injeksi hendaknya kudu dibarengi peningkatan kemampuan dan alat pendukung. Dan wajib hukumnya untuk meng-upgrade skill para mekanik secara merata. Terus yang terpenting….berikan pengarahan kemereka….jika ragu atau tidak cukup menguasai masalah yang dihadapi mendingan berterus terang…jangan ngawur berdasarkan ilmu raba….

Semua memang butuh proses….tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi…jika tidak dikerjakan secara serius, ditakutkan keluhan konsumen akan semakin banyak. Btw…buat bro Catur, email sampeyan sudah IWB teruskan keAHM agar menjadi perhatian serta masukan buat mereka. Semoga kedepan….kejadian seperti yang dialami bro Catur tidak ada lagi. Last….menurut mzbro semua, apakah betul AHASS belum siap injeksi?? monggo berikan komentar dan pengalamannya. Maturnuwun…..(iwb)

iklan iwb

195 COMMENTS

  1. turut prihatin & miris dg pelayanan mekanik honda. konsumen udah susah payah beli motor, eeh…. giliran diservis malah nambahin kerusakan baru. mekaniknya kebanyakan cuma bisa bersihin karbu ama ganti oli doang tp gak bisa reparasi kerusakan2 pada motor. please duehh…………. 🙁

  2. produk honda emang bagus tapi sayang seribu kali sayang tidak di imbangi dg skill mekanik-mekaniknya. alhasil, konsumen yg selalu menjadi bulan-bulanan menanggung derita & kerugian akibat kinerja mekanik yang tidak profeional. beli motor mahal-mahal, ongkos servis juga mahal, tapi hasilnya nihil & hanya merusak motor.

  3. mw share ane kmren barusan service pertama supra x injection di bintang motor cibinong (markasnya BRT) tanya2 ke bag service teryata mereka blm pnya alat untuk diagnostic motor injeksi, padahal ane ud sering liat CBR atw PCX di service disitu dan bintang motor termasuk dealer terbesar di kota saya.

  4. @Fachry ane liatin cuma ngecek fisik aja bro trus sama ganti oli, test riding, masuk ke supervisi, udah beres, ane kira di cek pke alat diagnostic teryata egga wah apa emg prosedur service pertama bgtu, ya?

  5. @kym oo… lw kemarin ane pas nyervice pertama vixion di beres yamaha, cek fisik, ganti oli, bersihin filter udara, sama cek ECU dg diagnostic tool, cz ada keluhan putaran langsam mesin gak stabil, stelah di setting pke diagnostic tool normal kmbali bro… pas service berikutnya coba aja minta ndk mekaniknya untuk di cek pke diagnostic tool bro,…smga mmbntu bro… 🙂

  6. Mas Iwan, apa yg dialami bro Catur, juga saya alami……begitu deklarasi injeksi muncu, sy lsg order di honda cengkareng jakarta….inden sekitar 1-2 minggu…nongol tuh spacy injeksi enak masuk bengkel ahass daerah Tendean Jakarta selatan, pas masuk 500Km pertama, lsg saya bawa ke bengkel Ahass tsb, perbaikan biasa saja kok, cuma final ceknya sang montir sedikit menyetel “setelan angin” yg dibawah jok dan mesti buka tutup hitam kecil, katanya biarpun injeksi tetep setel angin juga… saya seh iya -iya aja…. kan blm ngerti juga, gejala pertama adalah besok paginya jam 5-20 ane mau brangkat kerja biasa deh idupin dulu tuh motor…eh baru idup koit… nah looo… (waktu baru dateng pertama tgl 12 des 2011 gress, stasionernya nya memang bikin motor gak mati waktu di idupin pagi2) tapi habis servis pertama motor rada jurang enak nih sepertinya….tapi ane pake aja terus toh baru kejadian sekali itu aja….krn seterusnya enak gak mati2. NAH yg pas servis ke dua nih 2018KM.jumat tgl 17 Feb 2012..di jl arteri pondok indah AHASS….motor saya di utak atik gak tau apanya tuh…yg jelas montir 4-5 orang ngeroyok motor ane, katanya di RESET, montir memasang sebuah alat warna merah ukuran segede jempol kira2, ane taya dong itu apaan mas? oh ini buat reset pak, jadi di jumper pakai alat ini, supaya balik ke setelan awal…. Oh gitu…. ya deh trima aja, lagian ane gak ngerti juga,,,NAH dari tgl 17 itu ampe sekarang motor ane koit melulu, lebih parah dari bengkel yg pertama di tendean…(di tendean mereka tdk mereset -masang alat) …. jadi klo pagi mau idupin motor musti di gas rada kencengan dikit baru deh stasionernya stabil setelah rada panas… tapi kan ane jd repot…. jadi malu juga nih ama tetangga yg pake motor karbu klo pagi gak ada matinya tuh… pemanasan lancar. knp ya dengan motor saya?? ada yg bisa kasi solusi? sebagai catatan: pertama dateng tuh motor klo pagi-siang-malem pas dihidupin motor nyala rada kenceng RPM-nya kemudian beberapa detik turun dengan sendirinya (spt mobil gitu) trus enak deh stasionernya, nah sekarang musti digas dulu dan gak tau turun RPM-nya kapan, rencana servis yg ketiga jadi rada deg degan juga nih……jgn2 tambah gak jelas nih motor…. thx mas Iwan

