iklan iwb

banner-460x110 (8)

Pulsar 200NSBro dan sis sekalian…..menerima tag informasi dari bro Dadang hasil pertemuan antara bro Riko (perwakilan konsumen) dan beberapa koleganya…PT. BAI serta dealer Meganusa. Pertemuan tertutup tersebut dihadiri oleh Presdir PT BAI (Mr. Dinesh Kulkarni), General Manager PT Meganusa/Dealer (Pak Gun), KMI (lupa namanya), 4 orang owner yaitu bro Riko sendiri (28), Pak Hadi (62), Okky (22) dan Bang Miss (usia lupa). Diskusi blak-blakan yang menyoroti kerjasama antara Bajaj-KMI dan kesan anak tiri Kawasaki pada Pulsar 200NS. Backgroud kenapa mereka melebur dengan KMI plus strategi kedepan. Dalam pertemuan itu pula, pejabat BAI (Bajaj Auto Indonesia) yang hadir membantah bahwa mereka telah bubar dan meninggalkan Indonesia. Dan yang paling hot…pengakuan adanya project Pulsar 200NS fuel injection menyambut Euro 3 Agustus nanti. Juozzz!!!….460x110uk460x110

iklan iwb

Transkip percakapan yang dishare oleh bro Riko memberikan gambaran kita semua alasan internal Bajaj merangkul Kawasaki. Mereka mengakui sangat berat berkompetisi melawan Honda-Yamaha yang notabene mempunyai line up melimpah plus dukungan dana kuat. Berikut isi detil seperti yang dituturkan bro Riko….

Sesuai dengan janji ane sebelunya, dimana akan ane laporkan hasil pertemuan dengan beberapa pihak stakeholder produk Pulsar200NS. Catatan yang ditulis di sini merupakan pemahaman saya dari hasil diskusi yang saya share dengan tujuan berbagi mohon disikapi dengan baik. Pertemuan tertutup tsb dihadiri oleh…..Presdir PT BAI (Mr. Dinesh Kulkarni), General Manager PT Meganusa/Dealer (Pak Gun), KMI (lupa namanya), 4 orang owner yaitu ane (28), Pak Hadi (62), Okky (22) dan Bang Miss (usia lupa). Pertemuan tsb ditujukan untuk mendengar sounding/feedback penilaian pelanggan terhadap produk 200NS langsung dari owner…..

Diskusi dibagi menjadi dua bagian, Penilaian produk dan open discussion. Mr Dinesh menginginkan kita jujur, tidak perlu berbaik hati, katakan yang dirasakan tidak perlu ditutupi….

1. Penilaian Produk

Mr. Dinesh: Sebelum memutuskan membeli NS produk lain apa yang menjadi pertimbangan??
Ane : NVL dan CB150SF
Okky : P135
Miss : NVL
Pak Hadi : Saya hanya mau beli motor pulsar

Mr. Dinesh: Apa Alasannya??
Ane : Range harga yang sama
Okky & Miss : Sama?

Mr Dinesh : Secara overall apakah anda puas dengan 200NS??..
Ane, Okky, Miss, Pak Hadi : Ya.

Mr. Dinesh : Jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki/keluhan di 200NS apakah itu.
Ane : Center of gravity terlalu tinggi, tidak ada standar tengah, ban licin, monoshock terlalu kaku/keras
Okky : Mud guard/flap belakang nggak ada
Miss : klakson lemah, stang terlalu kecil (susah manuver), knalpot terlalu sunyi bahaya kalo ngebut
Pak Hadi : Lampu kurang terang tidak seperti Pulsar lama

Mr Dinesh : Jika nilai 1 (sangat jelek) hingga 5 (sangat baik), berapa nilai untuk engine performa??
Ane : 4
Okky : 4
Miss : 5
Pak Hadi : 5

Mr Dinesh : Untuk hal kecil dan aksesoris ??
Ane : 2
Okky : 3
Miss : 4
Pak Hadi : 4

