iklan iwb

Menyambung isu kemarin, IWB mencoba mendapatkan data detil sales siBetik. Mulai dari ngubek-ngubek media online plus berbagai sumber kenalan IWB. Dan…bukti mengejutkan terpampang didepan mata!!

Dilansir oleh Detikoto, Yamaha Lexam sebenarnya sudah mati suri sejak November 2011. Motor dibekali teknologi YCAT (Yamaha Compact Automatic Transmission) ini tidak terjual satupun sehingga bisa dikatakan “zero sales”. Sebuah tragedi serta fakta yang cukup mencengangkan. Nasib suram ternyata juga mendera Honda. Walaupun masih lebih baik…Revo AT dalam data AISI hanya terjual 36 unit motor (Januari dan Februari 2012). Ironi dan kenyataan yang membuat IWB sendiri garuk-garuk kepala. Gimana nggak….mosok jualan motor kubikasi kecil sudah seperti jual moge. Beberapa biji doang!!…

Ketika IWB korek data lebih dalam, penjualan Lexam tahun kemarin secara total hanya mampu tembus 6.769 unit. Jauh dari target yang dicanangkan oleh YIMM pada awal peluncuran yang dipatok pada kisaran 1500-2000unit perbulan. Penjualan paling bagus diukir pada bulan Maret 2011 yang mencapai 1.661 unit. Kemudian secara simultan terus mengalami tren penurunan hingga puncaknya November 2011. Yup…dibulan itulah Lexam tidak laku sama sekali. Menarik data hingga tahun 2012…..Januari, Februari, Maret…..nasib tidak jauh berbeda. Lho terus yang salah dimana??…

iklan iwb

Tidak ada yang salah dengan produk itu sendiri. Namun lebih kepada demand dan selera konsumen. Ilmu analisa tidak berlaku disini melainkan kudu berdasarkan survei yang mendalam serta terukur. Masyarakat nampaknya kurang welcome dengan Betik sebab bentuk yang mirip bebek, mayoritas lebih suka gen itik asli yang memakai gigi. Selain itu dari beberapa komentar….banyak menganggap Betik kurang memberikan rasa kenyamanan seperti yang ditawarkan skutik khususnya ketika hujan. Kaki tetap kotor brosis :mrgreen: . Terus apakah artinya Lexam memang benar-benar didiscontinue??. Melihat pergerakan serta sinyal diatas, sepertinya memang begitu adanya. Tidak tersurat namun tersirat…begitulah kira-kira.

Last…IWB hanya ingin tanya, jika mzbro dan sister punya duit…apakah yang menghalangi sampeyan semua untuk meminang sibetik?? desainnya kurang cocok?? atau beberapa opini seperti yang IWB cantumkan diatas??. Monggo berikan pendapat dan komentarnya. Maturnuwun….(iwb)

Data sales Yamaha Lexam

Tahun 2011
Jan: 1.575
Feb: 1.236
Mar: 1.661
Apr: 442
Mei: 633
Jun: 152
Jul: 60
Agu: 995
Sep: 4
Okt: 11
Nov: 0
Des: 0
Total 6.769

Tahun 2012

Jan : 0

Feb : 0

Mar : 0

108 COMMENTS

  1. Mungkin konsumen tau nya bebek ya bebek, metik ya metik..dicampur aduk konsumen jd ga familiar..

  2. Mslh ga nyaman krn kaki kotor mah ga ngefek..toh bebek bergigi jg laku…kwek..kwek..kwek.

  3. ogah beli mazbro,soalnya 2 kali perawatan,ada rantai eh juga pake v-belt…ditambah mahal…

    • ada nih zero DS 170 jutaan, metik sport tanpa suara….WUZZZ….WUZZZ…
      dapurpacu.com/216463/harga-motor-listrik-zero-bisa-tembus-rp-170-juta-di-indonesia/

  4. Mungkin harganya terLaLu tinggi mas iwan, kLo mnurut sy dgn harga segitu(merk yg sama) dpt jupiter mx. Disaat mrk S bangga dgn ayagonya, dan merk H (rumor) akan riLis supersonik, kok merk Y maLah riLis betik yg bisa dikatakan baru.kLo mau Latah kenapa gak sekaLian ikut nyempLung dikLs bebek 150 cc aja yg dah ketauan pangsa pasarnya….