  7. Akur lah,,,,pengalaman saya,,,alih2 mw naikin Performa skrg mtor sy statusnya gantung,,,pgmfi 2008 udah di porting polish n ganti modul, tp g bisa naik co, jd brebet di rpm Rendah, syaangnya main dealer terbesar di jawa barat pun seakan tidak mw tau dgan keinginan konsumen yg ingin menaikan performa motornya ini, mrekaa malah cenderung nyuruh motor sy dibalikin ke settingan pabrik. Promosi gencar tp Tidak dibarengi kelengkapan pemenuhan kbutuhan konsumen yang beraneka ragam sm jg bhong,,,irit memang penting,,apalagi skrg musimnya hemat bbm,,tp kl kdg diasepin mtor yg lebih murah harganya?? Sy berharap kelebihan honda smoga G cm di irit,,kl model g usah dibahas, dr dl honda plg kaku bentuknya.

  8. Cari AHASS yag punya HIDS (digital engine scanner) mas Bro.
    Kota besar seperti Surabaya saja hanya Main Dealer yang punya alat itu.
    Yaitu di AHASS MPM Jl.Simpang Dukuh, Surabaya..

  9. Ane punya supra x helm in pgm-fi setelah diservice pertama malh bunyi agak keras di tutup injeksi yang sebelah ttup tangki bensin,apakah benar klw itu bunyi?tolong jawab…..

  10. Gan, ane baru beli Supra X Helm In PGM FI, pas service 500 Km pertama semua bagian depan motor dibongkar, kata mekaniknya untuk reset injeksinya, bener kagak gan motor gua diperlakuin seperti itu? Koq g pake HIDS y? Ane bingung gan, mohon pencerahannya sebenarnya service motor injeksi yg bener gmn? Ahass di semarang yang sudah bisa menyervice honda injeksi ahass mn y gan? tq

  11. ga semua mekanik handal…….!!!!!!!!!!!
    kadang hasil servis lebih enak bengkel jalanan……
    buktinya saya sering servis d ahas sekaran semarang sering kecewa n stelan stasioner tak enak dh gitu mahallllllllllll,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    haaaaaaddddeeeeeeehhhh……

  12. d sini dah ada GAN d purwakarta jawa barat..yakin deh mekanik AHAss kami handall udah d godok..:)

  13. supra x 125 injection memang bagus mesinnya, tapi kalo di jaln rusak matian terus solusinya bagaimana,pakai aksesoris lampu memng mentereng

