Ada apa dengan bumi kita ini..??

17

Kali ini kita sedikit melenceng dari topik biasanya bro. Bukan karena apa brother, namun perkembangan bumi kita ini dari hari kehari makin mengkuatirkan…sedikit tidaknya membikin kita berpikir dan merenung……ada apa dengan planet kita ini?………..

Hari ini kita dibikin terhenyak atas adanya hujan es didaerah Cilandak Jakarta Selatan. Lha kok aneh..?? masak kita punya 3 musim?.  Sudah jelas dimata pelajaran sekolah kita dulu dijelaskan bahwa ditanah air hanya punya dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Dua hari yang lalu saya ngobrol dengan orang Amerika…namanya Mrs. Funston. Gejala kerusakan alam sudah semakin parah juga terjadi dinegaranya. Selain angin topan melanda Amerika, yang terbaru adalah didaerah Colorado. Pada bulan Oktober baru-baru ini masyarakat disana dikagetkan oleh turunnya kapas putih…yang tak lain dan tak bukan adalah salju. Hal ini tidak lazim karena menurut beliau seharusnya pada bulan tersebut adalah musim panas. Begitu juga diAustralia. Kota Adelaide salju malah turun dengan curah hujan melebihi sewajarnya hingga menimbulkan tumpukan kapas putih hingga satu meter. Belum lagi banjir bandang yang menerjang kota-kota modern dimana dalam sejarah tidak pernah terjadi sebelumnya. Semua tentu ada sebabnya. Bumi sudah semakin tua namun manusia malah semakin rakus dengan mengabaikan segala sinyal dari Ilahi. Coba sampeyan bayangkan. Pada era kita saja bumi ini sudah begitu tidak stabil. Gimana ketika masa anak cucu kita kelak..?!

Tanda-tanda pemanasan global atau biasa disebut climate change sebenarnya sudah terjadi sejak masa modernisasi tahun 1980an. Ketika kehidupan menuntut untuk selalu lebih baik dengan peralatan yang serba ada. Peralatan yang bisa membantu kenyamanan, kemudahan bagi umat manusia. Namun celakanya semua itu tidak dibarengi tindakan “recycling” secara benar. Khususnya dalam hal penghijauan kembali hutan yang telah terpakai. Lahan yang semakin sempit akibat makin membengkaknya polusi manusia. Polusi yang gila-gilaan akibat asap industri, otomotif serta rumah kaca. Jika tidak ada tindakan nyata maka sinar ozon yang sudah tipis akan semakin tipis dan akhirnya suhu bumi akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Dampaknya…..sangat mengerikan bro. Diterangkan oleh National Geographic Channel, Green land merupakan pulau terbesar didunia yang berisi gletser dengan luas sekitar 1,75juta km2. Fungsi pulau es ini ternyata sangat penting karena mampu membantu mendinginkan suhu bumi. Ozon dan Greenland ibarat perisai dari panasnya sinar matahari. Namun sayang perisai tersebut makin pudar. Berdasarkan penelitian dari satelit pada tahun 1992 Greenland menorehkan record tersendiri selama 28tahun terakhir karena telah melelehkan gletsernya hampir 80% dari total wilayahnya. Jika disatukan hal ini sama seperti Spanyol, Italia serta perancis. Kalau tidak ada gotong royong masal maka kedepannya  dikuatirkan gletser Greenland akan sirna. Jika itu terjadi maka permukaan laut  bumi akan naik hingga 7 meter. Kalau udah meningkat terus piye..?? Pada level ini dipastikan peta dunia akan banyak berubah. Bakal banyak pulau bakal tenggelam bahkan beberapa ahli memprediksi ribuan kota yang terletak dekat pesisir akan musnah. Belum lagi efek pencairan ternyata akan dikombinasikan dengan penguapan dimana hal ini bisa memperparah kondisi iklim bumi. Sekali lagi ini bukan dongeng……saya yakin kita pasti sudah sering dengar akan semuanya. Tapi dampak makin parah baru kita rasakan akhir-akhir ini. Dan ini masih permulaan. Jika manusia tetap budek mengabaikan sinyal dan teguran dari sang pencipta……niscaya bencana lebih  besar akan terjadi. Padahal  Allah telah memperingatkannya jauh ketika masa ini belum terjadi dalam QS. AR-RUM :