  5. Yg mengurangi minat ane untuk membeli motor ini adalah harganya yg diatas vario125..
    Dgn hanya 110cc meskipun injeksi harganya harusnya sedikit diatas spacy injeksi, toh mesinnya mirip, hanya menang fitur d ground clearance yg lebih baik.
    Soal harga memang sangat sensitif.
    Cobalah yimm n aham mereposisi harga betiknya menjadi seharga jupiter z, ato honda blade, insya Allah, penjualan bisa mencapai ratusan ato ribuan.
    Harganya very operpress

  6. menurut hemat saya, motor ini nggak laku karena harganya SANGAT mahal 😀 harga wajarnya skitar 12-13 juta saja, gak usa gengsi mangkas harga (kayak pulsar) klo mau -minimal- ngabisin stok.

  7. Motor gak laku, tapi stripingnya keren mas 😀
    dizmaz.wordpress.com/2012/04/30/review-hasil-balap-motogp-gp-jerez-2012-lorenzo-salah-pilih-ban/

  8. Mongtor wagu tur larang, ga lexam ga revoat, udah gitu kickstarter sebelah kiri, mending pake vespa jadul.
    #noafgan

  9. 1. Harganya kemahalan untuk sebuah produk pengenalan. Parahnya lagi masih karbu tapi lebih mahal dari yang udah injeksi.
    2. Promo maupun pengenalan teknologi produk sangat minim.
    3. Udah mahal eh desain lampunya mengalami penurunan dari lexam awal yang duluan hadir di vietnam. jadi anak klingon deh.
    4. warna kurang expresif daripada lexam vietnam

  10. hargany termasuk mahal n teknologi biasa aja..tarikan lemot n yamaha lovers tentu condong ke new jup mx ato xeon..

  11. bentuknya keren, ,sayang kerasa oper press
    . TOA meneh
    pertamax7.wordpress.com/2012/04/30/ketika-wapres-bicara-toa-wapres-pengeras-suara-azan-perlu-diatur/

  12. @IWB
    hehe….lha jualan betik kan memang judulnya dagelan to masbro…adu gengsi yang berujung adu kuat modal,, 😀 😀 😀 gak tau siapa yang senyum2 dengan cerita ini

  13. Kurang futuristik mz Iwan…
    Trs soal hrg pengaruh masak motor bebek matic 110cc d jual 16jutaan??sklian bli mx istilhny nanggung begitu lh kira2…

  14. nah kaya gini dong?jgn terlalu bersifat konsumtif……..pake sepeda dan angkutan umum bisa menadi solusi kemacetan…..bagi siswa smp dan sma mendingan pake taksi ato bis sklh aja deh?percuma kl naik mtr bisa nya bolos dan dipake buat gank motor…cb kl pake moge smua..apa gank motor bisa beli zx1400rr?

  15. harusnya di jual 12 jutaan,trus polantas di beri gratis motor ini,sekalian buat promosi gratis di setiap Bangjo wkwkwk..

  16. @ all
    Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah…gagal dari sisi “pricing strategy”. Kemudian komunikasi serta sosialisasi produk kekonsumen juga minim. Hhhmm…mantep bro. Semoga menjadi perhatian oleh pabrikan kedepan juga ingin nelurin produk. So ati-ati kalau masang harga…ya nggak brosis :mrgreen:

  17. ini sama halnya waktu yamaha pertama kali sbg leader dari pabrikan jepang launching Nouvo sekitar tahun 1998-1999 (gak persis thn nya) konsumen mesti di edukasi dulu.

  18. 1.operpres
    2.perawatan dobel(v-belt+rantai)
    3.model/jenis belum familiar
    4.msh pake karbu

  19. masi inget dulu peluncurannya di Tunjungan Plaza sby.mewah banget,,,.ternyata ora payuuuuu………wkwkwkwkkkkkkk

  20. saya seirang pedagang kecil2an.kalo mau beli motor ya matik.agar bisa muat 2kardus air mineral di dek depan.itupun masih ditambah beras 20kg
    pake betik?emang bisa..
    padahal gw juga belum punya matik.xixxi

Comments are closed.