  14. Ya itukan keluhan pengguna honda dan saya yakin sssemua dealer atau bengkel resmi semua merek mtor psti ada problemlah..
    Yg blang enggak jelas ngotak alias tipu alias ndobol alias bohong.
    Ya memang bagus sih adanya masukan buat honda tentang buruknya penanganan terhadap injeksi dan smoga itu bsa menjadi pelajaran buat honda untuk lebih baik ke depannya dan jadikanlah itu sebagai masukan yang membangun. Karna untuk menuju sukses ya pstinya akan mlewati yg namanya ksalahan dulu, dan smoga dengan ksalahan yg trjadi honda bisa mmperbaikinya hingga bisa benar2 menjadi juara yg blajar dari kesalahan.
    Tapi saya kurang setuju dengan koment2 yang terlalu menjelek jelekkan honda dlam sgala hal dengan memanfaatkan postingan yg ada. Krna pabrikan lain pun psti punya prmasalahan baik pada motornya ataupun pada mekaniknya dlm hal trtentu. Atau mungkin malah lebih buruk dari honda.
    Saya buka saja pnglaman saya di sini pda saat sya pnya jupi mx, apa yg di ktakan mas catur tentang mekanik ahass yang mmbuka bodi mtor dgn kasar saya alami juga pada saat saya mnservis motor jupi mx saya, dan buruknya lagi adalah setelah saya cek kmbali di rmah ternyata banyak skrup bodi yang gak di pasang kembali oleh mekanik dealer yama, bhkan setelah servis karburetor di dealer tsb, mtor jupi mx saya serasa ngadat2 pada putaran rendah dan mnengah.
    Untung ada seorg kawan yg sngat mnguasai servis karbu dn akhirnya dia yg mmperbaiki.

    Maaf sbelumnya sya bnar2 bkan bermaksud mnjelek2 kan siapapun tapi dari situlah saya dan kita semua bisa berkaca alias bercermin. Dan mengetahui bilamana ada suatu keburukan dari suatu pbrikan tertentu bukan berarti bhwa pbrikan lain tanpa masalah. Dan kita semua tentu harus memahami bahwa semuanya psti mmliki problemnya msing2.
    Jika ada masalah,, tentunya masukan seperti yg mas catur berikan adalah sangat baik sekali.
    Tapi jika konteksnya sudah menjelek2 kan bahkan dengan kata2 yg menjatuhkan sperti yg dilakukan bbrapa komentator tentu kurang bagus, krna itu justru mnandakan anda adalah org yg tidak berkaca sehingga anda dapat mengetahui adanya kotoran cicak yg kecil pada wajah orang lain tapi anda tidak mengetahui adanya kotoran sapi yg bnyak pada wajah anda sendiri.

  15. pada kelanjutan keluhan saya terdahulu memang tidak pernah ada respon dari honda, jadi ya sudahlah…drpd berkeluh kesah lebih baik betulin sendiri, toh dapat ilmu juga walau sedikit-dikit, sekarang motor saya sudah enak …..cuman ya kecewa juga seh… kok tidak sesuai harapan saya dengan hasil perbaikan bengkel… drpd capek…kerjain sendiri aja dah….

  16. maaf terlambat nimbrung, bagi agan-agan yang punya motor injeksi khususnya Honda bisa kunjungi http://www.mansurweb.blogspot.com, ada beberapa materi yang bisa dijadikan tambahan pengalaman tentang motor injeksi, so admin blognya adalah mantan instruktur teknik di Honda, siapa tahu bisa berbagi ilmu dan pengalaman …., sumonggo …,

  17. @Pak Handy,

    Maaf saya baru lihat di blog ini keluhan motor bapak.
    Saya ingin bertanya apa Bapak sudah pernah meminta bantuan dari mekanik kami. Mungkin kami bisa membantu menyelesaikan permasalahan Bapak.

    Apabila bapak ingin bertanya mengenai motor Bapak bisa lansung mengirim pesan ke [email protected] dengan data pembelian bapak.

    Pak Iwan pemilik blog mungkin rela membantu kami memberikan email Pak Handy agar bisa kami follow up.

    Terima kasih.