Mr Dinesh : Pelayanan sparepart??
Ane : 2
Okky : 2
Miss : 3
Pak Hadi : 2

Mr Dinesh : Kompetensi/skill mekanik Kawasaki
Ane : 2
Okky : 2
Miss : 2
Pak Hadi : 2

Summary oleh Mr Dinesh….sepertinya secara produk keseluruhan dan performa mesin, tidak ada keluhan berarti dan konsumen cukup puas. Hanya saja konsumen tidak puas dengan ketersediaan sparepart dan skill/pemahaman mekanik terhadap produk Bajaj. Saya telah melakukan acara seperti ini di kota2 lain dan hasilnya sama/mirip. Saya disini bukan untuk menyalahkan Dealer dan KMI, hanya untuk mengetahui masih ada yang perlu ditingkatkan ke depannya

Pulsar200NS colombia

2. Open Discussion

Ane : Kami sebagai konsumen sangat-sangat konsen dengan ketersediaan sparepart!

Mr. Dinesh :
Ya itu saya tahu, hampir semua konsumen bilang seperti itu. Ke depannya Sparepart akan ditangani oleh Kawasaki melalui dealership…saya dan BAI akan bekerja keras untuk itu.

Pak Hadi : Spare part mudah dan juga jangan mahal-mahal ya..

Mr Dinesh :
Saya pikir sparepart Bajaj malah terlalu murah. Saya pernah lihat langsung beberapa part kami digunakan oleh pengguna Tiger dan motor lainnya. Mereka memilih sparepart Bajaj karena lebih murah dibanding sparepart OEM. Untuk sparepart NS kemungkinan akan sedikit lebih mahal dari sparepart Pulsar lama karena hal tersebut di atas, dan memang kami harus membuat profit. Mungkin kasusnya seperti ini, bapak mau beli chain-sprocket set dari BAI dan memang BAI menjualnya secara set, tidak per item. Di pabrikan lain mungkin ada yang menjual rantainya saja, pasti otomatis lebih murah. Tapi jika dihitung secara chain-sprocket set lengkap kami tetap lebih ekonomis.

Ane : Bagaimana dengan skill/kompetensi dari mekanik Kawasaki, banyak lho owner yang memilih servis di bengkel2 lain selain Kawasaki karena kurang puas dengan kinerja mekanik!

Mr Dinesh :
Ya itu memang menjadi fokus kami pada saat ini. Kami merencanakan traning tahap2 selanjutnya untuk mekanik supaya semakin familiar. Saya tidak menyalahkan Kawasaki, hanya saja ini memang baru bagi mereka. Training saat ini sangat dibutuhkan.

Ane : (kayaknya yg banyak nanya ane deh?) saya sebagai konsumen juga khawatir dengan partnership Kawasaki-Bajaj, jika terjadi hal buruk di masa depan maka kami khawatir tidak mendapat pelayanan servis & sparepart dari Kawasaki

Mr. Dinesh:
Alasan Bajaj berpartner dengan Kawasaki di Indonesia adalah murni strategi bisnis. Bajaj di Indonesia hanya memiliki beberapa line up produk, diversivikasi produk sangat minim dibanding Honda dan Yamaha. Pada saat bersamaan kami memiliki ratusan dealer tersebar di seluruh Indonesia hanya berpegang dari beberapa produk tersebut dimana kami harus maintain dealer2 tersebut yang mana ini sangat sulit secara operasional.

Sangat sulit juga bagi kami untuk bersaing dari hantaman Honda dan Yamaha yang mana sudah mengakar lebih dulu di sini. Minsdet masyarakat Indonesia masih mengunggulkan kedua pabrikan tersebut. Kami bertarung sendirian dengan hanya mengandalkan line-up yang terbatas melawan mereka adalah hal yang sangat sulit.

Sedangkan Kawasaki sudah mempunyai diversifikasi produk yang baik di Indonesia, ada 20-an produk mereka saat ini jika saya tidak salah. Kawasaki juga sudah punya brand image yang kuat di Indonesia. Dengan bergabung dengan mereka, bersama kami lebih bisa bersaing dengan pabrikan2 tersebut. Dimana kami bisa memperkuat line up masing2.

