iklan iwb

Bro dan sis semua…..memang tidak gampang memuluskan sebuah niat. Butuh perjuangan, extra effort serta pengorban yang tidak sedikit. Apalagi kalau hal ini berhubungan dengan teknologi, SDM plus equipment pendukung didalamnya. Seperti keluhan bro Catur yang berdomisili diUngaran Semarang Jawa Tengah. Doi mengeluhkan atas buruknya kinerja AHASS dalam menyelesaikan masalah motor Honda injeksi kesayangan. Berikut unek-unek doi yang dikirim via surel ke IWB……

MAS IWAN, saya ada sedikit masalah sama SupraX Helm-In injeksi. Siapa tahu berguna untuk yang lain. Kemarin saya kirim email ke AHM bunyinya gini:

Saya salah seorang penggemar tehnologi, ketika Honda mendeklarasikan injeksi saya menyambut dengan gembira. Bahkan saya langsung membeli SupraX Helm-In PGMFI untuk istri dan Spacy PGMFI buat saya sendiri. Tempat tinggal saya di Ungaran , Kab. Semarang . Tetapi saya agak kecewa terhadap AHM karena ternyata deklarasi ini tidak dibarengi dengan kesiapan aparat AHASS terhadap tehnologi ini. Ini saya alami terhadap SupraX istri saya. Ketika SupraX istri saya mengalami sedikit trouble, tepatnya setelah service pertama 500 km, suara mesin lebih kasar dari sebelumnya. Mekanik mengatakan suara mesin injeksi memang lebih kasar dari karburator, tentu saya tidak bisa menerima pernyataan ini. Kemudian masalah bahan bakar, mekanik AHASS mengatakan SupraX helm in injeksi harus menggunakan pertamax, jelas sekali mekanik tidak menguasai masalah ini. Dalam buku petunjuk pemakaian jelas-jelas dicantumkan bahwa SupraX? helm in PGMFI menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan RON 88 (jelas premium bukan?). Memang benar pakai Pertamax lebih baik ( tidak harus), tapi pakai Premium jelas diperbolehkan oleh AHM.

Masalah kedua adalah stasioner terlalu kecil (berakibat mesin sering mati sendiri dan berakibat head lamp tidak menyala walaupun mesin menyala). tidak ada satu AHASS pun yang saya datangi bisa membereskan masalah ini, baik di Semarang maupun di Ungaran. Bahkan parahnya lagi mereka melakukan langkah yang salah untuk memperbaikinya. Sebagian besar body motor dilepas untuk mencari stelan stasioner, cara melepas dan memasang kembali pun kasar sehingga dada beberapa bagian yg cacat kecil, dan istri saya langsung memprotesnya. Dan hasilnya gagal total.
Masalah baru selesai ketika motor saya bawa ke Astra semarang (jaraknya lebih jauh dan antrian panjang). Mereka memperbaikinya tanpa melepas satu pun bodi plastik motor . Hanya dengan sebuah alat yang didekatkan ke motor untuk menyetel stasioner. Konyol sekali yang dilakukan AHASS sebelumnya!!!!!.

Kesimpulannya adalah….deklarasi injeksi AHM tidak dibarengi dengan kesiapan aparatnya dalam hal pengetahuan produk dan layanan purna jual bagi produk injeksinya. Ujung-ujungnya konsumen yang dirugikan. Sampai kapan keadaan ini berlangsung?????…

Catur Y. Nopol? H 6**9 GC, RANGKA MH**BG11**K0*0**9, MESIN JB***E100**02

Yup…itulah sekelumit kekecewaan yang sudah semestinya menjadi perhatian pabrikan sayap mengepak. Apa yang diungkapkan diatas adalah realita dan merupakan bentuk perhatian konsumen agar AHM segera membenahi seluruh jaringan AHASS yang tersebar didaerah. Jangan sampai nila setitik susu rusak sebelanga sebab hal ini berhubungan dengan image Honda. Sebenarnya tekad dari AHM sudah sangat bagus untuk mengurangi polusi lewat teknologi PGMFI. Namun deklarasi injeksi hendaknya kudu dibarengi peningkatan kemampuan dan alat pendukung. Dan wajib hukumnya untuk meng-upgrade skill para mekanik secara merata. Terus yang terpenting….berikan pengarahan kemereka….jika ragu atau tidak cukup menguasai masalah yang dihadapi mendingan berterus terang…jangan ngawur berdasarkan ilmu raba….