  18. sekarang memang jamannya motor injection, tapi bisa pasang alarm pakai remote ndak ya? mohon bantuan infonya, trima kasih

  19. yang ane liat kayaknya suzuki yang diem damai damai aja ya…. berarti yang diem itu kemungkinan yang bisa dipercaya… wkwkwk
    *PISS COYY*

  20. ????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????
    (Assalamu ‘alaikum Wr. Wb)
    ..saya sngat stuju dgn pndapat Agan…yuppzz..lanjutkan…sy jg User Supra X 125 helm in…tp br 1 mnggu..jd mngkin sy blm bs mnmbahkan keluhan sprti tersbut pd tuh mongtor Gan..maaf yacckk gan..lam kenal…

  21. Injeksi ane pake sejak taon 2006 honda supra x 125r. trus tambah vixion sekarang ganti vario pgmfi. 2006-2012 honda supra anteng2. vixion 2 taon ganti spul sama kiprok. Jaringan servis kalo jkt merata. ahass dan yamaha please perbaiki donk mutu after salesnya. sabar bro catur…

  22. saya juga kecewa dengan produk injeksi honda ini .,saya punya vario yang belum berumur 700 km waktu itu sudah sering ngadat, setelah 1000 km saya service di ahas kota saya, cuma jawaban dari mekaniknya masalah ini belum bisa diatasi, karena peralatan belum ada……….sang mekanik gak berani bongkar2 aja katanya…….bagai mana pemecahan masalah ini dari honda?

  23. sekedar share, pemakaian injeksi sebenarnya simple untuk service, jangan lepas throtle body apalagi socket sensor karena harus me-reset ecu, kalau gak punya alat, coba cari2 manual book bgm mana cara reset manual (tanpa alat scanning) dan cari kode2 MIL. karena semua pabrikan menggunakan cara manual kalo tidak ada alat scan tools.
    kalau service mengacu seperti mobil didesain untuk jarang dilepas dan biasanya disemprot dgn injector cleaner tanpa melepas throttle body sehingga aman untuk tidak me-reset ecu. Dan kalo habis disemprot ternyata masih tersendat coba bersihin busi jika ada gejala maka biasanya sisa kotoran di TB menempel di ujung injektor (kasus jarang namun mungkin terjadi). kalau pun tersendat biasanya error terdeteksi di MIL. cuma masalahnya menjumper dan reset manual butuh ketelitian dan telaten karena berhubungan langsung dengan kelistrikan dan komputer ECU tadi.

  24. HONDA emang motor kren, sederhana tapi tetap jadi pilihan itu dulu. Ketika kake muda. kalau jamannya sayamah sudah kuno itu nama motor. versi saya honda ituh kolot, maksudnya apa??? bentak yang pro honda,.. tenang boss aku juga pake honda ko ( karisma + Supra) kenapa kuno ya kuno aja. jelasin dong!!?? jangan kuno2 aja masih kata yg pro honda hehe,.. ya kuno dari desainnya aja tumpul gak cocoknya orang tua,.. tdk seperti kawasaki suzuki dan yamaha. desainnya anak muda bngetttch, nirukan andre OVJ. oke, desain mah gak begitu penting, samber pendukung sayap elang hehe. yang penting DOHC tidak SHOC, percuma aja DOHC,..buat ngebut dimana?? jalanan sudah macet,..catat!! honda belum siap mEnggunakan INJECTION,..kenapa ??? BENTAK pemilik honda sambil ngepalkan tangan mau nonjok,.. hehe.. ya lihat aja ke AHAS selain peralatannya belum lengkap delernya 1 banding 5 sama Yamaha. ah peduli ada yng marah juga, da kebukitian d jalannan Vixion menang,…eh kalau bison itu motor mana kok nagku produk yamaha sih?? bukannya bajaj…jauh2 sana hehe….

  25. Edan bener edan, team creator AHM mang bener – bener edan,, si yamha vixi dihina habis – habisan, harusnya nyadar diri siapa yang menjiplak,,, AHM emang gx tau malu,,, gimanapun si yamaha vixi itu sudah terbukti,,,

    baca artikel ini :
    iwanbanaran.com/2012/12/25/peluncuran-honda-cb150r-di-bandung-bikin-geger/#postComment

  26. jiangkriikkk nyocccoootttt gak jelaz ,nyocot sing jelaz cah ,kasih solusi jgn menghujat isomu koyok cah guobloookkk ,makasih yg komen kasih solusi tambah ilmu