ظَهَرَالْفَسَادُفِيالْبَرِّوَالْبَحْرِبِمَاكَسَبَتْأَيْدِيالنَّاسِلِيُذِيقَهُمبَعْضَالَّذِيعَمِلُوالَعَلَّهُمْيَرْجِعُونَ

Artinya : Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS. 30:41)

Semoga kita selalu diberi iman dan dijauhkan dari bencana. Amin ya robbal alamin….(iw/21/10/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Spies

    Pertamaxxx…

    Betul mas..saya sering nonton tayangan2 dokumenter di NGC dan History Channel mengenai bencana2 ekologi yang telah dan akan terjadi di planet bumi..
    Asli serem banget..bahkan nggak kebayang seandainya kita sendiri yang mengalami masa sulit itu…
    Yahh..kembali kepada diri sendiri serta keimanan masing2 kepada Allah SWT..
    Seberapa besar keinginan serta kemauan kita untuk tetap menjamin kelangsungan hidup ras kita di dunia ini…

  • sembalap

    hal yg lebih parah skr ini banyak skl yg bikin rumah full bangunan tanpa memikirkan resapan air, nggak menyalahkan sbb harga tanah mmg semakin mahal tp harus dicari solusinya
    – manfaatkan lahan kosong dng menanam pohon
    – kl mmg membutuhkan kamar yg banyak usahakan bikin bertingkat shg tersedia tanah buat resapan air
    – design rumah kita cukup penerengan matahari shg kalo bisa 100% tanpa nyala lampu di siang hari
    – pikir juga sirkulasi udara di dalam rumah shg tidak lagi membutuhkan AC
    – hindari penggunaan kendaran bermotor kl msh bisa dilakukan dng bersepeda

  • Butuh kesadaran dari masing2 individu pastinya agar trcipta lingkungan yg lebih green sehingga kerusakan dibumi dpt diminimalisir, dari artikelnya brati bro iwan mendukung ya seandainya kebijakan emisi euro 3 jadi diterapkan 🙂

  • Hourex

    Kliatanya berat ya.. Utk menyatukan visi & misi seluruh negara2 penghasil polusi sedunia guna menekan pergerakan global warming..
    Gotong royong kliatanyapun jg tinggal wacana saja.. Dng alasan ekonomi dan peningkatan kesejah teraan mereka mengabakan masa depan dunia..
    Atau emang karena sudah menjadi Nas /ketentuannya Allah swt bahwa semua ini memang harus terjadi..
    Klo sudah gini ya mari segera merapatkan barisan semampu kita kurangi penyebab globlal warming..
    En yg lebih utama perbanyak bekal menghadap Allah swt karena itu masa depan yg sesungguhnya..

  • Spies

    @sembalap
    bagus juga bro tips dan triknya..
    Bisa ditiru tuh.. 😀
    @shu_enk
    saya pribadi setuju sama euro 3..
    Tinggal pihak pabrikan neh yg mesti ditantang..bisa nggak bikin motor standar euro 3 dengan harga dan desain kompetitif..
    Go green! Hehehe.. 🙂

  • iwanbanaran

    @ Spies
    Saya sih setuju aja bro…cm kebo biru saya hrs ganti lagi dong hiks hiks..
    @ Sembalap
    Wah mantep tuh mzbro….contoh kecil tp klo diikuti oleh sejuta umat pasti efeknya bakal nampol
    @ Shu_enk
    Setuju mas…toh sibiru bisa makan rumput koq (kan Byson) wkwkwkwk…
    @ Hourex
    Setuju 1000% mzbro. Soale sejauh ini juga tinggal teori belaka. Jd mikirnya buat bekal disana nanti. Lha trs py anak cucu kita..??? jg dikasih bekal aja cukup?