Semua memang butuh proses….tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi…jika tidak dikerjakan secara serius, ditakutkan keluhan konsumen akan semakin banyak. Btw…buat bro Catur, email sampeyan sudah IWB teruskan keAHM agar menjadi perhatian serta masukan buat mereka. Semoga kedepan….kejadian seperti yang dialami bro Catur tidak ada lagi. Last….menurut mzbro semua, apakah betul AHASS belum siap injeksi?? monggo berikan komentar dan pengalamannya. Maturnuwun…..(iwb)

iklan iwb

195 COMMENTS

  1. Dulu supra PGM Fi punya adik saya injeksinya rusak umur baru 3 tahun.tahun 2006 injeksinya karatan jadi pembakaran ga sempurna.klo saja waktu itu sudah ada alat pembersih injeksi dari pihak ahm mungkin ga akan karatan.ya terpaka ganti injeknya habis 1 jutaan. servisnya cukup susah waktu itu.ga semua ahass ada.akhirnya dibawa ke ahas disekitar jalan siliwangi di semarang.glondongan injeksi masih ada tuh dirumah.
    untuk injeksi emang rawan rusak kalau bbmnya gak beres dan mungkin juga kualitas bbm

  2. @work

    jngn suudzon bro..
    gue sbg pngguna merek h jg fansbeha aka fansboykutang ngga keganggu sm artikel bgnian, bknnya ini malah membantu agar ahm barongsai cepat tanggapi mslh dilapangan..

    *piss bro, salam sakit hati..

    broken heart mode on

  3. didunia ini tdk ada yg sempurna bro..
    dari 1000 motor yg diproduksi pasti ada 1 motor cacat!
    bukan di honda saja, yamaha, suzuki n kawasaki pun bisa bgtu!

    *fbh mode

  4. Ya udalah jadi pelajaran..

    tolong donk.. bagian AHASS banyak belajar dari cerita mas catur.
    di dalami lagi tentang pengguanaan injeksi.. biar kertahuan kalau injeksi adalah solusi kita berkendara,

    dibanding karbu gitu

  5. nah, mudah2an AHM mau baca nih keluahan, kalau sampai buta dan tidak mau baca sangat keterlaluan, bisa2 pidah hati deh gak one heart lagi :mrgreen:

    ayo AHM jangan cuman ngeluarin motor injeksi aja, sekalian jual juga alat pengatur PGMFI nya biar saya bisa bli, buat nyeting2 sendiri hahahaha :p

  6. Mengenalkan teknologi pada masyarakat khususnya di daerah memang tidak gampang,selain masyarakat yang takut dengan teknologi baru,dari kesiapan ahass sendiri juga kurang.
    Hal ini saya dengar dari om saya yang tinggal di daerah yang punya supra pgmfi yang katanya kalau ada problem pada motornya dia selalu ke dealer ahass di kota yang jaraknya jauh dari tempat tinggalnya,dia punya pengalaman buruk dengan dealer resmi di daerahnya masalahnya hampir mirip kejadian diatas.
    Semoga kedepan ahm lebih memperhatikan skill mekanik dan ketersediaan alat di dealer daerah agar teknologi injeksi bisa lebih diterima masyarakat daerah.

    Salam one heart

  7. bisa jadi bumerang ini,, jangan sampe orang bilang
    “jangan beli injeksi honda,, susah serpisnya, mending injeksi yamaha aja bro!”
    “oh gitu ya bro, ok lah ane beli injeksi yamaha aja,, dari pada nantinya repot ane beli injeksi honda”

    hahahaa,, 😆

  8. jika semua harus servis injeksi di deler yg paling gede pasti pnjang banget dah
    mga Ahm segera sosialisasi ke mekanik2 nya

  9. mas IWAN saya mau sharing pnglman ni..tp bkn pnglman prbdi tp pnglman tmn saya..tmn saya pd bulan november 2011 tepatnya tgl 25,dya rencna mau krdit motor honda..pd hari itu jg ad mrketing dtng krmah dya.mrketing itu menyodorkan brosur”mtor matik honda.awalnya tmn saya niat mau ambil VARIO CBS tp kta mrktingnya gabs,dya bilang nunggunya lama trus tkut JATUH TEMPO (ga ngrti pa itu artinya mas ),,akhrnya dya brbah mau ambil BEAT lagi”mrktingnya bilang hrus nunggu 1mnggu lbih,slain itu mrktingnya jg bilang kamu kan gjian tgl 1 tkut’a duitnya kepakai smua (pd hari itu tmn saya ud pgang DP 1jt lbh) kta tmn saya kan yg mau ambil motor saya knapa bapak yang repot,tp mrkting td hnya diam..akhir’a mrkting itu nwarin stock yg ad yaitu VARIO MMC (mdel plng lama ).y udah akhir’a tmn saya t nrut jg wlpun ga ssuai keinginan hati..yang ingin saya tanyakan knpa mrkting itu bilang honda VARIO CBS + honda BEAT hrus nunggu y mas??pdhal kan hrusnya dh ga indent?????trus kyaknya mrkting honda qo maksain bnget stock VARIO MMC hrus laku gt y mas???tlg pncrhannya mas..trims..
    NB : ma’af kalau kata”nya kurang jelas…