Pulsar 200NS

Ane: Apakah ini kerjasama jangka panjang??

Mr Dinesh:
Ya Kawasaki telah bekerja sama dengan Bajaj sejak tahun 80-an. Jadi tidak usah khawatir. Kawasaki telah terlibat begitu dalam di line produksi kami di India. Mereka ikut dalam pengembangan produk 200NS ini. Contohnya Pulsar200NS FI merupakan campur tangan Kawasaki untuk pasar Indonesia. Di Filipina partnership ini membuat kami menguasai market share di sana, melebihi Honda dan Yamaha. Kebetulan saya terlibat langsung di Filipina waktu itu. Jadi kerjasama ini strategis sekali dan metode yang serupa di Filipina ingin diterapkan di Indonesia.

Pak Gun: Ya memang kerja sama Kawasaki Bajaj sudah lama. Plant Kawasaki di Thailand dan Indonesia dari dulu banyak menggunakan part yang diimpor dari India.

Ane: Terus bagaimana dengan eksistensi BAI??

Mr. Dinesh:
PT BAI masih ada!!! Karyawannya masih ada. Kami tidak pernah bubar. Yang harus dipahami di sini adalah Bajaj tidak pernah meninggalkan Indonesia. Kami masih memiliki dealer-bengkel di berbagai tempat di Indonesia-termasuk di kota ini (Medan), hanya saja setau saya mungkin tempatnya pindah. Sparepart masih bisa dipesan di dealer. Bahkan BAI masih memberikan warranty terhadap unit pulsar yang sudah terjual. Jadi warranty pulsar lama masih berlaku sebagaimana mestinya.

Jika kami pergi dari Indonesia, kami tidak akan bekerja sama dengan Kawasaki untuk memasarkan pulsar berikutnya. Saat Ini Nama Pulsar, bahkan nama Bajaj, tetap ada walaupun produk dipasarkan oleh Kawasaki. Tulisan Bajaj Pulsar tidak dihilangkan. Jika kami pergi dari Indonesia, maka kami bisa saja menuliskan hanya Kawasaki 200NS, tanpa tulisan Bajaj atau Pulsar. Kami masih memiliki komitmen besar di Indonesia.

Ane: Bagaimana dengan pulsar lama, apa juga bisa dihandle oleh Kawasaki ??

Mr. Dinesh:
Tidak. Alasannya bukan karena tidak mau tapi karena keterbatasan sumber daya/karyawan & mekanik dari Kawasaki sendiri. Kawasaki punya banyak produk baru untuk tahun ini (Estrella, RR-mono, RR-mono naked, z1000) dan produk lama mereka juga banyak. Kawasaki bilang ke saya kalau untuk training familiarisasi produk sendiri saja mereka sudah sangat sibuk/kerepotan, sumber daya Kawasaki terbatas, mereka bertanya ke saya bagaimana kami sanggup untuk menangani Pulsar lama?. Apa solusi dari BAI? Itu yang menyebabkan pulsar lama aspek 3s nya tidak dilayani di Kawasaki. Untuk pulsar lama, silahkan datang ke dealer/bengkel resmi BAI untuk mendapatkan pelayanan servis dan sparepart.

Pak Gun: Ya benar sih. Kami sudah sangat sibuk untuk mentraining mekanik kami sendiri yang jumlahnya terbatas. Kami sudah meluncurkan produk baru tahun ini, dan masih ada lagi berikutnya. Itu semua perlu training/familiarisasi, special tool. Untuk mekanik 200NS kami hanya memiliki beberapa yang sudah ditraining. Belum sempat seluruhnya ditraining .

Ane: Bagaimana dengan dealer Kawasaki yang menomor duakan (ane mau bilang anak tiri tapi nggak jadi?.) pelayanan konsumen pulsar200NS, saya tidak mengalaminya langsung tapi saya mendapat banyak informasi yang seperti itu. (Mr Dinesh langsung mencatat perkataan saya ini)

Mr. Dinesh:
Itu manusiawi sih. Saya tidak menyalahkan Kawasaki. Jika anda datang kesebuah keluarga baru dan memasuki kehidupan mereka wajar jika mendapat perlakuan berbeda pada awalnya. Jika anda datang ke suatu Negara belum tentu anda diperlakukan sama seperti di Negara anda sendiri. Namun hal ini akan berubah lebih baik seiring berjalannya waktu.