  27. Kebanyakan bengkel resmi dr produk merek yg mereka k3luarkan,rata2 dibengkel yg kecil resminya memang masih banyak mekanik yg blm berkompeten tp kebanyakan hanya yg dipusat yg memiliki kredibilitas yg baik.MUngkin ini harus kita maklumi ditambah masih ada sebagian bengkel resmi yg melemparkan kebengkel umum dalam penservisan besar mesin kendaraan krn memang mekaniknya blm mumpuni mungkin…biasanya dalm 1 bengkel hanya satu yg bener2 paham dalam dunia mekanik sisanya lg dlm proses belajar…semoga untuk kedepannya semua akan menjadi lebih baik

  28. gw bantuin jawab y 😀

    pertama gw kasi tau dulu perbedaan injeksi & karbulator
    kebanyakan motor kalbulator tu membutuhkan rasio komperesi d bawah 9,0
    sedangkan FI membutuhkan rasio komperesi d atas 9,0 (bahkan d atas 10,0)

    Nilai oktan (RON) pada BBM jenis bensin :
    Premium (88) Baik untuk mesin dengan rasio kompresi [7 s/d 9 : 1]
    Pertamax (92) Baik untuk mesin dengan rasio kompresi [9 s/d 10 : 1]
    Pertamax Plus (95) Baik untuk mesin dengan rasio kompresi [10 s/d 11 : 1]

    nah kenapa suarany bisa jelek ?
    karena motorny membutuhkan ratio 9,0 – 10,0,tapi d kasi premium (taruhan deh ma TS,bener g klo motorny d kasi premium ?)

    kalo d biarin gitu terus,lama2 mesinny motor bakalan jebol

  29. yah itulah kenapa sebaiknya kalo stiker bensin tanpa timbal diganti dengan pertamax, ngga semua ngerti yg tanpa timbalnya loh,
    kayanya sampe sekarang masih ada sdm beres yg belum memahami setingan injeksi, baik dengan HDS ato manual….
    Kendala di Honda, biasanya setting COnya….alat AFR meternya blm semua punya, karena menurut masukan dari temen2 di beres yg biasa menangani motor injeknya honda, ecu dah diprotek….bener apa ngga nya saya pribadi belum tau…..

  30. honda spacy abis diservis dan diganti bohlam lampu malah batok lampu bergetar hebat,,,bengkel resmi ahass tapi ga bisa pakai kartu vip honda di ahass berkah motor cipondoh,,malah salah tulis km di buku servis yang harusnya di km 20rb,malah di km 15rb,,bengkel resmi kualitas jalanan

  31. Ane pernah pnya supra injeksi. Tuh motor gak kuat nanjak. Gigi 1 gas mentok mlh turun lgi. Suara mesin jg kasar. Servisnya kurang memuaskan. Dsaat yamaha udh pake laptop honda msh pake obeng. Itu motor injeksi apa karburator. Jdnya motor ane balikin aja ke leasing. Kecewa berat. Ngaku irit tp kalah irit sm soul gt.

    • Ahhh lebai nih… Yamaha honda suzuki. Atau yang lainnya.. Sama aja. Tergantung kt ngrawatnya. Dri alur ngomongnya sih. Nihhh orang kayanya ngeyel dan sok tau. Makanya mungkin tuh mekanik pda males.. Bapa yang ngocehnya aje lebai… Sotoi.. Lu kan ngomong.. Seolah” bisa n ngerti. Yeee lu perbaiki aje ndiri… Klo lebih paham. Ngapain bawa ke bengkel..
      Kayanya nih orang katro tinggat dunia. Yang sotoi.. Tau nya cuma dri browsing. Ngakuuu luuuu..

  32. Om, saya mau tanya, kalo servis cb150r dimana ya selain di dealer resmi daerah Jakarta barat ? Soalnya si cibi mati, tp sekali waktu hidup. Tp nnti mati lagi dan nggk nyala2 , saya agak ragu klo svc di tmpt resmi karena pernah kecewa wktu itu, dan lg pula si cibi ini udh modif sportfighter, jadi ada beberapa kelistrikan yang berubah. Mohon rekomendasinya, terimakasih . Salam otomotif

Comments are closed.