  10. yang ngebc pada keluar… di trit lalu ada kok bro yang mengeluh ada saran mekanik agar motor sportnya ditambahin aditif soalnya di daerahnya jarang pertmx, padahal di buku manual tidak dianjurkan tambah aditif…
    nah mekaniknya sama kurang gaulnya tho?

    enggak ini enggak itu, jarang mekanik yang mau terus belajar mengikuti teknologi, memahami detail manual dll, itu yang harus diperbaiki… jangan hanya mengandalkan feeling dan pengalaman semata…

    nah, suatu saat kalo semua mekanik dan konsumen sudah pada pinter (tentang injeksi), maka sebenarnya injeksi itu enak lo… hahaha

  11. kalo mau servis atau ganti part di beres apapun, siapkan data part katalog dan HET nya, cari yang ada RPM meter digitalnya, cari yang kompressor ban nya ada alat ukurnya, cari yang ada AC nya, cari yang ada TV nya, cari yang dapat Soft Drink gratiss, cari yang mekaniknya mantan pembalap, cari yang gak belepotan, cari yang kalo naruh tutup oli kagak di lantai…hehehe

  12. 105. ?? qwerty ?? – Februari 4, 2012
    honda irit tapi ngga kuat nanjak..
    yamaha ngibrit tapi cepat rusak..

    *kompor meleduk
    ======
    hahaha kaga pernah lihat tanjakannya honda Win? hahaha
    motor yamaha jaman dulu yo cepet rusak kalo oli sampingnya kaga diisi-isi
    semua motor awet kok, kalo ngerawatnya bener wkkkk

  13. @ samsi suardi

    jangan anggap remeh kami yg dipelosok, walaupun kami dipelosok sanggup beli motor cash dan nggk ketinggalan informasi..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  14. semoga honda segera memperbaiki pelayanannya
    Titip kang, ini melenceng jauh dari otomotif, tapi menyangkut hajat hidup orang banyak.he..he
    saptodiharjo.wordpress.com/2012/02/04/kenapa-terminating-kabel-tm-medium-voltage-keluar-percikan-api/

  15. Masih mending Yamaha dung, ga terlalu berkoar tentang injeksi, iklannya juga ga segencar honda tapi kesiapan SDM dan aftersalesnya satu tingkat lebih baik dari Honda.

  16. bagus betul ini infonya mas iwan.hampir semua rata2 bengkel resmi sepeda motor memperlakukan konsumen seperti itu.kasar dan kurang pengetahuan.honda memang kurang siap untuk injeksi.soalnya motor injeksinya cbr 250 sama supra injeksi ndak laku.jadi,buat apa diutamakan.Laen sama vixion yg laku keras.

  17. Bagusan Yamaha donk bro…. sepertinya Honda perlu belajar ke Yamaha, tidak perlu sombong dan bilang jadi pelopor…
    percuma jual motor injeksi tapi tidak sanggup untuk maintenancenya.. yang rugi juga kita2 semua konsumen….

    aduh… ane ngacir beli Yamaha saja lah….selain sudah siap dan pengalaman, sudah lengkap barangnya.

  18. para mekanik ahass mengecewakan, selain keliatan kurang ahli, mereka juga bekerja sangat santai. tidak mempedulikan owner yang sedang menunggu. saya pernah mergokin mekanik yang mengerjakan motor saya sedang telfonan. ckckck parah. ini pengalaman saya. saya harap ahm mendengar. dan sejak itu, saya sudah tidak lagi servis di bengkel resmi ahm. saya lebih memilih bengkel lain yang berkualitas

  19. Intinya, kita blm siap menerima teknologi injeksi….karna tidak semua bengkel resmi siap untuk era injeksi….paling tidak masih butuh waktu 2-3 tahun kedepan….jadi yang namanya “brand” besar ngak ngejamin bahwa mereka siap dengan era injeksi….