  • Arif rakhman a.k.a Penerjemah

    tonton saja ice age 2

  • Hourex

    Wah jadi ga enak jg masih piara 2 setruk..
    TP janji de ga bakal ganti knalpot resing lah biar ttp ramah lingkungan..
    @Bro Iwan banaran
    masalah anak cucu kita jangan kwatir atw binbang lagi Bro..
    Allah swt yg menjaminnya, sbagai mana dlm firmannya (Qs. HUD:6) logikanya; binatang melata saja dah ada jaminan dari Allah gimana dng Manusia yg sesuai Fitrohnya adl makluk paling mulia, en smua yg terjadi ato AKAN terjadi di dunia ini sudah tertulis dlm kitab yg nyata (lauh mahfuzh).
    Sbg Manusia kewajiban kita adl BerUsaha tp tak boleh yakin dgn hasil dri Usaha kita..
    PISS

  • dicky

    mari kita bertobat……. 🙂

  • marilah kita kembali ke jalan yg diridhoi-Nya.pantas saja bumi semakin panas,la wong orang yg hidup di atasnya saja juga sudah panas.yg haq dianggap batil dan yg batil dianggap haq.orang yg mau benar(menuruti ajaran agama dg sebenar benarnya)malah dianggap sebagai garis keras,teroris,orang yg aneh.tapi orang yg cuma pake baju agama trus ngetop di tipi malah jadi panutan.orang pake baju tidak jadi malah jadi panutan,orang yg berusaha menutupi tubuhnya seutuhnya malah jadi cibiran.orang yg mau bertaubat di bilang sok suci..hwah.y sudahlah.

  • haicy

    Bukankah dunia ini memang diarahkan ke kehancuran Mas? jadi kita pinter2 aja nyari bekal sebanyak2nya untuk bekal di akhirat nanti

  • bener mas, jangan berbuat kerusakan di muka bumi

    byson pake catalyzer salah satunya buat menekan emisi berbahaya dari gas buang, mari kita sebagai biker jg ikut peduli dengan tidak mengganti knalpot standart dengan knalpot racing, setidaknya itu yg bisa dilakukan untuk ikut program langit biru

  • damhar

    ~ Konstruksi rumah dipertimbangkan beralih ke bahan2 yg bisa direcycle, semisal rangka galvalum, ketimbang rangka kayu. Mengurangi pembalakn hutan
    ~ Mendukung Euro 3, motor sudah jutaan jumlahnya di republik ini
    ~ mengembangkan industri solar cell, supaya harganya lebih terjangkau

  • Spies

    @hourex
    coba bro hourex googling…masukin keyword “Envirofit International”…
    Itu perusahaan amerika yang berhasil ngembangin fuel injection device buat motor bermesin 2 tak..
    Saya baru inget pernah nonton dokumentasinya di NGC.. Perintisnya adalah Tim Bauer.. Dia adalah salah satu pemenang NGC Award..
    Ceritanya dia berhasil membuat perangkat injeksi yang plug ‘n play buat motor 2 tak di filipina yang banyak dipakai untuk betor (becak bermotor).. Saya lupa jenis motornya..yang pasti hasilnya wuedan tenan..
    Emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar berkurang drastis..
    Yang paling kentara dari perubahan tersebut adalah pemakaian injektor tipe direct pada cylinder head..berdampingan dengan busi..
    Untuk detail jelasnya..silakan googling aja..

    *jadi bikin saya semangat buat meminang Ninja 150 suatu hari nanti…
    Xixixixi… 😀

  • Hourex

    @^^
    thankyu info nya My Bradde…

  • Faris

    Bener!!! skarang dunia sedang sakit. umurnya juga udah triliunan tahun.
    Kita harus mempersiapkan diri menghadapi kiamat! sebab, bisa saja kiamat itu datangnya besok, lusa, bulan depan, tahun depan, atau lebih lama lagi.
    Mudah mudahan enggak, Aaaamiennn

  • awas

    lik iwan gak posting model kayak gini lagi lik? ?