Pak Gun:
Kami tidak membedakan konsumen yang membeli Kawasaki dan NS di sini. Ke depannya kami bahkan akan menyiapkan orang khusus hanya untuk melayani konsumen 200NS supaya keperluannya terpenuhi.

Ane:
Ke depannya saya tahu Bajaj mempunyai banyak line up produk baru, 200fi, 200ss, 400cs, dan 400ss

Mr. Dinesh:
Produk baru tersebut akan dipasarkan oleh Kawasaki, silakan datang ke dealer Kawasaki. Service dan sparepart untuk produk baru tersebut ditangani oleh Kawasaki. Saya rasa Indonesia merupakan tempat pertama kami akan rilis 200FI, ini atas keinginan KMI…

– Sumber Pulsar 200NS FB group-

Bajaj-KawasakiJuozzz gandozzz interviewnya bro Riko. Padat, tajam singkat dan mengena. Dua jempol wis. Dari transkip pembicaraan yang disiarkan secara terbuka digrup Pulsar200NS tersebut bisa kita bisa rangkum….

1. BAI atau Bajaj Indonesia tidak bubar. Mereka mengawasi dari jauh pemasaran Pulsar 200NS yang dilakukan KMI. Dealerpun masih ada walau tidak sebanyak sebelumnya

2. Share profit-lah yang membuat sparepart P200NS rada mahal

3. Mereka mengakui skill mekanik Kawasaki yang menangani P200NS masih kurang dan akan terus diperbaiki

4. Perlakuan anak tiri dari KMI dinilai manuasiawi namun mereka akan terus perbaiki seiring perjalanan waktu.

5. Kerjasama Kawasaki-Bajaj adalah hubungan strategis bisnis jangka panjang

6. Produk Pulsar lawas tidak bisa diservis Kawasaki karena alasan keterbatasan resources

7. Riset & development Pulsar 200NS FI dibantu oleh Kawasaki langsung

8. Indonesia menjadi prioritas peluncuran P200NS FI dengan kata lain tanah air menjadi tempat peluncuran pertama

9. Produk baru seperti 200ss, 400cs, dan 400ss terbuka diboyong ketanah air dan dipasarkan Bajaj lewat Kawasaki.

Nah…wis gamblang to kangbro. Ternyata seperti itulah kondisi aslinya. Bagi? konsumen….kesulitan mereka memang bukan urusan kita. Yang kita tahu…sudah beli produk mereka…ya otomatis 3S kudu diperhatikan. Dan jebule Bajaj tidak tinggal diam. Semoga dengan dibukanya fakta dilapangan oleh bro Riko kepada presdir BAI, perlakuan anak tiri tidak lagi kita temui pada P200NS. Apalagi Bajaj juga berniat memasarkan P400. Opo ora sangar kuwi :mrgreen: … ....(iwb)

103 COMMENTS

  1. selamat datang injeksi
    pertamax7.com/2014/04/04/kawasaki-estrella-250-seharga-rp-71-juta-di-lampung-sudah-ada-yang-dimodip-side-box-givi-dan-dudukan-pelat-nomer-oleh-kucay/

  2. ??????????????????
    ??????????????????
    ??????????????????
    ??????????????????

    Broo…………

  3. mantaaapp

    Ganti Oli Er6n menurut buku panduan 10ribu kilo?
    monkeymotoblog.com/2014/04/04/ganti-oli-er6n-menurut-buku-manual-setahun-sekali-atau-12-000-km-ada-yang-bisa-ngasih-pencerahan/

  4. Temen ane banyak yg naksir P200NS, tp ya itu msh takut klw nyari spare part susah & takut dianaktirikan dealer/bengkel kawasaki.