  20. Saya baru saja membeli helm in injection setelah saya perhatikan suara mesin lebih kasar dari type2 pendahulunya, saya komplain pd beberapa mekanik honda ahass, mereka mengakui tapi kata mereka sdh karakteristik mesin helm in injection dan masih dlm kewajaran/batas normal. Apakah memang demikian?

  21. berarti Honpret belum siap…. kalau memang belum siap honpret mesti sabar, siapkan dulu dealernya.. jangan sampai konsumen yang susah….

    mending beli mio j sajalah… lebih aman dan pasti karena sudah mumpuni… buktinya kesiapan vixion sudah membuktikan pendukung FI di Yamaha sudah siap.

  22. yg namanya “beres” mah emang kebanyakan kerjanya ga beres (ga cuma beres honda, beres lain pun sama aja), ngasal ngerjainnya, mekaniknya masih banyak yg kurang kompeten. cuma stel rante doang ga becus malah bikin roda belakang seret. PR besar buat semua pabrikan buat ningkatin kompetensi para mekanik beres masing2

  23. curhatan tmn yg pnya CBR150 New…lokasi cilacap…service cuma bersihin filter udara…sma service standart lampu, ban, rantai…
    minta setting AFR beres ngga bisa kasih solusi…kejadian motor di naked…kehujanan…konslet…beres ngga ada solusi…menunggu team dri pusat….

  24. POKOKNE JGN CB2 MAKAI MESIN INJEK BRO N SIS KLO KGA MAU RUGI BESAR DLM PENJUALAN BEKASNYA.ITU AJAH WASPADALA..!!!3X

  25. makanya kalau selesai servis jangan lipa kasih uang tip ke mekaniknya.. hahaha jangan pelit.. Kan jaman sekarang setiap kerjaan bisa dilakukan dengan baik asal ada duitnyaaaaaaa… dunia mau kiamat.. wwkkwkwkwk

  26. wah kudu berhati2 jg dengan SDM AHASS saya jg termasuk pengguna supraX helm-in injection, kira2 astra honda punya data ga ya bengkel2 yg sudah ready dari mekanik ataupun toolsnya, penggalaman pertaa pke motor ini mememng knalpot brisik mungkin karena BBM msh pke premium setelah saya isi pertamax masalah beres, saya pakai pertamax cuma ini menyesuaikan dengan kompresinya saja.

  27. saya pernah tanya ke suzuki di malang kenapa belum ngluarin injeksi…tujuanya untuk menghindari hal seperti ini..semua harus bener2 dipersiapkan dengan matang…oleh krn itu shogun fi dimatikan…

  28. @ WIJAYA,,,KEBALIK BRO,,JUSTRU MULAI 2013 MOTOR KARBU AKAN DI TAMPUNG DI PEMBUANGAN SAMPAH OLEH PEMERINTAH KARENA AKAN DI LARANG,,JADI GA AKAN LAKU LGI DI JUAL.

  29. 136. ANTON – Februari 6, 2012

    @ WIJAYA,,,KEBALIK BRO,,JUSTRU MULAI 2013 MOTOR KARBU AKAN DI TAMPUNG DI PEMBUANGAN SAMPAH OLEH PEMERINTAH KARENA AKAN DI LARANG,,JADI GA AKAN LAKU LGI DI JUAL.

    ngga juga mas,
    ngga ada motor berkarbu yang dilarang, cuma untuk motor produksi baru secara bertahap memakai injeksi.
    yang 2-tak aja masih hidup.
    kawasaki juga masih pede jualan ninja 150cc 2-tak.
    dan saya sepenuhnya tidak sependapat dengan mas wijaya. karena motor saya aja udah dikejar-kejar makelar (bukan DC lho ya 😛 ) suruh jual kedia karena permintaan tinggi (paling mudah jualnya dan untungnya keliatan).

  30. Buat info aja ya…… Kalau mau beli motor injeksi, tolong survey dulu bengkelnya minimal 3 bengkel resmi, tanyakan kalau ada yang rusak ada ga alat khusus buat service injeksinya? Kalau ga ada produknya jangan kita beli tapi Kalau ada berarti produk mana yang sudah siapp dan itu yang kita pilih, selamat memilih ya…..

