Honda mengembangkan airbag motor generasi anyar…

22

Banyaknya angka kecelakaan akibat kendaraan roda dua, memaksa insinyur Honda memeras otak mencari terobosan jitu dan cerdas untuk meminize impact accident. Menurut kabar saat ini mereka telah mengembangkan system airbag generasi anyar. Lho koq sistem anyar, memang sebelumnya telah ada??…

Yup…Honda Gold Wing sudah diaplikasi fitur penyelamat ini. Tapi tidak seperti Gold Wing dimana air bag akan mengembang pada posisi diatas tanki, generasi ayar disempurnakan yakni airbag ditaruh diatas panel instrumen/speedo. Keputusan berdasarkan hasil penelitian bahwa kebanyakan biker akan terlempar mengikuti arah gravitasi. Sehingga dengan posisi sedikit jauh dari tempat duduk akan memperbesar harapan alat menangkap tubuh sipengendara atau setidaknya meredam efek lemparan supaya tubuh tidak langsung menghantam obyek berbahaya. Lho terus gimana kalau biker tidak terlempar kedepan??..

Namanya saja insinyur mzbro. Seperti dilansir Visordown, possibility ini sudah dipikirkan. Nah…new airbag design dilengkapi sensor mengikuti arah gaya gravitasi serta angle stang ketika moment terjadi kecelakaan. Dengan kata lain jika sampeyan terlempar kekanan, sensor secara otomatis akan menyetir airbag kearah kanan dan begitu juga sebaliknya. Wih…mantap yah!!. Sayang… sekarang baru CB1300 yang dibekali alat pintar ini. Seandainya saja bisa diaplikasi kemotor kecil, bakal banyak nyawa terselamatkan olehnya. Tapi pesimis juga sih kalaupun ada bakal laku disini. Lawong fitur ABS yang dibanderol lebih tinggi 6,5juta saja agak berat meminangnya. Padahal keselamatan tidak bisa dinilai dengan uang. Tanya kenapa…..(Iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Aris

    Wkwkwkwk..pertamax (anti pet**nas)

  • Aris

    Wkwkwk..pertamax (anti petr**as)

  • Shark

    wiih canggih…

  • bensin kere

  • hmm… klo emg mahal… bagi yg berminat, datang ke dealer.. minta pasang.. bayar deh.. [berharap bisa plug n play] πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  • BramX

    ckckckckkk…
    gile bener teknologi Honda ya.
    ane yakin hal2 seperti ini masih belum terbesit dalam pikiran insinyur pabrikan lain.
    yg lain cuma bisa nyontek.

  • daniel

    ane punya teknologi dimana honda,yamaha dkk tdk bs meniru,yaitu bensin motor ane bs penuh sendiri tanpa ane isi,alias di isi’in bini ane(tugas mutlak bini) wkkwk..
    Peace!

  • semua usaha safety patut diapresiasi

    Ijin nebar jaring

    Kajian Biker: DAJJAL berambut sangat keriting

    http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/14/12-kajian-biker-dajjal-berambut-sangat-keriting/

  • thumps up buat honda yang menjadi pioneer dalam safety, termasuk c-abs nya cbr 250

  • Arif Vixion

    tpi klw jatuhnya biker ke samping gmna? kyaknya kurang cocok bwt motor, lbih cocok ke mobil karena pengendaranya tidak kemana2, klw sya pribadi lebih suka misalnya ada yg mengembangkan atw buat helm yg kuat sekali dan tahan tekanan smpe berton-ton misalnya..

  • Komengtator

    @9 Arif

    Bro, helm terkuat pun ya, kalo ente nabrak dengan kecepatan tinggi mungkin kepala gak luka sedikit pun, tapi leher bisa patah bahkan sampe kepala terlepas juga bisa karena saking kuatnya tekanan akibat momentum benturan…

    koq bisa beranggapan airbag kurang cocok di motor?? justru airbag rancangan Honda tersebut bisa mengurangi efek benturan akibat tabrakan frontal yang sering terjadi pada biker.. sehingga resiko seperti leher patah dan cedera serius lain akibat tekanan keras dari momentum benturan terkurangi secara signifikan..

  • Arif Vixion

    betul jga sih, klw solusi bwt jatuh ke samping apa dong?

  • Komengtator

    berarti perlu ditambahin airbag samping donk… ato kalo gak, mungkin perlu juga seandainya jaket dipasangi airbag, jadi ketika si pengendara jatuh, seketika jaket menggembung seperti ikan buntal…

  • broer

    itu teknologi berguna kl terjadi benturan, bagaimana kl terlindas? Pdhl sering keclkaan yg paling fatal akibat terlindas truk/ tronton. Sebaiknya jalus truk tronton dipisah aj. Atau dibuat desain mobil yg tidak bs melindas orang

  • gerorogunso

    @komengtator: kayaknya teknologi jaket ber airbag udah mulai di riset sama dainese klo gak salah tapi baru terbatas buat racing wearpack aja

  • Arif Vixion

    http://www.motorbeam.com/bikes/yamaha-r125/yamaha-confirms-r125-launch-on-17th-april/
    YAMAHA R125 AKAN DILAUNCING 17 APRIL INI DI INDIA HARGA 83754 RS ATW 16 JUTAAN… MANTAP πŸ˜›

  • dhani pedroza

    sy s7 dng bro Arif kayanya airbag d motor kurang berarti ketika sipengendara jatuh kesamping, kalo pun berguna buat acciden tabrakan frontal, apkh airbagnya gk akan meletus ketika bodi depan ringsek dan serpihan benda tajam menusuk ke airbag yg sudah mengembang. Gimana hayo???

  • paling cuma bisa diaplikasiin di moge ya masbro? Coba klo diaplikasiin ke bebek atau metik? Disinyalir populasi bebek/metik di indonesia bisa menurun drastis. Bisa2 dijual seharga ninja RR.

  • iwanbanaran

    @ arif dan dhani
    Disitu dijelaskan bahwa airbag akan disetir oleh sensor khusus mengikuti arah jatuhnya biker. Dng kata lain ketika jatuh kesamping (saya ilustrasikan jatuh kekanan) airbag akan ngembang kesamping. Monggo dibaca lg mzbro. Ttng kena tusuk? Ini yg perlu dipikirkan lg, apakah airbag anti tusuk apa nggak. Tp klo udah tubeles pasti tahan tusuklah mzbro zizizizi…ngawur.com
    @ Angga
    Betul bro. Pasti orang enggan beli soale hrg kuda besi bakal nukik tajam

  • aq naksir motornya aja cb 1300…

  • dendy

    wow hebat euy…

  • Skips

    Brarti intinya yg penting alon-alon asal kelakon , dripada ngebut bin benjut, hehehehe Piss πŸ˜€