    • sama ky ane tmnnya,,,kl bajaj buka pabrik aja dimari,trus banyakin main dealer,,,ane udah beli dah tuh ns,,,udah lama naksir

  5. Nek ws ono sing FI,uang dan ijin menteri keuangan Saya InsyaAllah akan beli deh…Karena apa?memantain 3busi dibanding FI kedepan akan lebih mudah FI..karena bngkel kecil pun akan bersiap menuju FI.Dan kemungkinan besar sistem FI ga beda2 jauh lah ya CMIIW

  6. mantep nehhh :mrgreen:

    nivikoko.wordpress.com/2014/04/03/heboh-mulai-terkuak-head-lamp-r25-sama-plek-dengan-yang-diprediksi-oleh-young-machine-jepun/

  7. woww bajai dilawan :mrgreen:

    nivikoko.wordpress.com/2014/04/04/confirmed-yamaha-yzf-r15-launching-tanggal-29-april-2014-di-bali-akurapopo/

  8. masih ragu mau beli P200NS dan motor tanpa kick starter lainnya,
    soalnya tetangga depan rumah punya Pulsar 200 DTS-i versi 2008, dan sering mogok karena gak dilengkapi kick starter jadinya malah nyusahin. Dan pengalaman saya punya thunder 125 2005 tanpa kick start juga sering mogok nyusahin kalo pas macet2an, pas bonceng cewek electric starter atau part kelistrikan ada yg trouble.

  9. Coba nama “bajaj” nya dihilangkan. Disini image nya kurang bagus, jd kayak bajaj bajuri

  10. Yang minat diecast motogp / miniatur motogp dan motor sport, miniatur mobil
    – Merk Maisto, Newray, Joycity, Ixo, Minichamps dll
    – Bahan Die Cast metal, sok beker main, ban karet
    – Skala 1:18 (harga mulai 65rb), skala 1:12 (harga mulai 80rb), skala 1:10 (harga mulai 245rb)
    kami juga jual merchandise motogp dan otomotif (Kaos, Tumbler , Topi,Sweater,jam dinding dll)

    Lebih lengkap klik dan like :
    FP Facebook http://www.facebook.com/MiniaturMotogpDanMotorSport

  11. numpang komentar:

    bahasa mengawasi dari jauh itu dapat diartikan sebagai tidak berani beraksi dan play safe (kalo tdk mau dikatakan non action). Ditambah dengan masih ada (really?) bengkel resmi tp kog sulit menemukan dealer yg jual bajaj pulsar (kecuali bekas), cuma menunjukkan bahwa BAI sedang melakukan flanking dalam marketingnya. Tapi kog terasa sebagai exit strategy yg setengah hati karena market Indonesia besar.

    Jadi, memang paling strategis bagi bajaj, di Indonesia, untuk masuk via kawasaki. Untung BAI secara umum. Kalo market menerima produk bajaj via kawasaki, BAI bisa siapkan market reentry strategy dan sebaliknya kalo gatot ya full exit strategy pasti dieksekusi.

    Semoga saja benar bahwa pun tinggal sedikit dealer dan bengkel resminya, semoga BAI tidak meninggalkan para konsumen dan user motor bajaj apapun jenisnya. Tapi kalo perhitungannya mentok di untung rugi, well, anything could happen.

    sekian opini orang awam ini, kalo salah monggo diralat.

  12. ga bisa bonceng ya kang, dah single seater 😀

    ks tau am pak Gun. beda harga kawak all model di medan dan jkt jangan terlalu jauh ya kang. soalnya saya lg nunggu er2n. smoga didenger 😀

  13. @mpaja
    Betul bro…di medan ninin150r zaman taun 2011 otr bisa 29.800.000
    Padahal harga di ibukota cuman kisaran 25 lebihh..
    Tapi tetap ane beli juga.. :peace:

  14. woh FI yo..juoss tambahan nek ngene..smkin siap bersaing…juosss..asall buntutnya di permanis dikit..biar gak wagu..

    motoblast.org/2014/04/04/honda-nm4-vultus-muncul-spek-mesin-dan-harga-nya/

Comments are closed.