  31. bukan cuma AHM masbro.. ane di ambon juga ngalamin hal seperti itu..
    waktu ane servis vixy.. ane sempat tanya2.. tuh injektornya perlu dibersihin ga..??
    kata mekaniknya, ga perlu.. yg penting ngisi bensin nya di SPBU..
    note : di ambon blm ada pertamax..
    padahal sebenernya injektor itu kan perlu dibersihkan secara berkala..
    terus mekaniknya saranin ane pake octan booster..
    padahal ane pernah baca di TMCblog kata petinggi YMKI oktan booster ga disarankan buat vixi.. karena disinyalir bisa menghambat selang apa gt..
    note.. ane sedikit kecewa dgn perlakuan YMKI terhadap beres di daerah..
    dan pengetahuan mekaniknya.. yg cuma asal2an aja..
    pernah ane baca dimana gt, katanya YMKI menyiapkan alat pembersih injektor yg bagus cuma buat kota2 besar.. yg kecil cuma dpt kaya semprotan gitu..
    kalo di kota besar, enak.. ada bengkel khusus injeksi.. jadi kalo pelayanan beres krg memuaskan, ada alternatif lain..
    lha di daerah.. yah pasrah aja..
    mo gmna lagi..
    semoga dibaca oleh YMKI yg sekarang jadi YIMM.. atau apalah gt..
    kalo bisa diteruskan juga comment ane via email ke YMKI..
    thx bro.. 🙂

  32. konyol juga ya ,, secara honda dari jaman dulu dah familiar m injeksi ,,, yang lu datengin mekanik apa security bengkel tuh ??? wkwkw …

  33. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan membuat pernyataan FI Ready. Padahal Honda sudah lama memperkenal teknologi FI dibandingkan saingannya Yamaha yg baru 2007 masuk Indonesia. Tampaknya pesaing terdekatnya lebih baik dalam hal alih teknologi FI dengan Vixion-nya. Masalah tetap ada tapi penanganannya jauh lebih baik. Bukan cuma mau duluan Semakin Didepan. Trims

  34. baru aja nyervice vixion di beres, ( SOP ,SP7, gnti oli, bersihin filter udara, filter oli n setting ECU dg FI Diagnostic Tool agar rpm standard) tarikan mantep lgi… yamaha emang siap dg era injeksi… terbukti semua mekaniknya udh dibekali n lulus training FI.. yamaha semakin didepan..:D

  35. kasihan betul mas…….lagi2 konsumen dibikin bingung n kecewa…ngeri jadinya mo pake ‘H’ yg injeksi……mendingan pake bini tua aja….supra x ato klo mo yg injek ya cari yg sudah terbukti ajaaaaa aah….macem si vivi ato yg baru sekalian mio J

  36. pelayanan servis terhadap konsumen mutlak diutamakan. kasian konsumen kl servis motor justru yg ada kondisi motornya tambah parah. skill atau keahlian para mekanik harus ditingkatkan lg. beli motor udah bagus2 dan mahal2 tp begitu disevis malah jadi amburadul…. 🙁

  37. AYO AHM…!!! SEGERA PERBAIKI KINERJA DAN SKILL MEKANIKNYA. BEGITU JUGA DGN KELENGKAPAN PERALATAN DI BENGKEL-BENGKEL AHASS-NYA. JGN CUMA MIKIRIN TARGET PENJUALAN MULU. PERCUMA BENGKEL AHASS BERTEBARAN DIMANA-MANA, KALO MEKANIKNYA PADA GAK BECUS NYERVIS. JANGAN KECEWAKAN KAMI HONDALOVERS..!!! INGAT, KONSUMEN ADALAH RAJA..!!! SEKALI LAGI JANGAN KECEWAKAN KONSUMEN SETIAMU..!!!!!!!

    # NO BLACK CAMPAIGN

  38. Sebelum Tren PGM FI ! Honda kan sudah punya Honda Supra Injeksi, dan pastinya Mekanik dari Setiap AHASS sudah dibekali dengan training PGM Fi dong 🙂

  39. beda bro. yang lama (supra , cbr 150, cbr 250, pcx) masih pakai generasi ke 2 (uero 2), yang baru udah generasi ke 3 (uero 3) . mekaniknya binggung kok gak ada stelan nya

  40. Pelatihan Mekanik AHASS harus benar2 diperhatikan oleh dealer ato Main Dealer Honda .. krn setau gw, pelatihan mekanik AHASS tuh ada bbrp tahap ..

    ya.. harapannya sih, pelatihannya merata sampe ke AHASS yang ada dipelosok2, biar kasus kyk gini ga terulang lagi ..

  41. Para maniac brand motor yang bodoh,membela mati-matian merek motor kesayangan,kalo dah mati lagi naek motor kesayangan karena kecelakaan apakah brand yang anda bela mati-matian itu mau memberikan tunjangan dengan harga yang tinggi sampai ke anak cucu anda?

Comments are closed.